Umum

Berbagai Peluang Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

usaha rumahan

Usaha rumahan merupakan solusi bagi anda yang ingin bekerja dari rumah. Misalnya anda susah mendapatkan pekerjaan atau pensiunan hingga ibu rumah tangga. Jenis usaha ini Tentunya tidak terlalu membutuhkan modal yang besar dan juga cara menjalankannya relatif mudah. Siapa saja bisa memulai bisnis rumahan ini dan mendatangkan penghasilan (bahkan sangat memungkinkan lebih besar dari gaji seorang karyawan).

Peluang dan Tips Sukses Usaha (Bisnis) Rumahan

tips sukses bisnis rumahan

Setiap bisnis dan usaha diperlukan konsistensi agar memperoleh hasil sesuai yang dicita-citakan. Jika anda bingung untuk memulainya maka bisa mengikuti petunjuk tips dibawah ini :

Pilih Usaha yang Sesuai Minat dan Keahlian Anda

Agar menjaga konsistensi usaha yang anda lakukan maka pilihlah usaha yang sekiranya mampu anda jalankan terus-menerus. Minat dan keahlian anda terhadap suatu produk dan layanan akan menjaga konsistensi anda menjalankan bisnis.

Pelajari Tentang Bisnis dan Klasifikasinya Disini

Perencanaan Usaha Anda dan Bagaimana Cara Pemasarannya?

Pastinya anda setuju bahwa apapun dimulai dengan rencana. Rencana yang baik akan menghasilkan “goal” yang baik pula. Rencanakan bisnis anda sebaik mungkin  Misalnya jika anda memutuskan untuk menjual pakaian, maka rencanakanlah pakaian apa yang dijual dengan melihat tingkat persaingannya. Kemudian kemana saja akan dipasarkan? Apakah melalui sosial media, menggunakan website, membuat etalase di garasi rumah atau mendatangi toko-toko disekitar tempat anda.

Pelajari 7 Hal Sebelum Membuat Website Disini

dan

Baca 6 Sosial Media Terpopuler Di Indonesia

Tentukan Apa Yang Menjadi Visi dan Misi Usaha Anda

Visi dan Misi berkaitan dengan tujuan dan sasaran usaha anda pada jangka pendek dan panjang. Visi adalah ingin seperti apa tujuan usaha dimasa yang akan datang (jangka panjang). Sedangkan misi adalah apa langkah yang anda lakukan untuk meraih visi sebagai mimpi anda (jangka pendek).

Manfaat dari visi dan misi diantaranya :

  • Membawa orang-orang bersama kedalam mimpi yang sama.
  • Mampu membantu seseorang untuk bekerja sama dalam suatu kegiatan. 
  • Membantu seseorang dalam menggambil keputusan yang sesuai keputusan yang sesuai tujuan. 
  • Menjadi landasa perencanan bisnis yang akan dikembangkan.
  • Menantang pesaing yang sudah ada dalam tingkat kemapanan untuk melakukan inovasi.

Kebutuhan Modal Usaha

Seberapa kecil usaha anda tetap membutuhkan modal. Anda tidak akan bisa menjalankan bisnis jika modal yang Anda miliki belum cukup. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Administrasi Serta Pemisahan Uang Usaha dan Pribadi

Sudah sangat umum jika usaha rumahan akhirnya gagal dan berhenti dikarenakan masalah administrasi juga keuangan. Meskipun terlihat spele, namun tenyata masalah ini merupakan yang paling banyak menyebabkan usaha bisnis rumahan berhenti berkembang bahkan berujung bangkrut. Pembukuan dan audit tetap dibutuhkan meskipun usaha anda bersekala kecil sekalipun. Selanjutnya jika anda menyatukan uang usaha dan pribadi maka tidak akan ada kontrol, sehingga uang yang seharusnya berputar pada bisnis anda justru habis untuk konsumsi sehari-hari.

