Kegunaan dan Manfaat Email di Setiap Kegiatan Online

Electronic mail atau Email adalah sarana surat elektronik yang memungkinkan pengguna internet saling berkomunikasi dengan mengirim pesan. Rasanya hampir tidak mungkin pengguna internet belum memiliki email, terlebih pengguna android. Email juga dapat dikatakan sebagai hasil peradaban manusia modern dimana tidak terlepas dari aktivitas dan kegiatan sehari-hari manusia.

Sejarah Perkembangan Email

Pada tahun 1971, Roy Tomlinson pertama kali mengirimkan email dengan menggunakan dua komputer yang berjarak hanya satu meter saja. programmer asal Amerika ini mulai menggunakan simbol @ sebagai penghubung email.

Sejak saat itu, standar penggunaan email menjadi [email protected]_komputer. Disusul kemudian penemuan software untuk pengaturan email pada tahun 1975 oleh John Vital. Sejak beberapa tahun setelahnya, email kemudian memenuhi lalu lintas internet hingga 75 persen.

Pada perkembangannya email mulai mengadopsi fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit.

Bersama dengan penemuan World Wide Web (www) oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email mulai tersedia secara gratis dengan tampilan dan fungsi yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo dan Hotmail. Hingga saat ini email terus berkembang baik dari segi fasilitas maupun dari jumlah penggunanya.

Jenis Email

Terdapat berbagai provider yang memberikan layanan email gratis juga berbayar dan tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Baik email gratis dan berbayar memiliki banyak kekurangan dan kelebihan dilihat dari perbedaannya.

Email Gratis

Email gratis adalah email yang bisa anda dapatkan secara Cuma-Cuma, tanpa dipungut biaya sepeser pun. Jenis email ini hampir dimiliki oleh semua orang selama terhubung dengan internet. Dari berbagai usia, pekerjaan baik perusahaan dan perorangan banyak sekali yang menggunakan jenis email ini. Misal gmail, ymail, hotmail dan lainnya.

Email Berbayar

Berbeda dengan email gratis, jenis email ini mewajibkan penggunanya mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakannya. Pengeluaran biaya berbanding lurus dengan fasilitas yang didapatkan (more powerfull). Salah satu contoh email berbayar adalah layanan email prmium yang disediakan google.

Email Berbayar Menggunakan Nama Perusahaan

Jenis email ini memiliki keunggulan dikarenakan sangat unik / berbeda dengan email yang banyak digunakan. Perbedaannya adalah penggunaan nama “custom” sesuai yang anda inginkan di belakangnya. Misalnya [email protected] Untuk mendapatkan email seperti ini salah satunya dengan menggunakan fasilitas custom email google.

Webmail

Hampir mirip dengan jenis email sebelumnya, karena menggunakan nama custom dibelakangnya. Perbedaannya adalah anda diharuskan memiliki website terlebih dahulu, kemudian nama identitas email mengikuti domain website anda. Kelebihan email ini gratis sepanjang anda memiliki website dan secara bebas mengatur dan menggunakannya. Adapun kekurangannya adalah dari keterbatasan yang mengikuti fasilitas layanan website anda.

Menggunakan email “custom”, selain memberi kesan profesional juga sebagai sarana menaikan popularitas anda dan website yang anda miliki.

Manfaat Email Bagi Pengguna Internet

Email memberikan banyak manfaat bagi anda, perusahaan dan pengguna internet pada umumnya. Tanpa memiliki email kegiatan online menggunakan internet tidak mungkin berjalan dengan baik.

Sebagai Identitas Pengguna Internet

Dikehidupan nyata anda memiliki identitas seperti KTP, SIM, Passpor, akte kelahiran. Email juga memiliki fungsi serupa yaitu identitas anda di internet. Terkadang ketika mengisi sebuah formulir online maupun offline anda diminta memasukan nama email milik anda selain memasukan nomor telepon, alamat rumah dsb. Selain identitas pribadi, Email juga berfungsi sebagai identitas perusahaan.

Sayarat Mendaftar Akun Lain

Anda diwajibkan memiliki email terlebih dahulu untuk memiliki akun lainnya. Misalnya membuat akun sosial media untuk SMM seperti facebook, teitter, linkedin hingga akun marketplace seperti bukalapak, tokopedia, kaskus dsb.

Syarat Melamar Pekerjaan Via Online

Bagi anda yang sering mencari pekerjaan lewat internet, tentunya mengerti hal ini. Email memiliki peranan yang sangat penting dalam memasukan aplikasi lamaran pekerjaan.

Sarana Berkominikasi Antara Pengguna Internet

Pada dekade sebelumnya kirim mengirim surat dilakukan menggunakan jasa kantor pos, bahkan jauh sebelumnya menggunakan kurir manusia maupun hewan (biasanya merpati). Mengikuti perkembangan teknologi maka saat ini mengirim surat dilakukan dengan cara yang sangat praktis, hemat biaya dan efisien dalam waktu.

Pendaftaran Jika Menggunakan  Smartphone

Sebenarnya sudah disebutkan, untuk anda yang menggunakan smartphone pastiya mengetahuinya. Ketika anda mengaktifkan pertama kali smartphone maka akan diminta akun email, umumnya google. Jika belum memiliki akun email selanjutnya anda diwajibkan membuatnya.

Syarat Utama Memiliki dan Mengelola Website

Membangun sebuah website untuk bisnis online dimulai dari memiliki email. Email sangat diperlukan dalam pembuatan hingga pengelolaannya. Dalam pembuatan anda diwajibkan mendaftarkan email berawal dari mendaftar ke provider, mendaftarkan domain, membuat akun pendukung pengoelolaan website seperti search console google webmaster dan google analytic.

Melakukan Transaksi Online Pribadi dan Perusahaan

Disamping menggunakan bank dalam hal pembayaran, emailpun wajib digunakan dalam proses transaksi online. Fungsi email bisa menjadi tujuan pengiriman invoice, bukti pembayaran dan lainnya yang mendukung proses transaksi.

Media Penerima Pembayaran

Akun paypal, Liberty Reserve dan sebagainya memfasilitasi anda dalam menerima pembayaran atas usaha dan kegiatan online menghasilkan uang yang anda lakukan. Pembayaran memang umumnya menggunakan bank, namun penerimaan data pembayaran umumnya menggunakan akun email.

Fungsi dan manfaat email meliputi semua aspek dalam kegiatan online. Email akan mempermudah hidup anda setidaknya jika ketergantungan anda dengan internet cukup tinggi.

Manfaatkan Email dengan Sebaik-baiknya

Fasilitas yang sangat berguna ini dapat anda dapatkan secara gratis, sehingga dengan demikian sebaiknya anda memanfaatkannya dengan baik. Berbagai kegiatan pribadi dan usaha umumnya sangat tergantung pada email. Meskipun gratis dan mudah cara membuatnya namun anda harus menjaga akun email yang anda miliki. Alasannya sangat jelas karena umumnya email terkait dengan berbagai akun online lain milik anda. Dengan demikian sekali saja email anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab maka sudah dapat dipastikan akun anda yang lainnya juga akan bernasib sama.

Dalam pemasaran anda mengenal istilah email marketing, yang tidak lain bagian dari digital internet marketing. Menggunakan cara email marketing memungkinkan bagi anda untuk mengirimkan satu email ke ribuan target pemasaran bisnis anda.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...