Blog

Cara dan Panduan Sukses Usaha Berjualan Sebagai Agen Pulsa

Posted by:

Bisnis pulsa sebenarnya cukup menjanjikan untuk di geluti. Mengenai peluangnya mungkin anda sudah bisa membayangkannya. Hal ini disebabkan setiap orang pada saat ini tidak bisa lepas dari kebutuhan akan pulsa pada kehidupan sehari-hari mereka. Pulsa memang sudah bergeser menjadi kebutuhan yang mendekati kebutuhan pokok mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi khususnya komunikasi. Perlu anda ketahui juga bahwa keuntungan bisnis ini rata-rata sekitar 10% dari modal dan akan dijelaskan semuanya pada artikel ini.

Pengertian dan Bentuk dan Jenis Pulsa

pengertian jenis dan bentuk pulsa

Sebelum memulai bisnis pulsa, tentu saja anda harus mengenal lebih mendalam apa yang dinamakan pulsa beserta jenisnya. Yang dimaksud dengan pulsa merupakan satuan alat penghitung biaya telepon. Pulsa juga dapat diartikan bahwa suatu alat perhitungan  biaya telepon yang dibayar didepan atau yang sering disebut Prabayar  untuk menggunakan suatu layanan provider yang digunakan.

Pulsa saat ini tidak hanya digunakan untuk Telepon dan SMS saja, melainkan juga digunakan oleh masyarakat untuk melakukan Internet dengan menggunakan paket data, Bayar Listrik kepada PLN dan jasa-jasa yang lainnya.   

Menurut bentuknya, pulsa dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Pulsa Elektrik => Pulsa Elektrik atau pulsa Non Fisik (tidak berwujud)  yaitu pengisian pulsa ini menggunakan media elektronik seperti HP dan komputer yang di lakukan oleh penjual pulsa ke pembeli (client)
  • Voucher Fisik => Voucher Fisik atau pulsa Fisik yaitu pengisian pulsa dengan memasukkan angka-angka yang ada dalam voucher lalu dikirimkan ke provider yang digunakan.

Berdasarkan sifat pembayarannya, pulsa juga dibedakaan menjadi 2, yaitu:

  • Prabayar => Prabayar merupakan Pra (sebelum) bayar artinya harus membeli pulsa terlebih dahulu lalu baru bisa menggunakannya. atau dengan istilah lain pengguna harus membeli pulsa atau voucher isi ulang terlebih dahulu untuk dapat menggunakan kartu dari provider penyedia jaringan seluler sehingga dapat melakukan panggilan telepon, SMS, Internet dan lain sebagainya.
  • Pascabayar => Pascabayar merupakan Pasca (setelah) bayar artinya menggunakan terlebih dahulu setelah itu baru membayar atau dengan istilah lain pengguna atau pemilik kartu dapat menggunakan kartu tersebut untuk melakukan Panggilan telepon, SMS, Internet dan untuk melakukan pembayaran tagihan dilakukan setelah tanggal atau waktu penggunaan yang sudah ditetapkan oleh penyedia layanan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembayaran pulsa prabayar dilakukan sebelum pengguna menggunakan kartu untuk dapat melakukan panggilan telepon, SMS, Internet. Sedangkan pembayaran pulsa pascabayar dapat dilalukan setelah pengguna menggunakan kartu untuk melakukan panggilan telepon, SMS, Internet berdasarkan batas waktu yang diberikan penyedia layanan kepada pengguna.

Fungsi Pulsa dan Untuk Apa Saja Bisnis Pulsa Ini Dibutuhkan?

fungsi dan manfaat pulsa

Fungsi Pulsa adalah untuk menghubungkan dan memastikan perangkat berjalan sebagaimana mestinya sehingga pengguna pulsa dapat berkomunikasi dengan lancar. Jika diibaratkan kendaraan bermotor pulsa ini adalah bahan bakarnya. Jadi jika seseorang memiliki perangkat komunikasi berupa handphone misalnya secara otomatis membutuhkan pulsa untuk mengoperasikannya. Kemudian kebutuhan akan bahan bakar perangkat elektronik ini bersifat berkesinambungan (terus-menerus). Berikut saya sebutkan dan jelaskan beberapa manfaat dari apa yang dinamakan pulsa.

Sebagai Syarat Wajib Menggunakan Handphone untuk Berkomunikasi

Fungsi dasar handphone adalah sebagai alat komunikasi melakukan panggilan telepon. Kemudian selain melakukan panggilan telepon, handphone juga bisa digunakan untuk mengirim pesan yang dikenal dengan nama SMS (short Massage Service). Untuk melakukan komunikasi dasar lewat handphone tidaklah mungkin dengan cara membayar langsung dengan uang. Dengan demikian maka diperlukan pulsa, dimana akan berkurang sesuai dengan penggunaan telepon ataupun melakukan SMS.

