Blog

Tips dan Cara Ngeblog Dimulai Dari Pemilihan Server Hingga Pemasaran kontennya

Posted by:

Tips ngeblog yang baik dan benar sangat penting bagi anda yang ingin mulai membuat blog sendiri. Alasannya tentu saja, blog saat ini bukan hanya menjadi sebuah hobi untuk memposting tulisan atau artikel. Akan tetapi, blog memiliki peranan yang lebih besar dari hanya sebagai sarana penyaluran hobi.

Saat ini, mungkin termasuk anda banyak yang penasaran tentang tips ngeblog agar menghasilkan. Hal ini tak lepas dari banyaknya orang yang telah sukses menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan dengan banyaknya program periklanan yang melibatkan sebuah blog. Misalnya adalah google adsense, posting berbayar, penjualan tautan dan afiliasi.

Berapa Pendapatan Seorang Publisher Blogger?

Untuk mendukung suksesnya blog yang anda tekuni maka diperlukan penyedia layanan domain dan hosting terbaik. Domainesia adalah salah satu yang terbaik berpengalaman lebih dari 10 tahun, saat ini memiliki 50.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Dengan demikian layanan domainesia dapat menjadi pilihan tepat sebagai tempat menyimpan blog dan website anda.

Apa Itu Blog dan Bagaimana Cara Memulainya?

apa itu blog dan pengertiannya

Sebelum anda mengetahui lebih dalam tentang tips ngeblog yang paling efektif, maka ketahui dulu apa yang dimaksud dengan blog. Sebenarnya istilah blog sendiri berasal dari web blog. Inilah salah satu konten web yang berbentuk tulisan-tulisan yang kemudian diposting pada halaman website.

Sedangkan untuk istilah ngeblog sendiri adalah kegiatan yang dilakukan untuk menulis hingga memposting sebuah artikel. Kegiatan ngeblog juga bisa berkaitan dengan analitik. Karena sebuah blog yang baik butuh analisa untuk mengetahui kekurangan suatu postingan.

Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di suatu blog baik blog yang Ia punya atau blog orang lain. Klik disini untuk mengetahui cara menjadi blogger profesional.

Blog Gratisan Tidak Disarankan Untuk Memulai Ngeblog Secara Profesional

kekurangan blog gratisan yang tidak disarankan

Kebanyakan dari anda mungkin sudah mengetahui, bahwa untuk membuat blog bisa secara gratis dengan media platform seperti Blogger.com atau wordpress.com. Meskipun sebenarnya ada banyak website yang menyediakan layanan blog gratis, namun dua blog diatas sering kali dipakai oleh blogger pemula untuk memulai sebuah blog.

Jika anda berencana membuat blog profesional maka cara gratisan tidak disarankan karena memiliki banyak kekurangan yang kurang mendukung eksistensi anda ngeblog kedepannya. Seperti:

  • Terikat aturan penyedia blog => Status anda menumpang pada domain utama milik orang lain (penyedia blog gratis). Dengan demikian anda harus mentaati semua aturan mereka, jika tidak tunduk pada peraturan bisa saja blog anda di hapus.
  • Terkesan kurang profesional => Tidak ada nama perusahaan (meskipun hanya blog) diikuti nama perusahaan lainnya.
  • Tidak kredibel dan kurang bisa dipercaya => Jangan sekali-kali menggunakan blog gratis sebagai pusat pemasaran internet anda, pembeli umumnya akan melihat seluk-beluk blog anda.
  • Kerugian pada “branding” => Image blog anda pada akhirnya terbentuk di benak para pembaca jika konten yang anda ciptakan mempunyai kualitas dan nilai, namun sangat disayangkan jika blog anda gratisan. Klik disini untuk mengetahui manfaat branding.

Dikarenakan beberapa alasan diatas maka tidak sedikit dari blogger yang berhenti ngeblog. Sebagian lagi memindahkan layanan ke blog berbayar dengan kerugian resiko kehilangan banyak trafik dan pengunjung. Oleh karena itu sebaiknya anda memulai ngeblog dengan memakai jasa layanan hosting dan domain berbayar agar tidak terjadi resiko kerugian dikemudian hari.

