Strategi Pembuatan Artikel dan Konten Berkualitas

Google menyatakan bahwa peringkat website sangat ditentukan oleh kualitasnya, bukan dari jumlah posting, backlink dan apapun yang bertujuan mengelabui mesin pencari untuk mendapatkan peringkat. Sinyal ini dilontarkan oleh matt cutts ( ex head of Google’s Webspam team ). Nah, masalahnya seperti apa konten berkualitas itu?

Selanjutnya beliau juga menyatakan bahwa google secara terus-menerus memperbaiki algoritmanya untuk menilai dan menetapkan posisi sebuah website. Konten yang berkualitas menjadi core / dasar perbaikan algoritma google. Lagi-lagi konten.

Apa Yang Dimaksud Konten berkualitas?

Agar mudah dipahami, konten itu diartikan semua yang terlihat dan di tawarkan ke pengunjung website anda. Konten ini bermacam2, bisa itu artikel, gambar, video, gombar produk, widget. Kualitas sendiri merupakan penilaian tingkat baik buruknya akan hal tertentu. Konten berkualitas berarti konten website anda memiliki tingkat niali baik, memberi manfaat, enak di lihat, tidak membosankan, menghibur, disukai. Indikator dari konten berkualitas diantaranya :

  • Memberi manfaat, solusi pemecahan masalah.
  • Mudah dicerna, bahasa penulisannya.
  • Menghibur (bisa disertai visual, gambar dan video).
  • Mudah di akses (kecepatan loading dan ukuran).
  • Struktur dan taxonomy (kategori&tag) nya rapih.
  • Aktual, terupdate, relevan sesuai keadaan sekarang.
  • Sumbernya dapat dipercaya, menyangkut link dan tautan.
  • Teruji kebenarannya.

Konten berkualitas saja tidak cukup untuk memenangkan persaingan. Konten harus memiliki nilai lebih dari hanya sekedar memiliki kualitas. Pemenang hanya untuk yang mampu membawa perasaan pengunjung ikut terbawa, setidaknya suasana dari konten yang anda tawarkan.

Perbedaan Konten Berkualitas Website Informasi dan Onlineshop

Pada dasarnya konten berkualitas itu sama indikatornya, namun jika dihadapkan pada dua jenis website yang berbeda cara konversinya, harus berbeda strateginya. Pada website informasi tentu saja konten artikel yang ditonjolkan, lain halnya dengan onlineshop yang menggunakan konten produk sebagai andalannya.

Perencanaan konten berkualitas pada produk sebaiknya menonjolkan produk dan atribut selengkap2nya, Visual (gambar dan video), testimonial dan portofolio. Tidak diperlukan penjelasan yang sangat panjang untuk produk, umumnya pengunjung tidak menyukainya, simpel, jelas dan padat. Untuk selebihnya relatif sama dengan pembuatan konten artikel.

Strategi Pembuatan Konten Berkualitas

Semua strategi pembuatan konten sebenarnya bermuara pada tujuannya, yaitu traffik dan konversi. Untuk mencapainya sebaiknya dibuatkan strateginya. Strategi setiap individu pasti berbeda, anda dan sayapun berbeda. Anggap saja saya menggunakan strategi berikut. Strategi penunjang yaitu keyword dan strategi utama konten.

Strategi Penunjang Keyword

Tanpa strategi penunjang, konten sebaik apapun susah untuk mencapai tujuannya. Ambil saja dari ilmu manajemen, POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) pada prosesnya.

Planning

Riset Keyword, untuk mengetahui keyword mana yang paling potensial sesuai niche website anda, misal anda menemukan bibit buah untuk usaha website agrobinis anda.

Organizing

Apa saja kw turunannya? (menetapkan, memilih kata kunci turunan sebaiknya melalui proses riset keyword terlebih dahulu, tidak semua keyword turunan mempunyai intensitas yang baik).

  • berdasarkan jenis buah => bibit buah jambu, bibit buah jeruk, bibit buah apel
  • berdasarkan lokasi jangkauan pemasaran anda => bibit buah bandung, bibit buah cimahi, bibit buah sumedang
  • berdasarkan sifatnya => bibit buah unik, bibit buah langka, bibit buah murah
  • berdasarkan masalah => bibit buah busuk, bibit buah tidak tumbuh, masalah umum bibit buah

Actuating

Anda buat satu persatu konten / artikelnya, bisa juga menggabungkan beberapa keyword satu kategori atau beda kategori dalam sebuah artikel. Lalu dari artikel-artikel tersebut anda arahkan melalui “anchor text link” mengarah ke artikel utama, artikel dengan keyword “bibit buah”.

Alur link terserah, anda atur2 sendiri, buat skema cross link. Intinya “bagaimana membuat halaman2 posting anda saling terikat, antara post yang satu dan yang lainnya akhirnya bermuara pada keyword utama “bibit buah“.

