Berapa Besar Pengaruh Usia Domain Terhadap Peringkat Website ?

Pertanyaan sebagian besar klien baik itu pembuatan situs web maupun menggunakan jasa SEO umumnya bertanya seperti ini. “Berapa lama web saya ke halaman 1 google?” Terus terang saya sebagai pihak yang mengetahui sedikit masalah “page one” sering bingung menjawabnya. Menjelaskan secara detail juga dirasa percuma dan sia-sia, karena umumnya mereka yang bertanya menginginkan kepastian.

Satu hari? Satu minggu? Satu bulan? Satu tahun?. Biasanya saya jawab dengan sumber yang mendasar. Untuk website baru 6 bulan itu sudah sangat bagus, 1 tahun itu bagus, 2 tahun itu wajar (dengan asumsi klien tersebut mengelola website nya dengan tepat dan konsisten). Perlu anda pahami bahwa semua aspek diperhitungkan google meskipun bobotnya tidak sama.

Pendapat Kualitas Vs Kuantitas yang Mempengaruhi waktu Website Menuju Halaman 1

Namanya juga pendapat, wajar jika berbeda-beda. Satu kesamaan yang bisa ambil dari mereka (pakar SEO) adalah keberhasilannya menjalankan website sehingga ada hasil yang dicapai. Terdapat dua “aliran” pendapat pakar SEO secara umum, kualitas vs kuantitas.

Aliran kuantitas

Mereka (pakar SEO) yang berpendapat posting sebanyak-banyak nya, sehari 10 jika memungkinkan. Saya rasa tidak salah. Dengan banyak konten maka kemungkinan mendapat visitor banyak. Ini sangat masuk akal sekali, coba anda bayangkan jika anda mempunyai 1000 artikel, satu orang baca satu artikel setiap harinya, kasarnya anda mendapat visitor 1000 per hari.

Aliran Kualitas

Sebagian berpendapat posting tidak usah setiap hari, seminggu sekali juga tidak apa2 asalakan postingan nya berkualitas. Pendapat ini juga tidak salah, juga sangat benar. Anda membuat satu artikel berbobot berisi mengenai buah apel, didalamnya dijelaskan manfaat, efek samping, kandungan vitaminnya, hingga cara budidaya apel, anda sebutkan juga ahli-ahli botani apel. Artikel anda panjang sekali tapi sepertinya pengunjung yang datang akan mendapatkan informasi lebih dari cukup. Pencarian semua keyword menuju ke konten artikel anda. Bisa jadi mendapatkan 20 pengunjung dengan keyword yang berbeda menuju halaman posting hanya dengan satu artikel saja.

Baik kualitas dan kuantitas adalah syarat dasar dari strategi konten keyword yang anda targetkan. Karena tanpa hal demikian (update konten) jangan berharap anda mendapat posisi yang diidamkan sampai kapanpun. Juga jangan pernah berfikir, bertanya berapa lama website anda berada di halaman satu.

Memangnya Butuh Berapa Lama Sebenarnya?

Kesampingkan dulu masalah waktu, saya ganti sementara pembahasannya mengenai “trust” kepercayaan google. Aged domain, menurut google adalah domain yang berumur lebih dari satu tahun, secara tidak langsung kita dapat mengambil kesimpulan “berarti google baru mempercayai website jika sudah menginjak satu tahun.

Coba anda perhatikan, fakta bahwa ribuan website baru bermunculan tiap hari tapi setiap keyword yang biasa anda ketik memunculkan deretan situs web yang sama di halaman pertama. Umumnya sama, ada juga perubahan pergeseran naik dan turun, salip-menyalip. Naik turunnya website terjadi tiap  waktu, namun tetap saja website yang biasa anda lihat. Lalu kemana situs web baru yang bermunculan ribuan setiap harinya? Hal ini tidak akan saya jawab langsung sekarang, silahkan anda simak pembahasan yang disajikan dalam bentuk gambar grafik.

Penelitian Pengaruh Usia Domain pada Ranking Google

Penelitian pengaruh usia domain website pada peringkat halaman 1 google bukan dilakukan oleh saya. Mengambil hasil penelitian yang dilakukan oleh ahrefs. Tapi saya pastikan penelitian ini mempunyai kebenaran meskipun tidak mutlak.