Tertarik Profesi Blogger Profesional? Baca Disini

Mulailah Dengan Memilih Domain dan Layanan Server Hosting yang Tepat

layanan premium untuk blogging dari domainesia

Tips ngeblog yang pertama adalah memulainya dengan benar. Ya, apapun harus dimulai dengan benar agar hasilnya dikemudian hari benar pula. Untuk mendukung keberhasilan sebuah blog maka dibutuhkan pula layanan yang mendukung. Layanan ini meliputi domain, hosting, dan juga virtual server. Bagi yang baru belajar ngeblog mungkin belum terlalu paham arti dari ketiga istilah tersebut :

  • Yang dimaksud dengan domain adalah nama unik yang diberikan guna mengidentifikasi alamat server komputer.
  • Sedangkan untuk hosting sendiri adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data sebuah blog. 
  • Untuk istilah virtual server merupakan suatu teknologi virtualisasi dimana dapat membangi sumber daya sebuah server fisik ke beberapa bagian.

1. Layanan Pendaftaran Nama Domain Terbaik dari Domainesia

Domain merupakan hal yang penting pada sebuah blog. Adanya nama domain ini juga memuktikan kepada pengunjung bahwa blog yang Anda buat cukup kredible. Nama inilah yang akan menjadi identitas dari blog Anda. 

Pilihan nama domain ini beragam. Anda bisa memilih .com, .net, .org, .website, .site, .tech, .store, dan .online. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan blog yang dimiliki. Bagi yang membuat blog untuk keperluan toko online pun kini semakin mudah dan hemat.

Nama Domain setidaknya harus mudah diingat sehingga kemungkinan akan lebih banyak diakses oleh pengunjung. Dengan demikian anda dituntut untuk mengetahui cara memilih nama domain yang baik.

Untuk layanan domain dari domainesia ini sendiri memiliki beberapa kelebihan. Silahkan anda catat beberapa kelebihannya berikut ini 

  • Harga murah dengan banyak pilihan nama domain yang lengkap
  • Dilengkapi dengan fasilitas DNS management
  • Pada setiap dimain sudah dilengkapi dengan fitur private whois secara opsional.  Domain ini mengecualikan beberapa fitur private, seperti US, CC, IN, ME, PW, TV, dan ID.
  • Masing-masing domain memiliki harga yang berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan blog yang dimiliki
  • Domain di domainesia memiliki fasilitas domain forwarding yang mampu mengarahkan ke alamat URL lain.
  • Domain yang telah dibeli bisa menjadi milik Anda dengan akses penuh
  • Domain yang dibeli dapat dihubungkan dengan wordpress, blogger, dan platform web lain.

Cek layanan pendaftaran nama domain di https://www.domainesia.com/domain/

2. Layanan Hosting Server di Domainesia

Sebagai tips ngeblog (memulainya) berikutnya, maka Anda membutuhkan layanan hosting. Layanan ini dibutuhkan untuk sebuah blog yang profesional. Di domainesia, web hosting yang ditwarkan memiliki performa tinggi dengan infratsruktur cloud.

Anda butuh tempat penyimpanan untuk semua konten website / blog, mulai dari konten artikel, gambar, email hingga aplikasi. Dan hosting memiliki peran penting dalam hal ini, maka layanan dan kualitas handal dari hosting mutlak diperlukan agar masalah yang tidak perlu kedepannya dapat dihindari.

Terdapat berbagai mamcam harga dengan spesifikasi yang berbeda. Mulai space dan bandwithnya juga berbeda sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing blog.

Jika membutuhkan hosting yang paling tepat, maka bisa menjadikan domainesia sebagai pilihan. Sebagai gambaran layanan, maka berikut ini beberapa kriteria dan juga keunggulan hosting di domainesia.com :

  • Blog memiliki performa yang baik dengan enterprise-grade SSD meski harga hosting cukup murah
  • Sudah dilengkapi dengan Mail Channels Spam Filter yang memastikan email bebas dari spam email
  • Ada garansi 99.9% uptime untuk semua paket hosting yang ditawarkan pada layanan ini.
  • Dilengkapi dengan anti vorus dan anti walvare untuk melindungi blog Anda.

Hal lain yang perlu diketahui dalam layanan ini adalah adanya sistem operasi CloudLinux. Sistem tersebut memiliki performa dengan efisiensi yang tinggi. Layanan ini juga memberikan kemudahan lain berupa adanya kemudahan memindahkan akun hosting ke domainesia.

Fasilitas backup cPanel juga tersedia untuk mengamankan semua data anda dari semua kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Untuk spesifikasi node / hypervisor yang digunakan adalah dual intel Xeon E5, minimum 64GB ECC Registeres Memory, dengan Enterprise SSD dengan Raid. Layanan ini juga menawarkan fasilitas instalasi CMS secara instan pada saat aktivasi hosting blog Anda.