Controlling

Setiap konten perlu dikendalikan, dalam hal ini anda bisa mengontrolnya. Tujuannya jelas agar setiap konten memperoleh posisi yang baik di hasil pencarian google. Caranya dengan mempromosikannya, share sosial media, membuat backlink relevan, membuatkan advertising, atau apapun, terserah.

Banyak pakar SEO berpendapat untuk tidak membidik keyword dengan persaingan sangat tinggi, terutama website baru. Hal ini sepenuhnya benar. Sebaiknya berfokus ke “long Tail Keyword” turunannya. Keyword turunan tersebut dimaksud sebagai penopang keyword utama, yang nantinya akan mendorong posisi keyword utama tersebut. Dengan demikian anda tetap harus memiliki konten keyword utama.

Strategi Utama Konten

Konten berkualitas adalah konten yang sangat baik dimata pengunjung, oleh karena itu google menjadikan sinyal dari pengunjung untuk peringkat hasil pencariannya. Indikator mengenai kualitas konten sudah dijelaskan di awal pembahasan diatas.

  1. Website A.com | berumur 4 bulan | memiliki artikel apel berwarna merah karena mengandung pigmen A 
  2. Website B.net | berumur 2 tahun | memiliki artikel apel berwarna merah karena takdir
  3. Website C.co.id | berumur 9 bulan | memiliki artikel apel berwarna merah karena menyesuaikan dengan alam
  4. Website D.com | berumur 4 bulan | memiliki artikel apel berwarna merah karena mengandung pigmen A serta menyesuaikan dengan alam
  5. Website E.biz | berumur 2 tahun | memiliki artikel apel berwarna merah karena mengandung pigmen A
  6. Website F.com | berumur 1 tahun | memiliki artikel apel berwarna merah karena mengadung pigmen A (keseluruhan isi artikel sama persis dengan website E.biz hasil duplikat copy paste)
  7. Website G.com | berumur 1 bulan | memiliki artikel apel berwarna merah karena mengandung pigmen A tidak terbukti, penyebab apel berwarna merah sebenarnya diakibatkan radiasi nuklir ( dengan menyertakan bukti sumber yang bisa dipercaya).

Google akan meranking urutannya seperti ini :

  1. Website G.com => memiliki artikel berkualitas yang terupdate relevan dengan keadaan sekarang
  2. Website E.biz => memiliki artikel relevan pada 2 tahun lalu serta berumur
  3. Website C.co.id => memiliki artikel relevan tetapi masih tidak cukup umur untuk melibas E.biz
  4. Website D.com => meskipun hasil copy paste tapi melakukan pengujian dan mendapatkan hubungan antara artikel E.biz dan C.co.id
  5. Website B.net => meskipun bukan hasil duplikat dan original namun artikelnya kurang berkualitas
  6. Website A.com => meskipun bukan duplikat tapi maksud isi dari artikel serupa dengan E.biz
  7. Website F.com => melakukan pekerjaan yang sia-sia bahkan suatu saat berpoensi terkena penalti dari google.

Ilustrasi ringan diatas adalah contoh yang sangat sederhana, karena google yang sebenarnya tidak sesederhana itu meranking deretan website, ada 200 san lebih kriteria, mungkin lebih lagi, google tidak pernah memberi bocoran pasti.

Kecepatan website, ukuran website, link natural, reputasi website, spaming, malware, pagerank, bounching rate, average total hit, average visitor, penalized history, bisa menjadi hal positif website untuk ditarik keatas, ataupun hal negatif yang bisa menyeret posisi website ke bawah hingga menghilang. Sebuah website dituntut jadi yang terbaik untuk ditempatkan di deretan atas mesin pencari.

Judul meta (meta title), judul artikel tag h1, serta deskripsi meta sebaiknya di buat sebaik mungkin. Hal ini sangat berpengaruh, terutama jika website anda sudah berada di deretan atas mesin pencari, menentukan banyak nya jumlah CTR (click throught rate) – jumlah tayangan dibandingkan klik. Rasio CTR yang besar akan menaikan posisi, dan sebaliknya.

Content is the king not backlink

Konten yang berkuasa sekarang, bukan backlink. Era Humming bird tengah berjalan menggantikan jaman caffeine yang sudah berlalu. Berfokuslah terhadap konten jika menginginkan page 1 google. Menyebarkan backlink adalah suatu usaha, bukan usaha yang mudah, terbukti masih bisa menaikan peringkat website, melibas pesaing, pesaing yang sama sekali tidak menjalankan websitenya – pesaing yang gemar menduplikat konten.

