Blog

Cara Mengetahui Peringkat Posisi Website Menggunakan Alexa

Posted by:

Alexa rank checker merupakan sebuah tools yang berfungsi untuk melihat peringkat website versi alexa. Mengapa saya katakan versi alexa? karena sama sekali tidak mencerminkan peringkat website yang sebenarnya terlebih jika anda terfokus pada hasil pencarian google. Namun tentu saja alexa rank ini masih bermanfaat dan berguna untuk sekedar mengetahui kinerja website jika dibandingkan dengan pesaing setidaknya selama tiga bulan terakhir.

Kapan Alexa Mulai Berdiri (Sejarahnya)

sejarah berdirinya alexa

Didirikan pada tahun 1996, Alexa adalah perusahaan yang berbasis di kalifornia Amerika Serikat yang kini berstatus sebagai anak perusahaan dari Amazon.com (diakuisisi oleh Amazon pada tahun 1999) yang mengkhususkan diri dalam menyediakan data lalu lintas web komersial yang dikumpulkan melalui berbagai alat (tools) dan ekstensi browser web.

Beberapa kegiatan Alexa yang pada awalnya adalah menyediakan basis data yang berfungsi sebagai dasar pembuatan Mesin Wayback dan pembuatan berbagai fasilitas pencarian (saat ini sebagian besar dihentikan). Namun, hal yang terpenting mereka lakukan adalah, tentu saja, ‘Peringkat Alexa’ mereka – metrik yang memeringkat situs web berdasarkan urutan popularitas atau seberapa baik kinerja situs web selama 3 bulan terakhir.

Bagaimana Cara Alexa Memberikan Peringkat Pada Sebuah Website?

peringkat website alexa

Sebetulnya cara mereka melakukan penyusunan peringkat secara detailnya tidak dipublish ke publik dan merupakan rahasia dapur bagi alexa itu sendiri. Secara umum sesuai yang tertulis di situs web resmi mereka bahwa hasil peringkat website anda dihitung berdasarkan :

  • Kombinasi dari perkiraan rata-rata pengunjung unik harian ke situs dan perkiraan jumlah tampilan halaman di situs selama 3 bulan terakhir. Carnya dengan mengkombinasikan pengunjung unik dan tampilan halaman website anda.
  • Data dikumpulkan dari kunjungan pengguna internet yang menggunakan salah satu dari 25.000 ekstensi browser baik untuk Google Chrome, Firefox, hingga Internet Explorer. Jadi mereka mengambil data dari cookie, history browser anda, semacam begitu. Klik disini untuk mengetahui jenis, manfaat dan pengertian web browser.
  • Algoritme alexa kemudian ‘mengoreksi’ untuk berbagai potensi bias dan upaya untuk mengkompensasi pengunjung yang mungkin tidak berada dalam panel pengukuran Alexa (faktor yang secara historis belum selalu dicoba untuk mengakomodasi) dan menormalkan data berdasarkan lokasi geografis pengunjung. Intinya mereka menggunakan sampel pengunjung web, tidak populasi kunjungan secara keseluruhan.

Cara Mengetahui Peringkat Website Dengan Alexa Rank Checker

cara mengetahui peringkat alexa

Bagi anda yang penasaran (mungkin hampir semuanya yang mengunjungi halaman ini) ingin mengetahui diposisi mana peringkat saat ini, silahkan klik disini, kemudian masukan alamat / domain web anda lalu klik “find”. Kemudian pada bagian teratas biasanya anda akan menemukan dua versi peringkat alexa, terdiri dari :

  • versi global => Peringkat website anda dibandingkan dengan keseluruhan website di dunia.
  • Versi lokal (indonesia).=> Peringkat website anda dibandingkan keseluruhan website yang berada pada wilayah negara anda / lokal Indinesia.

Website yang baru ataupun website lama tapi kurang aktif kemungkinan besar belum mendapatkan peringkat dari alexa.

Jika website anda sudah mendapatkan ranking dari alexa maka anda akan menemukan berbagai metrik seperti seperti :

  • Rasio Pentalan (Bounching rate) => Indikasi pengunjung yang hmenghabiskan waktu singkat tanpa membuka halaman lainnya pergi begitu saja dari website anda.
  • Tayangan halaman Harian per Pengunjung => Berapa jumlah tayangan harian di bagi jumlah pengunjung, misal total halaman dibuka perhari adalah 2000 sedangkan pengunjung 1000 maka hasilnya 2000 : 1000 = 2.
  • Waktu Harian di Situs => Berapa lama rata-rata keseluruhan pengunjung menghabiskan waktunya untuk mengunjungi website anda.
  • Persentase kunjungan dari Penelusuran => Berapa banyak presentase kunjungan yang berasal dari mesin pencari dibandingkan lainnya.
  • Berbagai Demografi => Data-data demografi dari keseluruhan pengunjung mengenai wilayah asal, negara dan sebagainya.
  • Daftar situs yang menautkan => Dikenal dengan istilah Backlink dimana menunjukan website lainnya yang memasang link menuju ke halaman website anda.
  • Kecepatan halaman / waktu muat => Menunjukan rata-rata kecepatan halaman website ketika dibuka oleh pengunjung.