Penelitian dimulai untuk melihat berapa umur domain yang bertengger di papan atas google, sepuluh besar. Data di ambil dari 2 juta keyword yang dijadikan sampel secara acak.

Berapa Usia Domain Penguasa Halaman 1 Google

Seperti yang anda lihat pada gambar grafik diatas, peringkat 10 besar didominasi website yang berumur rata-rata lebih dari 2 tahun.

Website Berumur Sekitar 1 Tahun (Dibawah 2 Tahun) yang Menempati 10 Besar

Hanya 22% saja website diatas 1 tahun (500 hari keatas) yang bertengger di 10 besar.

Website Berumur Dibawah 1 Tahun Menempati Posisi 10 Besar

Hanya 4% lebih sedikit saja website baru yang berumur di bawah 1 tahun menempati 10 besar, bahkan untuk peringkat 1 hanya 1% saja.

Usia website di bawah 1 tahun yang menempati posisi 10 besar hanya sekitar 4% saja. Dengan demikian dapat anda beyangkan untuk website yang berumur jagung, atau yang berangan2 menempati peringkat website secepatnya setelah website dibuat.

Penelitian Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mencapai 10 Besar

Pengambilan sampel sebanyak 2 juta halaman yang dibuat sekitar 1 tahun ke belakang (februari 2016), kemudian melakukan “tracking” terhadap keyword (penelitian usia domain pada keyword). Perbedaan dengan penelitian pertama terletak pada web keseluruhan dan halaman saja (posting). Jika penelitian pertama hanya meneliti usia domain saja, pada penelitian kedua memasukan unsur konten (artikel).

Ahrefs memperkenalkan DR (domain Rating), semacam DA (Domain Authority). Anda tidak usah ambil pusing, DR itu didapat dari usia serta reputasi website.

  • Domain lama belum tentu mempunyai domain rating yang bagus jika malas update.
  • Domain baru lahir mau dapat rating dari mana? posting saja belum.

Butuh Berapa Lama Halaman (posting) Mencapai 10 Besar Dalam Jarak 1 Tahun

Ternyata hanya 5,7% saja konten baru menempati posisi 10 besar, tanpa mempedulikan Domain Rating. Jika dibagi lagi memperhitungkan DR maka 10,8% website yang mempunyai DR tinggi berhasil mencapai 10 besar, diikuti dengan yang medium DR sebanyak 7,2%. Untuk website baru juga DR rendah hanya 3,0 % saja.

Berapa Lama Dalam Hitungan Hari Konten Baru yang Berhasil Mencapai 10 Besar

Penelitian terfokus pada jumlah website “beruntung” (5,7% hasil penelitian sebelumnya) mencapai peringkat 10 besar untuk konten barunya dalam jarak 1 tahun. Konten baru yang beruntung (5,7%) mencapai peringkat yang diidamkan kebanyakan pada usia 61 hari hingga 182 hari (adapun anda harus memperhatikan juga DR yang mencapainya).

Memperhitungkan Intensitas Keyword Dalam Mencapai 10 Besar

Rasanya tidak benar jika meneliti keyword tanpa memperhitungkan intensitasnya (pencarian per bulan / search per month). Keyword itu berbeda nilainya, tidak sama.

Dari 5,7% hanya 0,3% saja yang berhasil mencapai peringkat yang diinginkan (10 besar) dalam jarak 1 tahun untuk keyword yang memiliki intensitas tinggi. 1,3% untuk keyword dengan intensitas medium. Sedangkan untuk yang intensitas rendah hanya 4,8% saja.

Pencapaian 10 Besar Keyword Berdasarkan Intensitasnya Dalam Waktu 1 Tahun

Pada gambar grafik diatas dapat anda lihat bahwa dari 5,7% website “beruntung” (mencapai peringkat 10 besar, halaman 1 google dalam jarak dibawah 1 tahun) mencapai targetnya diantara 61 s/d 121 hari untuk keyword dengan intensitas rendah. Untuk keyword dengan intensitas medium umumnya mulai terlihat pencapaiannya setelah 183 hari. Untuk keyword yang tinggi intensitasnya mulai terlihat pada hari ke 244.

