Blog

Mengembalikan Visitor yang Hilang dan Peringkat Website Turun Tiba-tiba

Posted by:

Apakah ranking / posisi website dan onlineshop di berbagai keyword pencarian anjlok secara tiba-tiba? jangan terburu-buru panik mengambil tindakan mengatasi peringkat website turun secara tiba-tiba, salah yang justru memperburuk keadaan. Penurunan website secara drastis ini sangat berbeda dengan penurunan peringkat website yang wajar. Untuk website yang baru atau berada pada halaman – halaman bawah tidak terlalu diperhatikan apabila mengalami hal ini, namun jika website anda sudah sekian lama berada di “pejwan”, mendatangkan rupiah setiap harinya maka menjadi masalah yang sangat serius, pengunjung (visitor) website pasti berkurang drastis. Sebelum membahasnya sebaiknya kita samakan persepsi terlebih dahulu mengenai pemahaman SEO sesuai yang kutipan pemahaman SEO thidiweb di bawah ini.

Pemahaman akan SEO saat ini pada masyarakat bisa dikatakan salah kaprah, terlebih banyak orang maupun perusahaan yang menjanjikan peringkat tertentu suatu keyword pada mesin pencari. Dengan melihat hal tersebut maka kami beranggapan sudah banyak yang salah memahami akibat janji hoax yang terus dipelihara, SEO seperti ini sudah kadaluarsa sejak tahun 2013, hingga saat ini google secara berkala terus memperbaiki algoritmanya. SEO adalah bagaimana mengoptimalkan dan memasarkan website pada mesin pencari, bukan mengoptimalkan keyword pada mesin pencari. SEO tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika suatu keyword bisa mencapai halaman satu dalam waktu singkat, pastilah keyword tersebut sangat rendah intensitasnya dalam artian sangat jarang sekali orang mencari di google. Sedangkan SEO yang sebenarnya akan mengoptimalkan semua keyword yang berpotensi mendatangkan pengunjung dengan terlebih dahulu memperhatikan isi dari konten yang akan dipublikasikan.

Setelah anda membaca kutipan diatas anggap saja kita sama-sama paham. Memahami bahwa peringkat suatu website atas keyword-keywordnya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Naiknya tidak singkat dan turunnya pun tidak singkat. Yang terjadi adalah penurunan secara tiba-tiba dan signifikan, hal ini akan saya bahas.

Fluktuatif Naik Turun Yang Normal

Yang dikatakan wajar disini adalah fluktuatif. Posisi website untuk sample keyword yang kita awasi naik dan turun setiap hari bahkan setiap waktu dapat dikatakan normal. Sekarang turun besok naik dan sebaliknya. Cenderung naik perlahan jika website anda teroptimasi dengan benar, sebaliknya turun perlahan jika kalah dalam persaingan.

Peringkat Website Turun – Drop Jauh Secara tiba-tiba

Salah satu web yang mengalami penurunan peringkat dan pengunjung

Saya yakin jika dihadapkan pada situasi ini anda pastinya kaget, bingung, tidak percaya hingga mood anda menjadi jelek seharian. Bagaimana tidak, setiap pemilik website memperjuangkan posisinya di hasil pencarian google teratas, namun tiba-tiba websitenya menghilang atau turun dari halaman 1 ke halaman 10. Tentu hal ini pastilah berpengaruh terhadap jumlah visitor yang datang dari mesin pencari google.

Lakukan Langkah Pendeteksian Penyebabnya

Jika mengalami masalah penurunan trafik semua keyword secara tiba-tiba jangan dulu panik, karena panik itu akan memperburuk keadaan anda, ambil secangkir teh, dan duduk manis. Banyak kemungkinan yang menyebabkan demikian mulai dari kesalahan anda, perubahan algoritma mesin pencari hingga kesalahan mesin pencari. Memahami berbagai kemungkinan penyebabnya alangkah lebih baiknya anda melakukan langkah pendeteksian penyebab turunnya peringkat website anda melalui langkah-langkah :

Kemungkinan Terkena Manual Penalty

Manual penalty adalah tindakan yang diberikan langsung oleh pihak google, pegawai google. Untuk mengetahui jika website anda terkena penalti bisa login ke akun webmaster “search console” untuk melihat property website. Ada dua hal pemberitahuan yang harus anda perhatikan pada akun webmaster anda, yaitu Manual Action dan Security Issues.

  1. Manual Action => umumnya terkait dengan kesalahan anda dalam melakukan optimasi baik internal maupun eksternal. Sebagai contoh pemasangan link yang terlalu banyak namun tidak relevan.
  2. Security Issues => terkait dengan terdapatnya malware atau program berbahaya dan sejenisnya yang terdapat pada website anda.Biasanya disebabkan penyusup (hacker), ataupun program advertising yang tidak aman.

Jika anda menemukan pemberitahuan Manual Action atau Security Issues sebaiknya diperbaiki kemudian lakukan permintaan peninjauan dari google (reconsideration request), ceritakan langkah-langkah yang sudah anda perbaiki, misal disavow link jika terkait masalah backlink yang tidak relevan. Jika disetujui dalam beberapa hari posisi ranking anda akan dikembalikan ke posisi semula. Namun jika tidak ditemukan masalah apapun berarti ada penyebab lain.

