Teori Manajemen Bisnis Online dan Offline

Mengenal teori manajemen sebelum melakukan usaha adalah satu langkah awal yang positif. Ilmu manajemen seharusnya diterapkan pada berbagai sektor usaha, bahkan di setiap aspek kehidupan. Setiap kegiatan wajib dilandasi perencanaan, pengelolaan serta diikuti dengan pewujudan sasaran target. Proses pewujudan perencanaan harus efektif dan efisien dalam pemanfaatan sumber daya yang dimiliki, waktu, tenaga, alokasi biaya hingga resiko.

Mengenal Teori Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Banyak pengertian tentang manajemen, deskripsi yang bermacam-macam, penjelasan singkat hingga panjang, namun sebenarnya pengertian dan mengenal teori manajemen itu sangat sederhana:

Input (sumber daya yang dimiliki)>>> proses (manajemen) (Planing, Organizing, Actuating, Controling) >>> Output yang efektif dan efisien

hanya sederhana seperti itu, tidak rumit :

mengenal teori manajemen

Input

adalah semua sumber modal yang kita punya, bisa itu SDM, Sumber Daya Alam, Permodalan, Skill untuk jasa, bahan baku.

Proses manajemen (POAC) :

  • Planing>>>perencanaan (direncanakan cara alokasinya)
  • Organizing>>>diorganisasikan atau dikelompok2an/dipisah2 sehingga tertata rapih
  • Actuating >>>diarahkan.ditunjukan tujuan /goal yang dipisah2 tadi
  • Controling >>>diawasi di kontrol agar tidak keluar jalur

Output

yang efektif (tepat sasaran) dan efisien (tepat guna).

Secara garis besar, manajemen bisnis itu adalah bagaimana caranya memproses dengan 4 langkah POAC semua yang kita miliki dengan tujuan mendapatkan hasil yang baik, efektif serta efisien.

Perusahaan dan Fungsinya

Seperti halnya manajemen, pengertian perusahaan pun bermacam-macam, tapi intinya perusahaan itu hanya ada 4+1 ( empat sehat + lima sempurna), dikenal dengan istilah fungsi perusahaan.

  • Produksi : kegiatan memproduksi produk(dalam perusahaan dagang diganti dengan pembelian/purchasing)
  • Keuangan : mengenai permodalan dan keuangan
  • SDM : Mengenai manusia dan pekerja, karyawan, buruh dsb
  • Pemasaran : mengenai penyampaian produk ke masyarakat
  • Plus R&D (research dan development) : perusahaan yang mapan pasti punya divisi R&D untuk mengebangkan produknya

Tujuan perusahaan adalah mencari laba dengan menciptakan sesuatu produk baik barang maupun jasa atau bisa saja manfaat yang nantinya akan di sampaikan ke masyarakat sebagai targetnya.

Dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen dalam sebuah perusahaan berarti memproses input berupa (SDM, SDA (bahan baku), SDMo(modal), Skill (keahlian), Mesin dan sebagainya, menggunakan proses manajemen POAC untuk fungsi perusahaan (produksi, keuangan, pemasaran, sdm dan R&D) sehingga menghasilkan output berupa barang atau jasa yang berkualitas (efektif) serta dengan pengeluaran seminim mungkin utk menekan harga (efisien), produk sebagus mungkin tp dengan biaya serendah mungkin.

Penerapan ilmu manajemen tidak terbatas mengenai perusahaan secara umum. Masing-masing divisi baik itu pemasaran, produksi, keuangan dan SDM wajib menerapkannya. Bahkan satu kegiatan produksi barang harus menggunakan proses manajemen yang tepat.

Penerapan Ilmu Manajemen pada Bisnis Online

Fungsi website sebagai landasan / pusat segala usaha online tidak luput dari penerapan ilmu manajemen. Untuk yang terlihat sangat sederhana, seperti halnya website, sebenarnya mempunyai alur yang sangat rumit dalam pengelolaannya. Hal ini menyangkut setiap jenis website dalam pengelolaan kontennya.

Sebagai contoh website berjenis ecommerce, toko online. Pada dasarnya memulai bisnis toko online tidak berbeda dengan menjalankan bisnis biasa secara konvensional. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa bisnis online ini memiliki kelebihan dan keistimewaan, diantaranya mampu menjangkau pembeli atau pelanggan dimanapun serta lebih hemat tenaga maupun biaya.

Memang benar jika di lihat dari segi jangkauan bisnis toko online lebih mudah menjangkau pembeli. Tapi ada permasalahan yang krusial dari bisnis toko online dibanding bisnis konvensional. Permasalahan yang paling menonjol adalah masalah buruknya manajemen pengelolaan, terutama untuk pebisnis online yang baru, ini menyangkut pengetahuan.

Banyak dari pebisnis online yang menyerah pada akhirnya, karena toko online nya sepi pengunjung dan menganggap menawarkan sendiri lewat sosmed lebih efektif daripada memiliki toko online. Untuk lebih mempersiapkan diri kita dalam memulai bisnis online ada baiknya kita mengenal sedikit dari teori manajemen dan pemasaran bisnis.

Umumnya masyarakat hanya mengenal bahwa manajemen adalah pengaturan, pengelolaan. Sebenarnya jika diperdalam maknanya serta diterapkan dalam kehidupan sehari2 maka berdampak ke arah kualitas kehidupan yang lebih baik.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


2 Comments

  1. Jadi manajemen itu dapat diterapkan pada bidang apa saja.. Lalu bagaimana untuk membuat sebuah manajemen yang mampu bersaing dengan kompetitor lainnya??

    • thidi

      Tujuan akhir dari manajemen pada hakikatnya adalah untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor. Pada perusahaan, tim sepakbola, artis, bahkan anda dan saya sebagai individu. Hal ini tidak bisa dikatakan mudah, jika mudah semua yang menjalankan manajemen pasti meraih kesuksesan. Fungsi manajemen pemasaran merupakan satu-satunya yang bergesekan langsung dengan pesaing, yang didukung oleh produksi, keuangan dan SDM. Strategi pemasaran STP adalah awal perencaan strategis memenangkan persaingan…

Beri Komentar Anda ...