Blog

Tools Online Gratis Pemeriksa 4 Jenis Plagiarisme dan Duplikat Konten

Posted by:

Plagiarisme konten akan berdampak negatif, baik itu bagi konten asli yang diplagiat juga bagi konten hasil plagiat. Hal ini tentunya menjadi masalah bagi anda sebagai pemilik konten yang baik. Anda harus menerima kenyataan bahwa pada akhirnya ada orang lain yang melakukan “copy-paste” terhadap isi konten milik anda tersebut. Sebaliknya, ketika anda yakin dengan artikel yang anda buat akan mendapatkan posisi yang baik, justru mengakibatkan konten anda hilang dari mesin pencari.

Pentingnya Konten Bagi Kelangsungan Website dan Proses SEO

pentingnya konten seo yang bebas plagiarisme

Pada website umumnya terdiri dari halaman statis dan blog. Keduanya merupakan konten, namun umumnya website lebih menekankan kepada blog yang bersifat dinamis sebagai sarana untuk melakukan “update” konten. Dimana blog merupakan sarana untuk mendatangkan trafik melimpah menuju website dengan cara membuat konten berkualitas yang relevan dan tentunya memiliki keterkaitan erat dengan bisnis anda.

Konten tidak hanya berbentuk text saja, namun mencakup gif (gambar bergerak), gambar, video hingga pemikiran atau ide. Dengan demikian tentunya anda memahami bahwa isi konten itu tidak hanya cukup berisi tulisan saja, namun gabungan antara text dan unsur lainnya seperti gambar dan video.

Artikel konten berkualitas memainkan peranan yang sangat penting bagi manajemen website anda dalam kaitannya dengan mesin pencari. Tentu saja, karena konten ini adalah hal yang berada pada mesin pencari untuk bersaing memperebutkan posisi strategis pada SERP (Search Engine Result Position) peringkat pada mesin pencari.

Keberadaan konten yang efektif sangat penting untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pengunjung atau audiens website anda. Oleh karena itu sebaiknya anda merencanakannya dengan baik sebelum membuatnya, karena planning yang baik sangat dibutuhkan termasuk pada proses awal pembuatan konten.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Pada Pembuatan Konten

hal yang harus diperhatikan pada pembuatan konten

Meskipun kelihatannya mudah dan bahkan bisa dibuat oleh siapa saja, pada kenyataannya membuat konten tidak semudah yang dibayangkan. Selain membuat perencanaan yang matang pada tahap awalnya anda juga harus melakukan pemeliharaan setiap konten yang sudah anda buat. Tujuan pemeliharaan ini salah satunya untuk menghindari plagiarisme konten yang sangat merugikan anda.

  1. Strategi pembuatan konten yang valid mencakup penentuan topik, penentuan taksonomi (kategori dan tag), alur isi artikel, hingga kerangka artikel itu sendiri.
  2. Proses pembuatan konten diawali dengan mencari kata kunci (keyword) yang valid yang dicari banyak pengguna internet khususnya pada mesin pencari. Kemudian, menargetkan peringkat teratas pada mesin pencari dengan mengoptimasi konten dengan kata kunci tersebut termasuk penentuan Judul SEO, judul artikel, sub judul hingga deskripsi meta.
  3. Jika anda memiliki konten yang berkualitas, sebaiknya anda memasarkannya dengan cara membagikannya kepada kontak relasi anda di WhatsApp hingga melalui sosial media.
  4. Audit dan analisis sangat penting untuk konten yang baik. Anda harus mempelajari kompetisi, tujuan pembuatan konten, silabus, dan trend pengunjung potensial untuk pemahaman yang lebih baik tentang mesin pencari.
  5. Pemeliharaan konten adalah tahap terakhir yang harus anda lakukan untuk menjaga konten anda dari penjiplakan atau plagiarisme. Sebagaimana yang anda ketahui bahwa plagiarisme dapat merusak “kesucian” konten Anda.

Apa Itu Plagiarisme dan 4 Jenis dari Plagiarisme

apa itu pengertian plagiarisme dan jenisnya

Plagiarisme dikenal sebagai penyalinan atau duplikat konten yang sudah diterbitkan tanpa persetujuan penulis. Plagiarisme memiliki banyak jenis yang penting untuk anda ketahui. Dengan mengenali jenis-jenisnya maka anda akan terhindar dari pembuatan konten plagiat, baik itu disengaja dan tidak disengaja yang merugikan anda dan pihak lain.

  1. Plagiarisme yang disengaja adalah jenis di mana seseorang menyalin konten sepenuhnya dan dengan kesadaran tanpa persetujuan penulis.
  2. Plagiarisme tidak disengaja adalah jenis plagiarisme yang sangat berbahaya dan umum dewasa ini. Banyaknya konten dengan topik yang mirip mengakibatkan suatu artikel identik dengan artikel lainnya.
  3. Plagiarisme mosaik adalah jenis plagiarisme di mana seseorang menyalin konten dari berbagai sumber dan mengkompilasinya di satu tempat tanpa izin dari semua sumbernya.
  4. Duplikasi diri adalah jenis plagiarisme di mana seseorang menyalin kontennya sendiri yang telah dia terbitkan sebelumnya.

Efek Terburuk Melakukan Plagiarisme Konten

efek terburuk melakukan plagiarisme konten

Plagiarisme akan mengakibatkan efek buruk terhadap mesin pencari. Pada kasus yang parah halaman web atau situs web anda bisa saja ditolak oleh algoritma mesin pencari dan dihilangkan dari daftar mesin pencari untuk selamanya. Dengan demikian sebaiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan “publish” terhadap artikel anda.

Konten duplikat atau plagiat akan membingungkan mesin pencari. Pada kasus ini mesin pencari tidak dapat menetapkan peringkat dua atau lebih dari konten pada tingkat yang sama jika mereka serupa atau memiliki persentase yang dianggap duplikasi, sehingga mereka akhirnya menolak artikel yang anda publikasi.

Tools Gratis Online Pemeriksa Plagiarisme Konten (Plagiarisme Checker)

tools gratis pemeriksa plagiarisme konten

Sebagai usaha pencegahan anda dapat melakukan pemeriksaan terhadap konten anda sebelum di publish. Cara mudahnya adalah dengan bantuan “tools” atau alat pemeriksa plagiarisme online. Dengan menggunakan fitur canggih tools ini akan memangkas waktu anda sehingga menjadi lebih efisien. Hasil dari tools ini sangat akurat dan kami rekomendasikan untuk menemukan semua konten plagiat yang memiliki potensi merugikan terhadap konten anda kedepannya.

Untuk membantu anda dalam pembuatan konten unik berkualitas yang terhindar dari plagiarisme maka kami rekomendasikan “tools” online pemeriksa plagiarisme gratis terbaik berikut : https://searchenginereports.net/id/plagiarism-checker.

Jika Anda ingin memeriksa plagiarisme secara gratis dan dengan hasil yang lengkap dan akurat. Maka Anda cukup menggunakan alat pemeriksa plagiarisme dengan laporan mesin pencari diatas. Fitur pemeriksaan plagiarisme dari alat ini sangat akurat dan dapat mendeteksi segala jenis duplikasi dalam konten.

Alat pemeriksa plagiarisme ini benar-benar gratis tanpa embel-embel apapun yang sangat jarang ada pada alat pemeriksa plagiarisme online lainnya. Kami sarankan untuk anda yang akan melakukan publish artikel untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu menggunakan tools ini. Dengan demikian anda akan terhidar dari resiko dan konsekuensi buruk yang diakibatkan oleh plagiarisme konten terhadap website dan reputasi anda.

0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

WhatsApp chat