Website Sekolah dan Komunitas Berbentuk Jejaring Sosial

Website sekolah dan komunitas pada dasarnya memiliki banyak kemiripan. Anggota website ini bersifat tertutup, diperuntukan bagi yang memiliki kesamaan lingkungan, hobi atau minat. Seperti halnya komunitas yang berbeda, website sekolah pun disesuaikan dengan tingkatan sekolahnya seperti PAUD, TK, SD, SMP,SMU, SMK.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada salah satu web sosial media facebook tersedia fasilitas group tertutup juga halaman / fans page. Bagaimana manfaat membuat website sendiri dengan format demikian? Pastinya menjadi lebih “Powerfull” sarana online yang komunitas anda miliki. Bagaimana publik melihat komunitas anda, melihat sekolah tercinta yang anda miliki. Tidak hanya berisi data2 statis dan informasi saja, aktivitas anggota komunitas, para siswa, orang tua siswa dan guru2 saling berinteraksi secara aktif didalamnya. Maka website berbentuk sosial media akan memberikan nilai tambah yang signifikan terhadap penilaian publik bagi organisasi anda, tentu saja meningkatkan pemasaran organisasi.

Memiliki website sekolah atau komunitas itu biasa, memiliki group komunitas interaktif di Facebook juga biasa

Jika anda mencari pada tab search engine google keyword website sekolah atau website komunitas hasilnya berjajar deretan website sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas yang ada. Jika anda klik maka akan membawa anda masuk ke dalam (melihat isi) dari web2 tersebut. Isinya sudah bisa ditebak yaitu informasi dan posting / berita. Kebanyakan web 1.0 (statis / berisi informasi saja) dan web 2.0 (dinamis / ada update berupa posting dan berita).

Facebook merupakan web interaktif / setiap anggota dapat melakukan berbagai kegiatan didalamnya, menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh anggota komunitas. Facebook Group dan Halaman adalah fasilitas yang disediakan oleh facebook untuk anggotanya. Namun dikarenakan statusnya menumpang jadi tetap saja websitenya milik facebook. Salah satu yang pasti adalah mau tidak mau anda harus mengikuti aturan dari facebook tersebut. Sebagai contoh facebook mendapat pemasukan dari pemasangan iklan (advertising), maka anda harus menerimanya jika iklan tersebut muncul (terlalu rame) di layar perangkat laptop / hp yang anda miliki.

Permasalahan yang Dihadapi Web Sekolah

Sebagian besar web sekolah yang sudah ada umumnya menjadi kurang efektif. Ketidak efektifan ini terdapat pada manfaat dari website sekolah yang tidak tepat pada sasaran pembuatannya.

Website Tidak Terurus

Penyebab umum website menjadi terlantar salah satunya Keberadaan admin yang bersedia memperbarui konten website sering menjadi masalah, karena sebaiknya website mempunyai admin khusus, jika tercampur dengan tugas dan pekerjaan lain seringkali berdampak pada tidak terurusnya website sekolah.

Ketidak Pedulian Siswa

Siswa dan siswi remaja umumnya suka akan situs jejaring sosial, dimana mereka bisa bercengkrama, bertukar pendapat, gambar, video dan lainnya. Bermain adalah perilaku wajar dan normal untuk anak di usia remaja.Dengan demikian website sekolah sama sekali tidak efektif untuk mendukung proses belajar-mengajar.

Pemasaran Sekolah yang Gagal

Sebuah website agar berada pada peringkat hasil pencarian google diharuskan tinggi trafiknya. Website yang sepi dari aktifitas tidak bisa mendapat popularitas dari google. Bagaimanapun tingkat kepuleran website sangat dipengaruhi trafik dari mesin pencari, jumlah pengunjung yang sepi akan menyebabkan website semakin terpuruk di hasil pencarian.

Website Hanya Berumur 1 Tahun

Ini terjadi bukan hanya pada website sekolah, namun juga website pada umumnya. Salah satu penyebabnya adalah kelalayan melakukan perpanjangan. Masalah perpanjangan sebetulnya bukan kewajiban pihak developer web, sehingga pihak sekolah yang harus mempunyai inisiatif melakukan perpanjangan.

Memiliki Sendiri Website Sosial Media Baru Luar Biasa !!!