Bagaimana Keakuratan Peringkat Alexa?

keakuratan peringkat alexa

Sekali lagi saya tekankan bahwa peringkat alexa tidak ada hubungannya dengan peringkat google, dengan demikian janganlah anda mengaitkannya dengan peringkat website anda pada hasil pencarian mesin pencari manapun. Jika anda menemukan peringkat website anda dikalahkan oleh website yang peringkat alexanya jauh lebih buruk dari anda, maka jangan melakukan protes, curhat dan apapun.

Alexa sendiri menyatakan bahwa tingkat keakuratan peringkatnya yang tinggi ada di bawah 100.000 untuk peringkat global. Jika lebih dari itu maka akan semakin tidak akurat. Saya sendiri sudah merasakan bahwa peringkat mereka sepertinya terbagi-bagi keakuratannya, terdiri dari :

  • Peringkat 1 sd 100.000 (1 – 100k)
  • peringkat 100.001 sd 1.000.000 (101k – 1M)
  • Peringkat 1.000.001 sd 10.000.000 (1M – 10M)
  • Peringkat diatas 10.000.001 (diatas 10M)

Adapun peringkat kluster yang terdiri dari 4 bagian diatas hanya opini saya dengan merasakan pengalaman mengamati banyak website tentunya. Hal ini diperkuat dengan semakin sulitnya suatu website mendapatkan peringkat setelah memasuki “cluster” lebih tinggi dikarenakan semakin akuratnya metrik yang digunakan untuk mengukurnya.

Apakah Pengukuran Peringkat Menggunakan Alexa Rank Checker Bisa Dipercaya?

apakah alexa bisa dipercaya

Untuk masalah percaya dan tidak percaya itu tergantung anda. Yang jelas banyak daripada webmaster kurang mempercayainya karena untuk mengukur kinerja website google sudah menyediakan perangkat tersendiri yaitu google analytics dan search console google webmaster.

  • Salah satu alasan paling telak adalah metode algoritma perankingan alexa tidak berasal dari semua pengunjung jadi hal ini sama sekali tidak bisa dikatakan akurat jika dibandingkan perangkat-perangkat google seperti yang disebutkan diatas.
  • Kemudian sesuai pernyataan mereka sendiri bahwa website yang memiliki peringkat dibawah 100.000 lah yang tinggi akurasinya.
  • Alexa hanya memperhatikan data tiga bulan terakhir.

Apakah Peringkat Alexa Masih Layak Digunakan?

alexa rank checker layak untuk digunakan

Setelah membaca uraian diatas mungkin anda berfikir bahwa cara mengetahui peringkat website menggunakan alexa rank checker tidak layak digunakan. Sebenarnya jika anda seorang pengelola website maupun webmaster maka jangan menyimpulkan seperti itu. Hal ini karena alexa sendiri mempunyai metode tersendiri untuk menetapkan peringkat suatu website, artinya tidak sembarangan dilakukan.

Sebagai seorang digital marketer yang baik maka sudah sewajarnya anda menghargai metode penilaian mereka. Peringkat alexa sama sekali tidak buruk, namun anda harus bijak disini dengan menggunakannya sebagai pembanding dengan bentuk perankingan website lainnya. Mengerti maksud saya? karena sebenarnya terdapat banyak perusahaan atau website yang melakukan perankingan terhadap website serta kinerjanya diantaranya shemrush, majestic SEO hingga google pun mengeluarkan produknya sendiri khusus terkait hal ini.

Dengan semakin banyaknya tools seperti alexa rank checker maka seharusnya anda dapat mengambil segi positifnya. Yaitu dengan memanfaatkannya dalam hal mengaudit kinerja website yang sedang anda kelola sekarang ini. Satu hal yang terpenting dari semuanya bahwa peringkat alexa, shemrush, majestic seo hingga google webmaster sebenarnya seiring sejalan bisa mencerminkan posisi dan popularitas website anda meskipun tidak sama persis memiliki tingkat keakuratan sama besarnya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



2
  Artikel Terkait

Comments

  1. Kak Rasyid  Maret 11, 2019

    Harus saya katakan. Alexa rank saya gak muncul2 mas ..

    Domain saya sndri adalah web.id

    Saya kadang bingung, domain com yang baru kemarin, beberapa hari sudah punya alexa rank.

    Apa mungkin, domain web.id tu lemah alexa rank nya ??

    Diluar pertanyaan saya, artikelmu sedkit membuat saya tenang. Karena alexa rank bukan patokan final spt yang km tulis di atas ..

    Terima kasih ..

    reply
    • thidi  Maret 11, 2019

      Apapun domain id memang lemah di pencarian global namun sangat kuat di pencarian lokal indonesia….pada alexa rank (global) sendiri tidak terpengaruh masalah ini sepertinya…saya sudah banyak sekali menangani website dan munculnya rank alexa tidaklah sama (ada yg cepat dan lambat)…dan memang alexa rank tidak berpengaruh apa2 terhadap hasil pencarian (SERP) google…

      reply

Beri Komentar Anda ...