Pengoptimalan Konten Produk Olshop (Toko Online) Serta Pengaruhnya Terhadap SEO

SEO toko online pada dasarnya memiliki banyak kemiripan dengan dasar SEO website pada umumnya. Anda harus memperhatikan kecepatan, struktur menu / navigasi, judul meta, deskripsi meta hingga offpage SEO nya. Sedangkan pada penerapannya, melakukan pengoptimalan toko online (onlineshop) terhadap mesin pencari jauh lebih sulit dari jenis web lainnya. Visitor friendly = SEO friendly, artinya bahwa keberhasilan anda mengoptimasi konten yang diperuntukan bagi pengunjung, maka akan berbanding lurus dengan SEO web anda itu sendiri.

SEO Toko Online Berbeda Dengan Website Lainnya

Bagi anda pemilik toko online atau setidaknya pernah melakukan pengoptimalan toko online pasti setuju bahwa yang dicari adalah konversi, bukan seperti visitor pada  pencarian artikel referensi. Memang benar bisa juga konversi pembelian didapat dari konten artikel yang bersifat informatif, tapi taukah anda? sangat kecil jumlahnya. Banyaknya pengunjung hanya akan membebani beban server, sungguh tidak sebanding dengan konversi pembelian. Anda harus menghindari hal demikian, aturannya, efektif dan efisien.

Seharusnya Terfokus Pada “Keyword” Transactional

Keyword, dibahasa Indonesiakan menjadi “kata kunci” adalah kata, frasa juga kalimat yang ditulis seseorang pada mesin pencari untuk mendapatkan konten yang diinginkannya. Sebaiknya, jika web anda berbentuk onlineshop yang menjual produk (fisik, virtual atau jasa) maka prioritas pengoptimalan kata kunci dimulai dari transactional, Investigation transactional, investigation informational, kemudian informational dengan prioritas terendah.

Pelajari Jenis Kata Kunci Disini

Tidak seperti jenis kata kunci informatif, transaksional hanya sedikit sekali variasinya terbatas sekitar jual, beli, murah dan sejenisnya. Mudah? menerapkannya mudah tapi tingkat persaingannya jangan ditanya, susah sekali. Keyword jenis ini memang yang paling berharga dari semua jenis keyword karena berhubungan langsung dengan tingkat konversi yang sangat tinggi.

Bukan Artikel Tapi Konten Produk yang Anda Jual

Meskipun awal-awal sebuah toko online berdiri disarankan membuat artikel untuk menunjang SEOnya, seiring berjalannya waktu secara perlahan anda harus mengalihkan perhatian terhadap konten produk. Caranya? kurangi artikel yang bersifat informatif, mulai beralih ke artikel yang bersifat investigasi transaksional dengan mengarahkan tautan ke halaman produk, tentu saja harus memiliki ikatan hubungan pada pembahasannya.

Informasi memang dibutuhkan oleh pembeli, tapi yang berhubungan dengan produk yang dibutuhkannya. Biarkan informasi pengetahuan dan wawasan dimiliki sepenuhnya oleh website / blog informasi, karena umumnya memang mereka mendapatkan penghasilan hanya dari iklan yang tergantung dari banyaknya jumlah pembaca.

Pengoptimalan Konten Produk

Satu-satunya konten situs web onlineshop yang seharusnya menjadi fokus utama anda adalah produk, sekali lagi bukan artikel. Bagaimana cara anda menyusunnya, “meraciknya” sehingga pada akhirnya banyak mendatangkan konversi pembelian – transaksi dari pengunjung.

Pengoptimalan Gambar Produk

Gambar produk memiliki peranan sangat penting, berbeda dengan konten artikel yang bisa berjalan tanpa adanya gambar, sedangkan gambar pada artikel berfungsi hanya sebagai pelengkap saja. Jadi kesimpulan perbedaan mengenai peranan gambar pada onlineshop berbeda dengan website informatif, pada toko online terbalik, gambar diikuti dengan deskripsi.

