Blog

Daftar Bank Untuk Pembayaran Belanja Online yang Sering Digunakan

Posted by:

Bank transaksi online merupakan salah satu cara yang memfasilitasi pembayaran khususnya belanja online. Pengertian bank sendiri adalah tempat untuk menyimpan uang, namun tak hanya itu, fungsinya pun mengalami perkembangan, seperti dalam melakukan pinjaman, bertransaksi, hingga melayani penyimpanan uang elektronik. Karenanya, ada banyak sekali yang tumbuh di Indonesia, terutama untuk proses menjalankan bisnis dan transaksi jual beli.

Terdapat banyak sekali bank yang terdiri dari bank pemerintah, bank swasta hingga bank asing yang menjalankan operasionalnya di Indonesia. Namun hanya ada 4 Bank saja yang secara umum digunakan untuk proses pembayaran belanja di berbagai ecommerce berbentuk marketplace hingga toko online milik pribadi.

Bank memiliki peran yang cukup penting dalam dunia bisnis, baik itu bisnis langsung maupun bisnis online. Lewat bank pula, biasanya Anda boleh membuat rekening khusus untuk memulai usaha dengan menawarkan berbagai kelebihan.

Bank Mandiri

transaksi bank mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang dalam sebagian rekonstruksinya dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Bank tersebut dirikan tahun 1998, tepatnya pada tanggal 2 Oktober.

Aset Bank Mandiri yang terhitung pada Juni 2018 mencapai jumlah Rp.1.156 Triliyun di mana mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan jumlah aset pada tahun 2017. Maka dari jumlah keseluruhan aset tersebut, Bank Mandiri dapat dikatakan sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia.

Selain itu, bank yang satu ini merupakan salah satu bank yang paling populer digunakan untuk pembayaran beberapa situs atau aplikasi jual online, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan yang lainnya.

BCA (Bank Central Asia)

bank transaksi online

Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak lama, tepatnya pada tahun 1957. Terhitung pad bulan Juni 2018, jumlah aset BCA mencapai  Rp. 792 Triliyun.

Bank ini tidak diintegrasikan ke jaringan Visa ataupun Mastercard dikarenakan berhasil mengembangkan jaringan antarbank secara mandiri. Bank ini pada umumnya digunakan oleh orang-orang yang membangun usaha atau bisnis.

Selain itu, BCA telah bersedia meningkatkan pelayanannya pada masyarakat generasi milenial yang menginginkan segalanya dengan serba cepat dan mudah, salah satunya untuk melakukan transaksi dengan menyediakan layanan transaksi online.

BNI (Bank Negara Indonesia)

BNI transaksi online

Bank komersial lain yang juga ikut menyediakan layanan transaksi online adalah Bank Negara Indonesia (BNI), yaitu dengan fiturnya yang bernama BNI Debit Online. Fitur tersebut menawarkan layanan pembayaran yang mudah, cepat, serta aman. Sistem kerjanya menggunakan sumber dana dari saldo rekening tabungan atau pun giro, persis seperti layanan bank transaksi online lainnya.

Bank BNI pada awalnya didirikan pada 5 Juli 1946. Sebagai bank sentral di Indonesia yang tercatat di Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1946. Setelah mencatatkan sahamnya pada tahun 1966 di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, BNI adalah BUMN pertama yang kemudian dikembangkan menjadi perusahaan publik. Pada akhir tahun 2017, jumlah aset BNI yang tercatat adalah sebesar Rp. 709,3 Triliyun.

BRI (Bank Rakyat Indonesia)

bank transaksi online

BRI (Bank Rakyat Indonesia) pada awalnya didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmaja di Purwekerto, Jawa Tengah. Nama bank tersebut berasal dari Bahasa Belanda, yaitu De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Yang memiliki arti Bank Bantuan Simpanan Milik Kaum Priyai Purwokerto.

Pada masa itu, BRI merupakan satu-satunya lebaga keuangan atau bank yang melayani orang-orang pribumi. lembaga tersebut didirikan pada tahun 1895, pada 16 Desember.

Jumlah keseluruhan aset BRI pada tahun 2017 tercatat sebanyak Rp.1.126,65 Triliyun.

Jaringan Bank Rakyat Indonesia telah menyebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk di desa-desa yang terpelosok bahkan pada tempat yang memiliki akses listrik terbatas.

Sebetulnya, terdapat banyak bank yang menyediakan layanan transaksi online. Bukan hanya untuk konsumen toko online, bahkan untuk Anda yang merencanakan membuka bisnis online dapat menggunakan bank transaksi online sebagai fasilitas pendukung dalam pembayarannya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...