Blog

Pengertian Transaksi Elektronik dan Bagaimana Cara Melakukannya

Posted by:

Akhir-akhir ini, Bank Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye penggunaan e-money atau uang dan transaksi elektronik. Tujuan yang ingin dicapai salah satunya adalah melakukan “kebebasan keuangan“. Dalam arti lain, kampanye tersebut ditujukan agar masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan keuangan secara mudah berdasarkan sistem di perbankan dengan pemanfaatan teknologi internet tentunya.

Karena adanyanya e-money diharapkan akan bisa mewujudkan sesuatu yang disebut cashless society, yaitu ditujukan supaya masyarakat dapat menjalankan kegiatan ekonomi tanpa harus menggunakan uang dalam melakukan sebuah transaksi.

Pelajari Pengertian Uang dan Jenisnya Disini

Pengertian Uang dan Transaksi Elektronik

pengertian uang dan transaksi elektronik

Uang eletronik juga dapat disebut sebagai uang digital sebenarnya memiliki fungsi yang identik dengan uang knvensional. Uang eletronik adalah jenis uang yang digunakan dalam transaksi secara tidak langsung (online). Transaksi yang seperti ini biasanya menggunakan jaringan computer, seperti internet. Menurut sistem pembayarannya, uang elektronik dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kartu Kredit => kartu yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi tanpa menggunakan uang alias berutang pada pihak bank. Utang dilakukan tanpa harus mengajukkan permintaan pinjaman terlebih dahulu. Kreditur hanya perlu menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi.
  • Kartu Prabayar => kartu yang memungkinkan penggunanya untuk membawa uang dalam bentuk digital di mana nominal dari uang tersebut telah dimasukan terlebih dahulu. Sistem ini mirip sekali seperti penggunaan pulsa pada ponsel.

Keunggulan menggunakan uang dan transaksi elektronik adalah Anda tidak akan direpotkan atau Anda tak harus membawa uang kontan saat bepergian. Selain itu, sistem transaksi seperti ini biasanya akan tercatat secara rinci dan mendetail di mana nominal sekecil apapun akan tetap tercatat dalam kartu tersebut.

Transaksi Menggunakan Kartu Kredit

transaksi menggunakan kartu kredit

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa memenuhi berbagai barang yang Anda kehendaki. Mulai dari pakaian, barang elektronik, dan lain sebagainya. Selain itu, nyaris semua barang dapat dibeli dengan menggunakan program cicilan 0%.

Menggunakan kartu kredit juga dapat memberi keuntungan tersendiri, seperti jika sewaktu-waktu ada penawaran diskon saat mengadakan transaksi.

Transaksi Menggunakan Kartu Prabayar

transaksi elektronik menggunakan kartu prabayar

Kartu prabayar ini sendiri biasanya dapat digunakan untuk kepentingan terntentu dan tidak semua barang yang Anda inginkan bisa dibeli dengan menggunakan kartu yang satu ini. Meskipun saldo pada kartu prabayar Anda lebih banyak dari harga barang yang akan dibeli. Di bawah ini melakukan beberapa transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu prabayar:

1. Pembayaran di Swalayan atau Mini Market

Kartu prabayar bisa digunakan sebagai alat transaksi elektronik ketika Anda sedang melakukan pembelian di swalayan atau pun minimarket tertentu. Hal tersebut tentu saja akan mempermudah apabila Anda berbelanja menggunakan uang elektronik karena Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Selain itu transaksi akan menjadi lebih cepat.

2. Pembayaran Transportasi Umum Tertentu

Memang tidak untuk semua transportasi umum, akan tetapi kartu prabayar dapat membantu Anda dalam melakukan pembayaran trasnportasi umum tertentu seperti, KRL (Kereta Rel Listrik) beserta bus Transjakarta. Dengan menggunakan uang elektronik tersebut memberikan sebuah keuntungan bagi Anda.  Hal ini dikarenakan loket pembelian tiket dengan kartu itu terpisah sendiri dan transaksi dengan menggunakan uang elektronik relatif cepat sehingga Anda tidak perlu mengantri terlalu lama.

Keberadaan uang digital serta sistem transaski digital tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada berbagai pihak, terutama masyarakat Indonesia. Selain itu, hal ini juga dapat dijadikan sebagai acuan terkait adanya peningkatat mengenai perkembangan ekonomi di negara berkembang tersebut.

Penggunaan uang dan transaksi secara online juga secara tidak langsung bertujuan memberikan fasilitas tambahan bagi masyarakat umum untuk memahami teknologi lebih advance lagi.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Umum