Pelajari Cara Optimasi Gambar Disini

Syarat yang sebaiknya anda penuhi dalam pengoptimalan gambar, diantaranya :

  • Resolusi secukupnya => Sebaiknya ukuran resolusi gambar yang mewakili produk yang anda jual adalah berbentuk bujur sangkar antara 500 x 500 pixel s/d 800 x 800 pixel. Jika tidak berbentuk bujur sangkar juga tidak menjadi masalah, karena umumnya sistem dari toko online anda melakukan “crop” otomatis pada tampilan tumbnailnya sehingga akan terlihat seragam, namun tetap harus mengacu pada ukuran resolusi diatas.
  • Ukuran gambar => Ukuran gambar usahakan tidak melebihi 100kb, dan usahakan dibawah 50 kb saja. Bagaimanapun besarnya ukuran gambar berpengaruh langsung terhadap ukuran halaman dan berdampak loading semakin lama. Format gambar .jpg umumnya lebih hemat ukuran dibandingkan format lainnya, apalagi png yang rata-rata berukuran besar.
  • Latar bersih (clean background) => Usahakan gambar produk anda berlatar belakang putih, atau mengikuti warna backgroun web anda (jika background web anda tidak berwarna putih). Sebaiknya jangan terlalu rame (biasanya dengan embel-embel keterangan), karena pada website sudah ada bagian untuk penjelasan singkat maupun panjang, bedakan antara memasang foto di situs onlineshop dan berjualan di sosial media.
  • Gambar terlihat jelas => Memang benar gambar yang anda pasang wajib berukuran kecil, tapi bukan berarti harus pecah, blur, gepeng, tidak jelas.
  • Lebih dari satu gambar => Bagaimanapun calon pembeli tidak bisa melihat dan meraba produk fisiknya, anda pun tidak berada disana untuk menjelaskannya. Satu gambar saja tidak cukup, sertakan gambar produk versi lainnya (misal tampak samping kanan. kiri, atas, bawah). Kemudian, jikaterdapat variasi produk seperti warna juga harus diserakan gambar lengkapnya.
  • Pemasangan text alt atribut => Mesin pencari tidak bisa memahami gambar anda mengenai apa, hal ini diperlukan untuk penyusunan pada pencarian gambar juga memperkuat SEO toko online anda.

Deskripsi Singkat (Pendek) Produk

Setidaknya anda harus sedikit menjelaskan mengenai produk yang anda jual. Penjelasan pendek memiliki manfaat cukup tinggi menghasilkan pembelian produk onlineshop anda. Ketika anda membagikan (melakukan share) ke berbagai sosial media hingga tertuju pada email dan nomor kontak target, maka “preview singkat inilah yang ditampilkan selain gambar produk. Deskripsi seharusnya diisi point-point saja, tidak diperlukan penjelasan panjang dan lebar. Klik disini untuk mempelajari cara memasukan deskripsi singkat dan konten keseluruhan pada halaman produk woocommerce.

Deskripsi Lengkap Halaman Produk

Deskripsi atau penjelasan panjang pada halaman produk merupakan nilai tambah pengoptimalan produk. Deskripsi pada konten produk sebenarnya bukan prioritas utama, dengan demikian tidak menjadi masalah jika anda tidak membuatnya.

Sebagai bentuk usaha pelayanan yang baik anda bisa saja menambahkan apapun untuk mendukung terjadinya pembelian produk, termasuk penjelasan yang sangat detail. Namun perlu anda ingat bahwa konten produk sangat berbeda dengan konten artikel, dengan demikian seharusnya dibuat sesingkat-singkatnya, sejelas-jelasnya dengan unsur persuasif (membujuk).

Memang bukan perkara mudah membuat konten deskripsi produk. Berbeda dengan konten halaman artikel yang hanya membutuhkan keahlian anda sebagai “contetnt writer”, deskripsi produk membutuhkan “skill copywriter” yang baik. Klik disini untuk mengetahui perbedaan content writer dan copywriter.