Sebagai Syarat Mengakses Internet

Berbeda dengan pulsa untuk handphone yang diperuntukan untuk komunikasi sederhana seperti menelfon dan melakukan sms, maka internet merupakan pengembangannya. Pengembangan yang dimaksud adalah sebagai fungsi lanjutan dari handphone (juga perangkat lainnya). Dengan adanya internet anda pastinya sudah mengetahui manfaatnya. Dunia akan menjadi sempit dengan internet, anda bisa berkomunikasi dengan siapapun dengan mudah. Mengirim video, mengunduh video dan photo bermain game online, hingga internet sangat memungkinkan dijadikan penghasilan.

Klik Disini Untuk Mengetahui Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Pulsa internet umumnya dinamakan kuota. Dimana yang dimaksud kuota ini baik fungsi dan sifatnya sama dengan pulsa yang akan berangsur berkurang jika digunakan.

Sebagai Voucher Pengisian Pulsa dan Lainnya

Membayar listrik misalnya, pada beberapa tahun yang lalu dilakukan dengan mendatangi loket pembayaran yang rutin dilakukan setiap bulan. Pada saat ini, PLN sebagai penyedia listrik melakukan inovasi dengan pembaharuan perangkat-perangkatnya. Pembaharuan perangkat-perangkatnya ini dimaksud untuk mendukung pembelian voucher bagi masyarakat via pulsa. Dengan demikian hal ini mempermudah masyarakat termasuk anda didalamnya yang tidak perlu repot setiap bulan mendatangi loket PLN untuk mengantri hanya untuk membayarnya. Tidak hanya PLN kemungkinan metode seperti ini juga diikuti jenis pembayaran lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Pulsa

kelebihan dan kekurangan bisnis pulsa

Jenis apapun pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini berlaku untuk jenis bisnis pulsa yang dikenal dengan tingkat resikonya yang kecil.

Kelebihan dari Bisnis Pulsa

Berbicara tentang prospek bisnis, berjualan pulsa memiliki prospek yang sangat cerah.Kemudian, disamping memiliki prospek yang cerah sebagai bisnis, ternyata bisnis pulsa pun memiliki pasar yang luas dan modal yang relatif kecil jika dibandingkan usaha lainnya. Berikut beberapa keuntungan bisnis pulsa yang kita khususkan disini akan dibahas hanya untuk bisnis pulsa seluler karena saat ini ada juga bisnis pulsa listrik, yaitu :

  • Modal kecil dan fleksibel => Bisnis pulsa bisa dimulai dengan deposit hanya sekitar 100 ribuan saja, bahkan ada yang menawarkan deposit mulai dari 50 ribu. Selain dapat dimulai dari modal kecil, anda pun bisa memulainya dengan modal yang cukup besar.
  • Mudah dijalankan => Karena memiliki sistem yang sederhana dan tidak ada aturan ataupun syarat khusus untuk menjalankan bisnis pulsa maka bisnis pulsa dapat dikatakan layak sebagai bisnis sampingan.
  • Tidak memerlukan tempat => Pada dasarnya bisnis pulsa tidak memerlukan tempat khusus untuk dijalankan. Anda tidak harus menyewa tempat dan sebagainya karena bisnis ini bisa dijalankan di rumah anda.
  • Memiliki resiko kecil => Resiko disebut kecil karena sebenarnya bisnis pulsa ini relatif tidak memiliki resiko apapun, mungkin hanya resiko tidak kembali modal jika kita membiarkan orang lain untuk berhutang saat tidak memiliki uang untuk membeli pulsa. Klik disini untuk mempelajari resiko.
  • Selalu update dan tidak akan basi => Selain karena saldo deposit pulsa yang tidak akan basi, kadaluwarsa ataupun expired (basi). Bisnis pulsa juga tidak akan ketinggalan jaman, akan selalu update karena tidak ada pulsa yang terpengaruh dengan perubahan tren.
  • Target pasar tanpa batasan => bisnis pulsa memiliki target pasar yang luas, dari anak-anak yang biasanya suka bermain game online di gadget yang biasanya membutuhkan pulsa untuk membeli kuota data internet sampai para manusia lanjut usia pun membutuhkan pulsa untuk perangkat seluler mereka. klik disini untuk mempelajari pemasaran dan klik disini untuk mempelajari target pasar sasaran.
  • Proes pengoprasiannya mudah => Karena bukan merupakan barang yang berwujud fisik, bisnis pulsa dapat dengan mudah dijalankan dan transaksi dapat dengan cepat dilakukan. Melalui sistem transfer, transaksi jual beli sudah dapat dilakukan.

