Blog

Bagaimana Cara Memiliki Akun di Gmail dan Apa Saja Fungsi Serta Kelebihannya?

Posted by:

Cara daftar dan buat akun Gmail sangat penting untuk diketahui bagi para pengguna android. Gmail sendiri merupakan salah satu layanan email gratis dengan banyak keunggulan yang ada di dalamnya. Keberadaan Gmail memiliki banyak manfaat terlebih bagi mereka yang gemar melakukan aktivitas entah di ponsel ataupun komputer, terlebih jika kegiatannya berupa bisnis online..

Gmail atau google mail diluncurkan tepatnya pada tanggal 21 maret tahun 2004 oleh Google.Inc dan dapat digunakan secara gratis sejak dari awal. Beberapa fitur menarik yang disematkan ke dalam Gmail antara lain adalah fasilitas chatting, pengelompokan email, perlindungan dari spam dan lain sebagainya.

Baca Tentang Pengertian dan Sejarah Email Disini

Cara Daftar dan Buat Akun Gmail Berikut Kelebihan yang Dimilikinya

kelebihan akun gmail

Dibandingkan dengan akun email yang lain, Gmail memiliki beberapa kelebihan seperti tidak memiliki masa kadaluarsa meski jarang dibuka sekalipun. Gmail juga memungkinkan seorang pengguna dapat login ke beberapa akun dalam waktu yang sama.

Gmail sendiri menawarkan kapasitas ruang yang besar dan dapat diakses melalui seluler. Jika di akun lain, pengguna harus merefresh dulu untuk melihat email yang masuk, namun di Gmail, pengguna bisa langsung melihat adanya email masuk tanpa me-refresh.

Manfaat Memiliki Akun Gmail Untuk Berbagai Keperluan

manfaat memiliki akun gmail

Bukan hanya untuk chatting. Ada lebih banyak manfaat dari gmail. Beberapa diantaranya yang perlu Anda tahu adalah:sebagai berikut :

  • Menjalankan Smartphone dan Akses Playstore => Setiap pengguna android pasti mengetahui hal ini. Akun gmail (google) diperlukan untuk menjalankan smartphone juga mengakses beragam apk di google playstore.
  • Memiliki akun di Youtube => Youtube merupakan salah satu media sosial untuk berbagi video, memberi like dan komentar. Untuk bisa mengakses youtube pengguna harus memiliki Gmail terlebih dahulu.
  • Membuat blog di blogspot => Bagi pengguna yang ingin membuat blog, keberadaan akun Gmail merupakan salah satu syarat untuk dapat menggunakan blogspot. Jadi buat dulu gmail, baru kemudian bisa membuat blog.
  • Mengirim dan menerima pesan => Adapun fungsi utama dari Gmail adalah media untuk mengirim dan menerima pesan. Pesan yang dikirim bisa dalam banyak bentuk mulai dari dokumen, foto, video serta ragam bentuk dokumen yang lain.
  • Mencari dan mendaftar pekerjaan => Mendaftar pekerjaan secara online diperlukan email untuk mengirimkan surat berikut dengan biodata lengkap kepada perusahaan. Gmail membantu anda dalam  mengirimkan lamaran pekerjaan dalam waktu singkat tanpa terbatas waktu dan tempat.
  • Melakukan akses pada google drive => Manfaat lain dari Gmail adalah untuk menyimpan serta mengunduh file dengan platform seperti halnya cloud. Dengan memasukkan data ke dalam google cloud, data tentunya lebih aman karena tetap dapat diakses meski komputer anda hilang sekalipun.
  • Terhubung ke Picassa Web => Picassa merupakan layanan yang dapat digunakan untuk menyimpan foto secara gratis. Layanan ini juga dapat digunakan untuk berbagi sekaligus media penyimpanan foto supaya memori tidak penuh.
  • Terhubung di Goggle maps => Aplikasi yang satu ini tentu sangat berguna terlebih bagi anda yang tengah membutuhkan arah jalan dalam suatu perjalanan. Gmail mempermudah pengguna dalam melakukan akses pada Google maps. Maka, gmail wajib dimiliki, khususnya bagi pengguna android.
  • Memiliki akun di Google plus => Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya dari pembuatan Gmail adalah untuk melakukan pendaftaran pada Google plus. Google plus merupakan media untuk berinteraksi seperti halnya facebook. Terdapat pula group atau komunitas yang bisa diikuti sesuai dengan minat.
  • Memulai pemasangan iklan berbayar => Bagi para pebisnis keberadaan iklan (advertising) berbayar sangat diperlukan. Dengan memiliki akun gmail maka mereka dapat melakukan pemasangan iklan google adwords untuk menjual produknya secara online.
  • Mendapatkan penghasilan dengan menjadi publisher iklan => Google adsense adalah program mitra dari google bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet dengan menyediakan konten untuk pemasangan iklan. Konten yang dimaksud bisa berbentuk blog website atau vlog di youtube.

Di era digital seperti saat ini, memiliki alamat email merupakan keharusan terutama bagi anda yang ingin mendapatkan beragam manfaat seperti diatas. Banyak sekali manfaat dan fungsi dari gmail selain yang sudah disebutkan diatas. Gmail mempermudah bagi para pengguna yang ingin melakukan aktivitas di Youtube, blogspot dan lain sebagainya.