Cek layanan hosting server di https://www.domainesia.com/hosting/

3. Layanan Virtual Server dari Domainesia

Layanan ini disebut juga dengan istilah virtual private server (VPS) yang tentunya memiliki performa tinggi. Keunikan dari server ini adalah prosesnya yang dedicated. Layanan ini berbeda dengan shared hosting. Dengan clouds VPS, maka ada tempat khusus bagi Anda untuk menginstal aplikasi dan memakai semua source Cloud VPS sendiri.

Jadi ada server khusus dan tidak perlu berbagi dengan pengguna lain. Inilah yang unik dan merupakan produk premium bagi semua blogger. Layanan ini juga menyediakan lisensi beberapa software berbayar layaknya cPanel, CloudLinux serta Softculous.

Virtual server disebut juga dengan virtual private server. Kekuatan jenis server ini jauh lebih baik dari hosting server (shared hosting) biasa. Maka jika trafik sudah bisa tertampung lagi di hosting biasa maka anda bisa menggunakan layanan ini.

Sebagai layanan dukungan, maka dengan memakai paket VPS, terdapat panel VPS manager yang disediakan bagi Anda. Panel VPS manager ini dipakai untuk melakukan managemen server. Jadi, Anda bebas makainya sesuai dengan kebutuhan.

Cek layanan virtual server di https://www.domainesia.com/vm/

4. Layanan Ongkos Kirim Bagi Pemilik Toko Online

Plugin ongkos kirim woongkir dari domainesia merupakan salah satu layanan yang menguntungkan bagi pemilik toko online (e-commerce). Layaknya market place seperti buka lapak, tokopedia, dan aplikasi lainnya, maka Anda bisa mengecek ongir untuk produk Anda.

Bagi anda yang memiliki web toko online maka bisa menggunakan layanan tersebut. Woongkir sendiri merupakan plugin ongkos kirim yang mendapat suport 15 kurir di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari JNE, Pos Indonesia, TIKI dan berbagai jasa pengiriman lain mendukung layanan ini.

Salah satu kelebihannya adalah mampu membandingkan harga antara satu kurir dengan kurir lainnya. Selain itu, Woongkir juga mampu mengonversi rupiah ke dolar Amerika untuk pengiriman internasional.

Cek Layanan Plugin Ongkos Kirim di https://www.domainesia.com/berita/plugin-ongkos-kirim-terbaik/

Dasar-dasar Tips Ngeblog yang Wajib Dipraktekan

tips dasar ngeblog

Selain tips ngeblog di atas, bagi blogger pemula harus pula tahu dan paham tentang dasar-dasar ngeblog. Karena blog lebih dari sekedar tulisan yang diposting. Berikut ini adalah beberapa poin penting saat memulai blog :

  • Layanan Hosting => Layanan hosting sekaligus domain merupakan faktor yang terpenting, karena hal ini akan menentukan apakah blog anda akan mengalami kendala teknis atau tidak nantinya. Maka gunakan layanan server hosting yang terbaik dan terpercaya misalnya domainesia seperti yang sudah saya ulas sebelumnya
  • Tujuan dan nama blog => Agar tetap konsisten dalam menulis maka harus memiliki tujuan dan nama blog yang jelas. Jadi, pikiran dan waktu yang terkuras saat menulis menjadi tidak sia-sia. Nama blog sendiri harus mudah diingat dan mudah diucapkan.
  • Desain blog => Ibarat sebuah buku, pastikan tema dan desain blog yang dimiliki nyaman untuk dibaca. Mulai dari warna dan juga font yang dipilih juga harus diperhitungkan.
  • Tema blog => Setiap artikel yang diposting lebih baik jika berdasarkan satu tema. Dan tentunya setiap tema harus dipahami dengan benar. Jadi banyak blogger yang hanya membuat blog untuk tema yang disenangi saja. Hal ini membuat menulis artikel menjadi hal yang ringan dan mudah.
  • Platform untuk ngeblog => Tips ngeblog selanjutnya adalah pandai memilih platform. Ada blogger.com, wordpress.com, tumblr.com dan berbagai plaform. Selain visual yang diperhatikan, pertimbangkan pula kemudahan dalam memakainya. Anda bisa menggunakan offsite wordpress karena CMS ini adalah yang terbaik hingga saat ini.
  • Memanfaatkan sosial media => Facebook, Twitter, instagram merupakan media promosi sosial media terbaik juga tercepat dalam mengenalkan (membagikan) blog yang dimiliki. Di sini pula, Anda bisa berinteraksi dengan pembaca setia.
  • SEO => Untuk aspek ini meskipun ada kaitannya sedikit dengan desain maupun visual dari sebuah blog. Akan tetapi SEO berkaitan sangat erat dengan kualitas konten maupun artikel yang di publish. Konten terbaik menurut mesin pencari adalah konten yang akan tampil di halaman pertama Google ketika pengunjung mengetikkan kata kunci.