Kekurangan dari Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa memiliki kekurangan terutama pada tingkat keuntungannya. Dikarenakan bermodal kecil maka keuntungannya juga relatif kecil. Lebih tepatnya disebut hambatan dan berikut disebutkan beberapa kekurangan dari bisnis pulsa, diantaranya :

  • Sering terjadi gangguan => Operator (server) tempat anda deposit modal pulsa sering mengalami gangguan, sehingga tidak bisa mengisi pulsa ke nomor pembeli, masalah ini bisa dijelaskan kepada pembeli dan penjualan pulsa sementara ditahan hingga normal kembali.
  • Lambatnya pengisian pulsa => Ini terjadi bila server dari supplier sedang down atau padat, jelaskan kepada pembeli dengan memintanya untuk menunggu di rumah sampai pulsa masuk. Biasanya penjual pulsa sudah terbiasa dengan ini dan dapat menjelaskan kepada pembeli dengan baik.
  • Banyak pembeli yang berhutang => Mungkin karena disebabkan pembeli pulsa ini merupakan tetangga sekitar yang sudah anda kenal, maka umumnya mereka akan sering berhutang. Masalah timbul jika saldo anda habis dan uang belum masuk semuanya.
  • Harus sewa tempat => Jika anda ingin bisnis pulsa ini berkembang, maka mau tidak mau anda harus menyewa tempat yang strategis yang tentunya dengan alokasi biaya yang lumayan.
  • Keuntungan kecil => Seiring dan sejalan dengan minimnya modal, minimnya resiko maka keuntungan dari bisnis pulsa juga relatif kecil.

Berapa Sebenarnya Keuntungan dari Bisnis Pulsa?

keuntungan bisnis pulsa

Keuntungan atau laba merupakan daya tarik dari setiap bisnis, begitu juga dengan bisnis pulsa, Mungkin anda bertanya-tanya berapa sebenarnya keuntungan atau laba yang diperoleh dari berjualan sebagai agen pulsa. Tentu saja jawaban yang paling tepat adalah tidak ada kepastian berapa keuntungannya, karena hal ini sangat tergantung pada dua hal.

  • Berapa harga beli dari pulsa?
  • Berapa harga anda menjualnya?

Sangat sederhana seperti itu, namun pada umumnya menurut info dari rekan-rekan juga yang saya alami sebagai agen pulsa adalah sekitar 10% dari saldo / modal. Dengan demikian, berapa pun modal yang anda tanamkan di bisnis ini akan menghasilkan keuntungan yang sama.

Keunikan bisnis ini salah satunya tidak terpengaruh modal yang besar dan kecil. Perbedaannya, jika bermodal pas-pasan maka frekuensi anda deposit (membeli saldo ke distributor) akan lebih sering. Kunci bisnis pulsa adalah secepat mungkin saldo anda harus habis tidak peduli besar atau kecilnya modal anda.

Tips Sukses dan Anjuran Sebagai Agen Pulsa

tips sukses bisnis sebagai agen pulsa

Bisnis pulsa saat ini bertebaran di mana-mana dijalankan oleh sekelompok atau satu orang. Namun namanya bisnis, untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan sebuah perjuangan dan kerja keras. Agar tidak gagal sia-sia perjuangan dan kerja keras membutuhkan apa yang dinamakan sebuah strategi dan tips dengan tujuan mencapai kesuksesan tersebut.

Pilih Provider Yang Menawarkan Harga Murah dan Kredibel (Berkualitas)

Harga beli yang murah adalah senjata yang ampuh untuk memenangkan persaingan. Mengapa demikian? Jawaban mudahnya begini, dengan harga beli yang murah anda dapat menetapkan harga jual yang lebih murah dari para pesaing. Ujung-ujung nya jika harga pulsa yang anda lebih murah, maka sudah dapat dipastikan setiap pembeli pasti lebih memilih membeli pulsa melalui anda, saldo pulsa anda akan cepat habis kemudian bisnis anda cepat berkembang.

Apakah murah satu-satunya hal yang anda lihat dalam rangka memilih provider / distributor pulsa? Tentu saja tidak, karena anda wajib juga memperhitungkan kredibilitasnya. Saya pikir percuma saja jika harga yang ditawarkan provider murah akan tetapi pulsa membutuhkan waktu yang lama untuk masuk ke handphone pembeli. Selain itu lebih buruknya masalah kegagalan, siap-siaplah anda “stress” dari komplain pembeli.

