Blog

Jurus Jitu Bagi Website Baru Membangun Backlink dari DA, PA dan TF Tinggi

Posted by:

Cara mendapatkan backlink gratis, murah dan bergaransi masih saja dicari, padahal sudah tidak efektif lagi saat ini, juga ke depannya. Buang-buang duit? iya, waktu? sudah pasti, tenaga? apa lagi. Faktor utama dari peringkat website adalah konten berkualitas, baik atau buruk jika dibandingkan pesaing. Peta persaingan website untuk saat ini dan kedepannya adalah persaingan konten, bukan backlink. Pertanyaannya, apakah backlink itu penting? tentu saja penting, tapi tidak seperti yang dipikirkan oleh kebanyakan dari anda, setidaknya untuk anda yang benar-benar baru mendalami SEO dan Digital Internet Marketing.

Sebelum saya membahas tentang cara link building khususnya mendapatkan backlink, sebaiknya diawali dengan pendahuluan yang erat kaitannya dengan backlink itu sendiri. Tentu saja diawali dari sumber yang menjadi acuan melakukan SEO dan memahami backlink.

Inbound link adalah semua tautan berasal dari website lain menuju ke halaman website anda, sebaliknya outbound link adalah semua tautan dari halaman website anda menuju website lain. Perbedaannya jelas, inbound berarti website anda dijadikan referensi sedangkan outbound menjadikan website lain sebagai referensi.

Mencari Sumber yang Relevan

Anda tertarik mempelajari SEO? Hal yang sangat positif. Jika anda konsisten dan serius website maupun toko online akan memberikan manfaat nantinya. Tidak dalam waktu singkat anda mendapatkan trafik berpeluang menjadi konversi.

Tanggal Publish Harus Menjadi Perhatian Utama

Semua hal diawali dari belajar, kemudian anda mencari referensi (artikel) yang membahas mengenai SEO serta cara mendapatkan backlink. Anda sudah berada di jalan yang benar, tapi sebelum anda masuk ke dalam lobang SEO yang salah sebaiknya pahami ini, “Sebagian besar artikel yang ada di internet adalah hoax, jadi jangan dulu terpengaruh dan menganggap benar sesuatu hanya dengan membaca satu artikel saja. Hal awal yang harus anda lihat adalah tanggal artikel tersebut di publish, jika aktual (baru), selanjutnya anda boleh membacanya.

SEO berubah dalam hitungan bulan, jika artikel yang anda baca berada pada deretan atas namun publish beberapa tahun ke belakang, maka jangan percaya begitu saja. Anda harus mengujinya.

Apakah Sumber yang Relevan Memiliki Reputasi yang Baik ?

Domain Authority tinggi, Page Autorithy tinggi, Trust Flow juga tinggi (akan dibahas satu persatu), sama sekali tidak menjamin sumber dan backlink yang anda dapatkan masih relevan saat ini.

Banyak dari artikel yang sudah kadaluarsa menempati posisi teratas, sedangkan artikel yang “fresh” relevan dengan keadaan sekarang berada pada halaman-halaman berikutnya. Hal ini merupakan salah satu dampak negatif sistem peringkat google. Hal ini bisa anda atasi dengan merubah filter pencarian berdasarkan baru atau tidaknya.

Backlink Sebenarnya Cerminan Popularitas

Anda harus pahami maknanya. Dengan menerapkan backlink tapi tidak memahami arti dari backlink, sudah pasti akan “serampangan” hasilnya. Backlink ibaratnya seseorang yang mengetahui toko anda, kemudian menunjukan ke orang lain menuju tempat dimana toko anda berada. Kemudian, seandainya yang menunjukan adalah orang yang populer dan dipercaya pastilah akibatnya toko anda mendapat kepercayaan juga. dengan demikian, sudah terbayang kenapa backlink dari website yang mempunyai authority tinggi sangat berharga.

Cara Mendapatkan Backlink serta Bagaimana Backlink Terbentuk ?

Backlink bisa dibuat oleh anda (rekayasa), juga bisa terbentuk dengan sendirinya. Backlink yang terbentuk dengan sendirinya dinamakan “natural backlink” memiliki nilai jauh lebih tinggi dibandingkan backlink yang dibuat sendiri.

Backlink Buatan Sendiri

Prosesnya tidak susah, anda hanya tinggal menyimpan link (tautan) di website lain menuju website anda. Bisa itu pada komentar blog (konten / artikel), membuat thread forum, posting artikel di web lain berisi tautan ke website anda dll. Pada sosial media hal ini bisa dilakukan dengan membagikan konten, baik itu pada beranda, halaman fans page, group dsb. Memasang tautan di sosial media jauh lebih baik dari jenis lainnya, karena berpotensi mendatangkan pengunjung lebih banyak yang pada akhirnya menaikan popularitas website.