Kriteria Blog Yang Baik

Setelah tahu dasar-dasar hingga penulisan konten blog yang baik, maka saatnya mengetahui kriteria sebuah blog yang baik. Pada intinya, sebuah blog dibuat untuk sarana berbagi informasi dan juga pengetahuan. Jadi, telepas dari seberapa banyak uang yang didapatkan dari sebuah blog, maka Anda harus memperhatikan kriteria kesuksesan sebuah blog dari sudut pandang yang lain.

Berikut ini adalah kriteria blog yang baik dan suskes. Setidaknya, blog dengan kriteria tersebut akan seirng dikunjungi dan juga dibagikan :

  • Memberi solusi bagi pembaca => Blog harusnya memberi manfaat dan solusi dari masalah tertentu. Maka banyak blog yang mengkhususkan diri pada satu tema saja. Misalnya adalah kecantikan, kesehatan maupun otomotif.
  • Mudah dipahami oleh pembaca => Mulai dari pemilihan kata hingga gaya bahasa, hendaknya bisa sesuai dengan target pembaca. Jika memang memiliki target audisens anak-anak muda, maka bisa memakai jargon yang mereka ketahui.
  • Tampilan blog menarik => Menarik secara visual, bisa ditambahi dengan gambar, video pendek atau infografik. Hal ini juga akan memberikan keuntungan bagi bloger itu sendiri. Salah satunya bisa dilihat dari tingkat bounching yang rendah.
  • Struktur blog rapi dan nyaman dilihat => Mulai dari sub judul,  jumlah kata per paragraf dan semua penempatan gambar harus terstruktur. Dengan demikian, maka pengunjung akan semakin lama untuk tinggal di blog dan mencerna informasi.
  • Loading cepat sehingga lebih mudah diakses => Hal ini bisa berkaitan dengan uuran gambar dan desain blog. Jika loading lama, maka jangan heran jika pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog dan meninggalkan blog Anda.
  • Ketepatan informasi => Informasi bersifat aktual, update, dan relevan serta isi berita atau informasi bisa dipercaya. Maka bagi blog sangat penting untuk mencantumkan link atau tautan dari mana informasi didapatkan.

Itulah beberapa kriteria dari sebuah bog yang baik. Jadi, apapun tujuan membuat blog baik sebgaai sarana promo maupun untuk beriklan, tetap utamakan kriteria di atas.

Hal yang Harus Dihindari Saat Ngeblog

Menulis artikel maupun mengelola blog bukanlah pekerjaan mudah. Butuh konsistensi agar blog tetap bisa hidup dan update. Hal yang juga penting dicatat adalah menghindari kesalahan saat ngeblog.

Hal inilah yang akan menjadi tips ngeblog selanjutnya. Tentunya poin di bawah ini harus dicatat dan dihindari untuk blog yang sukses dan bermanfaat bagi orang banyak, seperti :

  • Hindari konten copy space => Selain terdeteksi plagiarism oleh google, cara ini ini juga bisa merusak reputasi suatu web. Konten original selalu akan menang di hati pembaca dan menjadi blog yang banyak disukai.
  • Melupakan promosi blog => Blog tidak akan berguna jika tidak ada yang membaca. Maka, lakukan promsi, baik dengan share di media sosial maupun memperbanyak backlink.
  • Menulis artikel hanya demi algoritma Google saja => Meksi SEO penting, namun jangan lupa bahwa tujuan menulis adalah untuk manusia. Jadi, tulisan wjaib enak dibaca, rapi dan juga kontennya bermanfaat.
  • Memasang widget yang tidak perlu => Hanya pasang widget yang perlu dan berhubungan dengan blog saja. Selain menganggu pemandangan, widget yang terlalu banyak juga akan membuat loading page semakin berat dan lama.

Tips Ngeblog yang Bisa Mengkonversi Pengunjung

tips ngeblog yang menghasilkan dan mendatangkan konversi

Membuat blog bukan hanya untuk alasan hobi seperti yang djelaskan di atas. Banyak tujuan dari ngeblog itu sendiri. Bahkan banyak yang sengaja membuat blog untuk memasarkan barang maupun jasa.

Karena itulah, tips ngeblog yang satu ini akan lebih menekankan bagaimana sebuah blog atau artikel di dalamnya bisa mengkonversi. Maksudnya, pengunjung blog atau pembaca blog bukan hanya sededar membaca blog Anda, akan tetapi juga melakukan action seperti yang diharapkan. Misalnya adalah membeli produk ataupun mengklik tautan yang diinginkan.

