Konsep Digital Marketing Untuk Menghadapi Persaingan Global

Digital marketing merupakan pemasaran modern dimana persaingan atau “peperangan” antara perusahaan untuk tahun-tahun berikutnya diprediksi akan menempuh jalur ini. Kenapa? Selama ini kita mengetahui bahwa pemasaran (marketing) adalah proses menyampaikan produk perusahaan kepada masyarakat dengan tujuan dapat diterima oleh publik. Marketing dilakukan dengan cara tradisional, memasang iklan dan berharap ada yang datang untuk membeli produk. Yakin dapat berhasil untuk tahun ke depannya? Pesaing semakin banyak, berlomba-lomba memasarkan dengan cara yang lebih kreatif untuk mendapatkan konversi penjualan produknya.

Para pesaing sudah mulai menyusun strategi dan format digital marketing mereka, karena sepenuhnya sadar konsep ini tidak bisa dibangun dengan singkat, tidak dalam hitungan hari, tidak dalam hitungan bulan, dan tidak juga dalam jarak satu tahun. Sekarang bagaimana dengan anda? Apakah masih belum memulai konsep ini? Jika anda merasa pemasaran tradisional masih layak dilakukan dikarenakan anda hanya melihat saja beberapa usaha pesaing anda sekarang menggunakan konsep ini. Sesungguhnya lebih banyak lagi pesaing anda yang sedang dalam proses membesarkan digital marketing mereka. Hanya saja belum muncul ke permukaan, masih belum terlihat oleh anda.

Traditional Maketing Sudah Mulai Ditinggalkan

konsep digital marketing

Lihat iklan surat kabar lowongan pekerjaan misalnya, pada tahun 2000 an adalah sebagai sarana utama masyarakat mencari lowongan pekerjaan, kemudian teknologi berkembang, umumnya perusahaan surat kabar tidak “aware” –tdk peduli- dengan perkembangan teknologi komunikasi khususnya internet. Sekarang situs2 pencari kerja (yang dulu dikembangkan secara bertahap dan umumnya tidak di lirik) menggeliat mulai memperlihatkan superioritasnya. Iklan surat kabar sudah mulai tergeser secara perlahan. Jika waktu bisa berputar saya yakin perusahaan surat kabar pasti akan mempersiapkan divisi onlinenya. Masih yakin perkembangan teknologi bukan ancaman? jika anda tidak memulai konsep digitalisasi marketing dari sekarang? Sebagai contoh yang sedang dalam proses mengembangkan digital marketing tidak usah jauh2, kami thidi web-design sedang dalam proses ini.

Ada pengusaha (cukup banyak), merasa yakin dan percaya diri karena sudah mendapatkan hasil penjualan dari situs marketplace seperti bukalapak hingga berjualan di sosmed seperti facebook. Mereka merasa belum membutuhkan website, karena simple saja, Buat apa? Sesungguhnya pengusaha tersebut membutuhkan website jauh sebelum keadaannya sekarang. Dengan berjualan online seperti itu sangat disayangkan, konversi hanya berbentuk pembelian jangka pendek sedangkan branding tidak optimal dilakukan. Dengan demikian malah dianggap baik hati membangun brand image situs marketplace atau sosial media tempat mereka berjualan.

Sah-sah saja anda mendapatkan keuntungan penjualan satu bulan 1 juta, 2 juta s/d 10 juta, tapi coba bandingkan tempat usaha online anda mendapatkan keuntungan berapa kali lipat akibat bantuan branding yang anda lakukan? 100 jt itu sedikit, pastinya lebih dari itu dan yang terpenting keuntungannya bersifat jangka panjang. Memasang iklan, lapak dan berjualan di sosmed maupun situs marketplace tetap harus terus dilakukan tetapi harus diimbangi dengan memiliki website, kemudian secara perlahan mengarahkan pembeli ke website milik anda.

Konsep Digital Marketing

Digital marketing diartikan sederhana merupakan konsep pemasaran modern dengan memanfaatkan fasilitas digital online dan internet.  Sebenarnya pengertiannya tidak rumit, hanya saja prosesnya sangat rumit dan membutuhkan kesungguhan serta usaha yang konsisten. Umumnya usaha beserta langkahnya seperti ini :

1. Membuat Website

Website memiliki multi fungsi, diantaranya sebagai brand image, media pemasaran, publik relation, penjualan, profil usaha dan lain sebagainya. Karena fungsinya itulah maka memiliki website diibaratkan mempunyai kantor di dunia maya. Fungsi website yang paling utama adalah sebagai Pusat dari seluruh kegiatan online yang anda lakukan. Menjadi syarat utama dalam kebijakan strategi pemasaran digital.