Kemungkinan Terkena Google Flux, Tunggu Selama 7 Hari

Website pulih dengan sendirinya dalam 4 hari

Google flux sendiri merupakan sebutan fenomena dimana semua keyword website turun jauh atau menghilang di hasil pencarian google (SERP Google) tanpa sebab yang jelas dan akan kembali ke posisi semula dalam beberapa hari. Tanpa sebab yang jelas berarti :

  • Tidak ada Manual Penalty
  • Tidak ada Kesalahan Struktur website baik crawl error, sitemap dan robot.txt
  • Tidak ada pembaruan algoritma (algorithm update).
  • Tidak ada masalah Server.

Selama proses penantian dalam 7 hari sebaiknya anda secara aktif mencari informasi jika ada kemungkinan penyebab lainnya.

  1. Kembali ke akun webmaster, periksa apakah ada crawl error, sitemap error, no index dari robot.txt
  2. Baca kembali google guildeness (pedoman cara membuat website yang baik)
  3. Aktif bertanya di forum bantuan webmaster google.
  4. Browsing ke forum-forum webmaster ataupun lewat pencarian google mengenai adanya update algoritma google terbaru.

Untuk update algoritma sekarang google tidak menjelaskannya secara terperinci, jadi alangkah baiknya anda sendiri “bergerilya” mencari informasi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Kemungkinan Terkena Pukulan Pembaruan Algoritma Google (Algorithm Update Hit)

Website terkena pukulan pembaruan algoritma google

Jika sudah melewati masa penantian selama 7 hari namun website anda masih saja belum pulih, maka sebaiknya anda mulai meyakini bahwa hal ini disebabkan oleh penalty algoritma. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel mengenai jenis algoritma google, jika website anda melanggar aturan maka bersiaplah terkena sanbox (hukuman) diturunkan peringkat dan terparah adalah hilang dari deretan posisi mesin pencari. Adapun pelanggaran-pelanggaran nya sudah saya sebutkan pada artikel tersebut.

Selain algoritma yang sudah ada, google pun sering kali membuat, menambahkan, memodifikasi algoritma baru, seperti akhir bulan maret 2017 yang dinamakan algoritma google fred. Google Fred Update Targets Ad Heavy, Low Value Content Sites“, Google fred akan menghajar habis website yang memasang advertising. iklan yang berat  diluar batas kewajaran serta konten berkualitas rendah. Yang menarik pada google fred ini adalah internal link juga mulai diperhitungkan relevansinya (sebelum2nya link ke website lain), juga jumlah keyword yang ditargetkan dalam satu halaman sebaiknya jangan terlalu banyak, yang wajar-wajar saja serta harus relevan.

Sebagai contoh saya ambil dari salah satu website klien yang terkena “hit” google fred pada awal april. Sebetulnya ada tiga website klien saya yang anjlok hampir pada waktu yang bersamaan, namun dua diantaranya pulih dalam 3 dan 5 hari sehingga kemungkinan hanya terkena google flux saja. Namun satu website tidak kunjung pulih lebih dari 7 hari sehingga dapat diambil kesimpulan website klien saya yang satu ini terkena tendangan algoritma google fred.

Terkena Algoritma Google Fred

Cara Pulih (recover) Dari Dampak Pembaruan Algoritma

Jika terkena musibah seperti ini maka tidak ada lagi keinginan anda selain cepat pulihnya website normal seperti sebelumnya. Untuk mencapai itu maka anda harus mencari tahu apa penyebabnya, jika disebabkan seperti yang saya alami (akibat update algoritma) maka cari informasi apa yang diperbarui dari algoritma tersebut. Jika masalah pada website anda sudah diatasi langkah selanjutnya bersabar, menunggu google menempatkan website anda ke posisi yang seharusnya.

Website berangsur pulih setelah kurang lebih 3 pekan terkena dampak berkurangnya visitor, cara memperbaikinya mengacu pada informasi target dari pembaruan algoritma. Merubah link keluar yang tidak berhubungan menjadi nofollow, menghilangkan link keluar dan internal yang tidak relevan, mengurangi jumlah keyword yang di targetkan di halaman depan.

Patuhlah Terhadap Aturan Google dan Mesin Pencari Lainnya

Pada Google Guildness, “leader” dari mesin pencari ini menetapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi dan diterapkan oleh webmaster dalam membangun, menjalankan dan mengoptimasi website. Sebagaimana anda ketahui banyak teknik SEO yang sebenarnya sangat merugikan bagi kelangsungan website ke depannya. Mungkin saja saat ini “bug” tersebut masih bisa dilakukan sehingga cepat naik ke posisi terbaik. Akan tetapi ketika ada pembaharuan algoritma (google terus menerus secara berkala memperbaiki algoritmanya) maka website anda tertendang, untuk masalah ringan kemungkinan bisa pulih, untuk pelanggaran berat jangan harap bisa muncul kembali di halaman satu google, halaman belakangpun anda tidak akan pernah menemukan website anda (deindex).