Secara singkat, berikut ini ada 6 ulasan mengenai cara ngeblog yang bisa membantu mengkonversi. Jadi, tujuan ngeblog itu sendiri bisa tercapai. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kenali Audiens dan Target Pengunjung Blog Anda

Sebagai gambaran, sebelum Anda bicara, ketahui dulu dengan siapa Anda bicara. Jadi, mulai dari cara bahasa, pemilihan kata atau penyajiannya bisa disesuaikan. Dengan begitu, maka pesan-pesan yang akan disampaikan bisa diterima oleh pendengar tersebut.

Begitu juga dengan blog. Jika ingin menulis sesuatu, maka kenali dulu siapa pembaca blog Anda nantinya. Karena tidak semua orang memiliki minat yang sama. Misalnya adalah blog kecantikan, maka secara otomatis, pembaca atau pengunjung blog yang paling banyak adalah wanita, remaja atau ibu-ibu.

2. Tulis Judul yang menarik Sebagai Magnet

Tips ngeblog yang tidak kalah penting adalah membuat judul berita maupun artikel yang meyakinkan. Tanpa senjata yang satu ini, maka jangan berharap bahwa publikasi blog Anda akan dibaca atau dibagikan.

Seperti halnya sebuah buku. Orang pada umumnya juga menilai sebuah postingan blog dari judulnya. Jika terlihat menarik, maka postingan akan dibuka bahkan akan dibagikan kembali. Inilah alasan mengapa judul posting blog Anda sangat penting untuk keberhasilan blog itu sendiri.

3. Tambahkan sub judul pada postingan artikel

Tidak ada yang lebih buruk daripada membaca posting blog yang hanya berisi paragraf panjang layaknya sebuah karya ilmiah. Sub judul juga akan memberikan gambaran bagi pembaca tentang isi konten tersebut bahkan sebelum mereka benar-benar membaca keseluruhan.

Selain itu, adanya sub judul juga akan membuat blog Anda nampak lebih menarik dari sisi visualnya. Selanjutnya, pembaca juga akan lebih mudah dalam memahami konten dan maksud dari artikel yang diposting.

4. Gunakan Poin-poin (Bullet & Numering) Pada Setiap Artikel

Seperti yang Anda ketahui bahwa orang-orang suka menjelajah sebelum membaca. Maka giring pembaca pada inti bahasan dalam artikel dengan menyajikan poin-poin penting.

Terlepas dari sub judul yang ada, daftar berpoin akan lebih sempurna dalam menyajikan ulasan atau artikel yang lebih mudah dipahami.

5. Tambahkan gambar dalam setiap artikel

Lagi-lagi adalah tentang visual. Otak manusia memproses konten visual jauh lebih cepat daripada konten berbasis teks. Itu sebabnya menambahkan gambar yang menarik dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan dan pembaca blog.

Ada banyak sumber di internat gratis untuk menemukan gambar bebas royalti berkualitas tinggi. Jadi, jika ingin ngeblog tidak harus memiliki kemampuan desain grafis lebih dahulu. Contoh tempat memperoleh gambar gratis ini misalnya adalah Shutterstock sebagai situs foto premium.

6. Optimalkan konten blog dengan SEO

Inilah tips ngeblog yang sangat penting. Untuk apa sebuah artikel diposting jika tidak ada yang membaca? Untuk meningkatkan jumlah pembaca, maka harus dioptimalkan dengan SEO, terutama SEO onpage.

Akan sangat sia-sia jika Anda menulis tanpa memperhitungkan SEO. Hal ini karena pencarian organik Google menghasilkan sebagian besar lalu lintas untuk sebagian besar situs web. Jadi, jika ingin memaksimalkan peringkat SEO, maka perlu mempetimbangkan faktor-faktor penting peringkat SEO, seperti :

  • Tambahkan judul meta yang sesuai
  • Tambahkan meta description yang sesuai
  • Optimalkan postingan dengan fokus  pada kata kunci (riset dahulau kata kunci yang paling banyak dicari)

Blog dan artikel SEO adalah bagian yang sangat penting pada setiap postingan blog maupun di media sosial. Beberapa poin di atas adalah ulasan singkat tentang penulisan artikel SEO. Untuk lebih lengkapnya akan di jabarkan pada sub bab yang berbeda di bawah ini.

