Tips Menjadi Seorang Copywriter Handal

Akhir-akhir ini, jika anda perhatikan sering terlihat pencarian profesi copywriting, baik itu di kehidupan sehari2 maupun di internet. Mulai banyaknya iklan lowongan pekerjaan mencari seorang copywriter, fulltime dan part time. Sebagian kecil dari anda sangat mengerti benar tentang apa yang dinamakan copywriter, sebagian besarnya tidak. Bahkan banyak yang mengira copywriter adalah kerjaan yang hanya meng-copy tulisan / artikel dan menuliskannya kembali. Hanya itu saja pekerjaannya.

Copywritter itu bukan copy-paste content, copy yang dimaksud adalah tulisan yang membuat pembaca memberikan respon sesuai keinginan pembuatnya. Keinginan anda berbeda2, ada yang ingin agar membeli produk, mendaftar jadi anggota, menjadi pacar anda juga boleh. Inti dari copywriting adalah menciptakan tulisan yang mempunyai “influence” kemampuan untuk membuat pembaca menuruti ajakan dari tulisan tersebut, bisa jadi konversi rupiah ataupun yang lainnya.

Perbedaan Penulis Biasa – Content Writer dan Copywriter

Penulis itu orang yang melakukan kegiatan tulis menulis, bisa juga profesi menulis. Penulis itu sangat bermacam dan terlalu umum, penulin puisi, penulis novel, penulis surat cinta, penulis buku harian.

Content Writer adalah yang menulis isi konten, konten nya apa saja, bisa itu konten website, konten facebook, konten surat kabar. Ini juga terlalu umum, karena ini pembahasan sekitar website, anggap saja seorang content writer itu pembuat konten pada website.

Copywriter ini merupakan tingkat tertinggi dari content writer. Seorang coppywriter harus menciptakan tulisan (konten) yang mampu mengajak pembacanya melakukan tindakan, sesuai maksud dari tulisannya.

Content writer dan copy writer dapat dibedakan dengan mudah, umumnya copy writer lebih dibutuhkan pada website komersil (jual-beli) karena tulisannya diharuskan mengajak pembaca melakukan “action” tindakan pembelian. Content writer dituntut memberikan solusi serta nilai positif atas pembaca, konten yang baik tidak harus membuat pembaca melakukan tindakan, cukup menjawab permasalah mereka saja.

Bagaimana Cara Menjadi Copywriter

Menjadi seorang copywriter handal bisa ditempuh dari berbagai jalur. Pembentukan karakter hingga pintu masuk karir copywriting dipengaruhi banyak hal.

Pendidikan dan Ijasah

Pendidikan merupakan pembentukan karakter seseorang. Dengan penguasaan ilmu pada bisang penulisan, tata bahasa dan pemasaran menjadi dasar yang sangat kuat mendukung profesi seorang copywriter. Jurnalistik dan pemasaran adalah2 contoh pendidikan yang sangat tepat bagi copy writer.

Ijasah tidak menjamin anda menjadi seorang copywriter handal. Keseriusan menuntut ilmu (bukan hanya mengejar ijasah semata) menjadi pembuktian bagi anda nantinya. Ijasah serta gelar pendidikan memang sangat dibutuhkan, =menjadi alat seleksi awal di masyarakat. Ijasah tanpa di imbangi dengan penguasaan pendidikan dan keahlian tidak berpengaruh banyak daam kehidupan anda.

Pengalaman Menulis

Pengalaman adalah guru terbaik untuk manusia dan kehidupannya. Memang benar, tanpa pengalaman bagaimana anda bisa menjadi seorang copywriter? Dengan membaca artikel saya? saya jamin tidak akan bisa. Anda tetap harus memulainya tahap demi tahap.

Waktu yang anda korbankan untuk mendalami sesuatu pastinya akan memberikan pengalaman yang tidak bisa dibeli oleh uang. Setuju ya, ijasah bisa saja dibeli menggunakan uang, pengalaman tidak.

Portfolio

Portfolio merupakan implementasi dari pengalaman anda, dalam bentuk dokumentasi. Dokumentasi pengalaman atas pekerjaan copywriting yang pernah anda lakukan sangat bermanfaat bagi pihak yang berniat menggunakan jasa anda.

Memiliki Website

Memiliki website merupakan syarat mutlak bagi seseorang yang ingin serius berkarir menjadi seorang copywriter. Banyak hal yang dapat anda lakukan dengan memiliki situs web. Disana anda belajar membuat konten, belajar bersaing untuk memasarkannya. Awalnya saya pastikan anda gagal, konten anda gagal bersaing, namun waktu akan berbicara. Suatu saat ada waktunya anda menguasai konten writer yang selanjutnya menjadikan anda seorang copy writer handal.

Menjadi Freelance

Di indonesia khususnya pekerjaan copywriter belum populer. Perusahaan-perusahaan pada umumnya belum memiliki keberanian untuk merekrut copywriter menjadi karyawan tetap. Sebenarnya dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat, baik teknologi nya sendiri dan pemakainya, pekerjaan copywriter sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan2 mulai memasang lowongan sebagai freelance copywriting. Ini adalah kesempatan bagi anda untuk memberikan sesuatu yang positif bagi perusahaan2 tersebut, sehingga nantinya akan berfikir untuk merekrut seorang copywriter menjadi karyawan tetap.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Seorang Copywriter

Secara garis besar content writer dan copy writer memiliki banyak persamaan, tapi ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian bagi anda yang berniat menciptakan konten copywriting.

Judul dan Headline

Bingung masalah judul dan headline? Tidak usah anda bingung mengenai ini, baik judul dan headline intinya sesuatu yang ditonjolkan pada konten anda. Judul dan headline harus bisa menjadi perhatian yang melihat, mencolok di keramaian. Tuntutan singkat dan spesifik namun efektif membuat konten copywriting lebih sulit dari pada konten biasa.

Panjang Pendeknya Konten

Berbeda dengan konten biasa, misalnya informatif diharuskan panjang nya minimum 300 kata, lebih panjang lebih baik, ribuan kalo bisa. Konten copywriting tidak demikian, tidak menitik beratkan pada panjangnya konten, namun efektif konten anda yang dibutuhkan. Konten panjang malah terkadang membingungkan, konten pendek malah menimbulkan ketidak percayaan. Panjang pendek nya konten sangat fleksibel, tergantung apa yang anda tawarkan.

Menonjolkan Maksud dan Produk

Konten biasa umumnya memberikan informasi selengkap2nya, konten copywriting menonjolkan produk sebagai solusi dari masalah, sebagai tujuan akhir mengarahkan pembaca untuk membeli. Pembelian bukan satu-satunya “Goal” tujuan dari copywriting, konversi lainpun termasuk misal pendaftaran.

Ketekunan Menjadi Copywriter

Tidak ada satupun profesi mencapai kesuksesan tanpa diiringi ketekunan. Semua dimulai dari nol, semua tahapan harus anda lewati untuk mencapai tujuan. Begitu juga dengan copywriting. Hanya tergiur penghasilan saja tanpa mau memulai dari awal tidak akan menjadikan anda meraih keberhasilan. Dimulai dari hal-hal kecil sebagai penulis konten, jika anda berhasil membawa emosi pembaca maka tidak akan lama lagi anda menjadi seorang copywriter handal.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...