Blog

7 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memutuskan Membangun Website

Posted by:

Banyak media yang memberitakan keberhasilan pengusaha dari pemasaran onlinenya, khususnya dari website. Umumnya mereka menceritakan hingga membagikan kiat sukses usaha online “hanya dengan memiliki website saja”. Benarkah anda bisa meraih kesuksesan seperti mereka? jawbannya memang benar, website bisa mendatangkan penghasilan bagi anda, bahkan mungkin jauh melebihi pendapatan anda saat ini. Untuk memulai itu semua anda harus paham keadaan yang sebenarnya mengenai hal-hal yang harus anda ketahui sebelum membuat website.

Saya jelaskan sedikit tentang website beserta manfaatnya. Yang dinamakan website itu bukan hanya sebagai alat promosi, namun suatu bentuk property online layaknya usaha fisik anda di dunia nyata. Jadi, dengan demikian anda harus mempromosikannya jika menginginkan website yang anda miliki nantinya secara nyata dapat menghasilkan pemasukan bagi anda, yang pasti sangat jauh jika dibandingkan berjualan lewat bukalapak, tokopedia hingga berjualan di sosmed. Kenapa bisa demikian? Hal ini menyangkut branding yang tidak bisa didapatkan dari cara berjualan online lainnya.

Baca Manfaat Branding Disini

Juga

Baca Manfaat Website Bagi Usaha Anda Disini

1. Jangan Terbuai Berita Hoax atau Informasi yang Tidak Benar

Dengan keberadaan internet sebagai ikon teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini, tidak bisa dipungkiri jika anda dapat memperoleh semua jawaban dengan cepat dan mudah. Tapi bukan berarti informasi yang anda dapatkan benar-benar valid, meskipun didapat dari sumber yang terpercaya sekalipun.

Pembuatan Website yang Sepertinya Sangat Mudah, Benarkah?

Sebelum “terdampar” pada artikel ini, mungkin anda sudah membaca tulisan lain yang menceritakan betapa mudahnya membuat website. Mereka (pembuat artikel) umumnya berusaha bagaimanapun caranya agar tulisannya laku, banyak yang baca. Mereka merancang sedemikian rupa agar mudah dicerna dan masuk akal bagi anda sebagai pembaca. Selanjutnya, sudah anda praktekan apa belum? membaca saja memang mudah, pada kenyataannya tidak demikian. Untuk bisa membuat sebuah web seseorang harus menempuh jalur pendidikan bertahun-tahun. Saat ini pembuatan website dipermudah dengan adanya CMS yang mampu memangkas waktu pembuatan dan mempermudahnya, namun bukan berarti semudah anda memasang foto produk di sosial media dan bukalapak, tetap jauh lebih sulit dari itu.

Hanya Memiliki Website Saja Bisa Sukses, Masa Iya?

Ini tidak benar.  Sama halnya dengan yang dijelaskan sebelumnya mengenai mudahnya membuat sebuah website, hanya memiliki website bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah benar-benar informasi yang keliru. Website tidak begitu saja mendatangkan pengunjung (visitor) organik. Mungkin bisa saja pengunjung langsung berdatangkan, tapi hanya yang bersifat direct atau referal, sedangkan trafik website yang berhasil itu mampu mendatangkan visitor organik tinggi.

Pelajari Tentang Trafik Website Disini

2. Cukup Paham Hal-hal Mendasar Sebelum Membuat Website

persiapan sebelum membuat website

Meskipun anda berniat mempercayakan pembuatan website ke salah satu perusahaan  jasa web design atau sejenisnya, tetap diperlukan setidaknya sedikit pemahaman bertujuan memberi masukan atau setidaknya berpengaruh terhadap pengelolaan nantinya. Tapi jika anda berniat membuatnya sendiri bisa dimulai dengan mempelajari web sederhana dan pembuatannya disini.

