Blog

Kapan Awalnya Kaskus Berdiri dan Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

Posted by:

Sejarah Kaskus bermula ketika 3 mahasiswa asal Indonesia yakni Andrew Darwis, Ronald Stefanus dan Budi Dharmawan membuat forum informal mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri.

Awal mula berdirinya Kaskus terjadi pada tanggal 6 November tahun 1999 dengan nama kaskus yang merupakan singkatan dari kasak kusuk.

Sejarah Kaskus dan Bedanya dengan FJB Kaskus

sjarah kaskus dan fjb kaskus

Sejarah Kaskus tidak lepas dari usaha keras pendirinya Andrew Darwis yang menjabat sebagai Founder & Chief Community Officer. Ia lahir pada tanggal 20 Juli 1979 dan melanjutnya pendidikan di Seattle, Amerika Serikat.

Andrew Darwis memiliki perjalanan karir sebagai pekerja paruh waktu web desain di kemana.com serta indotradezone.com. Ia juga pernah menjadi web desainer Thor loki di Seatle, Amerika Serikat.

Kaskus berkantor di Gedung Menara Palma, HR. Rasuna Said Kav. 6, Blok X-2  Kuningan, Jakarta Selatan di bawah naungan PT Darta Media Indonesia.

Untuk meningkatkan eksistensinya sebagai forum online, kaskus terbadi dalam 2 jenis yakitu Forum dan FJB Kaskus atau forum jual beli Kaskus.

Forum sendiri merupakan tempat untuk berdiskusi mengenai segala hal sementara JB adalah tempat untuk melakukan transaksi jual beli segala jenis produk maupun jasa.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Forum Jual Beli Kaskus

kekurangan dan kelebihan kaskus

Dibandingkan dengan E-commerce yang lain, forum jual beli Kaskus memiliki beberapa kelebihan seperti yang berikut ini:

  1. Lebih hemat => Salah satu kelebihan yang ditawarkan forum jual beli kaskus adalah tidak perlu menyediakan dana untuk keperluan promosi atau iklan. Dalam menjual barang, anda cukup menawarkan produk melalui milis serta jejaringan saja.
  2. Adanya metode pembayaran sakuku => Sakuku merupakan dompet elektronik bagi pengguna yang ingin membayar tagihan melalui aplikasi di ponsel pintar. Setelah bernegoisasi dengan penjual, pembeli bisa memilih sakuku sebagai metode pembayarannya.

Akan muncul QR Code yang bisa dipindai dengan aplikasi Sakuku.  Selanjutnya masukkan 6 digit PIN Sakuku. Jika pembayaran telah lunas dilakukan, pihak Kaskus akan melakukan pemberitahuan pada penjual untuk segera mengirim barang.

  1. Pembuatan thread yang mudah => Salah satu kendala seseorang malas menggunakan situs E-commerce adalah karena pembuatan thread yang dianggap sulit. Berbeda di FJB Kaskus, berada di forum jual ini pembuatan thread cukup mudah dilakukan.

Terlepas dari kelebihannya, FJB Kaskus juga memiliki kelemahan berupa masih banyak penipu yang tentunya merugikan pihak pembeli. Selain itu adanya over posting yang membuat transaksi menjadi kurang nyaman.

Cara Belanja di FJB Kaskus

cara belanja di kaskus

Kaskus menyediakan banyak kebutuhan sehari-hari sehingga mempermudah bagi anda dalam berbelanja tanpa harus keluar rumah. Adapun cara belanja di Kaskus adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke website atau situsnya lalu telusuri setiap kategori barang yang terdapat di halaman utama jual beli
  2. Jika sudah ketemu dengan barang yang diinginkan, anda bisa mengklik tombol Beli
  3. Lalu tulis informasi mengenai pengiriman serta memilih metode pembayaran mulai dari Sakuku, Indomaret, Bank Transfer dan KlikBCA
  4. Jika pembayaran telah dilunasi, pihak Kaskus akan memberi tahu penjual untuk segera mengirim barang
  5. Jika sudah mendekati 7 hari namun barang belum juga sampai ke tangan, pihak pembeli bisa melakukan pengaduan dengan mengklik tombol buat pengaduan.

Demikian sejarah Kaskus berikut dengan cara belanja melalui forum ini. Selalu perhatikan informasi barang secara cermat serta reputasi dari si penjual agar terhindar dari penipuan pembelian.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...