Pertimbangan Sebelum Memakai Jasa Seo Website

Boleh-boleh saja anda mencari jasa SEO website untuk menaikan peringkat website “kesayangan” anda pada mesin pencari. Sebelum memakai jasa tersebut, pasti anda sudah mencari2 informasi “berapa biaya sesungguhnya jasa SEO website yang mampu menaikan peringkat situs web saya?”. Sayangnya tidak ada harga yang pasti, harga jasa itu tidak pasti, jangan disamakan dengan barang.

Anda berfikir SEO itu menaikan peringkat kata kunci website anda?, hanya sedikit benarnya salahnya banyak. SEO itu menaikan peringkat semua keyword dengan tujuan peningkatan trafik. Jangan salah paham berfikir menaikan keyword, memang benar jalannya dari keyword. Tapi hanya dari mesin pencari saja, sedangkan dari sosial media, referral, direct itu bukan urusan seorang SEO, meskipun pada prosesnya SEO melakukan itu. Bingung ya?

Ini menyangkut goal, tujuan dari SEO website anda. Ini masalah pertempuran panjang, tanpa akhir (SEO memang seperti itu). Sebaiknya anda mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi harga SEO.

Hoax dan Isu yang Beredar Tentang SEO

Image, pandangan publik umumnya, menaikan pendapatan dari website = tugas SEO. Itu sama sekali tidak mendasar, karena hal “fundamental” SEO tidak seperti itu. Masih ada puluhan, ratusan anak tangga yang harus anda tempuh, SEO salah satunya.

  • Solusi menaikan peringkat website dengan cepat. Ini tidak benar, karena SEO tidak bisa dilakukan cengan singkat, butuh waktu yang sangat panjang dan tidak ada ujungnya.
  • SEO itu pekerjaan programer. Ini juga tidak benar, SEO itu pekerjaan seorang Pemasaran, DIgital Marketing, seorang programer harus belajar dari awal jika ingin melakukannya.
  • Jaminan mendapat peringkat tertentu. Ini sangat tidak benar, yang menentukan itu google, bukan jasa SEO website.
  • Meningkatkan pendapatan dalam waktu singkat. Ini tidak logis, yang benar tugas seo itu berusaha mendatangkan trafik, urusan konversi cepat, gunakan SEM.
  • Banyak trik khusus SEO. Ini ngaco, pekerjaan SEO itu sesuai prosedur yang ditetapkan google guidelines, sesuai strategy, pengerjaan yang tepat dan konsisten.
  • Lebih baik menyewa jasa SEO untuk website. Kenyataannya SEO lebih baik dilakukan sendiri oleh pemilik website.
  • Belajar SEO hanya cukup membaca artikel2. Ini salah besar, anda harus belajar dari pengalaman, tidak cukup hanya membaca.
  • SEO itu mengoptimalkan keyword yang ditentukan. Kenyataannya jasa SEO website itu mengoptimalkan semua konten, semua keyword dan turunannya yang ada, karena memang harus begitu.

Kesalahan pemahaman mengenai SEO salah satunya diakibatkan artikel yang dijadikan referensi sudah kadaluarsa. Mencari informasi SEO tanpa melihat tanggal dari artikel tersebut di publish adalah kesalahan. Aturan google banyak mengalami perubahan hanya dalam hitungan bulan saja, jika artikel yang anda baca “publish” 3 tahun yang lalu, silahkan anda bayangkan banyaknya pembaruan SEO yang anda lewati.

Tentang Keyword

harga jasa seo thidi

ini dari pengalaman ketika seseorang mencari jasa SEO kemudian langsung membicarakan deretan keyword yang ingin jadi peringkat satu di mesin pencari, pikiran sederhana “keyword di peringkat1 = pengunjung berdatangan = saya kaya”, WOW. Semudah itukah? tentu saja tidak bung. Begini, keyword itu beragam jenisnya, belum lagi intensitasnya.

Intensitasnya

Tentu saja anda berfikir untuk mendatangkan pengunjung, keyword potensial “menurut pemikiran subjektif anda” harus ada di peringkat 1. Kenapa saya sebut subjektif ?, karena hanya yang ada di pemikiran angan2nya saja, tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Bagaimana jika kejadiannya keyword yang ditargetkan tidak ada yang mencari?, “merasa puas dengan kinerja SEO, kemudian bayar, keyword nangkring di halaman satu, posisi satu pula”.

Beberapa hari berlalu, minggu, dan bulan. Belum ada juga pembelian, transaksi nihil, mau protes ke jasa SEO website ?, tidak bisa, kenyataannya keywordnya masih nangkring di peringkat 1. Ternyata keyword yang ditargetkan “jual sepatu sebelah” misalkan, Ya iya lah yang cari saja tidak ada apalagi yang beli. Ini menyangkut intensitas keyword yang di targetkan.

