Blog

Pertimbangan Mencari Jasa Pembuatan Website Murah

Posted by:

Harga Website murah adalah keyword yang sangat populer ketika seseorang berniat mencari jasa pembuatan website murah. Ketika berniat memiliki website yang bertujuan menunjang usaha maka yang pertama anda lakukan adalah mencari jasa pembuatan website.

Sesuai fungsinya yang merupakan representasi bisnis di dunia maya, memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan bisnis offline (konvensional). Maka memiliki website adalah sesuatu langkah yang berdampak positif. Namun seperti layaknya barang, website pun tidak sama dalam segi harga dan kualitasnya. Hal ini akan berpengaruh mengenai keberhasilan usaha anda nantinya.

Sebenarnya Berapa Biaya Pembuatan Website Itu?

Anggap saja website itu nasi goreng, memangnya berapa biaya bikin nasi goreng?, paling nasi, garam, bawang, telor, silahkan hitung sendiri. Begitu juga website anda perlu bahan2 nya, hosting, domain, wordpress (jika menggunakan cms). Sebaiknya saya terangkan satu2, dengan kesepakatan “website” ya, bukan blog gratis numpang di property website orang lain. Elemen website dalam pembuatannya menyangkut 3 hal, core (dasar) website, desain struktur dan input konten, terakhir finishing.

Core (dasar) Website

Dasar website hanya menyangkut 3 hal saja :

1. Server Hosting

Server hosting adalah tempat dimana anda menyimpan semua data website. Jenisnya beragam (SH, VPS, DS,CS), speknya beragam, kemampuannya beragam, macam2 kualitasnya. Ada yang lelet macam keong, ada ya cepat bagai petir. Ada yang sempit macam dapur umum, ada yang seluas samudra. Ada yang kuat bagai benteng baja, ada yang rapuh kaya kerupuk.

Untuk harga sangat bervariasi dari puluhan ribu hingga puluhan juta, anggap saja Rp 100 ribu – 10 juta rangenya, tergantung spesifikasi dan kualitasnya. Saya anggap anda mengambil yang standar dikisaran RP. 300.000, disk space 1 GB.

2. Domain Website

Domain website, mungkin tepatnya identitas, alamat dari website anda. Harganya bervariasi juga, tergantung extensionnya, bahkan ada yang gratis seperti dot tk (.tk). Anggap juga anda mengambil yang umum, dot com yang ada di kisaran RP 95.000. Biasanya gratis jika membeli paket hosting 1 GB misalnya bonus dari pembelian hosting tadi. Berarti nol rupiah.

3. CMS WordPress (jika memilih wordpress)

WordPress sendiri merupakan opensource gratis, biaya sebenarnya ada pada themes. Itu pun jika theme premium, jika theme gratis ya tidak bayar. Theme gratis dari wordpress itu sudah baik menurut saya, dan layak. Jadi saya nggap anda pake yang gratisan.

Biaya dasar website asumsi anda mampu membuatnya sendiri berarti 300.000 + 0 + 0 = Rp 300.000. Cukup murah!!!, jika ingin mengirit lagi cari server yang lebih murah dengan resiko kerugian untuk masa depan website anda. Jangan kebangetan ngiritnya, ini untuk usaha anda, untuk masa depan anda. Sekali ke diskotik saja anda mengeluarkan uang 5 juta satu malam, masa untuk kelangsungan bisnis, sebagai dasar pemasaran internet anda anda hanya 300 ribu satu tahun masih mikir2. Seandainya bikin sendiri.

Desain, struktur dan input konten

Yang paling menarik di tahap ini, banyak perdebatan mengenai harga. Hal ini wajar karena memang jasa itu sifatnya bervariasi, tidak sama, susah diukur tidak seperti produk fisik.

  • Gratis, jika anda yang melakukannya sendiri
  • Di bawah satu juta, mungkin seratus dua ratus ribu saja, perusahaan yang bermain di kelas ini umumnya membuat tempelate yang sudah jadi, mereka desain dari awal, 1 desain untuk dipakai berulang2. Mungkin biaya yang dibebankan hanya biaya instalasi saja. Selanjutnya silahkan anda berusaha sekuat tenaga input data2nya sendiri.
  • Diatas 1 Juta mungkin dibawahnya sedikit, anda dibuatkan desain khusus untuk website dari awal, serta hanya memasukan beberapa konten saja, bisa anda yang membuat konten bisa juga si pembuat website. Jika pembuat website mengisikaan konten bagi anda tentu saja bertambah mahal harganya.
  • Diatas 2 juta, pada kisaran harga 2 juta keatas umumnya pelayanan dari jasa pembuatan website menyentuh garis kewajaran tapi belum dianggap maksimal karena optimasi belum dilakukan.

Hasil yang anda dapatkan berbanding lurus dengan harga, waktu dan usaha serta pemikiran yang dikorbankan untuk membangun website milik anda. Jika yang anda dapatkan tidak sesuai maka sesuaikan harganya.

