Menjalankan & Mengelola toko online

Menjalankan dan mengelola toko online sepertinya terlihat begitu mudah. “Pasti mudah, tidak berbeda jauh dengan memasukan gambar di facebook, kasi keterangan dikit barang pasti laku yang penting gambar menarik”.

Ternyata, itu kesalahan fatal jika pemikiran anda demikian, juga masyarakat pada umumnya, khususnya bagi anda yang sudah “veteran” berjualan lewat situs jejaring sosial, kebanyakan, tapi tidak semuanya. Jika masih berfikiran seperti itu lebih baik jangan dulu beralih utk memiliki dan mengelola toko online. Sederhana saja, “anda belum siap !!”.

Toko online tidak lain merupakan salah satu jenis website, sama halnya dengan sosial media “facebook”. Sedangkan anda berjualan di facebook, anda hanya tinggal memasukan barang saja di beri keterangan secukupnya. Anda tidak mengelola yang sebenarnya, pengelolaan umum oleh facebook, sedangkan yang anda lakukan hanya mengelola dagangan, itu pun dagangan milik anda sendiri. Jika memiliki toko online (online shop) berarti? “Kerjaan anda bertambah banyak”.

Apabila anda lihat contoh toko online yang ada maka dapat mengambil kesimpulan sesaat, menjalankan toko onine relatif mudah. Hanya dengan membuat website sendiri atau mencari jasa pembuatan website untuk membangun toko online kemudian pembeli datang dengan sendirinya. Tapi kenyataannya tidak demikian, menjalankan toko online membutuhkan ketekutan yang secara konsisten. Mulai dari optimasi internal website hingga menyebarkan backlink2 yang relevan  tertuju ke website anda.

Toko Online & Toko Dunia Nyata Berbeda Dengan Berjualan Di Sosmed & Situs Marketplace

menjalankan toko online

Menjalankan toko online dan toko konvensional di dunia nyata kurang lebih sama, dibutuhkan kerja keras, keahlian, pemahaman, promosi dan investasi permodalan dalam pengelolaannya. Banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum memulai bisnis ini.

Hal yang harus dipersiapkan salah satunya produk yang akan anda jual. Berbeda dengan menjual barang secara konvensional dimana barang bisa dilihat dan diraba fisiknya dengan detail, maka toko online hanya mengandalkan gambar visualnya saja, tapi tidak asal pasang gambar.

Dibutuhkan penjelasan yang terperinci untuk menimbulkan ketertarikan calon pembeli. Sebagai contoh jika anda akan menjual kaos maka harus menampilkan gambar beserta deskripsiya dengan jelas dan terstruktur. Dari situlah informasi mengenai produk anda sampai ke pengunjung, yang nantinya mereka akan tepat membayangkan fisik dari produk online anda. Ujung-ujungnya “konversi” pembelian.

Jika berjualan di facebook anda hanya melakukan pengelolaan barang saja, itupun sederhana. Setidaknya ada dua hal yang wajib anda lakukan dalam mengelola toko online

  • Pengelolaan website => Website itu butuh server tempat menyimpan semua data toko online anda. Ada yang dinamakan database, ada yang dinamakan cpanel. Belum sistem website itu sendiri, anda harus memahami benar-benar cara kerja website.
  • Pengelolaan konten => Sebelumnya anda berjualan di facebook? di kaskus? apakah di tokped?. Apapun namanya anda hanya butuh akun, foto barang disertai penjelasan di kategori yang sudah ditetapkan, kemudian membuat tag atau menentukannya dari yang sudah ada. Ketika mengelola toko online anda benar-benar menentukan semuanya. Dimulai dari struktur dan taxonomy, aturan membuat judul, dokumentasi, tta letak display hingga foto produk pun tidak bisa seenaknya anda pasang.

Konten yang menghasilkan konversi rupiah pada website berasal dari konten produk, konten informasi dan dukementasi. Produk adalah apa yang anda jual, informasi adalah kepedulian memberi pengetahuan terhadap pengunjung, sedangkan dokumentasi berupa testimonial dan portfolio.

Kelebihan Toko Online Tidak Bisa Ditandingi Jenis Bisnis Online Lainnya

Lebih tepatnya harus saling mendukung. Website / toko online itu “ganas” jika diberi makan. Sedangkan makanannya dari sosial media, dari advertising, SEO, Backlink yang berkualitas, bisa juga dari situs marketplace. Toko online anda akan menghasilkan rupiah yang melimpah jauh dari perkiraan anda. Sebaliknya, jika tidak diberi makan jangan berharap menghasilkan sepeserpun. Sekali lagi saya sarankan lebih baik jangan memiliki toko online jika belum siap mengelolanya. Seperti kebanyakan, jika anda belum siap toko online hanya akan jadi pajangan saja, pajangan yang tidak terlihat siapapun.

Tanda Jika Anda Belum Siap Mengelola Toko Online

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, jika anda belum memiliki kesiapan mengelola toko online sebaiknya jangan dulu.