Cara mendapatkan backlink dengan Link trading, perdagangan link adalah meminta pemilik website memasang tautan dengan cara membayarnya. Google dengan tegas melarang perdagangan link.

Natural Backlink

Satu-satunya backlink yang paling tinggi nilainya. Backlink natural bisa anda dapatkan dengan hanya dengan kesadaran yang sukarela dari pemilik website lain. Mereka menganggap konten anda berkualitas, sehingga merasa perlu untuk dijadikan referensi. Cara mendapatkan backlink natural dengan cara menciptakan suatu konten terbaik yang mampu memecahkan berbagai masalah.

Website Baru Mencari Popularitas, Bukan Backlink

Ini yang perlu diluruskan. Saya banyak melihat sebagian dari anda yang baru mendalami SEO dan internet marketing masih saja sibuk mencari backlink padahal umur dari domain nya saja masih benar-benar baru. Saya tegaskan ini salah, jangan menjadi korban artikel yang tidak relevan. Satu-satunya hal yang rasional untuk website baru adalah bersabar, karena website baru membutuhkan waktu mendapatkan peringkat dan kepercayaan mesin pencari. Jadi untuk website baru lupakan dulu mencari cara mendapatkan backlink.

Meningkatkan Popularitas Bagi Website Baru

Bagaimana cara meningkatkan popularitas bagi website baru? Jawabannya anda harus memahami konsep digital marketing serta menerapkannya dalam pengelolaan. Semua hal-hal yang berkaitan dengan website anda harus menjadi fokus perhatian pada awal-awal website berdiri. Bagaimana optimasi website anda menyangkut struktur, taxonomi, ukuran dan kecepatan website?, koreksi jika tidak memenuhi syarat. Bagaimana website anda bisa populer jika tidak layak untuk dikunjungi?

Promosi yang menjadi prioritas untuk website baru. Promosi tidak harus berbayar, anda bisa berkampanye di sosial media misalnya, atau bersilaturahmi ke teman-teman, tetangga dan kerabat, “setengah memaksa” mereka untuk membuka website anda. Membuat selebaran, membagikannya di jalan hingga menempelkan didinding juga bisa dilakukan, intinya banyak cara mengawali misi menaikan popularitas. Jangan dulu pikirkan backlink, lakukan itu saja untuk website baru.

Kendala Website Baru Memperoleh Backlink Natural

Anda siapa? kenapa saya harus mempercayai anda? Kurang lebih mungkin itu kendala yang dihadapi website baru memperoleh link natural. Meskipun konten anda berkualitas dan jauh lebih baik dari semua konten yang ada sekarang, bukan berarti anda dapat dengan mudah memperoleh backlink natural.

Website baru umumnya dihadapkan pada masalah popularitas, baik mesin pencari hingga pemilik website lain umumnya enggan mempercayai website baru. Hanya satu alasan yang menyebabkan demikian, yaitu “kepercayaan”. Mau tidak mau anda harus membuat mereka percaya dengan memperhatikan 4 hal ini :

  • Usia domain website => Siapa yang percaya dengan orang baru? meskipun orang baru itu pintar tetap saja membutuhkan waktu untuk mempercayainya. Aged domain sendiri diakui google untuk domain yang berumur lebih dari 1 tahun.
  • Konsistensi Update konten => Update konten tidak hanya artikel, posting produk pun masuk hitungan. Frekuensi sering atau tidak nya bukan masalah, yang terpenting konsistensinya. Jangan sampai sebulan penuh anda melakukan update dalam setiap harinya, dalam sehari bisa hingga 3 kali bahkan lebih. Selanjutnya dalam satu tahun anda tidak melakukan apapun.
  • Ciptakan konten terbaik => Konten yang anda buat harus benar-benar beda dari konten lainnya. Seandainya berhasil menarik banyak pengunjung (termasuk pemilik website lain didalamnya yang berpotensi memberikan backlink natural). Sukur-sukur menjadi pemasaran viral yang berhasil.
  • Promosi dan Share => Beritahu semua orang ketika anda baru saja mempublish konten baru. Dapat dilakukan dengan promosi berbayar maupun gratisan dengan usaha yang lebih.

Seperti Apa Backlink Yang Berkualitas?

Backlink berkualitas banyak dicari karena dipercaya bisa mendongkrak peringkat website. Anda sudah membaca uraian diatas bahwa sesungguhnya makna dari backlink seperti apa. Benar dapat meningkatkan peringkat, namun tidak dengan mencari website yang memiliki reputasi sangat baik, kemudian memohon-mohon hingga membayar untuk dipasangkan tautan menuju website anda.

