Blog

Alokasi Biaya Marketing Dikebiri Berdampak Pada Rendahnya Penjualan

Posted by:

Marketing adalah kegiatan menyampaikan suatu produk dan jasa kepada masyarakat dimana sebagai calon pembeli potensial. Dengan demikian dapat anda bayangkan seberapa penting kegiatan pemasaran ini bagi setiap perusahaan. Percuma dan sia-sia jika anda memproduksi barang jika pemasarannya buruk, karena hal ini akan berdampak pada penumpukan barang di gudang. Biaya bertambah, juga resiko kerusakan barang akibat dimakan usia.

Marketing Adalah Sesuatu yang Berkaitan dengan Persaingan

marketing adalah persaingan

Tidak masalah jika budget dan usaha anda untuk pemasaran sangat rendah, bahkan hampir tidak ada, asalkan anda tidak mempunyai satupun pesaing. Dengan demikian pembeli mau tidak mau akan mencari produk yang anda jual. Hal ini terkait persaingan usaha. Semakin banyaknya pesaing maka anda membutuhkan usaha dan biaya lebih pada pemasaran produk.

Pada saat sekarang dengan keberadaan internet, maka besar atau kecilnya perusahaan tidak berpengaruh banyak, bahkan bisa saja dikalahkan oleh pedagang perorangan. Hal ini diakibatkan oleh siapa yang mampu memasarkannya dengan tepat maka dialah yang akan memperoleh hasil baik pada penjualan. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya usaha perorangan yang sukses berjualan di situs marketplace seperti tokopedia, bukalapak, OLX dan lainnya.

Berapa Biaya Yang Diperlukan Untuk Marketing

jangan memangkas biaya marketing

Jika anda menanyakan biaya, saya yakin tidak seorangpun dapat menghitungnya dengan pasti. Hanya perlu anda ketahui bahwa kegiatan marketing adalah tidak sama dalam segi usaha dan pengorbanan (biaya) antara satu jenis usaha dan lainnya, bahkan setiap usaha pada satu persaingan. Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan terkait biaya pemasaran:

Seberapa Banyak Produk yang Anda Jual?

Semakin banyak produk yang anda jual maka pastinya akan membutuhkan biaya dan usaha lebih pada pemasaran. Jika anda memproduksi suatu produk akan berdampak pada menumpuknya barang di gudang dan semuanya harus cepat dikeluarkan (dijual). Penumpukan barang di gudang sebenarnya memiliki resiko mendatangkan kerugian, bisa itu rusak, hilang, serta kehilangan “value” nilai akibat ketinggalan teknologi hingga trend selera pasar.

Apakah anda lebih memilih mengeluarkan biaya pemasaran atau biaya perawatan gudang? Biaya pemasaran termasuk biaya produktif yang menghasilkan sedangkan biaya perawatan gudang adalah biaya konsumtif bersifat tidak menghasilkan. Jadi, silahkan pikirkan sendiri.

Seberapa Besar (Volume) Perusahaan Anda?

Hal ini berkaitan dengan jumlah karyawan. Sebagai pemilik usaha, sebenarnya anda juga bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan adalah sebuah komunitas dan lingkungan dari populasi manusia yang bekerja didalamnya.

Semua karyawan (termasuk anda) membutuhkan makan dari penghasilan pekerjaan mereka. Kebenarannya adalah roda ekonomi perusahaan harus berputar dengan cepat (barang cepat terjual dan di produksi kembali). Semakin banyak karyawan anda sudah sewajarnya anda membutuhkan biaya pemasaran yang lebih, jika usaha anda termasuk UMKM, tidak usah mengalokasikan biaya pemasaran seperti perusahaan-perusahaan besar.

Pekerja adalah manusia yang akan semakin baik kinerjanya jika semua kebutuhannya terpenuhi. Kinerja yang baik akan berdampak pada perkembangan perusahaan secara umum. Masihkah anda berfikir untuk merendahkan usaha dan biaya pemasaran?

Seberapa Banyak Pesaing Anda?

Marketing adalah layaknya medan perang, siapa yang tepat strateginya maka akan menjadi pemenangnya. Strategi pemasaran membutuhkan tindakan sesudahnya, dan tindakan ini sudah pasti membutuhkan biaya. Pikirkan hal tersebut, dan jangan sekali-kali “pelit” mengenai biaya pemasaran jika anda berada pada persaingan usaha yang sangat ketat.