Sertakan Media Visual gambar dan video Pendukung

Tidak semua pengunjung dan calon pembeli dapat mencerna sepenuhnya maksud dari setiap tulisan yang anda buat. Setinggi apapun skill copywriter anda jika dihadapkan pada sifat pengunjung seperti itu tidak ada manfaatnya. Semua pengelola web onlineshop setidaknya harus sepakat bahwa pada optimasi konten sebenarnya dihadapkan pada manusia, bukan mesin pencari. Sifat manusia itu “unik”, berbeda satu dengan lainnya. Tugas anda sebaiknya mampu membujuk semua pengunjung dengan perbedaan sifatnya.

Media visual seperti gambar dan video sebagai media pendukung berbeda dengan media gambar produk utama. Media pendukung tidak menampilkan gambar produk terperinci, melainkan lebih kearah penjelasan. Bisa anda bayangkan sebuah “slide presentation” bagaimana sebuah video menjelaskan tentang ssesuatu sehingga membuat audien mengerti maksudnya.

Memasukan media gambar dan video pada konten deskripsi panjang terbilang sangat mudah pada berbagai cms, terutama wordpress. Sebagai contoh untuk memasukan konten video, yang perlu anda lakukan hanya melakukan “copy” url video (misalnya youtube), kemudian “paste” pada halaman deskripsi.

Lengkapi Taxonomy Produk

Seperti halnya Toko konvensional, manajemen produk pada toko online harus dilakukan, salah satunya taxonomy produk. Selain memudahkan anda, taxonomy berpengaruh sangat besar pada pembelian produk dikarenakan fungsinya yang memudahkanpembeli menemukan produk yang benar-benar diinginkannya.

Taxonomy web toko online terdiri dari 3 jenis yaitu kategori, tag dan atribut, diantaranya :

  • Kategori => Pengelompokan konten yang memiliki kemiripan pada bahasan, fungsi, bentuk atau target pembaca dan target penjualan untuk e-commerce.
  • Tag => Berfungsi menghubungkan setiap kategori dan sub kategori yang memiliki persamaan sifat.
  • Atribut => variasi pada konten dari website, yang biasanya berbentuk e-commerce.

Taxonomy produk sering membingungkan pengelola website. Sebaiknya anda pahami agar mudah melakukan pengelolaan web onlineshop, juga mendatangkan peluang pembelian lebih besar.

Pelajari Taxonomy Produk Disini

Lengkapi Data Perusahaan dan Permudah Pengunjung

Selain cara pengoptimalan yang telah disebutkan diatas, perilaku pengunjung toko online berbeda dengan pengunjung blog artikel informasi. Mereka cenderung ingin mengetahui tentang bisnis anda, terlebih website anda masih baru atau belum begitu dikenal. Hal yang berhubungan dengan pengeluaran uang, bertransaksi, calon pembeli umumnya sangat berhati-hati dikarenakan internet dan pemasaran online sangat rentan dengan yang namanya penipuan.

  • Halaman Tentang Kami => Halaman tentang kami adalah unsur website yang sangat penting. Hampir semua website apapun jenisnya mempunyai halaman ini. Buatlah halaman tentang kami selengkap-lengkapnya, disertai gambar, visi dan misi.
  • Alamat Bisnis => Keberadaan lokasi bisnis anda sangat dibutuhkan untuk kepercayaan pembeli. Jika anda memang hanya berbentuk toko “virtual” saja tidak menjadi masalah, anda bisa memasang alamat rumah anda.
  • Nomor Kontak yang bisa dihubungi => Meskipun web toko online sudah otomastis melayani transaksi pembelian produk, namun tetap saja pembeli sepertinya akan menghubungi anda. Lengkapi nomor kontak anda seperti nomor telepon, WA, Line, pin BBM, Email hingga fasilitas “live chat”.
  • Halaman Tutorial Cara Belanja => Tidak semuanya pengunjung website paham cara belanja lewat toko online. Jika mereka baru pertama kali melakukannya tentu akan kebingungan. Sebaiknya anda membuat satu halaman khusus berisi petunjuk cara belanja secara detail.

Layani setiap pengunjung dengan baik, tanpa membeda-bedakan berpotensi terjadi konversi pembelian atau tidak. Ciptakan kepuasan pembeli yang akan membuat mereka loyal terhadap bisnis anda dikemudian hari, lakukan proses branding seperti itu.