Jika umumnya website sekolah dan komunitas adalah web 1.0 dan 2.0, maka thidiweb sebagai jasa pembuatan website yang selalu memahami kebutuhan klien bersedia membuatkan anda lebih dari sekedar web 2.0. Website ini berfungsi hampir mirip dengan facebook sehingga memungkinkan semua anggota secara aktif beraktivitas didalamnya. Salah satu contoh website komunitas berbentuk sosial media portofolio thidiweb adalah website ikatan alumni SMPN 4 Padang (https://ika-smpn4padang.org/). Fasilitas2 web sosmed dijelaskan sebagai berikut :

Membership

Membership / keanggotaan adalah sarat wajib untuk website sosial media. Setiap pengunjung yang ingin berinteraksi didalam website diwajibkan mengisi formulir biodata yang nantinya tersimpan di database. Data-data yang diperlukan bisa ditentukan sesuai oleh sekolah maupun komunitas. Hak pengunjung (visitor umum) bisa diatur apakah bisa melihat aktivitas atau sama sekali tidak.

Profil Anggota

Halaman profil anggota merupakan halaman privat setiap member mengenai pengaturan apa saja yang boleh diketahui publik dan tidak. Di halaman ini setiap anggota secara bebas memasang foto profil, foto tajuk serta mengatur biodata yang diperlukan untuk diperlihatkan ke publik semua anggota website.

Aktivitas Anggota

Jika anda sangat familiar dengan sosial media pastinya mengetahui semua aktivitas yang bisa anda lakukan di website tersebut. Update status, upload media gambar dan video yang kemudian dikomentari anggota yang lain. Colek mencolek, private massage hingga membuat group sendiri (misal untuk kelas2 pada sekolah mempunyai group sendiri) bisa dilakukan pada produk website sekolah dan komunitas thidiweb.

Live Chat & Chat Room

Fasilitas chat tidak terlepas dari kebutuhan website komunitas dan sekolah. Fungsi chat memungkinkan setiap anggota untuk mengobrol bersama dengan semua anggota (General Chat Room), maupun mengobrol “privat” antara saru member dengan yang lainnya. Fasilitas live chat ini juga memungkinkan setiap member mengirimkan gamber, emote dan saling bertukar file.

Event & Calendar

Setiap komunitas dan sekolah mempunyai agenda dan kalender tersendiri, acara tersendiri. Kalender ini berisi pengumuman otomatis yang terintegrasi dengan google map. Penginputan semua data, biaya hingga alamat akan secara otomatis tampil berbentuk visual yang menarik dan berbentuk google map.

Forum

Forum adalah sebuah halaman interaktif tempat semua anggota berdiskusi mengenai topik yang ditentukan. Foum bisa dijadikan sarana untuk menampung aspirasi setiap anggota mengenai suatu bahasan. Berbeda dengan aktivitas member, diskusi pada forum lebih ke arah formil, meskipun semuanya tidak demikian.

Posting & Berita

Tidak semuanya informasi bersifat internal, adakalanya sebuah informasi penting berasal dari luar komunitas. Selain itu posting berita dapat dijadikan dasar untuk berdiskusi diantara anggota. Posting & berita ini sebenarnya berbentuk blog yang memiliki fungsi dan format yang sama seperti website dinamis.

Manfaat Website Jejaring Sosial

Website jejaring sosial adalah jenis website interaktif, keunggulan website jenis ini memungkinkan semua anggota secara aktif beraktivitas didalamnya. Seperti layaknya facebook, nantinya diharapkan website sekolah mampu mencapai sasaran dan tujuannya dengan efektif dan efisien.

Website Terurus karena Dikelola Bersama-sama

Baik Pengurus website yang ditunjuk sebagai pengurus utama (key master), anggota (guru, siswa, orang tua siswa) sama2 mengelola website, meskipun dalam proporsi kewenangan yang tidak sama. Setiap anggota baik itu pengurus, guru, siswa , bahkan orang tua siswa bisa mengupdate “status”, ataupun membuat artikelnya sendiri.

Admin website tidak dilakukan oleh seorang saja, namun beberapa yang juga memungkinkan perwakilan siswa (misal ketua osis)  menjadi admin dibawah pengawasan Super admin (kepala sekolah).

Siswa Merasa Memiliki dan Bangga Akan Website Sekolah

Umumnya Remaja (siswa dan siswi) senang bersosialisasi, mereka memiliki akun di berbagai sosial media seperti facebook, twitter, instagram dll. Mengapa tidak menyediakan fasilitas demikian di web sekolah?.

Hampir semua fasilitas facebook terdapat pada web sekolah, dimulai dari update status, kirim gambar, Video, colek-mencolek, chat group dengan semua member maupun char privat antara siswa dengan siswa terfasilitasi.

