Blog

Plugin GTranslete Memungkinkan Situs Web Memiliki Versi Bahasa Inggris dan Lainnya

Posted by:

Hal yang sering terjadi,.terutama pada website mempunyai extension golobal seperti com, net, biz dll adalah datangnya visitor yang bukan berbendera indonesia. Apakah ini menjadi masalah? Sebenarnya iya, meskipun tidak terlalu. Bounching rate dikenal juga dengan rasio pentalan adalah istilah dimana pengunjung datang beberapa saat lalu pergi. Mereka tidak mengerti satupun bahasa tulisan di website anda. Mengenai hal ini maka anda memerlukan “tourist guide” terpasang pada website, menjadikan dan membuat website multibahasa.

Sebenarnya tidak mudah menjadikan sebuah website multi bahasa. Anda bisa membuatnya secara manual, bisa juga membeli plugin multilangual. Beberapa plugin bisa anda gunakan, namun terkadang anda harus membuat dua mungkin lebih halaman dengan membuat versi bahasa lainnya. Repot? tentu saja demikian, namun seimbang dengan penilaian visitor dari berbagai negara terhadap website anda, membuat mereka betah berlama-lama membaca setiap halaman demi halaman.

Perlukah Menjadikan Website MultiBahasa?

Ini sangat tergantung websitenya (niche dan usaha anda),. Jika memang anda sangat serius untuk mendatangkan visitor dari indonesia hingga berbagai manca negara, maka menjadikan website multibahasa kebijakan yang mutlak harus dilakukan.

Mari kita bicara tentang “effort”, sejauh mana usaha yang wajib anda tempuh untuk membuat website versi bahasa indonesia dan inggris misalnya. Langkah awal, anda pastinya harus “merogoh kocek” tambahan. Terlebih jika website anda tidak dibuat mengguakan opensource CMS, bisa juga menggunakan opensource CMS namun sangat minim fasilitas dan pengembangnya. Cari tau perbedaan opnsource CMS dan buka di halaman ini.

  • Anda akan menambahkan tugas dari programer, jika website anda sedang dibangun, dengan syarat programer yang anda tunjuk mampu berbahasa inggris dengan baik. Jika website anda sudah berjalan, mau tidak mau anda kembali harus menggunakan jasa programer untuk melakukannya. Bisa jadi anda harus merekrut jasa penerjemah yang memilki kemampuan di bidang copywriting. Klik disini untuk mengetahui apa itu copywriting.
  • Anda menggunakan opensource CMS (misalnya wordpress), anda harus membeli plugin “multilingual” seperti plugin WPML misalnya. Atau bisa juga menggunakan plugin gratisan dengan usaha yang lebih “melelahkan”. Anda harus membuat tulisan versi bahasa lainnya. Cara kerjanya website anda seperti di “switch” ke bahasa yang diinginkan oleh visitor.

Membuat Website MultiBahasa Dengan Mudah

Pada kondisi website / blog anda tidak menargetkan pengunjung dari manca negara sepertinya tidak perlu “habis-habisan” menjadikan website anda multibahasa. Pertimbangannya ada di pengorbanan waktu dan uang yang tidak seimbang dengan hasil yang didapatkan. Bagaimanapun pengunjung yang datang dari berbagai negara tidak bisa anda hindari, sehingga bounching rate terus saja berlangsung. Namun, bagaimana jika terdapat cara yang instan, mudah, dilakukan dalam hitungan menit tanpa tambahan biaya apapun?

