Cara Membaca Google Analytics Dasar Bagi Pemula

Google analytics adalah fasilitas dari google untuk memperlihatkan laporan statistik pengunjung website dengan lengkap. Tools ini sangat berguna bagi pemilik website, juga bagi anda yang berencana membangun website, setidaknya untuk “bercermin”, melihat kinerja dari websitenya. Cara menggunakan google analytics bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu memasang script di website anda.

Manfaat Memasang Google Analytics

panduan google analystics pemula

Sebenarnya ada banyak sekali tools2 untuk mengukur statistik pengunjung website, baik itu yang terpasang langsung pada website (plugin) dalam pengawasannya, maupun yang terpisah. Google analystic salah satunya yang terpisah, sama sekali tidak begitu mengganggu kinerja website anda.

  1. Google analytics tidak hanya melacak pengunjung untuk situs web, tetapi juga aplikasi mobile, android, deskop, windows, linux, dan lainnya.
  2. Google analytics sangat teliti, mengumpulkan semua data dan informasi mengenai semua pengunjung dari setiap halaman situs, dari data geografis dimana dan dari mana pengunjung berasal hingga data demografis seperti jenis kelamin, usia, dan lainnya.
  3. Google Analytics memberikan beberapa informasi tentang kata kunci yang lebih dominan
  4. Sebagai alat pemasaran, dengan menggunakan Google analytics, pemilik website bisa merencanakan strategi yang lebih efektif ke depannya.
  5. Dari informasi yang didapatkan dari Google Analytics, pemilik blog atau web bisa lebih mudah untuk memasarkan produk, mempertahankan pengunjung, manarik pengunjung baru, mencipatakan kesuksesan untuk masa depan situs mereka, dan lainnya.

Google analytics (G.A) bukan satu-satunya alat pengukur jumlah pengunjung dari google, lainnya ada Search Console (S.C) google webmaster. Perbedaannya ada di cara penghitungannya. G.A menghitung pengunjung dari data yang terekam di situs anda, sedangkan S.C dari klik pada deretan hasil pencarian google. G.A menghitung semuanya baik pengunjung yang datang dari mesin pencari, dari sosial media, secara langsung, atau referall. sedangkan S.C hanya dari hasil pencarian saja. Bagi SEO tools S.C lebih berguna karena dasarnya SEO memfokuskan pada mesin pencari, bagi pemilik website G.A lebih berguna dikarenakan pemilik website harus memperhitungkan semua aspek, bukan hanya dari sisi SEO saja.

Mendaftar dan Memasang Google Analytics

Tempat untuk memasang script sebaiknya ditempat yang selalu ada pada setiap halaman website anda, Header dan Footer. Anda pilih satu saja, di header atau footer. Anda sudah memutuskan mau di pasang dimana?, langkah selanjutnya mendaftar akun google analytics untuk mendapatkan script yang saya maksud tadi.

  1. Tentu saja anda wajib memiliki akun google, jika belum punya silahkan membuatnya.
  2. Kunjungi halaman google analytics, kemudian signup yang membawa anda menuju halaman pengisian data.
  3. Isikan semua data selengkap2nya, sesuai data website anda.
    • What would you like to track?, pilih website.
    • Account name, bebas suka2 anda
    • Website name, nama website anda, misal grpsir sepatu wanita, atau nama perusahaan anda.
    • Website Url, ini harus benar, apakah website anda https atau http, versi www atau tidak (https://thidiweb.com atau http://www.thidiweb.com), versi mana yang ingin anda pantu statistiknya.
    • Industry category, jenis usaha anda.
    • Reporting zone, Jika indonesia laporan akan di perbaharui pada pukul 00.00 tengah malam.
    • Scroll ke bawah klik “get tracking id“, akan muncul popup semacam syarat ketentuan, klik saja setuju.
  4. Anda akan diantarkan ke halaman yang berisi script “tracking”.
  5. Ada 2 cara mengintegrasikan google analytics dengan website anda, pilihlah salah satu, misal anda pilih no 1 saja. Copy semua script yang ada pada kolom no 1.
  6. Pada awal2 anda sudah memutuskan akan di tanam dimana script G.A ini, anggap saja anda memutuskan memasang di header. Caranya? buka header.php website anda (pada wordpress header.php theme). Bisa melalui cpanel, maupun lewat dasboard, Appereance (tampilan) >>> edit CSS.
  7. Letakan (paste) script yang anda copy tadi sebelum (penutup header).
  8. Tunggu hingga 1×24 jam, laporan pertama website anda. Laporan pertama dan setiap laporan akan datang jam 12 malam, sesuai waktu indonesia, jika anda pilih indonesia pada reporting zone.

Pada saat visitor membuka mesin pencari, mengetikan keyword dan mengklik link yang menuju ke halaman website anda, maka third cookies party telah mulai bekerja hingga visitor tersebut keluar dari halaman website milik anda. Data cookies tersebut akan dikirimkan ke server google untuk selanjutnya diproses menjadi suatu informasi yang akan tampil pada tampilan google analytics milik anda.