Baca Hal Mendasar Website Disni

Atau

Baca Dasar CMS WordPress Disini

3. Perencanaan dan Persiapan yang Baik

Hal yang pertama harus anda lakukan sebelum membuat website adalah mempersiapkan konsep website anda sebaik mungkin. Hal ini jarang sekali diperhatikan, karena umumnya “menggampangkan” proses yang memiliki bobot nilai kepentingan tertinggi ini. Yang penting punya website >>> barang laku >>> saya kaya, pemikiran tersebut harus anda buang jauh-jauh, karena tanpa konsep yang jelas sebuah website maupun toko online tidak akan mendatangkan apapun bagi anda. Jangan salahkan jasa pembuatan website, jangan juga sampai menyalahkan salah mengambil keputusan dengan memiliki website. Keputusan anda tepat, persiapan anda tidak ada.

Alamat (Domain) Website

Hal yang pertama kali harus anda perhatikan adalah pilih alamat web yang akan digunakan. Jika target pasar Anda adalah orang lokal atau di Indonesia, ada baiknya jika menggunakan bahasa Indonesia, jika target pasar Anda diluar negeri, sebaiknya menggunakan bahasa setempat, agar orang mudah mengakses web Anda tersebut. Ada banyak cara menentukan nama domain situs web, bisa sesuai nama prusahaan, sesuai nama produk yang anda jual atau nama selingkuhan anda juga boleh, bebas, tidak ada larangan. Namun sebaiknya anda pikirkan mengenai keterkaitan manfaatnya dikemudian hari, agar mudah diingat, ingin terlihat keren, atau branding usaha anda.

Baca 4 Tahap Menentukan Alamat Nama Domain Disini

Server Web Hosting

Web hosting adalah sebuah layanan menyimpan file untuk web atau olineshop yang akan Anda buat. Dengan menggunakan jenis layanan seperti ini, secara otomatis file-file yang akan Anda miliki di web akan tersimpan di perusahaan penyedia layanan ini. Saat ini ada banyak pemberi layanan web hosting di Indonesia sehingga membutuhkan kejelian anda untuk memilihnya. Satu hal yang pasti bahwa anda harus mengetahui spesifikasi server yang anda sewa (biasanya berupa paket-paket) juga jenis hostingnya. Seperti layaknya PC (bisa juga handphone anda), server juga memiliki spesifikasi tertentu pada segi prosesor, memory ram, disk space juga lainnya.

Selalu ada kualitas dibalik harga, memang selalu seperti itu. Sesuaikan kebutuhan web anda dengan spesifikasi dan jenis server yang anda sewa. Saya ambil contoh, web anda baru saja dibuat, anda tidak mempunyai dana promosi besar-besaran, dengan demikian share hosting seharga 300 ribu s/d 500 ribu kapasitas penyimpanan antara 1 s/d 2 GB sudah cukup. Berbeda halnya jika anda merencanakan melakukan promosi besar-besaran di berbagai media seperti televisi, surat kabar, stiker di angkutan umum dsb. Server anda harus siap menahan “banjirnya” pengunjung yang masuk, maka pastinya harus menyewa layanan premium atau bahkan membangun server sendiri.

Persiapkan Keseluruhan Konten Website

Setiap konten harus anda persiapkan, dimulai desain logo seperti apa yang akan digunakan, deskripsi usaha anda selengkap-lengkapnya, foto produk yang anda jual dsb. Tidak sedikit dari website yang ada saat ini tidak memperhatikan isi kontennya. Terkesan dibuat asal-asalan, asal jadi. Penempatan konten tidak selayaknya, info usaha sangat minim sekali yang sebenarnya berdampak terhadap kepercayaan pengunjung, terutama perihal konversi pembelian pada toko online.

Klik disini Untuk Mengetahui Konten yang Dibutuhkan

4. Harus Mengetahui Harga Web yang Sebenarnya

Harga selalu dikaitkan dengan kualitas, kemudian kualitas biasanya membutuhkan pengorbanan waktu. Terdapat banyak sekali jasa pembuatan website dengan harga yang beragam. Dari ratusan ribu hingga ratusan juta. Bagi anda yang berniat membuat website sangat wajar mencari informasi terlebih dahulu terkait biaya. Agar anda tidak terjebak dan terbuai harga website murah yang tidak masuk akal, anda harus memahami kalkulasi cara menentukan harga website.

