Blog

Pesatnya Pertumbuhan J&T dan Apa Saja Keistimewaan Layanannya

Posted by:

Sejarah J&T dimulai tepatnya pada tanggal 20 Agustus 2015. Pada hari itu secara resmi PT. Global Jet Express didirikan sekaligus meresmikan kantor pusatnya di pluit, Jakarta Utara. Meskipun perusahaan ini adalah perusahaan baru dibidang jasa pengiriman barang dan ekspedisi, namun J&T optimis akan menjadi jasa unggulan dan menjadi pilihan bagi maysarakat Indonesia.

Hadirnya J&T sebagai perusahaan baru di Indonesia telah berkomitmen siap melayani kebutuhan publik. J&T siap melayani Indonesia untuk pelayanan pengiriman cepat, nyaman dan terpercaya. Inovasi berbasis teknologi menjadi unggulannya. Kemudian, J&T memberikan pelayanan premium dengan harga murah dengan kualitas premium.

Keberanian J&T Menghadapi Pesaingnya yang Jauh Lebih Mapan

canggihnya sistem teknologi J&T express

Pergeseran pasar dari tradisionel ke pasar digital lewat media internet, menjadikan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi akan jasa ekspedisi. Perubahan ini terlihat pada hal pengiriman barang, yang sebelumnya lazim dilakukan oleh barang industri dan produksi, maka saat ini mulai didominasi barang-barang retail. Melihat peluang demikian, maka J&T hadir dengan menawarkan keunggulan yang kompetitif dan inovatif.

Sebenarnya sudah banyak perusahaan ekspedisi pengiriman barang retail sejenis yang telah berdiri jauh sebelum J&T. beberapa perusahaan yang sudah mapan dibidang ini antara lain Tiki dan JNE yang sudah puluhan tahun dipercaya oleh masyarakat indonesia. Belum lagi Pos Indonesia yang merupakan perusahaan BUMN yang berdiri sejak Republik Indonesia belum berdiri.

Namun, dengan usia yang sangat muda J&T telah berhasil mampu mensejajarkan diri dengan perusahaan-perusahaan ekspedisi besar di indonesia. Bagaimana tidak, belum genap berumur dua tahun, J&T Express sudah mampu menjangkau seluruh areal di Indonesia. Hal ini disebabkan pengaruh besar dari sisi kreatifitas dari mantan CEO Oppo Indonesia bernama Jet Lee.

J&T sendiri mulai beroprasi pada bulan september tahun 2015, dimana saat itu sudah memiliki 1.025 cabang di Indonesia, sepuluh ribu Sprinter (kurir), dan 1.000 unit mobil di seluruh Indonesia. Cepatnya perkembangan ini tidak lepas dari pengaruh founder J&T Express Jet Lee.

Kesuksesan Sejarah J&T Berasal dari Tokoh Besar Dibelakangnya

tokoh dibalik kesuksesan sejarah J&T

Prestasi yang berhasil diraih bisa dibilang sangat baik mengingat sejarah J&T sendiri tidak begitu panjang. Hal ini dikarenakan founder J&T, Jet Lee yang telah membangun jaringan Oppo Indonesia selama tiga tahun sebelumnya. Maka, Ketika J&T Express berdiri dan mulai beroprasi, mereka tidak harus memulainya dari nol karena sudah memiliki jalur-jalur distribusi di Indonesia.

Selain Jet Lee sebagai founder sekaligus CEO pertama J&T, terdapat satu tokoh lagi yang sangat berpengaruh. Namanya adalah Robin Lo yang berperan sebagai managing director atau tangan kanan langsung dari sang CEO saat J&T berdiri.

Berkat strategi Robin yang ekspansif, dalam waktu singkat J&T Express mulai dikenal masyarakat luas dan menjadi penantang serius bagi perusahaan logistik yang sudah eksis puluhan tahun. Pada Oktober 2017 hingga saat artikel ini dibuat, Robin diangkat sebagai pimpinan perusahaan (CEO) dari J&T Express.

Apa Saja Keistimewaan dari J&T dan Layanannya?

Agar memenangkan persaingan atau setidaknya “survive” setiap perusahaan dituntut untuk mempunyai keunikan dan nilai lebih yang ditawarkan untuk pelanggannya. Inovasi harus terus dilakukan untuk mendapatkan “formula” yang tepat agar memenangkan persaingan memperebutkan “market share”.

Demikian halnya dengan J&T, mereka sukses karena berhasil melakukan inovasi bisnisnya, sehingga benar-benar dapat memberikan solusi mengenai apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pengguna layanannya.

Memggandeng Relasi dalam Membangun Infrastrukturnya

Sadar bahwa tidak mungkin kesuksesan dapat diraih atas kerja sendiri, maka J&T menggandeng beberapa pihak dalam membangun infrastrukturnya. Beberapa contoh kerja sama J&T dengan perusahaan lainnya adalah :

  • Berafiliasi dengan Garuda Indonesia Cargo untuk pengiriman lewat udara.
  • Menggandeng idEA yang kepanjangannya Indonesian E-commerce Association sebagai asosiasi E-commerce di Indonesia.
  • Menggandeng Asperindo yaitu asosiasi perusahaan jasa pengiriman express Indonesia.
  • Membangun kerjasama dengan Shopee dan situs-situs marketplace lainnya yang mana mampu mendobrak pertumbuhan pengiriman J&T Express.
  • Menggaet Deddy Corbuzier sebagai brand ambassador sejak Desember 2016.
  • Pada bulan Maret 2018 melebarkan sayapnya ke vietnam dan malaysia.

Akibat dari keberhasilan kerjasama tersebut sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Pertumbuhan yang dilakukan J&T Express sepanjangan kuratial 1 tahun 2017 saat itu bisa mencapai 20 persen per bulan. Bahkan hasil daripada kerjasama dengan mereka terhitung dapat meraup keuntungan hingga mencapai 100 persen hingga 200 persen.

Menjangkau Langsung Seluruh Wilayah Indonesia Tanpa Perantara

Penyebaran konter J&T di seluruh wilayah Indonesia berbeda dengan jasa kurir lainnya. Biasanya, dalam satu kecamatan bisa ditemui 1/2 konter dengan sistem franchise, maka J&T express lebih fokus pada satu konter untuk satu kecamatan.

J&T Express menggunakan sistem sentralisasi untuk pendistribusian dan penerimaan paket. Sistem ini dikenal dengan nama Drop Point.

Fungsi dari Drop Point adalah sebagai penghubung antara penerima paket dengan pengrim paket, sekaligus melakukan pengiriman paket. Dengan sistem satu konter-satu kurir, J&T Exoress pun mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesua tanpa melalui perantara. Artinya mereka memang berkomitmen langsung menyapa para konsumen dan memberikan rasa aman bagi pengirim dan penerima paket.

J&T Express Memiliki Pelacak (Tracking) Tepat Waktu

Pada masa di mana dunia digital menjadi pusat kebutuhan seperti saat ini, semua jasa pengiriman barang umumnya sudah memiliki sistem pelacakan yang langsung terintegrasi dengan data basenya. Hak ini menjadi media bagi pengirim dan penerima paket dalam mengecek keberadaan barang melalui online.

Kemudian, untuk sistem pelacakan J&T Express ini lebih detil bila dibandingkan dengan jasa kurir yang lain. Mereka menawarkan sistem pelacakan yang diberi nama Real Time Tracking System. Maka dengan ada sistem ini kita bisa tahu betul keberadaan paket kita bahkan durasi waktu dari titik ke titik berikutnya dapat kita ketahui dengan pasti.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...