Blog

Panduan Pemula Terlengkap Cara Memasang Plugin Postman SMTP pada WordPress

Posted by:

Permasalahan email tidak terkirim, gagal submit pada formulir hingga email terkirim selalu masuk spam umumnya terjadi pada setiap website baru. Hal ini sangat perlu menjadi perhatian anda, setidaknya website milik anda menjadi sangat tidak efektif, terutama berbentuk ecommerce tidak bisa mendapatkan manfaat dari pengiriman email. Sebenarnya mengatasi permasalahan seperti ini terbilang cukup mudah. Yang perlu anda lakukan adalah menghubungkan website dengan SMTP Gmail, atau bisa saja SMTP lainnya.

Apa yang Dimaksud dengan SMTP Gmail?

SMTP singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, merupakan protokol yang digunakan untuk mengirimkan email antar server. Bingungr? Intinya begini, server itu diibaratkan komplek tempat tinggal anda, untuk mengirim email (dari server website menuju server google, misalnya) diperlukan suatu kantor pos. Kantor pos ini adalah yang disebut dengan SMTP bertugas mengirimkan (sedangkan yang bertugas menerima adalah POP/IMAP). Mengenai SMTP dan hal-hal yang berhubungan bisa anda baca pada artikel yang membahas lengkap mengenai SMTP. Dengan demikian dapat anda bayangkan bahwa SMTP Gmail berarti kantor pos milik google, itu sedikit gambarannya.

Pengaturan SMTP seharusnya merupakan proses integrasi email dalam pembuatan website, namun sering tidak diperhatikan sehingga berdampak negatif terhadap kinerja website.

Cara Pasang Plugin Postman SMTP pada WordPress

Tersedia banyak plugin yang mendukung pengintegrasian SMTP gmail dan lainnya pada wordpress.  Salah satu plugin smtp yang sangant mudah pengaturannya adalah Postman SMTP. Untuk memulai pengaturan maka harus memasangnya terlegih dahulu di situs wordpress milik anda. Setelah terpasang dan aktif, selanjutnya arahkan kursor anda ke pengaturan, kemudian klik postman smtp.

Tahap 1 Pengaturan Awal & Sederhana Plugin SMTP Gmail

Plugin Postman SMTP gmail merupakan pilihan tepat jika anda gunakan, karena selama ini belum ada masalah yang berarti. Dan point terpenting adalah kemudahan pengaturannya serta secara konsisten terupdate.

Langkah 1 Pengenalan dan Pengaturan Menggunakan Wizard

 

Terdapat 2 hal yang bisa anda perhatikan pada tampilan depan plugin Postman SMTP :

  1. Kalimat yang menunjukan stastus postman smtp belum terkonfigurasi dengan benar.
  2. Memulai pengaturan pengintegrasian dengan gmail menggunakan wizard.

Langkah 2 Pengaturan dan Penentuan Detail Pengirim

Pada tahap ini anda wajib menentukan salah satu email google yang akan dijadikan sebagai pengirim. Kemudian berikan nama terserah, suka-suka anda.

Langkah 3 Pengenalan dan Pengaturan Menggunakan Wizard

Menentukan tujuan server email keluar, biarkan saja otomatis karena anda sebelumnya memilih gmail.

Langkah 4 Tes Koneksi dan Pemilihan Port

Koneksi anda akan diuji pada langkah ini, jika sukses maka akan terlihat seperti gambar diatas. Anda bisa menentukan port pengiriman email, sangat disarankan untuk membiarkannya saja (default).

Langkah 5 Konfigurasi untuk Menghubungkan dengan Akun Google

Ada beberapa hal yang sesuai gambar yang wajib menjadi perhatian.

  1. Memulai konfigurasi akun gmail milik anda untuk mendapatkan client ID dan Client Secret.
  2. Url yang dijadikan authorized javascript origin (website anda)
  3. Penentuan tujuan redirect url.
  4. Id yang nantinya anda dapatkan jika konfigurasi akun gmail anda benar.
  5. Sama seperti Client ID.

Point 2 dan 3 akan di gunakan dalam pengisian formulir auth n credential di google, point 4 dan 5 diisi setelah mendapatkan (proses akhir) dari pengaturan akun gmail. Untuk mempermudah sebaiknya point nomor 1 dibuka menggunakan klik kanan (open new tab).

Tahap 2 Pengaturan Akun Google Agar Terintegrasi

Tahap lanjutan dari tahap sebelumnya dengan asumsi sudah anda kerjakan hingga langkah ke 5 adalah pengaturan akun google milik anda yang digunakan sebagai email pengirim. Pada tahap ini di jelaskan langkah demi langkah dengan terperinci untuk mendapatkan client id dan client secret yang diperlukan agar plugin SMTP gmail Postman bisa bekerja.

Langkah 1 Login Menggunakan Akun Gmail

Silahkan anda masuk menggunakan akun google yang telah anda tentukan pada tahap 1 langkah ke 2.

Halaman persetujuan semacam syarat dan ketentuan hanya muncul jika anda pertama kali menggunakan API google, jika bukan yang pertama halaman tidak akan muncul. Klik saja yes dan yes kemudian “agree and continue”.

Sebelum muncul halaman pada gambar diatas muncul biasanya anda diminta memilih “project”, jika tidak mau ambil pusing “create new” saja. Selanjutnya halaman pada gambar muncul maka anda hanya perlu klik “go to credentials”.