Tidak sembarangan website, website mencerminkan usaha anda jadi janganlah dibuat asal-asalan. Bangunlah website berkualitas dimana memiliki tampilan yang baik (beauty), Cepat dan ringan, strukturnya baik berorientasi kepada kenyamanan pengunjung, bukan berorientasi terhadap harga, gengsi dan ego anda.

2. Branding

Brand kasarnya adalah merek dari perusahaan, sedangkan proses branding adalah usaha / proses memperkenalkan dan menumbuhkan brand anda. Jadi usahanya berbentuk komunikasi dengan publik menumbuhkan brand image yang baik dengan berbagai usaha positif, tentunya bermanfaat bagi masyarakat.

3. Sosial Media Marketing

Aktif lah di sosial media baik itu facebook, twitter, google dan lain sebagainya. Publikasikan bisnis anda disana karena sebagian besar pengguna internet aktif di sosial media. Tumbuhkan kepercayaan dan ajaklah secara perlahan pengguna sosial media mengunjungi website anda dengan terlebih dahulu membagikan konten bermanfaat dari website anda. Membuat halaman, fans page atau FB ads berbayar misalnya merupakan sebagian dari banyak kegiatan Sosial Media Marketing yang bisa dilakukan.

4. Content Marketing

Content marketing / pemasaran konten adalah dengan menyebarkan konten website anda yang berkualitas, memberikan manfaat dan solusi. Tidak hanya menawarkan produk saja namun dengan membagikan tips atas dasar kepedulian akan berdampak konversi jauh lebih banyak dengan menawarkan produk langsung. Hal ini diakibatkan umumnya masyarakat cenderung sudah tidak melirik lagi iklan berbentuk penawaran langsung, mereka menganggapnya angin lalu.

Sebagai contoh jika kita menjual produk pertanian, maka bagikan artikel mengenai tips2 bertani, atau “10 jenis hama berbahaya, basmi dengan cara ini !!!”, akan menghasilkan jumlah konversi pembelian yang jauh lebih banyak daripada menawarkan “belilah produk pertanian kami. Bla bla…”. Kecenderungan seperti ini sudah dipelajari oleh ahli2 di bidang Marketing, statement yang dikeluarkan mereka berdasarkan data hasil penelitian mereka.

5. Email Marketing

Sebagian besar dari anda mengetahui apa yang dinamakan email. Email pengertiannya sangat sederhana yaitu surat elektronik. Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah “apakah sama email biasa dan Email Marketing?” Jawabannya sama sekali berbeda baik dalam cara dan prosesnya. Jika email biasa hanya berisi tulisan saja pada umumnya dan dikirimkan ke satu atau beberapa orang, maka email marketing berisi tidak hanya tulisan. Isi dalam email marketing selain kata2 bermanfaat dan membujuk juga berisi gambar visual dan video, serta dalam pengirimannya tidak ke satu dan beberapa tujuan saja, karena sekali mengirim bisa ribuan dengan tujuan perusahaan2 ataupun personal yang berpotensial.

6. Video Production

Video adalah visual yang bergerak sehingga terlihat lebih hidup dari visual yang hanya berupa gambar saja. Adalah hal yang sanagat baik jika membuat video mengenai usaha, tempat usaha, video produk, hingga video testimoni. Dengan pembuatan video kemudian mengunggahnya ke youtube, vimeo, menghubungkannya ke website dsb masyarakat pengguna internet akan melihat usaha anda lebih hidup dan nyata, mereka merasa lebih dekat dengan perusahaan anda, mereka percaya, yakin terhadap anda, selanjutnya melihat kontak anda selanjutnya konversi rupiah terjadi.

7. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah cara bagaimana mengoptimalkan website kita di hasil pencarian SERP google misalnya. Kegunaan dari SEO agar website kita memperoleh trafik yang sangat baik dari mesin pencari dari berbagai keyword (kata kunci) ketika orang mengetikan apa yang mereka cari di kolom pencarian. Saya kutip sedikit dari profil thidi-design biar tidak terjadi salah paham mengenai SEO.

Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Pemahaman akan SEO saat ini pada masyarakat bisa dikatakan salah kaprah, terlebih banyak orang maupun perusahaan yang menjanjikan peringkat tertentu suatu keyword pada mesin pencari. Dengan melihat hal tersebut maka kami beranggapan sudah banyak yang salah memahami akibat janji hoax yang terus dipelihara, SEO seperti ini sudah kadaluarsa sejak tahun 2013, hingga saat ini google secara berkala terus memperbaiki algoritmanya. SEO adalah bagaimana mengoptimalkan dan memasarkan website pada mesin pencari, bukan mengoptimalkan keyword pada mesin pencari. SEO tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika suatu keyword bisa mencapai halaman satu dalam waktu singkat, pastilah keyword tersebut sangat rendah intensitasnya dalam artian sangat jarang sekali orang mencari di google. Sedangkan SEO yang sebenarnya akan mengoptimalkan semua keyword yang berpotensi mendatangkan pengunjung dengan terlebih dahulu memperhatikan isi dari konten yang akan dipublikasikan.

8. App Development

Smartphone adalah perangkat / alat komunikasi yang sangat umum dimiliki oleh masyarakat. Dari berbagai usia, berbagai kalangan, dan berbagai background apapun. Pengguna internet yang berasal dari perangkat mobile ini jauh melebihi yang menggunakan   desktop. Tercatat sekitar 70% pengguna internet menggunakan perangkat handphone, sisanya komputer / laptop dan tablet. Berdasarkan alasan itulah maka pengguna smartphone tidak boleh diabaikan. Dengan membuat apk android memasangkannya di google playstore akan mendukung usaha anda ke arah yag lebih positif lagi.

Sebenarnya website yang sekarang umumnya sudah mendukung dan menyesuaikan diri dengan perangkat apapun termasuk smartphone. Terlebih dengan program yang sedang di gencarkan google yaitu proyek AMP sehingga lebih memanjakan pengguna smartphone (yang terbatas akan kuota dan waktu) untuk berselancar ria di dunia perinternetan. Bagaimanapun tetap saja kurang efektif jika dibandingkan apk, hal ini dikarenakan tidak semua pengguna smartphone menggunakan browser dan tidak usah ribet mengetikan url website di adress bar.

9. SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing lebih tepatnya memasarkan konten di mesin pencari. Sekilas mirip dengan SEO seperti yang sudah diuraikan sebelumnya. Perbedaannya SEM ini berbayar, sedangkan SEO tidak. Perbedaan lainnya jika SEO mengoptimalkan trafik pengunjung dari mesin pencari pada berbagai kata kunci yang relevan, maka SEM mengoptimalkan kata kunci yang diinginkan dan telah ditentukan sehingga akan muncul teratas yang disertai tanda iklan berbayar. Baik SEM dan SEO keduanya harus dilakukan untuk mendapatkan trafik pengunjug melimpah, trafik tersebut adalah peluang konversi ke rupiah.

Pemasaran digital (digital marketing) tidak hanya menyangkut “internet marketing” seperti yang sudah disebutkan. Penggunaan televisi, radio hingga videotron juga termasuk. Semua pemasaran yang menggunakan perangkat digital masuk dalam wadah “Digital Marketing”.

Website Sebagai (CORE) Dasar Digital Marketing

Setelah melihat penjelasan uraian digital marketing diatas, maka tentunya anda akan setuju bahwa semua kegiatan pemasaran online bermuara pada website. Buatlah website dan toko online yang mendukung usaha, toko, perusahaan, institusi anda. Jika belum memiliki website maka segeralah rencanakan untuk membuat website terbaik, buatlah sebaik mungkin karena pintu masuk keberhasilan pemasaran online ada ada di sana. Jika anda sudah memiliki website, jalankanlah sebaik anda membuatnya. Website anda butuh makanan, butuh amunisi agar dapat memberikan yang terbaik bagi usaha anda. Amunisi website adalah konsep pemasaran digital, jika tidak melakukan, tidak membangun konsep tersebut serta menerapkannya jangan pernah berharap banyak dari website yang anda miliki. Menangkanlah persaingan global, jadikan website anda sebagai website otoritas (penguasa) pada “niche” usaha anda.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

Beri Komentar Anda ...