Google Page Rank

Dulu google page rank menjadi acuan untuk melihat reputasi sebuah website, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Lebih tepatnya tidak dipublikasikan, hanya untuk pihak internal google saja.

Domain dan Page Authority dari MOZ

Page authority serta domain authority bisa dijadikan acuan dalam menilai popularitas suatu website. Berkaitan dengan otoritas “tingkat kekuasaan” website pada mesin pencari. Terdapat skala 1 s/d 100 yang bisa dijadikan acuan mengukur otoritas, semakin tinggi semakin baik, untuk domain baru diawali dari 1. Cara melihat domain authority dapat anda pasang pada browser, misalnya google chrome.

Trusted Flow dan Citation Flow dari Majestic SEO

Alternatif lainnya adalah Trust Flow (TF) dan Citation Flow (CF) dari majestic SEO. Ini merupakan alternatif lain selain DA dan PA dari MOZ. Perbedaannya terletak dari perbedaan masalah kepercayaan (trusted), untuk lebih jelaskan saya uraikan sedikit :

  • Trust Flow (TF) : Seberapa banyak suatu website mendapat backlink dari website lain yang mempunyai reputasi yang baik.
  • Citation Flow (CF) : Seberapa banyak suatu website mendapat backlink dari website lain tanpa memperhitungkan reputasinya.

Website yang tingkat TF yang tinggi dapat dijadikan pertimbangan cara mendapatkan backlink. Untuk menggunakan mengetahui dan menggunakan TF dan CF anda bisa mendaftar di situs majestic SEO, atau bisa juga memasang majestic SEO di browser anda.

Majestic SEO menilai sebuah website dari backlink, sehingga berasumsi mewakili penilaian popularitas serta kekuatannya. TF yang tinggi pasti akan mempengaruhi CF yang tinggi, tetapi tidak sebaliknya.

Backlink Bisa Meningkatkan Peringkat Website Juga Menurunkannya

Backlink memang bisa menaikan peringkat website dari mesin pencari. Anda harus terfokus pada link natural untuk mencapai hasil terbaik juga aman kedepannya. Dengan memasang sendiri link melalui cara misalnya “blog walking”, saat ini sudah tidak efektif, juga berpotensi menurunkan peringkat. Klik disini untuk membaca tentang kontroversi backlink.

Backlink dari Website Memiliki Reputasi yang Baik

Cara mendapatkan backlink dari website yang memiliki reputasi baik merupakan pekerjaan yang sulit. Meskipun bersifat natural, apakah yang memberikan tautan ke website anda mempunyai authority yang tinggi? Jawabannya belum tentu. Pemilik website yang memiliki DA dan TF tinggi umumnya selektif memilih referensi. Mereka tidak akan begitu saja memberikan backlink, dikarenakan menurut mereka terlalu beresiko untuk memberi tautan ke website yang belum dipercaya.

Backlink dari Website yang Belum Memiliki Reputasi Bukan Berarti Buruk

Tidak semua website baru tidak berkualitas, meskipun kenyataannya masih belum populer dan mendapatkan “trust” dari mesin pencari. Website dengan kualitas yang baik tidak akan terhenti progress popularitasnya, sehingga suatu saat pasti akan “melesat” naik ke atas. Mungkin saat ini masih berdampak sebagai CF, tapi kedepannya website seperti ini akan bernilai sebagai TF yang tentu saja sangat berpengaruh positif terhadap website anda. Link yang menuju ke website anda bisa dianggap sebagai “investasi” backlink pada kasus seperti ini.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



20
  Artikel Terkait

Comments

  1. portal-ilmu.com  Juli 6, 2017

    Artikel menarik bro, saya justru penasaran dengan backlink yang didapat dengan membeli. Gimana google bisa tahu suatu backlink didapat dari membeli atau tidak? Apakah mungkin google bisa melakukan analisa rumit untuk mendapatkan data itu?

    reply
    • thidi  Juli 6, 2017

      Sebenarnya banyak perdebatan mengenai ini bro, mungkin bisa di baca di referensi ini dan ini. Mengenai bisa atau tidaknya dikelabui, karena memang ada perdebatan maka saya kembali ke aturan google, dan menyampaikannya ke pembaca.

      makasi ya bro sudah berkomentar ^^

      reply
  2. toko bunga tangerang  Agustus 29, 2017

    ada yang punya list backlik TF gak gan?

    reply
    • thidi  Agustus 31, 2017

      Untuk saat ini dan kedepannya, lebih baik berfokus terhadap konten juga popularitasnya gan, daripada backlink…biarkan backlink datangdengan sendirinya…

      reply
  3. baligea  Oktober 8, 2017

    apakah semua komentar yg kita tanam di blog orang dapat menambah backlink website kita..???