Semua itu sia-sia jika dihadapkan pada pesaing anda yang memiliki konten “superb” (1000 backlink di website anda tidak akan pernah mengalahkan konten berkualitas yang hanya memiliki backlink beberapa atau mungkin tidak mempunyai backlink sama sekali tapi visitor selalu ramai diimbangi tingkat bounching rate yang kecil – indikasi kontent berkualitas).

Cara membuat konten artikel berkualitas

Cara membuat artikel berkualitas

  1. Tidak ada metode yang pasti untuk membuat sebuah konten – artikel berkualitas, tiap orang berbeda, memiliki gaya hidup sendiri – gaya penulisan sendiri. Artikel adalah perpaduan ilmu, seni dan pengalaman. Maka banyaklah belajar dan membaca mengenai penulisan, hindari merasa tertekan ketika menulis, teruslah menulis, jangan pedulikan baik tidaknya artikel yang anda buat, biarkan pengalaman yang berbicara. Disamping itu pelajari dan terapkan aturan SEO yang benar.
  2. Kuasai dengan sangat baik topik dari artikel yang akan anda buat, banyak membaca dari beberapa artikel yang sudah ada, uji dan implementasikan kemudian tuangkan dalam tulisan (re-search).
  3. Artikel yang anda buat ditujukan untuk pembaca, untuk manusia bukan mesin pencari, hentikan membuat backlink membabi buta, buatlah tulisan yang benar-benar bermanfaat bagi manusia.
  4. Perhatikan struktur artikel tag H1, H2, H3 (judul, sub judul, sub sub judul), judul artikel ( akan terbaca tag H1 hanya diperbolehkan satu saja, jadi tidak usah repot2 membuat tag H1 di isi artikel).
  5. Judul harus mewakili isi dari keseluruhan artikel.
  6. Buatlah link referensi ke halaman lain (format dofollow). link referensi ke website lain (format nofollow) jika tidak berhubungan, jika relevan tetap gunakan “dofollow”, bukan untuk mesin pencari tapi untuk mempermudah pembaca memahami istilah-istilah yang tidak awam dan tidak lazim
  7. Masukan beberapa gambar atau video jika perlu, bukan untuk syarat mesin pencari tapi untuk menampilkan visual yang bertujuan menghibur, mempermudah pembaca untuk mengerti (biasanya tutorial), menyamakan persepsi maksud anda dengan pembaca.
  8. Perkecil ukuran gambar yang di masukan, jika memasukan video atau link embed youtube hindari auto play, jangan memasang musik ketika halaman di buka, kecuali tidak autoplay biarkan visitor yang memutarnya. Buatlah ukuran halaman seringan mungkin, jangan membuat mereka kesal dengan beratnya halaman artikel anda, hidup mereka sudah susah jangan ditambah susah.
  9. Buatlah url halaman artikel yang pendek namun mewakili dan berisi keyword yang andai bidik.
  10. Perhatikan taxonomi artikel => kategori dan tag, harus relevan dengan isi artikel.
  11. Meta tittle, meta keyword, meta description silahkan untuk membuatnya, hanya google dan mesin pencari lainnya sudah tidak memperdulikan meta keyword. Meta tittle dan description pun hanya kadang2 saja google tampilkan, kedepannya entahlah. Untuk meta tittle dan meta description sebaiknya di buat saja (jika menggunakan wordpress silahkan pasang salah satu plugin wordpress SEO).
  12. Baca ulang kesuluruhan artikel sebelum di publish, perbaiki jika ada kesalahan penulisan atau bahasa yang kurang enak di baca.

Lalu bagaimana dengan toko online? Yang dimaksud konten website bukan hanya artikel (sudah saya sebutkan diatas) bisa itu gambar, video bisa juga produk. Untuk toko online kita dituntut dapat mendeskripsikan dengan baik produk yang di tawarkan, gambar jelas, kategori dan tagnya harus jelas. Bisa ditambahkan testimonial (dianjurkan google), serta tersedia produk review dan komentar hingga portofolio untuk jasa.

Jangan Lakukan Tindakan Sia-sia

Membayar jasa pembuatan artikel belum tentu bisa membuat artikel yang berkualitas. Llebih banyak lagi yang mengisi konten dengan cara duplikat (copy paste), mentah (tanpa di edit sama sekali), sedikit pengeditan, hingga merubah struktur artikel namun isi nya tetap sama.

Tindakan seperti ini merupakan tindakan yang sia-sia (khususnya bagi yang meng-copy paste mentah2), artikel dan konten duplikat tidak akan memperoleh posisi yang baik. Artikel dan konten berkualitas akan dijadikan referensi oleh website lain, backlink natural tercipta, inilah maksud google mengenai natural backlink.

Ketika anda hendak membangun sebuah situs web usaha, dilakukan sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website. Setidaknya mempunyai gambaran dan masukan untuk pengelolaan kedepannya. Harap selalu mengutamakan kualitas konten dalam rencana strategis pemasaran digital.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...