Kepercayaan Pembeli Terhadap Bisnis Anda

Toko online mempunya kekurangan jika dibandingkan toko konvensional. Semua produk yang dijual ditoko online berupa media gambar maupun media lainnya. Bersifat terbatas, artinya calon pembeli tidak melihat fisik dan keadaannya secara langsung, apakah produk yang akan dibelinya benar-benar ada? Untuk menambah kepercayaan pembeli maka sebaiknya anda melakukan ini :

  • Review Pengunjung => Tidak jauh berbeda dengan dengan komentar pada artikel blog, review pengunjung memiliki fungsi yang hampir sama. Perbedaannya, umumnya review pengunjung disertai dengan rating terhadap suatu produk yang dikomentarinya. Semakin banyak komentar dan rating yang baik, halaman produk tertentu lebih diprioritaskan oleh mesin pencari seperti misalnya google.
  • Testimonial Pembeli => Berbeda dengan review pengunjung, testimonial hanya dibuat oleh pengunjung yang sudah membeli produk anda. Usahakan untuk berkomunikasi setelah barang yang dibeli sampai ke tangan pembeli, tanyakan testimoni dan pendapat mereka kemudian pasang di web anda.
  • Portfolio => Ini juga hampir mirip dengan testimonial pembeli, perbedaannya adalah portfolio merupakan review yang anda buat, dari sisi usaha anda dan pembuktiannya bisa ditelusuri oleh pengunjung.
  • Gambar dan video usaha anda => Dokumentasikan kegiatan perusahaan anda dalam bentuk media gambar dan video, dengan begini akan mengurangi keraguan pihak calon pembeli.
  • Tampilkan nomor rekening => Jika bisa tampilkan nomor rekening di setiap halaman. Nomor rekening menunjukan bisnis anda “legal”, sehingga jika terjadi penipuan seakan-akan pengunjung bisa menelusurinya.
  • Syarat dan Ketentuan => Halaman syarat dan ketentuan berisi aturan yang jelas mengikat bisnis anda sebagai penjual dan pengunjung sebagai pembeli. Dengan membuat aturan yang jelas disesuaikan dengan usaha anda maka akan mempermuah pembeli dalam berbelanja serta meminimalisir terjadinya konflik dikemudian hari.

Jangan pernah berfikir menempuh jalan singkat (curang) dengan memanipulasi semua “point” kepercayaan yang disebutkan diatas. Hal ini tidak akan membantu bisnis anda, bahkan merugikan anda secara moril. Biarkan proses berjalan dengan sendirinya, dengan cara yang benar.

Integrasikan Website Toko Online Anda dan Lakukan Offpage SEO

Pada awal berdiri, juga pada proses dan strategi SEO mencari popularitas, memperkenalkan toko online anda merupakan satu-satunya hal yang mutlak harus dilakukan. Tanpa melakukan hal demikian toko online anda tidak akan pernah mendapat posisi yang baik dihasil pencarian (SERP). Proses offpage seo dilakukan layaknya membangun backlink menuju halaman website anda. Wajib anda pahami, bukan linknya yang berpengaruh positif terhadap toko online anda, pengunjung yang berdatangan dari backlink yang anda tanam, jangan sampai anda salah dalam memahami hal ini.

  • Integrasikan Dengan Akun Google Webmaster => Tanpa memiliki akun search console google webmaster yang terintegrasi dengan website, apapun proses seo yang anda lakukan menjadi tidak optimal. Semua kebutuhan SEO dan monitoring kinerja toko online anda terdapat pada produk google webmaster. Pelajari selengkapnya cara daftar dan pengelolaan akun search console google webmaster disini.
  • Integrasikan dengan Google my business => Local listing, akun google my business mempunyai peranan vital bagi pemasaran bisnis dan toko online anda. Daftarkan bisnis anda di akun google my business dengan mengisi data selengkap-lengkapnya, kemudian lakukan verifikasi langsung dari google, biasanya berbentuk surat / kartu pos yang dikirim langsung ke tempat bisnis anda.
  • Aktif dan Bagikan Konten di Sosial Media => Dikenal dengan SMO dan SMM, aktif di sosial media juga merupakan hal penting yang harus anda lakukan dalam rangka “berkampanye” memperkenalkan bisnis dan toko online. Bagikan konten dengan teman anda, buatlah halaman khusus bisnis anda,bergabung di group komunitas dengan “niche” berkaitan dengan bisnis anda. Pelajari tentang SMO dan SMM disini.
  • Marketplae, Forum dan Blog Walking => Pasang tautan diberbagai forum dan blog dengan “niche” yang memiliki keterkaitan dengan usaha anda. Backlink yang anda tanam berpotensi mendatangkan pengunjung (referal). Setiap konten yang anda sertakan pada situs lain, baik berupa komen, artikel maupun pemasangan produk di situs marketplace berpeluang mendatangkan pengunjung kelak.