    reply
    • thidi  Oktober 9, 2017

      Dimanapun letaknya …baik itu di header, footer, konten atau komentar…Selama ada tautan yang mengarah ke website anda, itu akan dihitung sebagai backlink. Namun silahkan baca artikel yang membahas mengenai kebijakan google mengenai backlink disini. Juga artikel mengenai berkurangnya kekuatan backlink disini.

      reply
  4. Haidancok  Desember 5, 2017

    Ada kalimat backlink yang di buat sendiri diartikel anda, yang jadi pertanyaan backlink yang dibuat sendiri itu dengan web 2.0 deperti blogspot dan wordpress ya gan? Lalu apa artikel harus sama dengan yang di money site? Mohon pencerahan

    reply
    • thidi  Desember 5, 2017

      betul gan, apapun itu selama kita buat sendiri adalah hanya untuk mengelabui mesin pencari…namun ada beberapa yang baik, misal halaman facebook bisnis anda tertaut ke halaman web secara langsung, atau bahkan hasil test harga website yang secara otomatis menciptakan backlink…

      reply
  5. agus purnomo  Desember 21, 2017

    penjelasan yang sangat detail sekali dan mudah dicerna. mantab

    reply
    • thidi  Desember 21, 2017

      Terima kasih banyak sudah membaca…saya senang jika tulisan saya bermanfaat..^^

      salam

      reply
  6. gatot  Januari 20, 2018

    Keren gan infonya, makasih saya sedang belajar tentang seo. Nice article semoga sukses.

    reply
    • thidi  Januari 20, 2018

      Terima kasih sudah membaca, silahkan baca juga tentang dasar SEO disini. Semoga sukses juga, sa;am…

      reply
  7. Domino  Februari 6, 2018

    thanks ya informasi nya ,baru tau kalau ternyata web baru gak boleh cr backlink dl,jd gmn solusi klau web kita terlanjur kejar backlink dan akibat ny rank di alexa turun drastis ?

    reply
    • thidi  Februari 6, 2018

      baik gan, saya anjurkan sebaiknya mengejar popularitas dengan membagikan konten di sosial media (sosial media merupakan sasaran mpuk dalam rangka meningkatkan popularitas), kemudian dengan berbayar menggunakan ads baik di google maupun di facebook dan sosial media lainnya, atau di media masa seperti surat kabar dll. Intinya adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya, karena google akan menilainya dari situ ketika akan menyusun peringkat. Penerapan backlink pun bukan dari backlinknya tapi dari sejauh mana backlink tersebut mendatangkan pengunjung. Backlink yang ditempatkan tanpa mendapatkan pengunjung itu berdampak negatif terutama website baru. Disanalah makna sesungguhnya dari backlink yang terpasang di website yang mempunyai otoritas tinggi karena banyak pengunjungnya yang berpotensi mengklik link tersebut menuju website kita.

      reply
  8. Ahmadi  April 27, 2018

    Terima kasih atas infonya,

    Saya masih mencara cara-cara untuk meningkatkan lagi DA, PA, CF & juga TF bagi meningkatkan kualiti url saya di mata google. Ada tak cara yg terbaik untuk kita meningkatkan jumlah seperti yg saya sebutkan di atas? terima kasih.

    Ahmadi
    KK, Sbh.
    http://www.AhmadiKatu.com

    reply
    • thidi  Mei 1, 2018

      Untuk membangunnya sebenarnya mudah buat backlink yang banyak mungkin sebagian ada yang berkualitas…namun saat ini baik PA, DA, CF dan TF tidak terlalu berpengaruh banyak.

      reply
  9. Vinz  Mei 30, 2018

    saya mau tanya seputar seo gan, apa benar jika SEO mau gampang naik nofollow harus di bawah 20% ?

    reply
    • thidi  Mei 31, 2018

      Sebetulnya dari artikel yang anda baca pada halaman kami, juga posting-posting kami lainnya tidak pernah memikirkan backlink….backlink terbentuk dengan sendirinya,…metode yang baik adalah membuat konten sebaik mungkin kemudian di bagikan ke sosial media…nantinya konten anda naik dengan sendirinya jika memang original dan berkualitas…biasanya begitu…

      reply
  10. A1SLOTGAME  Agustus 26, 2018

    mantep banget menarik sekali dan menambah wawasan
    Yuk temen-temen jangan lupa juga kunjungi http://a1slotgame.com

    reply
    • thidi  Agustus 26, 2018

      Saya senang jika bermanfaat…dan terima kasih sudah berkunjung….salam ^^

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Optimasi & SEO