Blog

Kriteria Website yang Baik dan Buruk

Posted by:

Website berfungsi sebagai media pemasaran online juga property usaha di internet. Anda bisa memperkirakannya sendiri jumlah website yang ada, kenyataannya semuanya berjumlah mendekati 1 milyar dan kemungkinan akan terus bertambah. Dari sekian banyaknya jumlah website yang ada sebagian besar belum memenuhi syarat kriteria website yang baik. 

Sangat umum sekali jika setiap pemilik website menganggap website nya yang terbaik, namun penilaian baik atau buruknya sebuah website bukan menurut pendapat pribadi. Website yang baik maupun yang burut dinilai oleh pengunjung, kemudian mesin pencari.

Untuk siapa sebenarnya website di buat?. Pertanyaan demikian bisa dijadikan patokan penilaian website yang baik dan buruk. Website dibangun umumnya dengan tujuan / orientasi ke pengunjung, berharap pengunjung datang dan menyukai konten website anda.

Kriteria Website yang Baik Berorientasi Ke Pengunjung

Segala hal yang baik2 itu akan memberikan hasil yang baik, jika sebuah website dibangun memenuhi kriteria website yang baik maka hasil yang diberikan website itu kepada pemilik akan ssebanding. Pengguna internet umumnya menginginkan sesuatu ketika mereka “berselancar” di internet, memasukan keyword pencarian pada mesin pencari. Setiap website berlomba2 menampilkan konten terbaik, menawarkan solusi kebutuhan pengunjung.

Desain Disesuaikan dengan Niche Website

Anda bisa bayangkan pengunjung yang hanya menginginkan produk, misalnya produk “percetakan online”, mereka menemukan website percetakan milik anda. Produk percetakan banyak sekali jenisnya, anda tempatkan kategori pada sidebar widget untuk memudahkan pengunjung menemukan produk yang diinginkan. Warna2 dan tata letak simpel dan rapih, tidak butuh waktu lama pengunjung membeli produk anda. Keterangan produk yang anda sertakan tidak begitu panjang namun jelas, sesuai dengan ekspetasi pengunjung. Anda letakan pula testimoni sesudahnya, atau popup testimoni apabila tombol di klik di tempat terbaik dengan warna yang mencolok.

Lain halnya dengan produk seni, fotografi, bahkan video yang menawarkan produk visual dan multimedia. Apakah menurut anda website yang mempunyai “niche” seperti ini tepat jika sebagian besar berupa tulisan?, bahkan untuk mendapatkan gambar harus mengklik tulisan link download terlebih dahulu. Ga bener itu, meskipun dengan alasan optimasi. Jika website anda menawarkan produk visual, sebaiknya desain website mencerminkan demikian.

Kecepatan dan Ukuran Website Ramah Visitor (visitor friendly)

Berbicara tentang kecepatan, semua pihak pastinya setuju jika website yang sangat cepat diakses merupakan indikasi website yang baik. Menampilkan konten berisi informasi secepat mungkin, tidak membuat pengunjung berlama-lama melihat “blank page” tanda bahwa halaman sedang “loading”. Siapa memangnya yang suka berlama-lama, membuang-buang waktu?.

Ukuran website berpengaruh terhadap kecepatan, mungkin anda berfikir “jika koneksi cepat sebesar apapun ukuran halaman pasti cepat di buka”. Pemikiran yang ngawur, yang benar adalah jika halaman berukuran besar dapat di buka dengan internet cepat, apalagi yang ukuran halamannya kecil?. Kenyataannya juga tidak semua pengguna internet mempunyai koneksi kecepatan “petir”, sebagian besar dari mereka memikirkan terkendala kecepatan koneksi. Pengguna Smartphone umumnya memiliki kendala sinyal juga kuota agar bisa mengakses internet, sebaiknya pikirkan masalah ini.

Website Responsive dan Adactive Plus Support AMP

Responsive berarti website memiliki kemampuan untuk merespon setiap perangkat berbeda yang anda gunakan. Jika anda membuka website melalui smartphone, maka website akan memperkecil ukurannya sendiri, baik konten tulisan maupun media.

Adactive adalah website mampu beradaptasi dengan setiap perangkat. Jika responsive adalah kemampuan merespon perangkat untuk memperkecil konten, maka adactive menyederhanakannya. Hanya responsive saja, tampilan website akan sama diakses dari berbagai perangkat, yang membedakannya hanya ukuran saja yang mengecil. Adactive berfungsi menyederhanakannya, jika website anda adactive maka tampilan di berbagai media pasti berbeda, tidak hanya ukuran displaynya saja.

AMP support merupakan project google yang mampu mempercepat “loading” hingga 4X lipat, juga memperkecil ukuran hingga 10X lipat. Website yang sudah support AMP akan lebih disukai terutama oleh pengguna perangkat mobile.

Memiliki Kompabilitas yang Baik

Compability (kompabilitas) yang dimaksud adalah tampilan website tidak “hancur” jika dibuka menggunakan berbagai macam browser. Seperti yang anda ketahui terdapat banyak browser yang bisa digunakan untuk mengakses sebuah website. Jenis browser yang umum dikenal diantaranya Google chrome, mozila firefox, internet explorer, opera, safari untuk android. Selain kompabilitas browser tampilan web pun harus baik jika dibuka di resolusi standar 800×600.

