website & toko online

Manfaat VPS untuk Website Traffic Tinggi

apa itu VPS

VPS atau Virtual Private Server adalah jenis hosting yang banyak dipakai oleh website yang sudah berkembang dan banyak memiliki traffic tinggi. Untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar seharusnya menggunakan VPS karena kapasitas disk yang besar.

Kelebihan VPS inilah yang membuatnya unggul dibandingkan dengan shared hosting. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan VPS serta apakah Anda membutuhkannya? Simak jawabannya dari penjelasan VPS berikut ini.

Apa Itu VPS?

pengertian vps

VPS adalah server yang banyak menjadi pilihan bagi pebisnis website yang termasuk perusahaan besar. Setiap perusahaan besar, pasti membutuhkan server terbaik untuk menampung sumber dayanya dan hal itulah yang diberikan oleh VPS.

Jenis server ini adalah berada diantara Shared Hosting dan Dedicated Server. Jadi, VPS dapat membuat Anda memiliki kendali dalam pengaturan website tetapi masih dalam satu server dengan pengguna lainnya tetapi terbagi dalam kompartemen.

Dengan menggunakan hosting murah VPS, hostingnya dapat menempatkan banyak user dalam satu serverĀ  fisik. Sumber daya yang diberikan juga lebih banyak sehingga biaya tiap pengguna dapat lebih terjangkau.

Kelebihan VPS

Kelebihan VPS tentu ada banyak yang bisa diperoleh apabila Anda menggunakannya. Ada banyak fitur yang didapatkan ketika berlangganan VPS. Fitur tersebut yang akan membantu Anda untuk meningkatkan website menjadi lebih baik.

Penggunaan VPS akan membantu dalam hal scalable karena memiliki kapasitas yang besar. VPS juga bersifat fleksibel karena dapat dikonfigurasi sendiri, serta VPS murah dapat Anda dapatkan dengan keunggulan yang besar.

Kelebihan lainnya adalah bisa mendapatkan RAM dan disk penyimpananya sendiri. Jadi, kecepatan dan performa website lebih baik dibandingkan shared hosting.

Jadi, untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar seharusnya menggunakan VPS karena lebih memiliki kapasitas yang besar.

Setiap distribusi dari penyimpanan CPU juga bergantung kepada penyedia atau providernya masing-masing. Dari penyimpanan tersebut, Anda bisa mendownload dan menginstal aplikasi yang mendukung website.

Kekurangan VPS

Setelah mengetahui kelebihan VPS, pahami juga kekurangannya agar bisa dipertimbangkan lebih lanjut. Kekurangan dari VPS ini adalah harganya lebih mahal dibandingkan dengan Shared Hosting meski lebih mudah dari dedicated server.

Selain dari segi harga, kapasitas VPS ditentukan oleh penyedia jasa itu sendiri. Ada yang menyediakan kapasitas besar dan ada juga yang standar. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, VPS juga masih harus berbagi server dengan provider lainnya sehingga kapasitasnya berbeda-beda.

Berikutnya adalah layanan provider yang Anda gunakan biasanya ada beberapa yang tidak menyediakan customer service.

Untuk itulah perlu untuk mencari provider yang benar-benar mendukung website dengan baik seperti Niagahoster yang memiliki tim support yang bisa dihubungi 24 jam.

Kekurangan VPS juga terletak dari penggunanya. Anda harus memiliki keterampilan dalam hal teknis karena ada pengaturan yang dilakukan sendiri. Meski dari kekurangan tersebut, kelebihan VPS lebih banyak sehingga sangat direkomendasikan.

Jenis VPS

jenis vps virtual private server

Setelah berencana ingin menggunakan VPS, ketahui juga jenisnya agar dapat menentukan yang tepat untuk website. Ada beberapa jenis VPS, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Open Vz

Jenis VPS ini paling populer dipakai untuk sistem operasi Linux. Penggunaan sistem operasi tersebut dipakai dari shared kernel server. Open Vz adalah jenis VPS dengan kapasitas yang paling rendah dibandingkan lainnya.

2. KVM (Kernel Based Virtual Machine)

Berikutnya adalah KVM atau Kernel Based Virtual Machine. Teknologi tersebut digunakan untuk terhubung dengan hardware lebih mudah tanpa menggunakan sistem operasi untuk berkomunikasi. Jadi, ini menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan Open Vz.

3. HVM (Hardware Virtual Machine)

Jenis HVM adalah jenis VPS dengan tingkat kernel sehingga membuat penggunanya dapat bebas mengatur berbagai konfigurasi secara penuh.

HVM sering dipakai untuk website yang dimiliki oleh perusahaan besar. Selain itu, cocok juga dipakai untuk toko online karena banyak menampung data.

4. Microsoft Hyper V

Jenis VPS yang terakhir adalah Microsoft Hyper V. Microsoft Hyper V adalah jenis VPS yang mendukung OS Windows. Dengan demikian, banyak juga yang menggunakannya karena operasi Windows sering dipakai oleh banyak perangkat.

Kelebihan dari Microsoft Hyper V berikutnya adalah user friendly karena menu-menunya memiliki tampilan dengan teknologi GUI (Graphical User Interface).

Apakah Perusahaan Membutuhkan VPS?

perusahaan membutuhkan vps

Setelah mengetahui kelebihan VPS dan kekurangannya, apakah perusahaan membutuhkan VPS? Jawabannya adalah iya penting dan dibutuhkan. Penggunaan VPS lebih tepat dibandingkan shared hosting atau dedicated server.

Penggunaan shared hosting pada perusahaan besar bisa menimbulkan server down karena kapasitasnya yang tidak cukup menampung file atau trafik yang tinggi. Sedangkan untuk dedicated server biasa digunakan untuk trafik tinggi yang sudah stabil.

Dedicated server juga memiliki kapasitas yang terlalu besar sehingga akan boros nantinya jika tidak digunakan. Dengan menggunakan VPS keamanan menjadi lebih terjaga dan Anda bisa mendapatkan plugin dan software yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang kelebihan VPS dan kekurangannya yang perlu diketahui. Hal terpenting dalam memilih VPS yaitu dari provider tersebut sehingga penting untuk memilih hosting dan VPS yang memiliki banyak fitur seperti Niagahoster.

Back to list

Related Posts

Beri Komentar Anda ...