Blog

Pengertian Image dan Cara Membuat Foto Produk Untuk Berjualan Online

Posted by:

Foto produk ( product pic), product image dan apapun itu merupakan gambar visual untuk menampilkan suatu produk / barang. Dalam sebuah website, terlebih bentuknya onlineshop (toko online), gambar dari produk menjadi prioritas terpenting. Sedangkan pengertian Image itu sendiri adalah representasi grafis dan visual dari beberapa informasi yang dapat ditampilkan pada layar komputer atau dicetak, termasuk foto produk didalamnya.

Bentuk serta Kelebihan dan Kekuranan Image

Foto produk merupakan hasil fotografi dengan model benda yang akan di tawarkan ke pembeli. Meskipun yang di bahas pada artikel ini adalah foto produk, alangkah lebih baik juga jika anda mengenal terlebih dahulu bentuk hingga kelebihan dan kekurangan image.

Memahami Image dan Bentuknya

Image sendiri mempunya arti yang sangat luas. Pada dasarnya image merupakan apapun yang dapat dilihat secara visual, memiliki bentuk dan warna. Image hanya disajikan dalam 2 dimensi, juga pada umumnya hanya bisa dilihat dan di raba medianya saja, misal kertas. Agar anda lebih memahami mengenai image dan foto produk maka disebutkan dan dijelaskan sebagai berikut :

Fotografi

Image yang dihasilkan dari proses fotografi. Fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera.

Gambar

Gambar adalah suatu perpaduan titik, garis, bidang, dan warna yang dikomposisikan untuk mencitrakan sesuatu. Gambar merupakan sajak tanpa kata-kata. Suatu objek bisa dijadikan suatu gambar. Gambar merupakan konten visual memiliki fungsi utama menyamakan persepsi, khususnya pengunjung website.

Lukisan

karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding.

Televisi

sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

Gambar gerak

Salah satu bentuk visual yang memiliki nilai artistik adalah gambar bergerak (animasi). Gambar bergerak sebagaimana dilihat sekarang ini adalah awal mula dari kemajuan teknologi di bidang komunikasi. Setelah diawalli dengan teknologi cetak lalu berkembang radio hingga akhirnya ke arah visual. Era visual ini merupakan kemajuan teknologi komunikasi karena ketidakpuasan akan penerimaan informasi yang telah ada. Karena dinamakan gambar bergerak maka teknik menggambar, warna, bentuk dan audio memiliki peran penting. Orang menjadi tertarik menonton ketika gambar tersebut memenuhi komposisi warna dan bentuk yang menarik.

Peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya.

Kekurangan dan Kelebihan Image

Image berfungsi tidak jauh berbeda dengan tulisan deskriptif yang menjelaskan suatu hal dan maksud. Image dan ulisan bisa disajikan secara bersamaan maupun terpisah. Jika dibandingkan dari keduanya dapat diuraikan sebagai berikut :

Kelebihan

  • Menyampaikan banyak informasi secara cepat
  • Dapat menambahkan simulasi visual dan warna
  • Dapat berkomunikasi lintas batas bahasa
  • Meningkatkan media lainnya

Kekurangan

  • Tidak memberikan penjelasan secara mendalam
  • Grafik jarang digunakan untuk menyampaikan seluruh pesan dalam pengaturan bisnis, teknis atau keselamatan
  • Dapat disalahartikan
  • Grafik harus digunakan dengan hati-hati untuk memastikan agar pesan tidak ambigu atau cryptic,

Foto Produk Mewakili Produk Fisik yang Sebenarnya

Untuk menjual dan memasarkan produk, pedagang bisa saja memasang sepanduk, poster, brosur dengan menyertakan kontak yang bisa dihubungi. Atau menggunakan media komunikasi lainnya seperti surat kabar, sosmed hingga website bisa juga dilakukan. Penyampaian produk melalui media-media tersebut tentu saja membutuhkan sesuatu untuk menggantikan produk fisik, maka dalam hal ini dibutuhkan foto produk.

Cara Membuat Foto Produk

Foto produk harusnya dibuat semenarik mungkin sehingga benar-benar mewakili produk aslinya, dan bahkan menimbulkan ketertarikan terjadinya proses pembelian. Dalam membuat foto produk yang demikian maka perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  • Pencahayaan => Pencahayaan akan menentukan kejelasan foto produk kita, Pencahayaan yang terbaik adalah cahaya langsung dari sinar matahari, jika tidak memungkinkan bisa menggunakan lampu neon dengan cahaya netral (putih)
  • Perangkat kamera => Tidak harus menggunakan kamera super canggih, sebenarnya dengan kamera smartphone pun sudah layak (jangan terlalu jadul hapenya, perhatikan kemampuan pixel kameranya)
  • Fokus utama produk => Sebaiknya menggunakan background putih, dinding putih, jika diperlukan buatlah sebuah studio mini berbentuk kotak yang tidak memantulkan cahaya.
  • Foto editing => Hasil jepret sebuah foto produk sebaiknya diedit, akan tetapi harus tetap sesuai dengan produk aslinya (jika warna foto tidak sesuai maka edit lah hingga menyamai aslinya, jangan mempercantik foto menjadi tidak sama dengan produk aslinya)
  • Pemakaian model => Menggunakan model untuk produk fashion seperti sandal dan sepatu wanita sebaiknya dilakukan untuk menyampaikan ke calon pembeli kepantasan jika dikenakan, tapi tidak semua produk harus menggunakan model, misal shower (kurang pantas ^^).

Foto Produk Untuk Website

Foto produk untuk website dan toko online tidak bisa dipasang secara sembarangan (asal tempel). Setiap gambar harus benar-benar membuat pengunjung tertarik. Wajib anda pahami bahwa sebuah website dituntut berukuran kecil pada setiap halamannya. Dengan demikian anda harus pintar-pintar mengoptimasi gambar untuk website. Visual yang baik, dapat mewakili keseluruhan produk fisik. Kecepatan yang sangat baik mencegah pengunjung tidak jadi mengunjungi halaman website anda. Optimasi harus diprioritaskan diatas visual gambar, hal ini dikarenakan sebagus apapun jika loading halaman website anda “lola” akan mengakibatkan banyak pengunjung yang menekan tonbol kembali juga “close”, tidak jadi mengunjungi website anda.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • Harga SEO
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Umum