Finishing, Integrasi dan Optimasi

Proses optimasi dikenal dengan proses seo onPage, mengoptimalkan konten website anda pada mesin pencari. Mengenai struktur konten, kecepatan, ukuran, hingga pengujiannya. Integrasi berarti melakukan pondasi SEO offPage yang nantinya anda lakukan dalam pengelolaan website. SEO offPage dimulai dari pengintegrasian mesin pencari, google local business, dengan sosial media, mungkin juga dengan forum2 sangat tergantung jasa yang ditawarkan. Harga sangat bervariasi, bisa dimulai dari Rp 1 jt terlalu murah mengingat pekerjaannya berat, mungkin 2 jt, mungkin juga lebih. Beberapa jasa pembuatan juga menawarkan pelayanan purna jual, salah satunya edukasi, lalu revisi, lalu monitoring, lalu lintas. Namun tetap gratis jika anda mampu melakukannya sendiri.

Finshing, berupa optimasi dan integrasi merupakan tahap yang sering diabaikan sekaligus tahap yang “terpenting”. Pada tahap ini sebenarnya yang menentukan apakah website anda dapat bersaing dengan baik nantinya atau tidak sama sekali.

Jadi berapa tuh? hanya 300 ribu saja, tapi anda buat sendiri websitenya ya, dari awal bertahap, nanti terasa kesulitan2annya. Dengan begitu anda tau benar berapa harga untuk “jasa desain website” yang berjuang membuatkan website terbaik untuk anda.

Jika mempercayakan ke jasa pembuatan website, untuk mendapatkan website yang benar2 “siap tempur” sudah mendekati 5 juta, itu hanya opensource CMS, lain halnya jika website tersebut dibangun dari awal, tanpa cms gratis. Jadi paham ya jika ada perusahaan bonavit berani bikin website dengan harga puluhan hingga ratusan juta, karena ada manfaat dibalik itu semua.

Klasifikasi Umum Jasa Pembuatan Website

website murah jasa thidi-design

Setelah membaca uraian diatas, secara garis besar menurut manfaat yang didapat, dibandingkan harga. Anggap saja dapat di bagi 3 klasifikasi dari jasa pembuatan website dan toko online :

1 . Produk website tingkat satu

Umumnya jasa pembuatan website ini kurang tepat jika dikatakan pembuatan website, lebih tepatnya disebut jasa penjualan template. Mereka menawarkan jasa pembuatan webste murah dengan harga website ratusan ribu rupiah. Yang dilakukan adalah hanya menaikan template open source CMS atau CMS buatan mereka sendiri sedangkan pengerjaan yang meliputi imput data, optimasi hingga integrasi dilakukan sendiri oleh pembeli.

  • Bisa dikerjakan setiap orang tanpa harus memiliki skill programing, desain maupun optimizer.
  • Online dalam sehari
  • Desainnya baik dalam layout hingga jenis font mirip, serupa dan seragam
  • Umumnya berbentuk toko online
  • Kapasitas hostingnya di bawah 1 GB share hosting dengan spesifikasi rendah mengenai processor, memory serta spesifikasi lainnya dari komputer server.

Beberapa laporan yang kami terima bahwa beberapa jasa website desain tidak jujur ketika memberi harga sebenarnya. Harga yang tercantum murah sebenarnya hanya pemikat sehingga untuk membuatkan anda website biaya akan melambung tinggi.

2 . Produk website tingkat menengah

Produk website pada tingkat ini menggunakan opensource cms seperti wordpress, jomla, magento, presta shop dan lain sebagainya. Sebagian kecil berbentuk cms sendiri dan php native. Pada umum nya website jenis ini memiliki harga website diatas satu juta hingga sepuluh juta.

Pada kelas ini sudah bisa dikatakan jasa pembuatan website murah yang sesungguhnya. Perbedaan antara satu jasa pembuatan website yang satu dengan yang lainnya adalah dalam meracik opensource cms yang nantinya akan menjadi website dan toko online. Baik cms gratis maupun premium sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat mencolok karena hal ini sangat tergantung dari keahlian dari si pembuat website.

Perbedaan harga cms gratis dan premium tidaklah tinggi dan justru cms gratis lah yang memiliki tingkat kesukaran lebih tinggi karena seorang pembuat website dituntut untuk meminimalisir dan menghilangkan bug. Ciri-ciri dari produk jenis ini :

  • Dikerjakan oleh seseorang atau beberapa orang dengan syarat mempunyai skill programer, desainer, dan optimizer dengan kapasitas tertentu.
  • Lamanya pengerjaan tergantung pada tingkat kerumitan, banyaknya konten hingga keahlian si pembuat website.
  • Custom design
  • Berbentuk company profile, toko online, multivendor dsb
  • Kapasitas hostingnya diatas 1 GB meskipun ada yang di bawah tetapi spesifikasi hosting nya sangat baik. Kelas hostingnya bisa share hosting, VPS, dan dedicated server.

