Ilmu pemasaran, Umum

Pengertian Multi Level Marketing (MLM) dan Sejarah Perkembangannya

apa itu mlm dari sejarah hingga sistemnya

Apa itu MLM dan cara kerjanya? MLM adalah multi level marketing, salah satu bentuk pemasaran yang saat ini populer digeluti banyak orang. Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak ditemukan bisnis jenis ini, mulai dari kosmetik hingga nutrisi (herbal). Istilah lain yang digunakan untuk bisnis ini ialah pemasaran jaringan atau pemasaran piramida.

Mengapa disebut piramida? Hal ini dikarenakan semakin ke atas jumlah tingkatan bisnis MLM akan semakin mengerucut.

Pelajari Tentang Pemasaran dan Baurannya

Apa Itu MLM Dimulai dari Pengertiannya?

pengertian MLM

Bagi anda yang baru mengenal MLM, maka harus tahu lebih jauh tentang pengertian bisnis tersebut. MLM ini merupakan sebuah sistem dimana seorang sales bisa mendapatkan untung atau kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan. Akan tetapi, mereka juga bisa mendapatkan hasil jualan dari sales yang ia rekrut (downline).

Downline adalah orang yang anda rekrut / daftarkan untuk dijadikan Bawahan bersama-sama menjual produk dari bisnis MLM.

Itulah uniknya sistem pemasaran ini. Sales yang direkrut di bawah mereka disebut dengan downline. Semakin banyak yang direkrut untuk jadi member, maka akan semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Jadi, bukan hanya sekedar jualan produk, namun juga tugas sales merekrut orang agar mau jualan produk yang sama.

Sejarah Perkembangan Bisnis MLM

sejarah dan perkembangan MLM

Dari pengertian MLM di atas memang terlihat sangat menguntungkan sebagai bisnis jika ditekuni. Meskipun di Indonesia sering kali bisnis ini mendapatkan kritik. Hal ini karena sistem kerjanya yang memakai piramida, serta ada harga produk yang cenderung sangat tinggi. Mereka lebih berfokus pada merekrut orang baru daripada berjualan produk.

Sejarah awal mula adanya bisnis ini ialah di tahun 1940an. Pertama kali produk yang dijual dengan sistem ini ialah nutrilite. Produk ini sudah memakai sistem penjualan yang bertingkat. Perusahaan ini berasal dari Amerika dengan modal awal yang relatif tidak besar.

Penghasilan yang didapatkan diperoleh dari dua cara. Yang pertama ialah dari setiap makanan tambahan yang terjual. Dan yang kedua adalah potongan harga dari jumlah produk yang dijual oleh distributor yang direkrut. Mereka dilatih oleh tenaga penjual dari perusahaan;

Di Amerika Serikat sendiri bisnis MLM ini tumbuh pesat di tahun 1960an. Munculnya Amway turut menjadi pendorong besar bagi bisnis ini untuk berkembang. Inilah salah satu cara bisnis sederhana modal kecil yang bisa digeluti  oleh siapa saja.

Sistem dan Aturan Pada MLM

sistem dan aturan MLM

Keunikan dari sistem MLM ialah adanya perekrutan konsumen sebagai tenaga penjual. Mereka secara langsung berjualan kepada konsumen dan memperkenalkan produk. Untuk membentuk sebuah piramida, maka promotor atau upline harus merektur downline.

Namun downline ini juga pada akhirnya harus merekrut donwline lagi dibawahnya. Dengan begitu ia akan menjadi promotor baru. Jenjang keanggotaan ini bisa berubah dengan syarat pembayaran dan pembelian tertentu. Bisa jadi karena membeli produk dalam jumlah tertentu, seorang bisa naik jenjangnya.

Di dalam sistem ini muncul beberapa masalah, diantaranya :

  • Adanya sistem komisi yang menjurus pada permainan uang.
  • Dengan biaya keanggotaan yang ada akan dibagikan kepada promotor (upline).
  • Harga jual suatu produk menjadi lebih mahal guna menutupi pembayaran komisi promotor.
  • Besaran komisi melebihi harga barang yang dijual.

Terlepas dari beberapa masalah diatas, sistem ini telah banyak diminati di hampir seluruh dunia dan Indonesia termasuk negara yang mudah sekali ditemukan bisnis MLM. Banyak produk yang dipasarkan dengan sistem tersebut. Ketekunan dalam pemasaran langsung (direct marketing) dan personal selling menjadi kunci keberhasilan bisnis ini.

Tak jarang peminat bisnis ini banyak dari kalangan mahasiswa, karyawan, bahkan pegawai. Selain menjual produk, para sales atau tenaga penjual juga menawarkan keuntungan berupa komisi. Jadi, setelah mengetahui apa itu MLM, bisa memutuskan sendiri apakah ingin bergabung di dalamnya atau tidak.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.


Related Posts

Beri Komentar Anda ...