Rahasia Penulis Artikel SEO Profesional Untuk Blog

melakukan seo untuk blog

Menulis artikel untuk blog bukanlah hal yang sederhana. Selain mempertimbangkan tema, pemilihan kata yang sesuai, dan juga penampilan visualnya, aturan-aturan SEO juga sangat penting. Untuk itulah, bagi yang baru mulai belajar, berikut ini tips ngeblog yang harus dicatat.

Pelajari Dasar SEO Disini

Pelajari rahasia menulis artikel SEO untuk blog Anda dalam beberapa poin berikut ini :

1. Lakukan riset kata kunci terlebih dahulu

Jika ingin memposting konten di blog, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk mencari kata kunci yang paling tepat. kata kunci tersebut haruslah yang banyak dicari. Dengan demikian maka kemungkinkan postingan bukan hanya ada di halaman pertama di Google akan semakin besar akan tetapi pengunjungnya juga tinggi (percuma jika tampil dihalaman depan tapi tidak ada pengunjungnya).

Cari tahu kata kunci dan frasa mana yang paling banyak dicari orang. Jika sudah, maka lihat berapa kali Anda memasukkan kata kunci ke dalam artikel. Hal ini penting untuk memastikan bahwa artikel Anda bisa bersaing dengan konten lain yang menawarkan bahasan atau konten yang hampir sama. Google Keyword Planner adalah salah satu tools untuk mengidentifikasi kata kunci tersebut. Cara lainnya bisa menggunakan google trend atau analisa pribadi anda jika sudah berpengalaman.

2. Masukkan kata kunci pada bagian artikel yang tepat

Menulis konten terbaik pada blog membutuhkan ketelitian dalam memasukan keyword pada konten. Masukan kata kunci pada bagian artikel yang tepat. Dan ingat meskipun keyword itu penting sekali, namun jangan paksakan menempatkannya pada bagian yang kurang tepat.

Artikel haruslah tetap enak dibaca agar pengunjung blog bisa memahami konten yang disampaikan. Sebagai tips ngeblog, maka sertakan kata kunci Anda dalam judul, di 300 kata pertama, dan dalam H1 atau H2 pertama.

Tips lainnya adalah dengan membuat variasi lain kata kunci yang digunakan.  Namun perlu diperhatikan bahwa Idealnya, kata kunci Anda harus terasa alami dalam tulisan Anda. Jangan pernah menulis omong kosong, karena pembaca tidak akan mengunjungi blog Anda kembali.

Harap diperhatikan bahwa orang-orang yang menggunakan Google adalah mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang suatu informasi atau produk. Jadi, blog yang dibuat harus mampu memberi apa yang mereka cari.

3. Tulis topik yang orang banyak cari

Ini merupakan lanjutan dari riset kata kunci diatas, namun lebih ke topik bahasannya. Sebelum Anda memulai untuk melakukan segala jenis penulisan SEO, tentukan artikel seperti apa yang akan banyak dibaca orang. Artikel pada akhirnya akan dibaca manusia, jadi, pastikan bahwa informasi yang disajikan sudah sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagi pemilik blog haruslah memahami hal di atas. Karena Anda tidak benar-benar menulis untuk algoritma Google, Anda menulis untuk orang-orang. Dan mereka ingin membaca konten atau artikel yang informatif, berkualitas dan bermanfaat.

Saat menulis, Anda harus selalu berusaha menawarkan nilai kepada pembaca. Jika bisa, maka berikan pada pembaca apa yang blog lain tidak tawarkan. Jika ingin mempromosikan produk maupun jasa, maka pastikan bahwa milik Anda lebih unik.

Dan jika blog berisi informasi, maka pastikan bahwa  pengetahuan yang Anda berikan tidak ditemukan di tempat lain. Meskipun butuh effort atau usaha yang lebih besar, namun blog dengan konten seperti di atas pastilah akan selalu dikunjungi oleh pembaca.

4. Ketahui dasar-dasar teknis SEO

Semua optimasi kata kunci di dunia tidak akan membantu jika situs Anda tidak diindeks. Sebagai penulis, Anda tidak diharapkan tahu cara mengaktifkan HTTPS di seluruh domain. Anda tidak benar-benar harus tahu meminimalkan JavaScript. Namun, mengetahui beberapa hal tentang teknis SEO dapat membuat artikel untuk blog yang terbaik.

  • Pertama, pahami bagaimana Google menjelajah halaman dan membagikan otoritas tautan. Selain kata kunci, ada juga backlink yang bisa memberikan manfaat bagi blog yang dimiliki.
  • Selanjutnya, pastikan akan resolusi gambar dalam artikel tetap kecil. Lalu, pastikan pula bahwa tidak ada terlalu banyak popup pada halaman.