3 . Produk Website tingkat atas

Website jenis ini memiliki harga yang sangat mahal dikarenakan proses pengerjaannya yang sangat rumit dan membutuhkan banyak orang dengan spesifikasi masing2 (tidak jauh berbeda dengan sebuah proyek yang terdiri dari banyak orang dalam sebuah tim dan dikepalai projek manager). Spesifikasi pengerjaan website seperti desaigner, back-end programer, front-end programer, tester dan sebagainya dilakukan oleh setiap orang yang mempunyai skill mumpuni di bidangnya.

Umumnya website jenis ini di bangun dari nol dan semua program didalamnya di buat secara khusus untuk website tersebut. Harga website yang sangat mahal bisa puluhan juta bahkan lebih dari ratusan juta seimbang dengan fungsi website yang benar2 sesuai dengan kualitasnya. Ciri-ciri website jenis ini:

  • Dikerjakan oleh tim yang setiap orangnya mempunyai tugas masing-masing dan dipimpin oleh manager.
  • Lama pengerjaan bisa berbulan-bulan hingga tahunan
  • Custom website baik front-end maupun back-end serta program didalamnya
  • Berbentuk company profile, toko online hingga sistem informasi
  • Kebanyakan memiliki server sendiri dan yang terendah adalah VPS

Harga jasa pembuatan website murah memang membuat kita tertarik terutama yang berniat memiliki website dan toko online. Harga website murah tidak menjamin manfaat sesuai yang diharapkan, oleh karena itu cerdaslah sebelum memilih jasa pembuatan website. Bagaimanakah spesifikasi dari servernya (kapasitas, kecepatan, downtime dll). Bagaimanakah langkah atau cara si pembuat website dalam membuat website kita, apa saja fitur yang didapat dari jasa tersebut, apa saja pelayanan purna jualnya. Hal-hal tersebut dapat dijadikan pertimbangan selain harga website yang murah dalam mempercayakan pembuatan website kepada jasa pembuatan website tertentu.

Harga Website Vs Kualitas Website

Hal yang sangat wajar jika kita ingin membeli website murah dengan kualitas sebaik mungkin. Setiap web developer maupun jasa pembuatan website perorangan tentunya membutuhkan “amunisi” ketika membangun sebuah website.

Harga website murah dan kualitas yang anda inginkan bukan berarti hanya ratusan ribu saja, melalinkan sesuai dengan target ingin seperti apa website yang anda inginkan serta kualitas dari website nantinya. Perlu anda ketahui bahwa nasib website anda ke depannya dipengaruhi beberapa faktor. Salah satu contoh faktor yang mempengaruhi daya saing website ketika awal website di buat. Apa yang akan kita peroleh dengan mengeluarkan biaya pembuatan website dengan jumlah tertentu? Kemudian bandingkan dengan manfaat yang diperoleh nantinya.

Harga tinggi bukan berarti kualitas baik, harga rendah bisa mendapatkan kualitas yang baik, namun harga website murah yang tidak rasional tidak mungkin mendapatkan kualitas yang baik. Banyak jasa pembuatan website murah yang menawarkan harga yang super murah, di bawah satu juta bahkan di bawah 300 ribu saja. Sebetulnya dengan investasi website sebesar itu pastilah website yang kita dapatkan hanya template saja yang sebenarnya bisa dapatkan secara gratis. Sebaiknya bagi anda yang ingin memiliki website perlu untuk tidak sembarangan tergiur harga yang semurah-murahnya, hati-hati terjebak dengan harga murah terlebih tidak masuk akal.

Rasional Dalam Menentukan Harga

Website itu, bukan hanya menyangkut tampilan semata, tampilan memang perlu, tapi jauh lebih penting konten. Buat apa tampilan web yang “keren abis”, tapi dibuka seabad, ngabisin waktu, menghabiskan kuota, bikin emosi. Lalu, apakah kita akan memperoleh manfaat dengan berangan-angan memperoleh konversi rupiah puluhan juta hingga milyaran rupiah dengan hanya 300 ribu saja?, jawabannya tentu tidak dan mimpi di siang bolong, semuanya kembali ke kualitas website, wajib didukung usaha kita dalam mengelola website dan bisnis online.

Di satu sisi orang lain yang bersedia investasi di website sebesar jutaan rupiah mungkin secara manfaat menjadi lebih murah, dikarenakan tidak membuang uang secara percuma. Di sisi lain anda menganggap remeh memiliki website hanya dengan modal 300 ribu saja (sedangkan anda sama sekali tidak mengerti mengenai website), maka anda akan merasakan kebingungan dalam mengelolanya, sudah bisa diprediksi anda hanya buang-buang uang saja. Kecuali anda kemudian tersadar dan mengeluarkan investasi lebih untuk melakukan promosi yang besar-besaran. Namun tetap saja website anda harus dirombak total untuk hasil yang sesuai harapan.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Umum