Untuk keyword yang intensitasnya tidak ada atau sangat kecil di imbangi dengan tingkat persaingan yang hampir tidak ada. Biaya yang anda keluarkaan antara 100 ribu hingga 1 juta. Hasilnya pun cepat, bisa dalam hitungan jam, hari, atau beberapa minggu di bawah 1 bulan.

Kompetisinya (persaingan)

Ini lain lagi, anda baru saja bikin website, karena terbuai angan2 melihat suatu website yang oke, peringkat 1 dengan intensitas pencarian 10.000 pada keyword utamanya. Diperkirakan, website tersebut memperoleh “income” 100 juta per bulan. Anda baca sana-sini akhirnya terfokus pada artikel2 SEO, trik2nya, hoax2nya. Tiba2 entah dari mana muncul ide, bangun website 300 ribu, sewa jasa SEO target 3 bulan paling lama nangkring di halaman satu, kalo bisa kurang dari 3 bulan dengan budget 1 juta, wong cuma satu keyword ini. “Ga logis”, kalo memang SEO itu bisa begitu, dia sudah belajar lama mengenai ini, ngapain dibayar 1 juta, mending dia bikin web sendiri dan ambil alih “pucuk pimpinan kelas semen”.

Keyword dengan intensitas tinggi umumnya memiliki persaingan yang luar biasa ketatnya, terlebih jika menghasilkan konversi rupiah yang tinggi. Pada kasus ini sangat diperlukan kerja keras dan konsistensi dari semua aspek SEO. Anda harus rasional, jasa SEO website yang anda sewa layaknya karyawan, harus anda bayar setiap bulannya, hingga jangka waktu yang sama sekali tidak boleh anda tentukan. Anda diwajibkan mematuhi aturan Jasa SEO, bukan anda yang memberi aturan. Anda juga wajib terlibat didalamnya, setidaknya mengetahui prosesnya, karena nantinya anda harus melakukan SEO sendiri jika  jasa SEO website anda sudah memenuhi target yang anda berikan. Besarnya biaya per bulan tergantung kesepakatan, semakin tinggi maka semakin baik.

SEO itu mahal biayanya, bukan karena trik-triknya yang susah dan aneh. Biaya mahal diakibatkan website anda harus terupdate dengan baik, update tidak hanya kuantitas namun kualitas, mencari link, membagikan konten secara berkala. Disamping itu pesaing pun melakukan SEO, mereka tidak diam.

Sebenarnya Apa Saja Kerjaan SEO Itu Hingga Biayanya Mahal

SEO (Search Engine Optimization) jika diartikan adalah pengoptimalan mesin pencari. Apa yang dioptimalkan? Jawabannya bisa bermacam-macam, bisa jadi website / toko online, apk android hingga lapak jualan kita di salah satu situs marketplace seperti olx, kaskus dsb (semua hal yang dipasarkan secara online, membutuhkan peringkat di mesin pencari).

Banyak panduan SEO menjelaskan bagaimana mengoptimalkan sebuah website agar berada di peringkat satu, setidaknya berada di halaman satu. Maksud dari itu semua agar website berpeluang lebih banyak pengunjung juga berpeluang mengkonversi pengunjung jadi pembeli.

Jika anda mencari sesuatu di mesin pencari pertama-tama akan melihat deretan website dari peringkat satu hingga ratusan ribu. Jumlah yang ditampilkan di halaman satu hanya berjumlah 10 website, dan rata-rata dari kita malas untuk melihat halaman selanjutnya.

Jumlah dari keseluruhan website kurang lebih mendekati satu milyar, dan untuk website pesaing yang bersaing dengan website anda kita anggap 1000 website. Dari 1000 website hanya memperebutkan quota 10 saja apakah mudah?, lain halnya jika website yang serupa hanya berjumlah enam website maka sudah dipastikan website baru yang kita buat sudah pasti langsung menempati posisi tujuh. Itu semua hanya pemisalan, kenyataan nya dari satu website saja tidak hanya bersaing memperebutkan satu kata kunci, hal ini mengakibatkan semakin ruwet saja persaingan di mesin pencari.

1. Memenuhi Syarat Mesin Pencari

Setiap mesin pencari tidak hanya google (bing, yahoo, yandex, duckduckgo, baidu dsb), mempunyai kriteria tertentu menentukan peringkat suatu website “jadi jangan heran, website anda bagus posisinya di google tetapi di bing jeblok dan kebalikannya“.