Membaca dan Menggunakan Google Analytics

Cara menggunakan google analytics sebagai data statistik acuan website merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan website. Dikatakan sangat penting karena jika anda mampu memahami isi keseluruhan google analystic dan bisa membacanya maka akan sangat berpengaruh dalam ketepatan membuat konten website.

Sebagai mana anda ketahui bahwa banyak elemen yang menentukan baik tidak nya sebuah website untuk bersaing. Dengan memahami datanya maka dapat diketahui mengenai kondisi, posisi, kelebihan dan kekurangan website milik anda secara umum. Hal yang sangat mendasar sebagai landasan meningkatkan peringkat website.

Ada beberapa hal yang sangat penting bagi pemilik website dalam memahami Cara membaca google analystic diantaranya :

  • Mengetahui banyaknya pengunjung serta tingkat bounching rate, page / season, average time per session.
  • User flow => berkaitan dengan perilaku kunjungan visitor dari mana terus kemana
  • Aquisition visitor distribution => melalui cara apa visitor datang (langsung, organik mesin pencari,melalui sosmed, reveral,
  • Visitor behavior (kebiasaan atau perilaku visitor di website anda)

Keempat hal tersebut merupakan hal dasar yang wajib diketahui bagi siapa saja yang ingin menjalankan website (banyak informasi lainnya yang secara lengkap ditampilkan di google analystic, selain dari empat yang disebutkan diatas, silahkan pelajari selengkap2nya).

Cara membaca google analytics

1. Mengetahui banyaknya pengunjung serta tingkat bounching rate, page / season, average time per session.

Terlihat seperti gambar di bawah:

Cara membaca google analystic | Data google analystic kunjungan visitor

Audiens google analystic

Pada gambar diatas menunjukan data kunjungan visitor menuju website. Sedangkan untuk keterangannya sebagai berikut:

  • Sessions adalah jumlah kunjungan berarti semua kunjungan menuju website anda tidak peduli berapa kali akan dihitung.
  • User adalah kunjungan unik, User merupakan kebalikan dari sessions yaitu hanya menghitung satu saja kunjungan dilihat dari ip adress (jika berkunjung beberapa kali tidak akan dihitung).
  • Pageviews adalah jumlah keseluruhan halaman yang dibuka oleh semua visitor.
  • page/sessions adalah rata2 user membuka jumlah page (halaman) pada setiap kunjungan
  • Avg sessions duration adalah berapa lama rata2 setiap visitor membaca setiap halaman
  • Bounching rate merupakan berapa persen visitor yang datang hanya melihat satu halaman saja kemudian pergi >>> semakin kecil bounching rate adalah semakin bagus dan pertahankan sebisa mungkin tingkat bounchingrate antara 20% s/d 30% (ini berpengaruh negatif terhadap penilaian google)
  • New session adalah persentase user/sessions(returning visitor) X 100%.z

2. User flow => berkaitan dengan perilaku kunjungan visitor dari mana terus kemana. 

user flow google analystic

Overview >>> User flow

Userflow menunjukan rekaman dalam bentuk gambar setiap visitor yang datang, dia mendarat di halaman mana dan berlanjut kemana, sedangkan tanda yang merah menunjukan berhentinya visitor atau keluar dari website. Jika anda cermati disini akan mengetahui halaman mana yang membuat visitor pergi sehingga anda bisa memperbaikinya atau menukar posisinya.

3. Aquisition visitor distribution => melalui cara apa visitor datang (langsung, organik mesin pencari,melalui sosmed, reveral.

google analystic acquitition overview

Acquitition >>> overview

Gambar diatas menunjukan visitor datang dari mana saja, direct (langsung menuju website anda/visitor mengetik langsung alamat website anda), Organic search visitor masuk melalui mesin pencari dengan mengetik kata kunci yang mengantarkan mereka ke website anda, Social adalah promosi anda di media sosial seperti facebook, twitter, dan lain2 dengan memasang link dan visitor mengklik nya, referral adalah promosi di blog2 lain (blogwalking), sehingga blog atau website lain akan mengantarkan visitor ke website anda. Dengan mengetahui visitor datang dari mana anda menjadi mengetahui kekurangan promosi website anda ada dimana sehingga bisa dijadikan acuan untuk memperbaikinya atau melakukan promosi yang gencar jika dianggap kurang.

4. Visitor behavior (kebiasaan atau perilaku visitor di website anda)

Beharview visitor google analystic

Beharvior >>> overview

Gambar diatas menunjukan page / pos yang paling populer dan yang tidak populer. Mengetahui hal ini penting untuk memantau kondisi umum konten website. Anda dapat menggeanti atau bahkan menghapus topik yang tidak menarik.

Google analystic mempermudah pengelolaan website, sebaiknya anda melakukan pengawasan terhadap kinerja website anda menggunakan tools ini. Mempelajari perilaku pengunjung, demografinya akan memberikan gambaran mengenai pasar niche anda. Kebijakan selanjutnya didasarkan pada hasil analysis tentu saja memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dari sebelumnya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


2 Comments

  1. Terima kasih untuk berbagi di sini
    saya sangat senang untuk membaca ulasan Anda
    Saya harap Anda memberikan topik yang bermanfaat untuk semua orang.

Beri Komentar Anda ...