Baca Dsini Cara Menentukan Harga Pembuatan Website

5. Kenali Kesalahan Umum Website yang Gagal

Kegagalan website dalam perebutan mendatangkan pengunjung sangat banyak sekali jumlahnya, bisa dikatakan lebih dari 90% dari total website baru yang bermunculan. Mengapa bisa demikian? Pastinya ada kesalahan pada pembuatannya, pengelolaannya, mungkin juga penyebab lainnya. Intinya anda harus mengenali berbagai penyebabnya agar terhindar masuk ke “lubang” kealahan yang sama.

Penyebab website dan Toko Online Sepi Kunjuungan

6. Mengelola Website Itu Tidak Bisa Dikatakan Mudah

Jangan sampai anda mengaitkan secara langsung antara awal dan akhir tanpa melihat proses. Proses ini yang tidak mudah. Mungkin anda sering melihat orang lain sukses dari websitenya (akhir), kemudian mengaitkan dengan membuat website (awal), jadi membuat website = sukses, terbentuklah pemikiran seperti itu. Ini salah, yamg benar setelah website anda publish, maka selanjutnya harus mengelola dengan cara yang benar, juga di promosikan dengan cara yang benar.

Pengelolaan Konten Website

lanjut ke

Pengelolaan Onpage dan Offpage Website

Persaingan Semakin Bertambah Ketat Dari Waktu Ke Waktu

Ibaratnya begini, anda membangun usaha toko, apa bisa laku begitu saja? Bisa jadi iya, dan ini hanya terjadi jika persaingan hampir tidak ada. Bagaimana jika ada beberapa toko lain yang sejenis disamping kanan kiri anda? Mereka sudah lama beroprasi, sedangkan anda baru memulainya.

Seandainya anda sadar pentingnya memiliki website pada beberapa tahun ke belakang, maka peluang anda sukses sangat besar. Hal tersebut disebabkan pada saat itu jumlah website sangat sedikit, persaingan sangat jarang. Pada masa yang lalu, begitu website selesai dibuat besoknya nongkrong di halaman satu hasil pencarian. Imbasnya sudah pasti apapun produk yang anda jual laku keras. 

Bagaimana dengan sekarang? Persaingan sudah semakin ketat, ratusan hingga ribuan website muncul tiap harinya, belum ditambah dengan website yang sudah berdiri sebelumnya. Dengan demikian sangat sulit sekali website bersaing dengan mudah saat ini. Kenyataan yang demikian mengharuskan anda kerja keras, berfikir realistis serta kreatif untuk memenangkan persaingan. Saat ini, sekeras apapun usaha anda melakukan pengelolaan, SEO dan promosi, dampaknya akan terasa berbulan-bulan kemudian.

Lalu bagaimana dengan tahun-tahun berikutnya? Hal ini sudah bisa diprediksi. Pastinya semakin bertambah berat dari saat ini. Mungkin saat itu suatu website memberikan manfaat memerlukan hitungan tahun dari pembuatannya. Saking ketatnya…

Baca Pengaruh Usia Mempengaruhi Posisi

Konsep Digital Internet Marketing Harus Dilakukan

Anda memutuskan membuat website untuk memasarkan produk secara online. Seperti halnya bauran pemasaran pada pemasaran offline, pemasaran online pun memiliki bauran yang bisa dinamakan bauran digital marketing. Proses internet digital marketing diuraikan sebagai berikut :

  1. Website
  2. Branding
  3. Sosial Media Marketing
  4. Content Marketing
  5. Email Marketing
  6. Video Production
  7. SEO
  8. App Development
  9. SEM

Ke 9 proses pemasaran digital diatas harus anda lakukan untuk memenangkan persaingan meraih market share internet.

Pelajari Selengkapnya Tentang Digital Marketing Disini

7. Mencari Jasa Pembuatan Website Terbaik

Langkah terakhir sebelum membuat website adalah mencari web developer untuk mempercayakan pembuatannya. Terdapat banyak sekali baik perusahaan maupun jasa perorangan yang mampu membuatkan anda website. Namun anda harus memilih dengan cermat mengenai siapa yang layak menjadi kandidat membangun konsep website sebagai pondasi pemasaran internet usaha anda. Bukan hanya harga yang murah, bukan hanya dilihat dari sisi tampilan saja, hal yang terpenting adalah optimasi serta integrasi yang menentukan keberhasilan persaingan dari website anda nantinya.

Baca Konsep Terbaik Web Design Disini


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Umum