Sebenarnya sudah dibahas sekilas pada awal artikel ini, bahwa semakin banyaknya pesaing maka menuntut usaha lebih dalam memasarkan produk baik fisik maupun jasa. Tidak dibenarkan jika anda mengeluh pembeli sepi karena anda mengebiri biaya pemasaran, dimana para pesaing anda mengeluarkan alokasi biaya dengan jumlah yang tepat untuk melakukannya.

Apakah anda pusing memikirkan penjualan sepi, tapi anda tidak mau mengeluarkan budget yang cukup untuk pemasaran. Kemana saja bung? pesaing anda sudah beberapa langkah didepan anda. Buka keran maka air akan mengalir dengan deras.

Seberapa Luas Jangkauan Pasar Anda?

Marketing adalah kegiatan yang tidak terbatas pada jangkauan, ruang dan waktu. Apakah produk yang anda jual hanya diperuntukan bagi orang sekitar usaha anda? atau memungkinkan untuk dijual berskla nasional atau bahkan menjualnya keluar negeri dengan cara ekspor? Semakin luas jangkauan anda maka akan membutuhkan biaya pemasaran yang lebih.

Jika pasar anda hanya untuk dalam kota, maka anda tidak terlalu membutuhkan biaya marketing yang tinggi. Lain halnya jika anda menginginkan dan menarget pasar sasaran berskala nasional hingga internasional, maka alokasi biaya harusnya lebih tinggi.

Dengan membuat website? itu langkah awal yang tepat. Akan tetapi anda harus memasarkan website anda, karena website sendiri adalah informasi mengenai bisnis anda bukan alat untuk menjangkau pasar sasaran.

Pahami Hal-hal Sebelum Membuat Website

Juga

Ketahui Fungsi dan Manfaat Website

Seberapa Banyak Yang Membutuhkan Produk Anda?

Ini cukup menarik. Terdapat beberapa jenis “niche” bisnis yang mudah sekali mendatangkan pembeli, karena memang produknya jarang sekali dan sangat dibutuhkan. Produk-produk seperti ini yang mempunyai permintaan tinggi akan tetapi jumlah penjualnya sedikit maka usaha anda akan cepat berkembang.

Mungkin ini berkaitan juga dengan jumlah tingkat persaingan yang rendah, namun alangkah lebih baiknya jika anda mengalokasikan dana pemasaran lebih. Anda akan menjangkau target pasar sasaran lebih luas lagi, juga kepuasan pembeli akan mudah didapatkan (mereka kesulitan memperoleh kebutuhannya, kemudian anda datang menyampaikannya).

Jangan mudah berpuas diri jika produk anda cukup lumayan terjual, lihatlah pesaing anda mungkin jauh lebih banyak menjualnya. Berfikirlah untuk keadaan dimasa akan datang yang tidak sebaik keadaan sekarang. Kembangkanlah usaha anda dengan pemasarannya.

Untuk Apa Saja Alokasi Biaya Marketing

marketing dan promosi

Sebenarnya kegiatan dari marketing adalah bauran pemasaran itu sendiri, atau lebih dikenal dengan istilah marketing mix. Bauran ini meliputi keseluruhan kegiatan dari marketing yang terdiri dari produk, place, price, promotion (promosi). Keseluruhan kegiatan marketing tersebut membutuhkan biaya, namun pengeluaran biaya yang umum (sering dikebiri) adalah pada promosi.

Pelajari Bauran Promosi Disini

Promosi sendiri mempunyai manfaat yang sangat positif bagi kelangsungan hidup dan tujuan perusahaan. Promosi adalah sebuah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar nantinya tertarik untuk melakukan pembelian, berikut ini beberapa manfaat promosi yang perlu Anda ketahui :

  • Customer Loyalty => Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor.
  • Media Komunikasi => Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya.
  • Pertahanan => Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra (image) dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan.
  • Trial and Repeat Buying => Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang (repeat buyer).
  • Membangun Merek => Promosi berfungsi untuk meningkatkan “Brand Awareness”, dan juga dengan semakin tingginya tingkat “Brand Airing”, akan membuat sebuah produk dapat menjadi “Top of Mind” di masyarakat. Branding yang terbentuk akan memperkokoh suatu perusahaan pada pandangan publik masyarakat.

Dengan membaca uraian diatas setidaknya anda memahami bahwa marketing adalah kegiatan yang tidak bileh disepelekan oleh setiap usaha, terlebih usaha produksi produk fisik. Biaya marketing yang rendah akan berpengaruh terhadap rendahnya penjualan, maka dari itu jangan sungkan-sungkan untuk mengeluarkan biaya promosi dan pemasaran karena berdampak langsung pada kelangsungan hidup perusahaan.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Ilmu pemasaran