Blog

Fungsi dan Manfaat Website Bagi Usaha Anda

Posted by:

Website berfungsi secara umum sebagai property online juga sebagai alat pemasaran, mempengaruhi semua aspek kegiatan online anda. Manfaat website sangat nyata, mendukung bisnis, perusahaan yang anda miliki. Fungsi dan manfaat website tentu saja tidak datang dengan sendirinya, anda harus bekerja keras untuk mendapatkannya.

Banyak sekali pengusaha sukses mengembangkan bisnisnya hanya dari memiliki website, baik berbentuk blog informasi maupun toko online. Sebenarnya apa saja yang mereka capai dari websitenya?, sehingga mendapatkan penghasilan yang katakanlah tidak mungkin diraih dengan bisnis biasa tanpa memanfaatkan fasilitas internet. “Mudah sekali, tanpa modal bisa kaya!!!”. Memiliki website bukan berarti tanpa modal, lebih tepatnya bermodal lebih minim dengan jangkauan pembeli jauh lebih luas dibandingkan bisnis offline. Itu hanya satu keunggulannya, agar anda tidak salah menafsirkan, dikira memang benar2 mudah mendapatkan penghasilan hanya dengan memiliki website saja. Diperlukan pemahaman yang cukup mengenai fungsi dan manfaat website.

Pemahaman Fungsi Website

pemahaman menjalankan website

Pemahaman fungsi website sebagai property online. Fungsi property yang dimiliki website tidak jauh berbeda dengan fungsi property sesungguhnya.

  • Tidak dapat bergerak (Immobility), jelas sekali website itu tidak berpindah2, tersimpan di satu server dengan domain (alamat) yang anda tentukan. Untuk mendatanginya (mengaksesnya) anda harus mengetahui nama domainnya.
  • Beragam (Heterogenity), Setiap website pastilah berbeda, bahkan untuk website duplikat. Besarnya kekuatan server (space, CPU, RAM), konten website, desain website, struktur navigasi.
  • Kokoh pondasinya (Durability), website memiliki keistimewaan dibandingkan blog gratis, lapak jualan di situs marketplace, halaman jualan di sosial media.  Website adalah milik anda, tidak akan ada yang bisa menghapusnya selain anda dan pemegang otoritas (hanya jika anda melanggar peraturan dan bernuat kejahatan menggunakan website). Lapak2 dan blog gratis menumpang di property orang lain, hak dari pemilik property jika sewaktu2 menghapusnya walaupun tanpa alasan.
  • Kelangkaan (scarcity), kelangkaan nama domain. Nama domain hanya bisa satu saja untuk satu extensi misalnya “www.mundingbareuh.com”, anda harus memilih nama domain lain atau memilih nama yang sama dengan extensi yang berbeda, “www.mundingbareuh.co.id”.
  • Kepemilikan (ownership), tentu saja sebuah website menjadi milik dari anda. Atas dasar kepemilikan ini, anda bisa saja menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga ketika anda membuatnya, anggap saja jika website milik anda memiliki “value” bagi orang yang menginginkannya. Selain keseluruhan isi website, anda dapat menjual hanya nama domainnya saja.

Pemahaman fungsi website sebagai alat pemasaran. Perusahaan, juga bagi anda yang mempunyai atau yang berniat memiliki website pertama harus memahami dulu website itu apa dan bagaimana cara kerjanya. Sebagaimana yang kita ketahui dalam ilmu marketing website adalah bagian dari promosi, tepatnya direct marketing. Disebut direct marketing karena secara langsung menghubungkan perusahaan dengan masyarakat, tanpa perantara.

Direct marketing berbeda dengan personal selling (menggunakan jasa salesman) dimana anda mendatangi pembeli dan menawarkannya, sedangkan website tidak begitu, pembeli yang mencari website anda. Oleh sebab itu segera rubah pemikiran anda mengenai penjualan instan (sosmed adalah bentuk dari personal selling dimana anda secara aktif menawarkan produk2 yang anda jual).

Anda menggunakan blogspot gratis?, bukan milik anda, itu milik blogger. Anda punya lapak di Tokped?, lapak itu milik tokped, begitupun jika anda berjualan di facebook. Jika suatu saat di tutup, dicurangi, dihapus “jangan protes, pake ngomel2” property itu memang milik mereka, dan anda SIAPA?. Memiliki website berarti anda mempunyai tingkatan, hak, dan kedudukan yang sama dengan blogspot, tokped, facebook bahkan dengan google (TLD>Top Level Domain). Masing2 dari mereka tidak berhak mencampuri apapun dari bisnis anda. Ketahanan website itu jelas sangat kokoh, dalam deretan hasil pencarian, TLD sangat mudah “menginjak” blog gratis dan lainnya, yang umumnya tidak dianggap (anak bawang). Jika pemegang peringkat tertinggi adalah “blog gratis”, maka keyword itu sangat mudah untuk ditaklukan.

Manfaat Website Untuk Kelangsungan Usaha

Manfaat website sebenarnya tidak berada jauh dari fungsinya, setelah anda mengetahui fungsi dari website sekurang2nya bisa menafsirkan manfaat kegunaannya.