5. Petimbangkan jumlah kata dalam satu artikel

Artikel pendek misal 100 kata dalam blog akan lebih baik daripada tidak ada konten sama sekali. Namun apakah jumlah kata tersebut sudah ideal bagi sebuah blog?

Mesin pencari cenderung memberikan preferensi untuk blog dan artikel yang lebih panjang.  Maka, cobalah untuk menembak setidaknya 600 kata. Jika bisa memposting artikel yang lebih panjang, maka akan lebih bagus lagi. Artikel dengan panjang 1000 kata lebih akan mendapat preferensi lebih baik dari Google.  

Mesin pencari cenderung menyukai konten “mendalam” setidaknya 2.000 kata. Semakin lama konten Anda dibaca atau dibuka, maka akan semakin banyak nilai yang akan diberikan kepada pembaca. Keuntungan lain dari artikel “mendalam” ini adalah akan semakin besar peluang Anda untuk menurunkan tingkat pentalan / bouncing rate (pengunjung datang kemudian pergi dalam waktu yang singkat).

6. Perhatikan analitik di blog yang dimiliki

Menulis SEO tidak mudah. Tugas ini tidak selesai hanya setelah Anda menulis dan memposting artikel. Akan tetapi, memperhatikan analitik blog juga sangat penting.

Anda harus secara teratur memantau konten Anda menggunakan Google Analytics. Jika sebuah blog memiliki rasio bounching yang tinggi, itu berarti pengunjung blog tidak tinggal lama. Hal ini bisa memberikan gambaran bahwa halaman dalam blog tidak memberikan pengunjung informasi yang mereka cari. Tingginya rasio bounching ini juga memberitahukan bahwa ada kemungkinan halaman Anda tidak dioptimalkan dengan kata kunci yang sesuai.

Pelajari Cara Menggunakan Google Analitics Disini

Selain kata kunci, faktor lainnya adalah : loading yang lama, iklan atau gambar yang terlalu sering muncul, dan desain blog yang kurang bagus. Beberapa hal tersebut sukses membuat pengunjung tidak betah lama-lama di blog Anda.

Jadi, menulis konten berbasis SEO yang bagus untuk blog bukan hanya tentang kata-kata di layar. Banyak aspek yang dipertimbangkan untuk membuat pengunjung tetap betah membaca. Pada akhirnya, blog akan memiliki preferensi yang baik dari mesin pencari.

7. Lakukan editing  Untuk Menjaga Kualitas Konten Artikel

Perbedaan utama antara blog yang berkualitas dan tidak adalah tentang mutu kontennya. Bukan hanya tentang pentingnya informasi yang disajikan, akan tetapi juga tentang bagaimana cara dan bentuk penyajiannya.

Pastikan bahwa artikel yang disajikan bisa memudahkan pembaca dalam memahami isi konten secara garis besar. Hal ini penting karena estetika adalah nilai tambah dari sebuah blog.

Sebagai contoh, misalnya jauhi paragraf dan kalimat super panjang yang berisi omong kosong. Untuk itu, adalah ide yang baik untuk meminta orang lain menemukan kesalahan dalam artikel. Karena jika editing dilakukan sendiri maka akan lebih sulit menemukan kesalahan yang ada.

Jenis-Jenis Posting Blog Yang Paling Sering Dibuat

jenis blog yang sering dibuat

Blog memang dibuat sedemikian rupa untuk berbagai tujuan. Artikel dan gambar yang di posting pun juga menyesuaikan dengan kebutuhan blog tersebut. Jadi sebelum membuat tulisan untuk blog, penting untuk mengetahui jenis-jenis blog yang umumnya dibuat.

Blog sendiri merupakan tempat yang strategis yang kini dijadikan lahan pemasaran. Pemasar yang inovatif di seluruh dunia telah menyusun strategi baru untuk menarik perhatian pembaca, membangun kepercayaan pada pembaca dan mengoptimalkan konten untuk konversi pelanggan. Karena hal tersebutlah, blog telah menjadi bagian yang sangat penting dari banyak industri.

Setidaknya, ada enam jenis utama posting blog yang dapat digunakan untuk menarik dan mempertahankan audiens. Masing-masing jenis blog memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Menggunakan setiap jenis artikel untuk setiap blog dengan konstan akan menciptakan audiensi pembaca yang konstan dan berkomitmen. Maka penting untuk memahami jenis-jenis artikel untuk blog sebelum mulai mengoptimasinya :

1. Artikel berupa berita

Hampir setiap orang suka membaca berita. Salah satu taktik yang digunakan adalah dengan “newsjacking” untuk memanfaatkan peristiwa terkini. Setiap produk maupun perusahan bisa memanfaatkannya untuk memberikan informasi terkait berita yang sedang happening (berlangsung).