Kesamaan dari semua search engine adalah ingin seakurat mungkin menampilkan hasil pencarian sesuai apa yang di cari. Website seperti apa yang di inginkan google menempati posisi teratas adalah website yang berkualitas, tidak dengan teknik-teknik instan misalnya yang terus populer secara agresif menanam backlink. Seperti kutipan dari Matt Cutts (ex google software enginering) yang saya ambil dari artikel yang membahas mengenai link building.

Apabila strategi utama dari link building anda adalah menulis komentar di banyak website sampai-sampai sebagian besar link yang anda punya hanya berupa komentar, dan tidak ada orang lain yang betul-betul memberikan link untuk anda, maka suatu saat ini bisa dikategorikan sebagai strategi yang licik.

Dalam tingkat tinggi kami berhak untuk mengambil tindakan terhadap tindakan manipulasi atau strategi link licik yang kami rasa mengacaukan rangking.

2. Bertanggung Jawab Atas Kualitas Keseluruhan Website

Seperti apa kualitas website yang diinginkan google? Sederhana saja mereka ingin website berkualitas yang memberi manfaat untuk pengunjungnya. Kutipan Mark Cutts diatas menegaskan bahwa sebenarnya link building yang secara agresif sama sekali tidak akan bermanfaat, lebih jelek nya lagi terkena penalty, suatu usaha yang sia-sia jika tidak memperhatikan isi konten website yang mempunyai nilai bagi pengunjungnya.

Coba posisikan saat anda membutuhkan solusi atas permasalahan yang dihadapi, bisa juga ketika anda ingin membeli sesuatu dengan membuka tab pencarian di google. Ribuan hasil akan muncul berderet dari urutan satu hungga sekian ribu. Tentunya anda tidak akan pergi ke halaman dua, tetap di halaman satu mencari judul yang kira-kira sesuai dari atas ke bawah. Jika di klik akan mengantarkan anda ke website tujuan. ada beberapa kemungkinan :

  1. Mendapatkan apa yg anda cari atau tidak
  2. Isinya masih relevankah dengan keadaan saat ini
  3. Loading website sangat lama
  4. Ukuran halaman website sangat besar
  5. Tampilan website yang tidak enak dilihat
  6. Sulit membaca tulisannya

Bisa saja seorang SEO mengajukan biaya tambahan dikarenakan desain website yang “acak-acakan”, tidak memenuhi kriteria dasar dari pengoptimalan seperti size, loading speed dan structure.

3. Update Secara Berkala dan Konsisten

Semakin berat persaingan membutuhkan waktu yang semakin lama untuk melakukan SEO. Dalam jangka waktu tersebut website anda harus melakukan update secara konsisten. Frekuensi update yang semakin sering berpotensi mendatangkan “crawl” google lebih sering. Konten diwajibkan berkualitas, juga unik berbeda dengan pesaing anda, hanya dengan demikianlah peluang menuju posisi yang strategis dimungkinkan. Selain itu frekuensi melakukan “kampanye” offPage juga dilakukan, semisalnya membina “relationship” di berbagai jejaring sosial, serta membagikan konten didalamnya.

Menempatkan Keyword Density Secukupnya

Google yang sekarang sangat lah berbeda dengan google sekitar beberapa tahun lalu. Dulu keyword density sangat berharga sehingga para SEO berusaha menempatkan kata kunci. pada halaman sebanyak mungkin berharap google mengerti.

Saat ini penempatan kata kunci seperti itu malah akan memperburuk keadaan website anda. Idealnya sekitar 1% dari keseluruhan isi artikel mengandung kata kunci / keyword, akan tetapi jangan terlalu dipaksakan jika menjadikan kualitas website menjadi buruk. Tetap fokus pada website berkualitas, website yang ditujukan untuk manusia bukan untuk mesin pencari, itu yang terpenting.

Melakukan “natural” Link Building

Hal yang kurang berguna sekarang ini jika anda secara agresif memasang backlink di mana2, dengan komentar pada blog dofollow, membeli link dalam jumlah ratusan hingga ribuan. Tentu saja ini masih bekerja, web anda akan naik, anda membayar jasa SEO yang menyelesaikan misi dengan baik. Website anda diatas, dihalaman pertama tp tidak lama kemudian akan terkena penalty dengan konsekuensi terburuk di buang dari SERP google. Setelah begini anda optimasi seperti apapun website anda tidak akan pernah lagi terindex google.