  1. Core Digital Marketing. Konsep digital marketing khususnya internet marketing merupakan format baru persaingan pemasaran bisnis moderen. Dengan memiliki website berarti anda mempersiapkan diri membangun konsep pemasaran global termasuk branding didalamnya.
  2. Promosi tanpa kenal waktu dan situasi. Tidak masalah anda beristirahat, tidur atau piknik selama sebulan. Kantor bisnis anda libur, terkena musibah kebakaran(mudah2an jangan). Semua hal yang disebutkan tadi tidak akan menghentikan website mempromosikan produk anda.
  3. Transaksi 24 jam. Pengunjung toko online bisa membeli produk anda kapan saja mereka mau. Pagi, siang, malam, subuh?, tidak masalah, pengiriman barang bisa di proses pagi harinya. Bahkan jika anda terbangun malam hari dikagetkan oleh notifikasi pembelian yang masuk, bisa di proses.
  4. Perluasan jangkauan. Semua orang dari penjuru bumi manapun bisa menemukan produk anda selama mereka tersambung ke internet.
  5. Lebih dekat dengan publik. Publik yang dimaksud adalah semua pihak yang berkepentingan dengan bisnis anda. Bisa itu pembeli, klien, investor hingga karyawan.
  6. Minim Biaya. Minim biaya bukan berarti hampir tidak ada biaya. Semua biaya yang anda keluarkan pasti lebih rendah dari biaya jika memiliki usaha di dunia nyata, baik itu biaya oprasi maupun biaya pemasarannya. Anda harus tetap rasional dalam pengalokasiannya.
  7. Profesional, Kredibel, Kepercayaan. Bisnis online yang memiliki website tentu saja terlihat lebih profesional, mendapat perhatian serta  lebih diperhitungkan oleh masyarakat, dari calon konsumen. Kredibilitas perusahaan terlihat dari eksistensinya pada website, serta image moderen dan selalu mengikuti perkembangan teknologi akan terbentuk. Kepercayaan dari pembeli pasti meningkat, mereka tidak akan mencurigai anda penipu dan “rewel” setelah membaca aturan “syarat dan ketentuan” pelayanan, hal yang mungkin sering anda rasakan saat berjualan online di facebook maupun situs marketplace.
  8. Meningkatkan pelayanan. Saat calon pembeli ingin mengetahui bisnis anda, mengenai lokasi, sejarah, seberapa besar usaha anda. Mereka dapat dengan mudah mendapatkan semua informasi tentang bisnis anda, tidak perlu datang langsung bertanya banyak hal. Dalam transaksi pun tidak perlu datang ke lokasi dimana fisik bisnis anda.
  9. Menghemat waktu dan tempat. Anda tidak perlu memiliki tempat yang luas berhektar-hektar untuk menjual berbagai jenis dan merk mobil. Penghematan waktu berlaku bagi bisnis anda dan konsumen. bagi anda memangkas waktu pembuatan format usaha (website), penyusunan etalase hingga proses transaksi.
  10. Fleksibel. Anda bisa mengelola bisnis kapan saja dan dimana saja, cukup dengan laptop. Konsumen dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja, cukup dengan seluler.

Manfaat website terpaut sangat jauh jika dibandingkan bentuk bisnis online lainnya. Semua manfaat diperoleh hanya jika pengelolaan website dilakukan secara benar dan konsisten. Pemahaman yang kurang mengakibatkan buruknya pengelolaan, bahkan tidak ada sama sekali. Apabila kasusnya demikian jangan berharap mendapatkan satupun dari manfaatnya.

Bangun dan Kelola Website Anda Sekarang !!!

fungsi dan manfaat website

Masih belum memiliki website? kerugian jangka panjang bagi usaha anda. Sangat disayangkan jika 10 manfaat nyata dari website tidak anda rasakan. Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan cms wordpress yang memungkinkan tanpa kode2 pemograman yang rumit. Alternatif lain mempercayakan jasa pembuatan website dan web developer. Bangunlah website sebaik mungkin, isi dengan konten berkualitas bertujuan memberi manfaat, bagi anda dan pengunjung.

Sudah memiliki website bertahun-tahun, tapi belum merasakan manfaatnya? Pahamilah bahwa website tidak akan memberikan apapun tanpa pengelolaan yang baik. Rubahlah pemahaman anda mengenai website, berusahalah menerapkan konsep pemasaran online terbaik, bagi anda, bagi bisnis anda. Perbaiki struktur website yang salah, konten yang menyalahi aturan, gantikan desain yang tidak “visitor friendly”. Website diperuntukan bagi publik, bukan untuk anda sehingga permudah mereka mengaksesnya, jangan paksakan ego pribadi pada tampilan.

Website tidak secara “instan” memberi manfaat untuk anda. Diperlukan waktu serta tahapan panjang mencapainya. Waktu 6 bulan terlalu singkat bagi website yang benar2 baru mendapatkan popularitas. Tahun berikutnya hal-hal positif mulai terasa, hanya jika anda mengelolanya dengan benar. Besarnya investasi yang anda tanamkan di website anda (pembuatan dan prosesnya) berbanding lurus dengan besarnya hasil yang anda dapatkan. Hoax “modal kecil untung besar” tidak berlaku, berfikirlah dengan logika yang rasional.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



4
  Artikel Terkait

Comments

  1. jasa website  Desember 22, 2017

    sangat menarik gan infonya, terimakasih

    reply
    • thidi  Desember 22, 2017

      Sama-sama gan….terima kasih juga sudah membaca…^^

      Salam

      reply
  2. website perusahaan  Januari 26, 2018

    terimakasih banyak gan

    reply
    • thidi  Februari 7, 2018

      Sama-sama gan…^^

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Umum