Harga dan Biaya Jasa SEO Website Ditetapkan Berdasarkan Tingkat Kesulitannya

Mencari jasa SEO website merupakan langkah yang wajar ketika anda melihat tidak ada perubahan dari kinerja website, jangankan trafic peringkat saja entah dimana. Namun sebelum anda mengetahui Harga SEO dari website saya sarankan terlebih dahulu membaca tulisan saya mengenai pertimbangan sebelum menggunakan jasa SEO. Setelah anda mengetahui ruang lingkup pekerjaan seorang SEO yang akan mengoptimasi website milik anda, masih ada satu hal lagi yang masih harus dilakukan, mencari letak kesalahan dari situs web anda.

Anggaplah anda sudah mengetahui semuanya, tidak mudah melakukan optimasi suatu website, butuh tahapan yang panjang dan rumit. SEO tidak bisa dilakukan dengan singkat, butuh waktu untuk mencapai target peringkat yang diinginkan.

Agar dapat dengan mudah membayangkan juga menyamakan persepsi, maka saya ambil permisalan. Anda ingin menaikan peringkat website dengan kata kunci yang sudah anda tentukan sendiri.

  • Keyword 1,volume 40,500, CPC $0.50, Cost $10,040.40, hasil pencarian 1.170.000 (tinggi).
  • Keyword 2, volume 5,400, CPC  $0.40, Cost $1,088.82, hasil pencarian 416.000 (sedang).
  • Keyword 3, volume 37,000, CPC $0.27, Cost $8,433.54, hasil pencarian 1.200.000 (tinggi).
  • Keyword 4, volume 260, CPC $0.53, Cost $68.98, hasil pencarian 178.000 (rendah).

Semua langkah pengerjaan beserta harga SEO dijelaskan dalam artikel ini fiktif, sengaja di buat agar anda bisa membayangkannya secara akurat. Fiktif yang dimaksud tidak berarti mengarang indah, saya hanya mengganti kata kunci dengan keyword 1 s/d 4.

Jangan pernah menggunakan jasa SEO tanpa memahami SEO itu bagaimana. Tergiur harga yang murah yang tidak mendasar adalah kesalahan tidak rasional, anda bisa tertipu tanpa memperoleh hasil. Kuncinya anda harus mengetahui SEO juga menggunakan akal sehat serta logika.

Tahap 1 Screening dan Analysis Situs Web

Tentu saja seorang jasa SEO perlu untuk menganalisis posisi website anda saat ini, baik dari dalam maupun popularitasnya termasuk tingkat kesulitan persaingan. Analysis ini tidak bisa dilakukan dengan cepat untuk hasil akurat, juga tidak bisa dikatakan mudah. Setelah selesai melakukan screening setidaknya seorang optimizer bisa memperkirakan berapa lama website anda bisa mencapai halaman 1 dengan asumsi optimasi website dilakukan dengan cara yang benar dan konsisten.

Sewajarnya anda harus membayar jasa SEO ketika melakukan screening, seperti dokter yang memeriksa penyakit. Point penting dari hasil screening adalah anda akan diberi tahu mengenai masalah yang berhubungan dengan SEO, sehingga rencana strategis menyangkut website anda ke depannya bisa dilakukan.

Berapa besarnya biaya pemeriksaan? Sangat tergantung siapa yang melakukan screening SEO website. Jika teman anda mungkin memberikan gratis, bisa saja 100 ribu, bisa juga hingga jutaan.

Tahap 2 Biaya Setup SEO Website

Penetapan harga SEO sudah memasuki tahap ke 2, biaya setup. Tahap ini dilakukan hanya jika anda menyetujui biaya total yang diajukan pada tahap screening dan analysis. Besarnya biaya melakukan setup sangat tergantung dari kesediaan jasa SEO website. Harga SEO setup harus dibayar dimuka mengingat pengerjaannya yang cukup rumit.

Desain Ulang Website (redesign)

Redesign diperlukan jika website sama sekali tidak mendukung proses optimasi secara keseluruhan. Desain ulang website tidak mengharuskan mencakup keseluruhan website, namun bisa juga begitu. Kecepatan, script, ukuran gambar, taxonomy, tata letak terkadang harus dirombak agar mendukung pengerjaan SEO kedepannya.

Mengganti Nama Extension Domain

Ini sebenarnya jarang terjadi, namun baru2 ini saya temukan kasus penggunaan extension domain yang kurang tepat. Penggunaan domain dot org untuk situs onlineshop, mungkin alasannya karena nama domain dot com sudah ada yang menggunakan. Memang disarankan mengganti ekstensi domain jika sudah ada yang menggunakan nama yang diinginkan, tapi harus lihat-lihat juga.