Tetap Rasional Pada Proses SEO Toko Online Untuk Hasil Maksimal

Anda tetap dituntut rasional ketika melakukan optimasi dan seo toko online. Keberhasilan sepenuhnya sangat tergantung juga berbanding lurus dengan kesungguhan usaha anda. Konsistensi serangkaian proses digital marketing merupakan hal yang tersulit pada proses SEO toko online dalam mencapai target tujuannya.

Bantu dengan SEM (Search Engine Marketing)

Sebenarnya search engine seperti google menginginkan setiap usaha melakukan promosi iklan berbayar menggunakan fasilitas google adword. Sekilas memang seperti mereka (google) menginginkan keuntungan mengenai ini. Memang demikian adanya, namun dapat dikatakan masuk akal, setiap usaha (berbentuk komersial) harus memiliki modal untuk menjalankannya, setidaknya untuk promosi.

Hal ini pernah diaplikasikan pada klien thidiweb, jika anda menggunakan fasilitas iklan berbayar proses SEO akan memakan waktu jauh lebih singkat. Point SEO dalam peringkat google salah satunya ditentukan dari banyaknya pengunjung yang datang. SEM diperuntukan untuk keuntungan jangka pendek dan hanya berjalan jika anda membayarnya, SEO merupakan keuntungan jangka panjang, yang perlahan namun pasti akan mendatangkan keuntungan jika dijalankan prosesnya dengan benar. Mengapa SEO lebih berharga? karena keberhasilan SEO mendatangkan pengunjung gratis dengan tingkat konversi tinggi secara berkesinambungan.

Masih Perlukah Blog dan Artikel Pada SEO Toko Online?

Meskipun bukan prioritas utama seperti yang sudah saya jelaskan diatas, membuat artikel yang berhubungan dengan produk yang anda jual cukup baik jika dilakukan. Sebaiknya perbanyak artikel dengan jenis keyword investigasi komersial, kemudian arahkan setiap konten di dalamnya menuju ke setiap halaman produk yang anda jual. Baca disini pembahasan artikel berkualitas.

Persaingan Bertambah Berat Dari Waktu ke Waktu, Bersabarlah

Anda sering membaca bahwa usaha seseorang banjir pembeli hanya dengan memiliki website, hoax atau fakta?, jawabannya bisa keduanya. Hoax jika anda membaca artikel demikian dan menganggapnya bisa terjadi saat ini, fakta jika terjadi pada masa lalu ketika persaingan website masih longgar. Artinya bahwa saat ini tidak semudah belasan tahun lalu untuk memperoleh keberhasilan dari website.

Sangat sulit bukan berarti tidak mungkin, kesabaran anda pun diuji karena perhitungan saat ini sebuah website memerlukan waktu berbulan-bulan untuk mendatangkan pengunjung organik dari mesin pencari. Jika dijalankan dengan benar, sungguh-sungguh dan konsisten pada jarak 3 bulan sebuah web toko online mampu memberikan pemasukan bagi usaha anda. Untuk saat ini, bukan tahun-tahun berikutnya, kelak persaingan website pastinya akan bertambah berat, bisa jadi suatu saat sekeras apapun promosi yang dilakukan, website setidaknya berumur 1 tahun untuk mendapatkan pengunjung organik.

Usia Website Berpengaruh terhadap SEO


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

Beri Komentar Anda ...