Ilmu pemasaran, Umum

Pengertian Franchising dan Contoh Yang Paling Populer di Indonesia

apa itu waralaba atau franchie

Apa itu waralaba atau franchising dan apa saja contohnya? Istilah ini tentu sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Sebagai salah satu jenis bisnis yang cukup populer, waralaba sendiri sudah banyak diminati. Berbagai produk bisa di waralabakan. Mulai dari bisnis makanan, laundry hingga cuci mobil. Bagi yang sedang ingin membuka bisnis ini, harus mengenal lebih dalam tentang waralaba dan juga sejarahnya.

Apa Itu Waralaba (Franchising)?

pengertian waralaba dan franchising

Waralaba disebut juga dengan franchising. Istilah ini bisa diartikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa. Dalam pengertian lain waralaba berarti perikatan antara dua pihak dimana salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan memakai HAKI yang dimiliki pihak lain. Tentunya tidak cuma-cuma, dengan memberikan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak pemilik haki tersebut. Hal ini terutama dalam rangka penyediaan serta penjualan barang serta jasa.

Jadi, seseorang bisa memiliki kebebasan untuk menjual produk yang sebenarnya diciptakan atau terdaftar sebagai brand milik orang lain. Individu atau perusahaan bisa memberikan hak kepada orang lain untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama dan sistem yang ditetapkan dalam jangka waktu tertentu. Untuk memperpanjang kontrak, maka ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Istilah-Istilah Franchising Yang Harus Dipahami

apa itu waralaba dan konnsepnya

Selain pengertian waralaba atau franchising di atas, ada istilah penting lainnya. Pahami apa itu pemberi waralaba dan juga penerima waralaba.

  • Pemberi waralaba => Disebut juga dengan franchisor yang merupakan badan usaha atau individu yang memberi hak kepada pihak lain untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki. Pihak inilah yang menemukan atau menciptakan ciri khas usaha yang dimiliki.
  • Penerima waralaba => Disebut juga dengan franchisee. Inilah pihak yang merupakan badan usaha atau individu yang diberikan hak untuk memanfaatkan HAKI tersebut. Orang ini bebas berjualan dengan merk, brand, dan sistem yang sama sesuai dengan perjanjian setelah memberikan timbal balik kepada franchisor.

Mengenal Sejarah dari Waralaba

sejarah usaha waralaba

Bisnis waralaba sudah dikenal dunia sejak puluan tahun lalu. Tepatnya ialah pada tahun 1850-an yang diperkenalkan oleh Isaac Singer. Beliau sendiri adalah orang yang membuat mesin jahit singer. Guna meningkatkan distribusi penjualan, ia memakai sistem ini.

Cara yang beliau lakukan diikuti oleh pendiri coca-cola. Meskipun ada pula yang menyatakan bahwa yang mengikuti cara bisnis ini ialah sebuah industri otomotif, General Motors Industry tahun 1898.

Seiring dengan perkembangannya, maka bisnis waralaba sudah banyak diterapkan. Awalnya, rumah makan siap saji adalah yang mendominasi dari bisnis ini. Kemudian, trend ini dimulai pada tahun 1919 saat A&W mulai membuka usaha restoran siap saji. Perkembangan bisnis ini paling pesat terjadi di Amerika Serikat dimana rumah makan ini sangat populer dan jadi pilihan masyarakatnya.

Bisnis Waralaba Yang Populer di Indonesia

waralaba di indonesia

Indonesia sendiri merupakan salah satu tempat dimana waralaba tumbuh dengan pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya jenis usaha ini yang berkembang. Mulai dari usaha makanan, pendidikan, hingga usaha di bidang kebersihan, semuanya sudah memakai konsep waralaba. Lalu, apa yang paling populer di Indonesia?

  • Kebab Baba Rafi => Bisa dibilang ini waralaba kebab terbesar di dunia. Ada lebih dari 300 outlet di Indonesia.
  • Jco Donuts => Banyak yang mengira ini waralaba asing. Padahal Jco merupakan waralaba asli Indonesia. Produknya bukan hanya donut namun juga kopi dan yoghurt,
  • Es Teller 77 => Inilah salah satu bisnis waralaba yang awal muncul. Bisnis ini mulai diwaralabakan sejak tahun 1987.
  • Ayam Bakar Mas Mono => Bisnis makanan ini salah satu yang sukses di Indonesia. Nama pendirinya Mas Mono pun muncul sebagai inspirasi banyak bisnis waralaba lainnya.

Selain keempat contoh di atas, masih banyak lagi contoh bisnis waralaba di Indonesia. Sebut saja Pecel Lele Lela, Alfamart, CFC, Ayam Bakar Wong solo, dan lain-lain. Jadi, selain tahu apa itu waralaba, ketahui pula lebih banyak contoh bisnis sukses dengan sistem waralaba ini.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.


Back to list

Related Posts

Beri Komentar Anda ...