Domain org pada dasarnya diperuntukan untuk organisasi, Google tidak akan pernah menempatkan .org di deretan atas jika bukan website organisasi yang sebenarnya (jika menargetkan keyword komersial maka website anda tidak pernah bisa mencapai halaman 1 terlebih persaingan sangat berat). Pada persaingan yang longgar hal ini tidak begitu menjadi masalah, untuk persaingan tingkat tinggi beda ceritaanya.

Memperdalam Wawasan Niche Website

Belum tentu seorang yang akan mengoptimasi website anda mengetahui niche usaha dengan sangat baik. Hal ini sangat diperlukan untuk membuat konten website yang berkualitas. Mempelajari wawasan usaha anda tidak hanya menyangkut produk serta jenisnya saja, ini menyangkut juga persaingannya. Sepenuhnya bisa dipahami jika konten website tidak terlalu bagus meskipun original, sampai kapanpun tidak akan mencapai posisi yang baik, terlebih untuk persaingan yang sangat ketat.

Perancangan Hingga Pembuatan Konten Terbaik

“Content is the king”, bisa anda bayangkan untuk memenangkan persaingan maka website harus memiliki konten lebih baik dari pesaing, setidaknya peringkat 10 besar halaman pertama yang dijadikan target.

Sekarang anggap saja website anda tergolong website baru, baik DA (Domain Authority) masih di angka 1. Adapun peringkat 1 untuk masing2 keyword, serta minimum DA dilihat dari peringkat 10 besar :

  • Keyword 1 : peringkat 1 => pesaing.com (DA 48), minimum target halaman 1 (DA 24)
  • Keyword 2 : peringkat 1 => pesainganda.com (DA 29), minimum target halaman 1 (DA 13)
  • Keyword 3 : peringkat1 => juara.com (DA 45), minimum target halaman 1 (DA 22)
  • Keyword 4 : peringkat 1 => websiteabalabal.com (DA 18), minimum target halaman 1 (DA 5)

Melihat keadaan website  anda yang memiliki DA hanya 1 maka diperlukan kerja extra untuk mengalahkan pesaing. pembuatan artikel misal 3000 kata lebih untuk setiap keyword (dasar) menjadi rencana yang dianggap cukup baik, dimana artikel tersebut terdiri dari struktur SEO (tag h1, h2, h3), gambar serta video usaha.

Sertifikat ssl (https)

Website yang mempunyai sertifikat ssl (https) memiliki nilai lebih di mata google dan lebih di prioritaskan.

Membuat sitemap serta setting robot.txt

Sitemap dan robot txt adalah bentuk komunikasi website dengan bot mesin pencari, dimana sitemap berfungsi sebagai petunjuk arah sedangkan robot txt berfungsi sebagai larangan atau mempersilahkan bot google memasuki suatu bagian web.

AMP project

AMP (Accelerated Mobile Page) adalah “project” yang saat ini gencar dikampanyekan google. Proyek ini bertujuan agar halaman website mobile friendly. Dengan AMP website akan memiliki kecepatan hingga 4 kali lipat dari versi mobile friendly biasa. Serta ukuran akan berkurang menjadi hingga 10 kali lipatnya.

Pada situs web berbasis wordpress, AMP untuk posting sangat mudah dilakukan menggunakan plugin, namun untuk halaman saya harus mendesain dari awal.

Integrasi Dengan Google My Business (Bisnis Local)

Local listing sangat diperhatikan mesinpencari seperti google. Dengan membuat akun google my business serta melakukan verifikasi akan signifikan mempengaruhi peringkat website juga pengunjung, setidaknya yang berlokasi di dekat tempat usaha anda.

Integrasi semua akun webmaster (google, bing, yandex)

Akun webmaster berfungsi mengelola teknis website juga sebagai kantor perwakilan website di mesin pencari. Pemantauan masalah teknis yang berhubungan dengan optimasi seperti : sitemap , robot txt, markup, AMP project, Crawl eror, laporan malware, penalti, pemindahan nama domain, perbandingan CTR pengunjung  (kondisi teknis SEO umum website) dikelola melalui akun ini.

Setting google analystic

Google analystics merupakan alat bantu pengelolaan website, berfungsi untuk mengetahui jumlah pengunjung, perbandingan pengunjung baru dan berulang2, tingkat bounching rate, visitor beharvior, demografi dll. Ini sangat berguna untuk melihat kinerja website, juga sebagai acuan kebijakan website kedepannya.

Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN (content delivery network) berfungsi sebagai server pertahanan pertama dari serangan hacker, mempercepat loading server, juga meringankan beban server sehingga server menjadi lebih kebal down. CDN yng umum digunakan adalah cloudflare, untuk wordpress bisa ditambahkan CDN photon.

Integrasi dengan Sosial Media

Sosial media merupakan bobot tertinggi penilaian google terutama untuk web baru. Integrasi dengan sosial media memberitahu google bahwa setiap sosial media yang dimiliki akan dianggap “alias” atau satu perusahaan dengan website.

Penyusunan elemen SEO (title tag, description meta, image alt atribut, link building)

Semua elemen SEO ditujukan untuk bot mesin pencari sehingga dapat dengan mudah memahami isi dari website.

Pembuatan taxonomy konten ( related content, kategori & tag)

Mempermudah pengunjung menemukan konten yang diinginkan, serta menurunkan tingkat bounching rate website yang berpengaruh negatif terhadap penilaian google.

Penyusunan Strategi Konten

Keyword utama yang ditargetkan misalnya hanya 4, namun untuk mencapai posisi yang ditargetkan maka riset keyword lanjutan harus dilakukan, untuk mencari keyword turunan penopang keyword utama. Penyusunan strategi melalui proses POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling), serta skema alur link building ditentukan di tahap ini.

Edukasi & Komunikasi

Tugas jasa SEO akan berakhir ketika keyword menempati halaman 1, selanjutnya anda sebagai pihak pemilik melakukan SEO untuk mempertahankan posisi. Maka edukasi dan komunikasi harus dilakukan, setidaknya anda sebagai pemilik website tau apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan posisi nantinya.

Harga SEO dan Biaya setup website akan berbeda mengacu pada tingkat kesulitannya, berkisar antara 2 hingga 5 juta bahkan lebih. Setup website dengan persaingan sangat tinggi bertujuan sebisa mungkin membuat website sempurna baik kualitasnya untuk menggeser website otoritas diatasnya.

Tahap 3 Harga SEO Keyword

Mungkin lebih tepatnya biaya pada proses serta hasil dari pengerjaan optimasi website pada mesin pencari. Penentuan harga SEO keyword ditentukan berdasarkan tingkat kesulitannya dengan memperhatikan jumlah intensitas dan persaingan.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai peringkat yang ditargetkan sangat fleksibel. Flrksibel disini sangat tergantung usaha anda serta bantuan jasa SEO. Sebaiknya anda pahami bahwa waktu yang dihabiskan, terlebih jika website anda baru tidak singkat. Anda harus berfikir rasional mengenai waktu mencapai peringkat terbaik SERP google, pesaing anda bukan hanya 1, mereka ribuan. Pesaing anda tidak diam, merekapun melakukan SEO.

Ada 2 contoh alternatif yang bisa anda pilih dalam proses menaikan posisi kata kunci di peringkat mesin pencari (SERP).

Alternatif 1 Biaya Keyword dibayar jika sudah mencapai halaman 1

Alternatif 1 pembiayaan harga SEO hampir tidak ada, namun anda diwajibkan sangat aktif melakukan optimasi internal maupun eksternal di bawah pengawasan jasa SEO. Berdasarkan analisis contoh mengenai tingkat kesulitannya maka biaya jika keyword yang ditargetkan mencapai halaman 1 adalah sebesar :

  • Keyword 1, RP 5 juta (pencapaian target dibawah 1 tahun sangat baik, 2 tahun baik, 3 tahun wajar)
  • Keyword 2, Rp 2,5 juta (pencapaian target dibawah 6 bulan sangat baik, 1 tahun baik, 2 tahun wajar)
  • Keyword 3, RP 5 juta (pencapaian target dibawah 1 tahun sangat baik, 2 tahun baik, 3 tahun wajar)
  • Keyword 4, RP 500 ribu (pencapaian target antara 3 bulan sangat baik, 6 bulan baik, 1 tahun wajar)

Syarat dan Ketentuan Proses SEO Alternatif 1

Anda diwajibkan secara konsisten melakukan proses SEO dengan pengawasan jasa SEO.