Cara Buat dan Daftar Akun Gmail Lewat PC (Desktop)

cara daftar akun gmail lewat desktop

Dengan manfaatnya yang begitu banyak, lantas bagaimana cara mendaftarkan akun pada Gmail? Pelajari cara daftar dan buat akun Gmail untuk mempermudah segala aktivitas Anda di dunia maya.

Untuk mendaftar di Gmail, pengguna bisa melakukan pendaftaran melalui laptop atau bisa pula menggunakan android serta tablet.

Adapun proses pendaftaran melalui laptop dan PC (desktop), bisa melakukan proses pendaftaran sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah dengan cara mengakses halaman daftar akun google disinicara daftar dan buat akun gmail lewat desktop 1
  2. Selanjutnya masukkan nama depan serta nama belakang pengguna pada bagian isian nama
  3. Tentukan alamat email yang diinginkan pada bagian pilih nama pengguna.
  4. Tambahkan password baru untuk akun yang akan dibuat pada bagian Buat sandi. Password digunakan untuk login atau masuk ke dalam akun sehingga tidak boleh dilupakan
  5. Masukkan kembali password yang telah dipilih pada kolom Konfirmasi sandi. Selanjutnya tekan tombol berikutnya.cara daftar dan buat akun gmail lewat desktop 2
  6. Masukkan nomor ponsel, hari lahir, bulan serta tahun kelahiran
  7. Tambahkan gender atau jenis kelamin, laki-laki atau perempuan. Jika sudah klik tombol berikutnya
  8. Akan muncul halaman pop up privasi berikut dengan persyaratan. Pengguna bisa langsung scroll ke bawah hingga menemukan tombol Saya Setuju.
  9. Jika sudah maka proses pendaftaran telah selesai dilakukan. Anda bisa langsung menggunakan atau mengakses akun baru anda dengan cara mengklik tombol continue.

Pendaftaran melalui laptop atau PC sendiri sangatlah mudah. Pengguna tinggal memasukkan data-data pada kolom isian yang diminta.

Cara Daftar Dan Buat Akun Gmail Lewat Mobile Phone (Smartphone)

cara daftar akun gmail lewat smartphone

Selain melalui laptop atau PC, pengguna juga bisa melakukan pendaftaran buat akun gmail melalui ponsel dengan cara berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah dengan cara membuka menu setting yang terdapat pada layar ponsel. Scroll hingga ketemu dengan Akun atau tambahkan akun.
  2. Akan ada tanda + untuk menambahkan atau membuat akun yang baru. cara daftar dan buat akun gmail lewat smartphone 1
  3. Tekan pada menu google lalu akan muncul halaman untuk pendaftaran email.
  4. Isikan nama depan serta nama belakang lalu klik selanjutnya atau next. cara daftar dan buat akun gmail lewat smartphone 2
  5. Isikan hari, bulan serta tahun kelahiran berikut dengan gender atau jenis kelamin. cara daftar dan buat akun gmail lewat smartphone 3
  6. Selanjutnya buat alamat email yang diinginkan. Dan jika sudah bisa langsung tekan next. cara daftar dan buat akun gmail lewat smartphone 4
  7. Akan muncul tampilan untuk memasukkan password. Gunakan password yang anda inginkan lalu konfirmasi setelahnya. cara daftar dan buat akun gmail lewat smartphone 5
  8. Setelah klik next, muncul tampilan untuk memasukkan nomor ponsel. Pengguna bisa mengisinya atau tidak. Isian ini bersifat opsional atau pilihan. cara daftar dan buat akun gmail lewat smartphone 6
  9. Selanjutnya akan muncul langkah privacy serta terms. Scroll ke bawah lalu tekan I Agree.
  10. Konfirmasi usernama serta kata sandi yang digunakan lalu tekan next untuk melanjutnya. Jika koneksi internet bagus, maka dalam waktu yang singkat pendaftaran Gmail melalui ponsel akan langsung diterima.

Penggunaan Gmail entah di PC ataupun di ponsel tentu sama-sama menguntungkannya. Ada banyak manfaat bagi pengguna yang melakukan pendaftaran seperti yang telah dibahas di atas.

Cara daftar dan buat akun Gmail sangatlah mudah serta dapat diakses secara gratis asal memiliki sambungan internet.

Fitur yang Terdapat Pada Gmail

fitur pada gmail

Selain gratis, Gmail juga memanjakan para pengguna dengan ragam fitur yang disematkan ke dalamnya. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah melakukan pemblokiran pada pengirim tertentu. Mengurutkan pesan terkait label, melakukan kode warna pada pesan.

Uniknya lagi pengguna juga bisa berkirim pesan menggunakan Emoji serta mengimpor kontak media sosial ke dalam Gmail. Bagi seorang pebisnis, fitur Gmail yang memungkinkan untuk melakukan pengimporan kontak tentu sangat membantu karena tidak perlu mengetik ulang kontak.

Dengan ragam kemudahan serta manfaat yang diberikan, tidak ada salahnya bagi anda yang belum memiliki akun Gmail, untuk segera melakukan pendaftaran. Cara daftar dan buat akun Gmail yang mudah membuat siapa saja bisa membuatnya. Selanjutnya tinggal nikmati fitur serta kemudahan yang diberikan.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



1
  Artikel Terkait

Comments

  1. hotel di puncak bogor  September 19, 2018

    sipp

    reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Umum