Langkah 2 Pengaturan Credential untuk Project Website Anda

Setelah anda selesai pada langkah 1, selanjunya mengatur credential akun google, silahkan isi sesuai gambar diatas kemudian klik “what credential do i need?”.

Selanjutnya isi dua kolom kosong yang tersedia (copy dan paste) menggunakan data url pada point 2 dan 3, Tahap 1 langkah ke 5. Kemudian klik “Create Client ID”.

Pada gambar diatas anda hanya perlu mengisi “product name show’n ro user”, isi sesuka anda kemudian klik “continue”.

Selanjutnya muncul halaman seperti gambar diatas, anda tidak perlu mengatur apapun, hanya klik “done” saja. Pada gambar diatas terdapat Client ID, sebaiknya jangan anda hiraukan dulu (cuekan saja).

Langkah 3 Membuat OAuth client ID dan Mendapatkan Client ID dan Secret

Setelah selesai pada langkah 2 maka selanjutnya silahkan anda klik “create credentials” yang berwarna biru di pojok kiri atas sesuai gambar untuk memunculkan pilihan oAuth client ID, kemidian klik.

Selanjutnya lakukan tiga langkah diatas sesuai gambar. Adapun pada point no 2 dan 3 tidak berbeda degan langkah sebelumnya (pengulangan), kembali memasukan dua url yang sedah dilakukan sebelumnya kemudian klik “create”.

Jika muncul popup seperti gambar diatas artinya anda berhasil mendapatkan 2 hal yang dibutuhkan (client ID dan client secret) untuk konfigurasi plugin SMTP gmai Postman.

Tahap 3 Penyelesaian (finishing) Integrasi SMTP Google

Inti dari tahap penyelesaian adalah penggabungan ke dua pengaturan tahap sebelumnya (tahap 1 dan tahap 2). Pada tahap ini juga anda dapat menguji apakah setingan plugin postman smtp berjalan dengan sempurna atau tidak.

Langkah 1 Mengijinkan Gmail Terhubung dengan Website

Tentu saja paling awal kembali ke halaman pengaturan plugin smtp. Setelah selesai memasukan client ID dan secret, selanjutnya muncul tampilan “finish” sebagai tanda tahap 1 (pengaturan awal dan sederhana plugin postman) sudah selesai, kemudian klik “finish”.

Selanjutnya anda dibawa kembali ke tampilan awal dengan tampilan yang belum berubah. Namun sebenarnya anda sudah melakukan konfigurasi (bisa anda periksa dengan meng-klik “show all settings” di bawah tombol “start the wizard”. Anda hanya perlu menggabungkan settingan tersebut dengan settingan akun API google anda (tahap 2) dengan meng-klik”grant permission with Google” seperti yang bertanda kotak merah pada gambar diatas (biasakan dengan open in new tab agar halaman asal tidak hilang untuk mempermudah anda nantinya).

Langkah 2 Mengatasi Permasalah Penggabungan API Gmail dengan Website (Tidak Selalu Terjadi)

Permasalahan “Error invalid_scope” sebenarnya baru2 ini terjadi, sebelumnya tidak ada masalah seperti ini (jika tidak ada masalah maka langkah 2 ini abaikan saja). Adapun lengkapnya berisi pesan “You don’t have permission to access some scopes. Your project is trying to access scopes that need to go through the verification process. {invalid = [https://mail.google.com/]} If you need to use one of these scopes, submit a verification request”. Agar teratasi silahkan klik tautan “learn more”.

Selanjutnya anda diantarkan menuju halaman formulir verivikasi developer. Jangan mengisi apapun pada halaman ini, satu-satunya hal yang harus anda lakukan adalah klik tautan yang di beri tanda merah pada gambar.

Tautan yang anda klik akan menuju ke halaman “join group”, bergabung dengan grup “Allow Risky Acces Permissions By Unreviewed Apps”. Klik saja tombol “Join Group”.

Setelah bergabung dengan grup silahkan baca sambil ngopi, atau jika malas abaikan saja. Terdapat opsi tinggalkan grup seperti pada tanda merah di gambar (boleh anda lakukan jika semua proses sudah selesai / sekarang jangan dulu “leave group”).

Langkah 3 Menggabungkan Konfigurasi Postman dengan Google (Permission)

Silahkan anda kembali ke halaman pengaturan plugin dan lanjutkan proses penggabungan SMTP gmail. Sebenarnya jika tidak ada permasalahan maka dari langkah 1 kemudian berlanjut ke langkah 3 melewati langkah 2.

Setelah anda meng-klik “grant permission” maka akan muncul popup tampilan seperti pada gambar diatas, selanjutnya anda hanya perlu klik “allow” saja.

Jika tampilan pengaturan plugin SMTP Google Postman seperti gambar diatas (ditunjukan oleh point 1), maka konfigurasi email di website anda sudah berjalan dengan baik. Untuk memastikannya silahkan melakukan uji coba dengan klik tautan point nomor 2.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.


2
  Artikel Terkait

Comments

  1. anakmenza  Juli 20, 2017

    mantaaaap sekali maaasss..makasih atas informasi ini…jadi sangat terbantuuu…

    reply
    • thidi  Juli 21, 2017

      Sama-sama gan, senang bisa membantu….^^

      reply

Beri Komentar Anda ...