Kewajiban Anda Sebagai Pemilik
  • Wajib posting artikel (konten) dengan keyword seperti yang ditentukan pada penusunan strategy konten tahap 2 setup SEO, minimal 1x satu minggu (lebih sering, lebih baik), serta sesuai kualitas yang baik.
  • Wajib membagikan konten yang di buat ke akun2 sosial media dan halaman yang dimiliki serta terintegrasi.
  • Menggunakan iklan berbayar minimal iklan facebook dengan alokasi 140 rb / bulan (saat ini). Dibayarkan ke pihak penyedia iklan.
Kewajiban Pihak Jasa SEO
  • Wajib mengawasi dan melakukan koreksi jika menemukan posting yang kurang memenuhi sarat.
  • Wajib membantu dan menjawab pertanyaan anda sebagai pemilik sejelas mungkin.
  • Memberikan bimbingan pembuatan iklan.

Alternatif 2 Biaya Keyword dibayar per bulan

Alternatif yang ke 2 ini berbeda dengan yang pertama. Jasa SEO akan mengerjakan semua proses SEO tiap bulannya. Anda diwajibkan membayar iuran per bulannya, saya anggap saja iuran harga SEO 2,5 juta / bulan (sebenarnya tergantung kesepakatan), namun anda tetap harus membayar jika keyword mencapai targetnya :

  • Keyword 1, RP 5 juta (pencapaian target dibawah 1 tahun sangat baik, 2 tahun baik, 3 tahun wajar)
  • Keyword 2, Rp 2,5 juta (pencapaian target dibawah 6 bulan sangat baik, 1 tahun baik, 2 tahun wajar)
  • Keyword 3, RP 5 juta (pencapaian target dibawah 1 tahun sangat baik, 2 tahun baik, 3 tahun wajar)
  • Keyword 4, RP 500 ribu (pencapaian target antara 3 bulan sangat baik, 6 bulan baik, 1 tahun wajar)

Syarat dan Ketentuan Proses SEO Alternatif 2

Pihak jasa SEO akan melakukan semua pekerjaan proses optimasi dan akan melaporkan per bulannya.

Kewajiban Anda Sebagai Pemilik
  • Wajib membayar iuran wajib tiap bulan
  • Wajib menyerahkan biaya iklan berbayar tiap bulannya
  • Wajib berkomunikasi dan belajar jika terjadi kebingungan
Kewajiban Pihak Jasa SEO
  • Wajib psoting artikel (konten) dengan keyword seperti yang ditentukan pada pembuatan strategy konten minimal 1x satu minggu (lebih sering, lebih baik), serta sesuai kualitas yang kami tetapkan.
  • Wajib membagikan konten yang di buat ke akun2 sosial media dan halaman yang sudah dibuatkan.
  • Menggunakan iklan berbayar minimal iklan facebook dengan alokasi 140 rb / bulan (saat ini). Biaya dari promosi sepenuhnya dari anda.
  • Wajib membuat laporan, berkomunikasi dan menjawab pertanyaan pemilik sejelas mungkin.

Harga SEO yang Mahal Berbanding Lurus Dengan Hasilnya

Seo lebih baik dilakukan sendiri, karena menyangkut bisnis anda. Jika memang tidak memiliki waktu silahkan mempercayai jasa SEO, tapi anda harus rasional dalam menyepakati harga SEO. Setiap orang yang bekerja tentu harus dibayar secara adil sesuai apa yang mereka korbankan demi usaha anda, waktu, tenaga dan pemikiran.

Berbeda dengan jasa pembuatan website, jasa SEO tidak bisa seenaknya anda atur dan tekan. Namun sebaliknya, anda yang harus patuh terhadap aturan nya.

Biaya jasa SEO yang sebenarnya memang sangat mahal, karena optimasi website anda dilakukan secara benar, konsisten dan profesional. Jika anda masih berfikir membayar jasa SEO ratusan ribu atau beberapa juta saja dengan target keyword serampangan tentu hasil yang didapat tidak sedikitpun mendekati sasaran yang ditargetkan.

Berapapun mahalnya jasa SEO (yang tidak seberapa) tidak sebanding dengan apa yang anda dapatkan nantinya. Tetap anda sangat diuntungkan. Oleh karena itu harap cermat dalam memilih jasa SEO, jika anda membayaar murah kemudian gagal adalah sepenuhnya kesalahan anda bukan jasa SEO.

Waktu pencapaian dan peringkat website bukan ditentukan oleh anda, bukan juga jasa SEO. Pencapaian dan peringkat website anda di hasil pencarian sepenuhnya adalah kewenangan mesin pencari (google).


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


2 Comments

    • thidi

      Sekarang ini setiap pemilik wajib gan, paham SEO, persaingan semakin ke sini tambah berat saja. Lagian sinyal ii sudah ada sejak tahun 2013 ketika google merubah total mesinnya ke humming bird. Cara SEO lama sudah tidak bekerja.

Beri Komentar Anda ...