Jangan Terlalu Toleran Memberikan Utang Pulsa

Sebagai agen pulsa rumahan tentu saja langganan anda adalah tetangga-tetangga yang jaraknya berdekatan dengan tempat dimana anda menjalankan bisnis pulsa. Boleh-boleh saja anda memberikan toleransi atas dasar “kemanusiaan” terlebih kepada tetangga. Tapi taukah anda bahwa jika terlalu banyak hal ini akan menjadi “boomerang” bagi usaha agen pulsa yang sedang anda jalani. Dimana saldo pulsa anda sudah habis biasanya bisnis ini akan terhenti yang penyebabnya tidak lain karena alasan modal belum terkumpul. Pada saat menunggu pembayaran otomatis usaha anda terhenti / beku.

Jika hanya terhenti saja memang berdampak kerugian usaha jangka pendek dari operasi yang tidak berjalan. Namun perlu anda catat kerugian jangka panjangnya bahwa jika ada pelanggan yang membeli pulsa maka akan sangat kecewa karena pulsa tidak tersedia, terlebih kehabisan pulsa listrik di malam hari yang membutuhkan pulsa segera. Dengan demikian kepercayaan pembeli terhadap anda akan berkurang dan menjadi malas untuk membeli kembali.Jadi jika ingin berbuat baik, jangan menghutangkan pulsa yang anda jual, karena itu adalah bisnis anda, dirikan saja yayasan amal, itu lebih baik.

Catat Setiap Operasional Usaha Anda Terlebih Aliran Uang

Istilah kerennya disebut pembukuan. Jangan sampai bisnis pulsa anda tidak mempunyai catatan mengenai operasionalnya, sehingga anda tidak mengetahui keadaan yang sebenarnya. Apakah bisnis sebagai agen pulsa anda untung atau rugi?

Pencatatan tidak perlu serumit pencatatan misalnya akuntansi pada perusahaan besar, cukup dengan cara tradisional saja menggunakan tulisan tangan pada kertas. Agar lebih akurat maka anda bisa menggunakan aplikasi sederhana berbentuk exel yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. ebagai contoh dan bisa anda gunakan untuk pembukuan silahkan download pada tautan berikut:

Download Disini Aplikasi Exel Operasional Pulsa Sederhana

Password : thidiweb.com

Jangan Campurkan Keuangan Usaha dengan Keuangan Pribadi dan Rumah Tangga

Memang menjadi hak anda menggunakan setiap uang yang anda miliki. Namun bisnis memerlukan komitmen begitu juga (termasuk) masalah keuangannya. Jika anda memutuskan memulai usaha sebagai agen pulsa maka jangan sekali-kali mengambil uang didalamnya untuk keperluan pribadi dan rumah tangga.

Bisnis layaknya seorang anak yang anda besarkan, janganlah anda melakukan “intervensi” terhadap hal-hal vital dari bisnis anda untuk berkembang. Jika modal bisnis pulsa anda ganggu, maka kemungkinan besar akan hancur. Jika keuntungan bisnis pulsa (yang sedikit) anda ambil maka kapan bisnis anda tumbuh? Keuntungan memang seharusnya anda nikmati, tapi nanti jika usaha anda sudah besar, bukan saat ini saat masih dalam tahap merintis.

Promosikan Bisnis Pulsa Anda

Saya ulangi, dan memang hal ini kunci dari keberhasilan menjadi agen pulsa. Bahwa usaha ini tidak dipengaruhi oleh besar dan kecilnya modal. Intinya saldo pulsa anda harus cepat habis (perputaran modal), dengan demikian anda semakin banyak memperoleh keuntungan. Sebagai contoh anda menanamkan modal 100 ribu akan tetapi habis dalam sehari jauh lebih baik dari jika anda menanamkan modal 2 juta tapi habis dalam satu bulan.

Agar saldo pulsa anda cepat habis maka dibutuhkan pembeli yang banyak. Dengan demikian promosi sangat perlu untuk dilakukan. Jika anda kebingungan masalah promosi, sebenarnya hal ini sangat mudah, murah dan memungkinkan untuk dilakukan. Sebagai contoh buatlah tulisan di kertas karton dengan penunjuk arah ke tempat anda dan tempelh pada dinding-dinding sekitarnya (rumah tetangga dan sebagainya).

Jualan Produk Sampingan yang Berhubungan

Terdapat berbagai jenis produk yang berhubungan dengan usaha anda sebagai agen pulsa misalnya kartu perdana, aksesoris handphone, hingga perangkat handphonenya sendiri baik baru maupun bekas. Dengan melakukan diversifikasi usaha maka usaha anda akan menjadi bertambah kuat, sehingga keberhasilan sangat mungkin untuk dicapai. Selanjutnya bisnis ini akan berkembang hingga mampu menghidupi keluarga anda, bahkan orang lain yang anda pekerjakan sebagai karyawan.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Umum