Plugin Penerjemah GTranslete MultiBahasa

GTranslate adalah penyedia layanan terjemahan situs web terkemuka sejak tahun 2008 dan memberi lebih dari 500.000 situs web multibahasa di seluruh dunia. Plugin GTranslate menggunakan layanan terjemahan otomatis Google Translate untuk menerjemahkan situs wordpress dengan “kekuatan Google” dan membuatnya multibahasa. Dengan 103 bahasa yang tersedia, situs Anda akan mudah dimengerti oleh lebih dari 99% pengguna internet. GTranslate adalah solusi bagi anda pemilik website yang menggunakan CMS WordPress dengan dana terbatas dan minim “skill” keahlian di bidang programing. Beberapa kemampuan plugin penerjemah Gtranslate yang bisa dijadikan pertimbangan :

  • Terjemahan mesin otomatis Google gratis
  • Menyembunyikan “Suggest better translation” pop-up
  • Menyembunyikan bingkai utama Google setelah terjemahan
  • Mouse over effect
  • Integrasi Google Analytics
  • Menerjemahkan situs dengan cepat
  • Terjemahan posting dan halaman
  • Kategori dan terjemahan tag
  • Terjemahan menu dan widget
  • Terjemahan tema dan plugin
  • Dukungan bahasa kanan ke kiri
  • Widget penerjemah bahasa Google
  • Gaya yang tersedia : Flags, Flags with dropdown, Nice dropdown with flags, Flags with language names, Flags with language codes, Language names, Language codes, Globe, Popup
  • Pemilih bahasa “floating”
  • Menu pilihan bahasa dengan bendera di menu
  • Terjemahan toko wooCommerce
  • Mendukung banyak bahasa (hingga 103 bahasa)
  • Nama bahasa “multilingual” dalam alfabet asli
  • Bendera alternatif untuk Quebec, Kanada, Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Argentina, Kolombia

Fitur lengkap seperti yang tertulis diatas adalah untuk versi gratis, jika anda menginginkan lebih (berbayar) maka anda bisa mengunjungi halaman plugin GTranslete.

Hingga saat ini Gtranslete digunakan oleh lebih dari 70.000 website dan blog, ditambah dengan perolehan 5 bintang. Dua hal tersebut sebagai bukti bahwa plugin ini dapat bekerja dengan baik, terupdate – dikembangkan dengan baik oleh developernya.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Plugin GTranslete

Terdapat beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum menggunakan plugin GTranslete. Silahkan perbandingkan antara manfaat dan apa yang harus ada korbankan untuk memasangnya. Diantaranya :

  • Setiap plugin yang terpasang akan mengorbankan “space” dan performa dari sebuah website, untuk GTranslete ini tidak terlalu memakan kinerja website, asalkan hanya memakai fasilitas dan kemampuan seperlunya saja.
  • Tidak semua pengaturan berjalan dengan semestinya, beberapa perlu dukungan dan bantuan dari pihak developer. Kabar baiknya fungsi-fungsi dasar yang sangat diperlukan dapat bekerja dengan baik.
  • Hasil terjemahan terkadang bersifat “rancu”, karena diterjemahkan mentah-mentah menggunakan google translate. Kabar baiknya google selalu memperbaiki setiap produknya.
  • Jika terjadi “typo” kesalahan penulisan maka hasil terjemahan akan terlihat sedikit “kacau”.
  • Ketika plugin sudah terkonfigurasi dengan baik selanjutnya anda “save”, website anda akan tampil layar putih dengan pemberitahuan error yang dimaksud. Anda tidak usah panik, cukup “refresh” saja browser anda, selanjutnya akan berjalan normal.
  • Selalu bersihkan cache (flush cache), jika anda menggunakan plugin cache atau CDN tertentu misalnya CLoudflare jika perubahan tidak tampil.

Jika terjadi permasalahan harap menghubungi pihak developer, mereka menjamin bahwa setiap keluhan dan permasalahan anda akan diperhatikan.

Cara Memasang GTranslete Sangat Mudah

cara memasang gtranslate dengan mudah

Cara membuat website multibahasa dengan menggunakan plugin GTranslete terbilang sangat mudah. Sama seperti plugin lainnya, anda hanya cukup klik dan klik saja. Setelah terpasang, selanjutnya pergi ke pengaturan (setting) >>> Gtranslete dan lakukan konfigurasi secukupnya.

Saya menghabiskan waktu pasang + pengaturan hingga berjalan dengan baik tidak lebih dari 5 menit, berapa lama anda melakukannya?