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



21
  Artikel Terkait

Comments

  1. Sepenggal info  Mei 2, 2017

    Ngeri ya gan… Thanks infonya, moga aja banyak yg bebas dari algoritma google terbaru

    reply
  2. thidi  Mei 2, 2017

    betul sekali gan…smoga bermanfaat bagi yang terkena penalty…btw yang aman sekarang belum tentu nanti aman…baiknya si patuhi google guildness biar tidak terkena degradasi ^^

    reply
  3. lelangmudah  Desember 28, 2017

    Terimakasih gan, bermanfaat sekali infonya. Kunjungi juga jual beli online dan lelang di https://www.lelangmudah.com

    reply
    • thidi  Desember 28, 2017

      Sama-sama gan, terima kasih sudah berkunjung…

      reply
  4. rikiprimus  Januari 4, 2018

    Kalau hri2 perayaan ngaruh ga sih? Cntohnya tahun bru gtu? Blog saya pengunjung nya turun 50% dibnding sblm thun bru..

    Trima kasih. Artikelnya membantu gan..

    reply
    • thidi  Januari 4, 2018

      Tergantung niche web kita gan….kalo boleh jujur dimulai tanggal 31 desember hingga 2 januari visitor thidiweb turun hingga 50% juga (sekarang sudah naik lagi)…jika saya amati memang setiap hari libur selalu turun, apalagi cuti bersama…tapi tidak berlaku untuk website tertentu, bisa jadi mereka malah naik pengunjungnya pada waktu libur…sekali lagi sangat tergantung niche….

      btw terima kasih sudah berkunjung….salam..

      reply
  5. bosdroid  Februari 13, 2018

    Situs saya turun setelah redirect dari bossdroid.org ke bosdroid.net

    reply
  6. karpet lantai  Februari 14, 2018

    menakutkan juga ya, ini jelas lebih mengerikan lagi kalau di alami oleh pemula seperti saya, ujung-ujung nya pasrah

    reply
    • thidi  Februari 14, 2018

      Jika terjadi demikian sebaiknya agan berjuang untuk bisa bangkit, setidak nya sudah tau penyebabnya…btw terima kasih sudah berkunjung….salam…^^

      reply
  7. adra  Maret 17, 2018

    algoritma google kadang membingungkan gan,, sudah 2 minggu ini visitor website saya naik 12rb rata rata perhari..yang sebelumnya biasa 8rb sehari..dan sejak kemarin website saya visitornya tiba tiba anjlok parah,, jadi sehari 1rb (via Histats).

    https://prntscr.com/is2dra (ss dari webmasters)

    reply
    • thidi  Maret 17, 2018

      Menurut informasi hingga bulan juni google sedang melakukan pembaharuan atas sistem peringkatnya…selain agan ada juga teman saya yang mengalami nasib serupa…sepertinya tidak semua terkena dampak, namun lebih baiknya agan coba melihat2 diskusi webmaster luar terkait hal ini…salam

      reply
  8. vinyl lantai  Maret 28, 2018

    berarti sebaiknya ngak boleh buru-buru melakukan perubahan tertntu dalam konten blog ya Gan, dan ada baiknya kita menunggu untuk untuk melihat keadaan berikutnya

    reply
    • thidi  Maret 28, 2018

      Betul sekali gan, jangan panik dulu…ikuti petunjuk yang saya uraikan diatas…karena jika buru-buru biasanya malah memperburuk keadaan..

      reply
  9. Jual Flow Meter  April 26, 2018

    Apa termasuk karena google update juga gan, yang menyebabkan index turun

    reply
    • thidi  April 26, 2018

      Jika web kita kena “hit” bisa jadi gan…^^

      reply
  10. bali  Juni 3, 2018

    dulu website sya punya link 1500 tapi tiba2 drop langsung jadi sisa link 3 doank, kenapa bisa begitu ya min.. ??saya sudah kirim ulang url website saya tapi, masih blom ada perubahan, mohon solusinya…
    terimakasih…

    reply
  11. bali  Juni 3, 2018

    saya sudah ikuti langkah di atas tapi masih blom ada perubahan min..??? mohon solusinya..

    reply
    • thidi  Juni 3, 2018

      Untuk masalah bscklink saya juga tidak terlalu fokus ke situ…banyak dari keyword yang saya bidik sukses ke halaman satu dengan beberapa backlink, bahkan tidak sama sekali…

      reply
  12. kangbarno  Juli 18, 2018

    Kok sama ya, mas Alexa emang bikin meriang. saat ini saya juga sedang diguncang krisis ranking, karena anjlognya mengilukan dan memilukan hati.

    reply
    • thidi  Juli 18, 2018

      Benar sekali tidak enak. Untuk mengembalikannya perbanyak share ke sosial media. Bisa agan baca-baca tentang ranking alexa disini., terima kasih sudah berkunjung.

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Optimasi & SEO