Mulailah dengan membingkai peristiwa terkini yang relevan dengan industri Anda. Salah satu wacana yang dihadirkan kepada pembaca adalah bagaimana bisnis Anda dapat berubah sebagai respons adanya berita atau isu tersebut.

Publikasi berita, baik itu newsjacking asli atau publikasi opini bisa memberikan informasi terkini. Selain itu, juga  sebagai alat yang sangat baik untuk membangun kepercayaan dengan audiens Anda karena memberikan informasi yang objektif.

2. Artikel yang berisi instruksi

Publikasi berisi pengajaran instruksi adalah salah satu yang paling umum digunakan. Konten ini juga relatif mudah untuk ditulis. Seperti namanya, artikel pada blog ini memberikan instruksi kepada pengguna tentang tugas tertentu.

Ada proses, langkah demi langkah dengan materi yang bersifat umum maupun khusus. Materi bersifat khusus bisa disesuaikan dengan industri atau produk dan jasa yang ditawarkan.

Publikasi instruktif ini sangat baik untuk SEO karena mengandung bahasa alami yang menunjukkan tujuan artikel. Contohnya adalah jika seseorang mencari sesuatu seperti “cara membuat sandwich selai kacang”. Maka konten yang dibuat bisa mengandung kata kunci yang sama atau sedikit berbeda.

Anda bisa memilih artikel dengan konten “bagaimana membuat sandwich mentega kacang “. Artikel inipun akan sukses dan muncul di hasil pencarian. Namun, karena publikasi instruksional menjadi lebih umum, maka harus lebih pintar untuk memilih topik.

Selain tulisan, Anda bisa menyertakan konten lain yang sesuai. Misalnya adalah gambar, infografik, atau diagram visual. Tujuannya adalah memperdalam pemahaman pembaca akan topik yang disajikan. Kemungkinan pembaca akan membagikan link blog Anda juga akan semakin besar. Hal ini karena konten Anda bersifat informatif dan mendalam.

3. Artikel tentang publikasi pribadi

Umumnya, orang suka membaca tentang cerita atau pemilikiran orang lain. Jadi, blog bisa berisi tentang opini pribadi.  Konten seperti ini biasanya bisa lebih menarik pembaca secara emosional.

Untuk jenis blog ini, tidak semua orang menyukai optimasi SEO. Karena banyak yang membuat blog untuk idealisme belaka dengan tujuan sharing. Namun, meskipun tanpa optimasi SEO, jika suatu blog memiliki pembaca setia yang luas, maka akan ada kemungkinan besar bahwa pengunjung akan kembali lagi ke blog. Mereka juga tidak sungkan untuk membagikan konten yang mereka anggap menarik.

4. Artikel berupa publikasi media

Posting blog khusus media sudah populer. Untuk tips ngeblog jenis ini maka bisa ditambahkan visual yang menambah daya tarik dari blog. Misalnya adalah dengan infografis atau bahkan bisa ditambahkan dengan video.

Gambar tidak harus membuat sendiri. Karena seperti yang sudah diterangkan di atas, bahwa banyak sekali website yang menyediakan gambar yang free royalti berkualitas tinggi.

5. Artikel yang sifatnya menghibur

Tujuan utama posting blog ini adalah untuk menghibur pengunjung dan pembaca blog. Konten ini termasuk pada jenis konten lucu yang memiliki kemungkinan besar untuk dibagikan dan diingat. Namun yang perlu diingat bahwa konten haruslah original.

Akan lebih baik lagi jika konten yang diposting berisi informasi dan juga pos yang bermanfaat. Blog dengan artikel ini lebih banyak dikunjungi karena memang mudah diingat dan sharabel.

Dengan berbagai tips ngeblog di atas bisa membantu blogger pemula dalam membaut tulisan artikel lebih baik lagi. Sedangkan bagi yang baru akan mulai membuat bog, tentunya selalu ingat untuk memahami dasar-dasar blog dahulu. Dengan demikian, maka blog akan bisa memenuhi tujuan awalnya. Baik untuk sekedar sharing, promo, toko online hingga untuk beriklan, bagaimanapun juga blog haruslah berkualitas.

Itulah tips ngeblog yang bisa bermanfaat bagi para blogger. Jadi, bukan hanya bagi pemula, bagi blogger profesional pun bsia meng-upgrade blog Anda agar lebih profesional dengan adanya berbagai layanan di atas.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.


0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...