Hal yang bisa anda lakukan diantaranya :

Konfigurasi Otomatis yang memunculkannya pada Widget Situs dan Blog

 

Yang anda harus lakukan pada pengaturan awal adalah bagaimana pilihan bahasa akan dimunculkan pada halaman website / blog.

  • Widget look => Apakah berbentuk dropdown beserta tulisan, disertai bendera, bendera saja, berbentuk globe hingga ditampilkan dalam bentuk popup.
  • Translate From => Dari bahasa apakah website anda diterjemahkan.
  • Show in Menu => Pilihan multibahasa akan tampil pada menu yang anda tentukan (main menu, footer menu hingga AMP menu. Apa itu AMP? klik disini untuk membacanya.
  • Show Floating Language Selector => Jika anda ingin menampilkan pilihan multibahasa yang melayang (floating) dipojok atas kanan-kiri atau bawak kanan-kiri, maka bisa menggunakan pengaturan ini.

Tidak perlu menggunakan semua pilihan yang tersedia pada pengaturan awal, pilih saja yang menurut anda diperlukan, mudah ditemukan dan tidak merusak tampilan website anda.

Pemilihan Bahasa Yang Diperlukan

Terdapat berbagai bahasa (berjumlah 103 bahasa) yang bisa anda pilih dan tentukan. Pada langkah ini sebaiknya anda hanya menggunakan bahasa-bahasa yang umum digunakan saja, meskipun semua bahasa memungkinkan untuk anda pasang.

Pemasangan GTranslete Pada Widget (Sidebar)

Setelah pengaturan berhasil dilakukan, anda bisa memasangnya pada widget untuk pengaturan “widget look”, pada langkah pertama yang sudah dijelaskan. Penempatan pada widget sangat tergantung ketersediaan dari tema wordpress yang anda gunakan. Bisa pada sidebar kanan-kiri, top sidebar, footer dan lainnya.

Pemasangan Menggunakan Kode HTML dan ShortCode

Langkah selanjutnya (hanya jika anda benar-benar merasa perlu) adalah memasangnya pada halaman, post, text widget tertentu.

  • Memasang pada halaman, post dan text widget dapat menggunakan shortcode : [g*translate] => Hapus tanda * nya.
  • Memasang pada bagian tertentu website / blog anda pada header, footer dsb bisa menggunakan : <?php echo do_shortcode(‘[g*translate]’); ?> pada tempelate tema => Hapus tanda * nya.

Website MultiBahasa Mencegah Bounching Rate yang Tinggi

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, menggunakan website multibahasa dapat mengurangi tingkat bounching rate. MultiBahasa akan lebih memperkuat website anda terhadap visitor yang datang dari berbagai negara serta perbedaan bahasanya. Tidak masalah bagi anda yang memang bukan menargetkan visitor global (internasional) sebagai target pengunjung. Dengan GTranslete setiap artikel yang anda buat akan mudah dimengerti oleh setiap pengguna internet, itu sisi baiknya.

Lain halnya jika produk atau niche usaha website anda menargetkan visitor internasional, misalnya berbahasa inggris. Maka disarankan untuk menggunakan plugin berbayar yang lebih baik hingga secara manual menampilkan versi terjemahan pada tiap halamannya. Namun jika anda tetap ingin menggunakan plugin Gtranslete, lebih baiknya gunakan versi yang berbayar.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



4
  Artikel Terkait

Comments

  1. Fatur  Agustus 8, 2017

    Boleh juga nih,

    bahas WPML yang premium dong, pengen tau cara kerjanya gimana 😀
    lebih canggih dibandingan Gtranslet atau WPML

    reply
    • thidi  Agustus 9, 2017

      Baik gan, suatu saat nanti juga akan tiba gilirannya pembahasan WPML…makasi banyak sudah berkomentar gan..^^

      reply
  2. Anisty Anisty  Februari 23, 2018

    maksih Gan ulasannya, pengen nyoba ni plugin, siapa tahu rasio pentalan berkurang drastis 🙂

    reply
    • thidi  Februari 23, 2018

      Sama-sama gan silahkan…selama ini lumayan ampuh untuk visitor bule nyasar…^^

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • Harga SEO
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Tutorial WordPress