Pemasaran Website yang Berhasil

Semua kegiatan dari mulai bermain, bercengkrama antar siswa dilakukan di web sekolah. Semua event pengumuman dilakukan di web sekolah. Semua tugas dan diskusi oleh guru diberikan lewat forum diskusi maupun lewat group komunitas kelas. Orang tua siswa bisa mengawasi kegiatan anak2nya hingga sangat mudahnya berkomunikasi dengan guru dan pihak sekolah. Pengumuman apapun akan mudah disampaikan lewat pemberitahuan via email. Kesibukan website mengeni trafik akan sangat berpengaruh terhadap peringkat google. Semua sasaran akan terpenuhi melalui jenis website sekolah jejaring sosial.

Dukungan Pelatihan Pengelolaan Website

Thidiweb memberikan pelatihan pengelolaan website secara kesuluruhan, sehingga diharapkan pihak sekolah mampu mengelola hingga memperpanjang website nya sendiri. Monitoring selama 3 bulan dimaksudkan untuk mencari dan memperbaiki bug yang mungkin ditemukan ketika website berjalan. Selain itu kami menempatkan berita terbaru seputar teknologi dan internet marketing pada widget yang selalu update agar setidaknya membuka wawasan siswa mengenai Digital Internet Marketing.

Keamanan dan Optimasi Lebih Dibanding Website Biasa

Sekilas anda pasti bisa menebak bahwa website seperti ini memerlukan space yang sangat besar serta rawan dari segi keamanannya. Thidiweb memahami hal ini, maka untuk website sekolah dan komunitas dengan format sosial media akan lebih ditekankan pada optimasinya. Website yang setiap orang bisa memasukan data sesukanya memerlukan space disk unlimited serta optimasi performa yang memadai agar server tidak mudah tumbang.

Sedangkan untuk keamanan website ini akan memeiliki sertifikat ssl (https) hingga melakukan backup secara otomatis setiap harinya pada waktu yang bisa anda tentukan sendiri. Selain itu prosedur keamanan standar untuk setiap website klien kami tetap diberlakukan.

  • Disk Space Unlimited
  • Sertifikat SSL (misal https://www.domain-anda.sch.id)
  • Backup otomatis setiap hari
  • CDN Cloudflare

Kemudahan Menjalankan Website Bagi Admin

Admin panel adalah halaman untuk mengontrol jalannya website serta menerapkan aturan bagi semua anggota. Halaman khusus untuk admin website sosial media mencakup semua pengaturan yang diperlukan. Tersedianya buku panduan serta pelatihan dan support aftersales dari thidiweb akan lebih mempermudah manajemen website hingga melakukan perpanjangan sendiri dalam tahun2 berikutnya.

Jenis Organisasi yang Bisa Menggunakan Website Sosial Media

Pada dasarnya website sosial media akan terasa sekali manfaatnya bagi sekolah, komunitas dan organisasi kemasyarakatan. Akan tetapi bisnis dan perusahaan / korporat pun bisa menggunakannya. Beberapa jenis organisasi yang mendapat manfaat dari web berbentuk sosmed diantaranya :

  1. Website sekolah => Dapat dijadikan ajang interaksi antara, murid dengan murid, guru dengan murid, orang tua siswa dengan guru. Sehingga komunikasi dan pelayaynan kesiswaan dan sekolah menjadi lebih mudah dan transparan.
  2. Website komunitas => komunitas berasal dari kelompok manusia yang mempunyai hoby, kegemaran, tujuan hingga keahlian yang sama. Dengan fasilitas website intraktif maka semua kebutuhan komunikasi online dari sebuah komunitas akan terpenuhi.
  3. Website pemerintah => pemerintah yang baik adalah yang senantiasa menanggapi aspirasi rakyatnya. Dengan web yg terfsilitasi semua fungsi untuk menampung, berkomunikasi dan berinteraksi maka akan menjadikan pemerintah dekat dengan rakyatnya. Web sosmed bisa dipakai untuk website desa, kecamatan, SAMSAT, hingga kepolisian.
  4. Website perusahaan / corporat => Untuk lebih meningkatkan pelayanan serta mendekatkan diri ke pelanggan adalah hal yang sangat positif jika sebuah perusahaan melakukan inovasi dengan membuat website sebagai wadah aspirasi.

Unduh Proposal Web Jejaring Sosial Sekolah


Digital Marketing Solution
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
email : [email protected]


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...