Teroptimasi dan Terintegrasi Dengan Baik

Optimasi bukan hanya menyangkut kecepatan. Lebih penting dari pada itu adalah struktur. Struktur website yang baik akan memudahkan mesin pencari memahami website anda. Sitemap salah satunya, memiliki fungsi sebagai penunjuk arah “bot” mesin pencari ketika merayapi website anda. Optimasi keseluruhan menyangkut SEO website anda. Kinerja awal dari website didapatkan melalui jalan optimasi, bukan melalui tampilan  juga lainnya.

Integrasi website memiliki peranan sangat penting. Website anda tidak dapat berdiri sendiri, anda di wajibkan memiliki akun dari setiap sosial media sebagai pondasi penunjangbisnis online. Akun2 lainnya juga tidak kalah penting, sebut saja google analystic, google webmaster, bing webmaster hingga CDN cloudflare. Dengan terintegrasinya website anda dengan semua akun sebagai pondasi pemasaran internet digital, mesin pencari serta pengguna internet akan melihat bisnis online anda sebagai kesatuan yang solid.

Server Hosting dan Keamanan Website yang Baik

Dimana website anda ditempatkan? apakah server tempat website anda beroprasi sangat kokoh?. Seandainya website anda dikatakan sempurna, baik desain serta optimasinya. Semua menjadi sia-sia jika server website anda buruk kinerjanya. Kinerja server yang baik mempengaruhi kecepatan dan kekuatan website, serta tidak mudah down.

Tidak semua pengguna internet itu baik, sebagian dari mereka mampu melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Anda pastinya mengetahui istilah “hacker”. Meskipun tidak semuanya hacker itu berbuat jahat, hanya sebagian ecil saja dari mereka yang umumnya mampu melumpuhkan website anda. Keamanan website yang berlapis mampu menjadi benteng pertahanan dari serangan orang iseng yang tidak bertanggung jawab.

Kriteria Website yang Buruk dimata Pengunjung

Website yang buruk dimata pengunjung sudah pasti buruk dimata google. Jadi jangan berharap banyak mendapatkan hasil juga manfaat dari website yang dikategorikan buruk. Kesalahan yang sangat mendasar jika anda membangun sebuah website yang sama sekali tidak berpihak ke pengunjung.

Desain Website Tidak Karuan

Sering anda melihat website yang tampilannya terlalu rame. Memang benar efek visual mampu membuat visitor terkagum2 melihat website anda. Jika tidak tepat hal ini menjadi kurang bersahabat di mata pengunjung, misal komposisi perpaduan warna juga tata letaknya. Banyak pemilik website yang meminta jasa pembuatan website agar mendesain websitenya sesuai keinginannya. Alasan ini memang benar, terserah suka-suka yang punya duit lah. Jika pemilik website mempunyai selera yang sama dengan pengunjung pada umumnya, tentu saja ini tidak menjadi masalah, bahkan sangat positif. Yang jadi masalah jika selera pemilik ini langka, menurutnya bagus padahal jelek di mata pengunjung keseluruhan.

Kecepatan Lambat & Ukuran Besar

Website yang lambat di buka, lelet pasti membuat anda jengkel, begitupun saya dan umumnya pengunjung. Ukuran yang besar biasanya menjadi penyebab utama website sangat lelet. Terkadang kita melihat sebuah website dengan ukuran hingga 10 MB, segala di pasang, musik hingga background warna-warni. Mungkin maksudnya agar terlihat seperti brosur, brosur online.

Tidak Mendukung Berbagai Jenis Perangkat

Tidak semua pengunjung membuka website anda menggunakan PC, bahkan sebagian besar menurut survey menggunakan perangkat monile khususnya hp. Kadang anda menemukan ketika mencari informasi, kemudian menemukan sebuah website menggunakan smartphone anda. Tulisannya kecil-kecil, sehingga anda harus menggunakan fasilitas zoom yang kemudian di geser kanan kiri untuk membaca kontennya. Hal ini menandakan website tersebut bukan website yang baik untuk perangkat seluler.

Tidak Kompatibel dengan Berbagai Browser Juga Resolusi Standar

Terkadang suatu website tampilannya sangat oke jika dibuka menggunakan browser tertentu, misal google chrome. Namun ketika diakses menggunakan browse lain misalnya mozila, tampilan website jadi kacu balau. Hal ini bisa anda bayangkan semua pengunjung yang menggunakan firefox mozila pastinya langsung pergi tanpa membaca konten milik anda.

Selain kompabilitas browser yang buruk, juga pada resolusi, misalnya resolusi standar 800×600. Pada resolusi tersebut tampilan website anda berubah, menjadi jelek serta tidak layak dipandang.

Tidak Adanya Optimasi Website

Ini sudah menjadi masalah umum, terutama bagi yang belum berpengalaman membangun sebuah website. Ketika website sudah terlihat oke, pembuatan website dinyatakan selesai. Sebenarnya jika mengurusi tampilan saja sebuah website tidak akan menghasilkan apapun. Website sudah online memiliki tampilan oke hanya setengah jalan dalam proses pembuatan website, sisanya seharusnya integrasi dan optimasi.

Server Hosting Bermasalah Serta Tidak Mempunyai Sistem Keamanan

Server website anda sering down, lebih parah lagi sistem keamanannya sangat buruk. Hal ini akan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi anda. Pengunjung yang potensial tidak jadi membeli produk anda, lebih parahnya semua data website anda hilang dikarenakan server terkena serangan hacker misalnya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • Harga SEO
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online