Link natural lah yang akan mengantarkan anda menjadi website otoritas (penguasa dalam suatu keyword). Link seperti ini hanya diperoleh ketika website lain kagum atas konten website anda, dengan sendirinya akan membuatkan link menuju halaman website anda. Konten seperti itu membutuhkan wawasan yang didapat dari pembelajaran, pemikiran serta melalui proses praktek dan pengujian dari penulis sehingga akan menghasilkan konten yang berkualitas.

Apakah konten berkualitas bisa didapatkan dengan mencari jasa penulis artikel dengan imbalan Rp 8500 s/d Rp 15000 per artikel? Sekali lagi kualitas diatas kuantitas, katakanlah anda membayar upah satu juta untuk artikel yang diasumsikan Rp 10000 sehingga anda dapat menghasilkan 100 artikel. Dan andaikata seorang master SEO memproduksi artikel satu dalam seminggu dan dapat dengan mudah melibas 100 artikel anda. Anda harus memahami ketika membuat artikel yang berkualitas tidak cukup mengarang indah, namun harus relevan, memperhatikan keyword, search intent nya, dapat diuji, mempunyai dasar yang kuat, ada sumbernya, ada pembuktiannya.

Pertimbangan Bagi Anda

Pertimbangan harga jasa seo thidi

Pertimbangkan keyword

Setiap keyword tidak mempunyai nilai yang sama, ada yang berharga, ada yang tidak. Ada yang berpotensi mendatangkan pengunjung melimpah, tapi sedikit menghasilkan konversi menjadi rupiah. Ada yang sedikit mendatangkan pengunjung tapi menghasilkan rupiah yang melimpah. Tingkat persaingannya bermacam-macam, ada yang mudah ada yang susah. Setidak nya ada 3 kategori penting utama keyword informitif, investigasi dan komersial. Sebuah website harus memiliki unsur ketiga keyword tersebut, besarnya persentase keduanya sangat tergantung strategy yang digunakan.

Pertimbangan konten

Anda menginginkan berada di peringkat satu? hal yang pertama dilakukan seorang SEO adalah melihat siapakah yang menjadi otoritas keyword yang ditargetkan. Setidaknya sepuluh besar di halaman pertama. Jika ingin mengalahkan mereka, konten dari website anda haruslah melibihi website otoritas. Konten wajib memberi nilai bagi pengunjung, kecepatan, ukuran, relevansi, link building. Strategi pembuatan konten dilakukan dengan penuh perencanaan untuk hasil yang maksimal.

Lihatlah pesaing anda, pertimbangkan usia dan pemasaran mereka

Semua website ingin berada di peringkat satu, bukan hanya anda yang berniat menggunakan jasa SEO, beberapa dan banyak dari mereka sudah menggunakannya jauh sebelum anda berfikir, uang yang di investasikan tidaklah sedikit untuk persaingan ini, mereka menjalankan semua konsep pemasaran internet digital. Perusahaan besar memiliki divisi digital marketing. Mampukah website anda mengalahkannya dalam waktu yang singkat? Gunakan jasa SEO website sambil membangun konsep pemasaran digital anda, pikirkan konsistensi update konten, promosikan di facebook, twitter, gunakan adsense.

Penawaran dan Penetapan Biaya Jasa SEO Website

Seoarang SEO atau jasa SEO website akan menetapkan biaya sesuai dengan pertimbangan hal-hal diatas. Bisa saja biaya yang ditetapkan dibawah satu juta hingga ratusan juta, sangat tergantung dari pekerjaan yang dilakukan untuk menaikan peringkat website anda. Mereka akan memberitahu langkah yang akan dilakukan namun anda harus terlibat didalamnya. Hasil dari optimasi sama sekali tidak menjamin seperti apa yang anda inginkan, dengan metode yang benar akan membutuhkan waktu untuk pencapaian yang sesuai.

Sangat mungkin seorang SEO menaikan website anda dalam waktu yang singkat, tetapi akan berimbang dengan jumlah yang harus anda keluarkan serta tingkat kesulitan kata kuncinya. Bisa dengan metode tertentu dengan biaya yang rendah, namun sesudahnya ketika bertengger diatas tidak akan bertahan lama tekena penalty google. Anda membayar jasa SEO karena tugasnya selesai beberapa hari kemudian website anda terkena penalty, perhatikan kemungkinan ini.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


6 Comments

  1. “Sebuah website harus memiliki unsur ketiga keyword tersebut, besarnya persentase keduanya sangat tergantung strategy yang digunakan.”

    Nah strateginya gimana tuh kan? hehe

  2. Topage

    oh gitu ya kang, ane kira yang namanya stratgei seo sekalinya ada 1 orang yang bisa dengan cara itu, maka semua orang pun bisa…
    dapet pencerahan deh di sini, terima kasih kang

Beri Komentar Anda ...