Mencari Harga Toko Online Super Murah

Anda tidak bisa membuat toko online sendiri, lalu mencari jasa pembuatan toko online. Mencari toko online murah dengan harga di bawah 1 juta, jika bisa di bawah 500 ribu.

Jasa pembuatan website, baik perusahaan developer maupun perorangan sangat membutuhkan amunisi untuk membangun properti online (website) yang baik bagi bisnis anda. Namun anda hanya mengeluarkan investasi harga toko online super rendah sekali (tidak masuk akal) untuk toko online yang nantinya diharapkan menjadi sumber pendapatan anda.

Anda gunakan saja logika. Jasa keahlian membuat sebuah website membutuhkan keahlian khusus yang tidak dimiliki semua orang. Untuk mendapatkan keahlian seperti ini ditempuh dengan menempuh pendidikan, bisa juga mengorbankan waktu. Masa iya anda membayarnya sama dengan upah “mengantar aqua galon”.

Anda punya anak yang anda sayangi, anda sekolahkan tinggi2, biaya berjuta2. kemudian ada yang membayar hanya ratusan ribu untuk keahliannya. Sakit hati tak?

Umumnya harga website dibawah 1 juta bahkan 500 ribu berbentuk tempelate sehingga tidak bisa dikatakan website yang sudah jadi. Penjualnya pun tidak bisa dikatakan jasa pembuatan website, lebih tepatnya sebagai jasa penjualan template.

Selalu Berfikiran Instan Untuk Hasil Maksimal

Impian memperoleh penghasilan melimpah dari toko online adalah impian anda. Tapi anda tidak mau pusing dalam prosesnya. Tidak mau belajar, tidak mau berusaha. Jika anda serius mengelola toko online sebaiknya anda belajar cara membuat konten dan pemasarannya.

Toko online anda gagal bersaing, tidak ada yang beli, kemudian menyalahkan website nya, beranggapan memiliki website dan toko online adalah sesuatu yang sia-sia. Selanjutnya anda kembali berjualan di facebook. Jika ingin hasil instan lebih baik suruh saja istri jaga lilin malam jumat, lalu anda beroprasi.

Jasa pembuatan website yang benar akan membangun website anda sebaik mungkin. Kecepatan, ukuran, struktur hingga integrasi dilakukan. Edukasi terhadap klien wajib dilakukan, salah satu contohnya memasukan konten gambar tidak sembarangan, ukuran harus kecil, tapi tidak mengurangi kualitasnya, tidak bisa seenaknya seperti di facebook.

Rencana Strategis Persaingan Toko Online

Peluang keberhasilan toko online tidak terlepas dari keberhasilan si pemilik dalam bersaing dan menjalankan rencana strategis dalam pengelolaan toko online. Sebagaimana anda ketahui bahwa semakin kesini semakin banyak pesaing yang bermunculan baik itu persaingan sejenis dan yang tidak sejenis.

Untuk yang sejenis anda bisa mengenalinya jika pesaing dengan usaha yang sama mempunyai toko online juga. Sedangkan untuk yang berbeda mungkin bisa bervariasi, bisa pesaing yang menggunakan sosmed seperti FB, Twitter, path, instagram dan sejenisnya, ataupun menggunakan blog.

Rencana strategis ini bisa bermacam-macam bisa potongan harga(diskon), event di website anda, promosi sosmed, blogwalking, media video, dokumentasi dan lain sebagainya. Pada intinya semua ilmu pemasaran serta konsep pemasaran internet digital wajib diterapkan jika anda ingin sukses menjalankan toko online.

Mengelola Toko Online Sebagai Pondasi Segala Bisnis Online Anda

Jika anda membangun website atau toko online untuk mendukung usaha adalah langkah awal yang positif. Karena dengan begitu anda sedang membangun masa depan bisnis anda. Tidak seperti lewat sosmed, BBM, dan blog yang diibaratkan jualan kaki lima.

Pedagang emperan dan kaki lima bersifat cepat namun bisa di gusur kapan saja, memiliki toko online diibaratkan mempunyai toko sendiri, membangun konsep digital marketing brand sendiri. Untuk menumbuhkan kepercayaan pembeli, lambat, perlahan namun pasti dan memiliki pondasi yang kuat.

Kebaikan dari memiliki toko online yang terpenting bahwa pesaing yang menggunakan media sosmed hingga blog tidak akan pernah bisa menyaingi toko online selama anda menjalankan dan mengelola toko online tersebut dengan benar secara konsisten. Sedangkan untuk pesaing yang menjalankan toko online maka anda harus betul2 mempersiapkan segalanya untuk menghadapi mereka yang bisa dikatakan memiliki tingkatan yang sama.

Kabar baiknya dari kebanyakan toko online yang ada masih buruk dalam pengelolaannya. Sebaiknya anda berpegangan pada konsep digital marketing khususnya internet marketing, kemudian perhatikan perkembangan bisnis online anda.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...