Kabar baiknya selalu ada kesempatan mencapai peringkat 10 besar dalam waktu singkat, meskipun sangat kecil sekali peluangnya (contoh : 0,4% website berhasil mencapainya dalam waktu 1 s/d 60 hari untuk keyword yang mempunyai intensitas tinggi / favorit), tentu saja didapat hanya dengan reputasi website yang memadai.

Apakah Anda Masih Berfikir Untuk Mencapai Halaman 1 Google dengan Cepat ?

Rasional dalam berfikir, yang menentukan “page one” itu bukan anda, bukan juga pakar SEO, yang menentukan google. Peluang bagi website baru mencapai hasil peringkat sepuluh besar halaman 1 google itu hampir tidak mungkin dalam waktu singkat. Semua butuh proses dan waktu untuk mencapai keberhasilan, kesempurnaan.

Melihat kenyataan (fakta) sangat sulit nya persaingan, maka sebaiknya anda lebih mempersiapkan diri untuk bersaing. Semua perbuatan pasti ada imbalannya, semakin keras anda berusaha maka semakin banyak yang anda dapatkan. Istilah berusaha berbanding lurus dengan hasil berlaku untuk setiap bisnis, juga bisnis online apapun bentuknya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


4 Comments

  1. Bener sekali mas, domain yang lama akan lebih mendapatkan tempat untuk posisi yang strategis di SERP, contohnya seperti yang sudah dialami oleh Majalah Siantar..

    • thidi

      Iya gan, ketika domain masih baru, posting baru entah ditempatkan di halaman mana…tp jika sudah berumur, bisa langsung di halaman 2,3 bahkan 1, hanya butuh beberapa waktu saja menuju puncak…^^

  2. Pengaruh usia domain terhadap Peringkat sangat relatif tergantung seberapa populer sebuah domain itu?

    Domain berumur 7 tahun namun tidak dikenali Google sama saja dengan memiliki domain baru.

    Tetapi jika website yang selama 7 tahun terus menerus direferensikan dan dilink oleh situs-situs lain akan terlihat lebih berwibawa dan tepercaya.

    Tentu Domain seperti ini sangat sangat berharga kan?

    Namun yang menjadi faktor peringkat di mesin pencari bukan umur website.

    Jika domain baru berumur satu tahun namun dereferesnsikan dan dilink oleh situs-situs otoritas akan sama berharganya bahkan lebih berharga dibanding domain yang sudah berusia 7 tahun.

    Mungkin umur domain juga ikut berperan jika faktor-faktor lain ikut jadi pertimbangan dalam mempengaruhi rangking di mesin pencari.

    Kesimpulannya semua komponen ikut menjadi faktor dan kondisi peringkat sebuah situs di mesin pencari.

    • thidi

      Memang benar, saya tidak pernah melihat hal2 seperti misalnya usia domain hanya terbatas pada usianya. Semakin lama usia domain, maka sudah melewati perjalanan panjang…bukan website / domainnya, namun webmaster, pemilik, penunggang di belakangnya. Anda pasti sudah mengalami berbagai macam hal mengenai SEO yang tidak bisa dilakukan hanya berbekal membaca artikel, ebook, kursus dsb. Ketika anda maupun saya berbenturan dengan piliknya situasi yang sebenarnya maka itulah SEO sesungguhnya. Website yang baru muncul kebanyakan penunggangnya juga baru, masih butuh banyak “benturan” sampai mereka benar2 matang bersaing di kompetisi yang sebenarnya. Itu salah satunya….

      Kemudian semakin berumur sebuah domain, maka sudah pasti lebih banyak kesempatan untuk meraih popularitas, baik didapatkan dengan sengaja atau tidak…website baru kalah pada “start”, sekeras apapun berusaha tidak akan bisa melewati web / domain yang lama, setidaknya dalam waktu dekat, jadi harus bersabar dan makan garam dulu…

      Kemudian jika anda sebagai adik terpaut usia 7 tahun dengan kakak anda, …setiap hari anda belajar dengan giat, meraih prestasi, semua dikejar demi impian masa depan…sedangkan kakak anda kerjaannya tidur, malas-malasan, bergadang, siang jadi malam, malam jadi siang…Umurnya yang lebih tua terpaut 7 tahun, tidak ada gunanya….

      btw terima kasih banyak sudah mampir gan ^^

Beri Komentar Anda ...