Mulailah Membuat Branding Bagi Usaha Anda

Kelemahan usaha rumahan umumnya tidak memikirkan sangat pentingnya keberadaan branding. Maka tidak heran jika usaha kecil yang dilakukan di rumah sulit untuk berkembang. Jika anda hanya memikirkan bagaimana caranya untuk menjual produk dan jasa tanpa melakukan branding, maka akan sangat sulit untuk memenangkan persaingan.

Beberapa manfaat melakukan branding :

  1. Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen.
  2. Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan.
  3. Memungkinkan Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi.
  4. Peluang untuk melakukan diferensiasi produk.
  5. Membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing.
  6. Meningkatkan daya saing.
  7. Pondasi usaha yang kokoh untuk jangka panjang
  8. Lebih kebal terhadap pesaing yang menjatuhkan harga.

Lalu apa yang dinamakan dengan istilah branding? Branding erat kaitannya dengan kesadaran merek, intinya bagaimana caranya agar pembeli mengetahui anda yang menjualnya tidak hanya produk yang mereka beli. Anda bisa memulainya dengan membuat logo usaha.

Pelajari Tentang Branding dan Manfaatnya Disini

Layanan Terbaik Kepada Pembeli

Bukan hanya anda yang menjual produk atau jasa. Banyak orang dan pihak lain menjual produk sejenis bahkan identik. Oleh karena itu butuh pembeda dari segi pelayanan. Berikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. Jika pembeli merasa puas maka nanti biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang Anda miliki.

Pelajari Tentang Kualitas Pelayanan Disini

Beragam Ide Usaha Rumahan Yang Bisa Anda Lakukan

beragam ide bisnis rumahan

Untuk memulai sebuah bisnis rumahan, maka mulailah dengan mengambil ide terbaik. Saat ini banyak sekali ide-ide bisnis yang mudah dijalankan. Bahkan bagi ibu rumah tangga tanpa skill khusus bisa menjalankan berbagai ide usaha berikut ini :

  • Jualan es krim => Ide bisnis ini bisa dijalankan di depan rumah. Jika tidak memiliki toko atau warung sekalipun tetap bisa menjalankan jenis usaha yang satu ini. Konsumennya pun beragam, mulai dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa sekalipun.
  • Usaha rental mobil => Jika memiliki mobil di rumah, maka bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan. Sewakan saja kendaraan tersebut maka akan datang keuntungan yang tak sedikit. Memiliki satu mobil saja sudah cukup menguntungkan. bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal.
  • Usaha kursus memasak => Untuk ide usaha yang satu ini memang butuh skill khusus. Bagi yang pintar memasak, maka bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa memulainya dengan alat-alat yang dimiliki di rumah tanpa harus keluar modal banyak.
  • Budidaya ikan di kolam => Bagi yang memiliki pekarangan atau halaman rumah, bisa memanfaatkannya sebagai tempat budidaya. Tak perlu lahan besar. Sebagai bisnis rumahan, peluang ini sangat menjanjikan. Apalagi mencari pengepul ikan tidaklah susah.
  • Jasa cuci motor => Satu lagi usaha modal kecil yang bisa dijalankan di rumah. Usaha tersebut ialah cuci motor. Tanpa butuh skill khusus siapa saja bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tak perlu di tempat yang besar, anda bisa memulainya dari rumah sendiri. Karena sebagian besar rumah di lingkungan anda tentu memiliki motor. Jadi, peluang ini sangat menjanjikan untuk digeluti.
  • Usaha jahit => Skill menjahit bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha. Menerima order pembuatan baju hingga seragam sekolah akan membawa keuntungan. Usaha ini bisa dijadikan usaha sampingan bahkan sebagai usaha pokok untuk menghidupi keluarga.
  • Bisnis catering => Inilah salah satu jenis usaha yang sangat menguntungkan. Katering bisa melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Mulai hajatan, arisan, syukuran, dan berbagai acara lainnya. Jadi, peluangnya sangat terbuka lebar untuk digeluti sebagai usaha sampingan maupun usaha pokok.
  • Jasa laundry => Usaha ini cocok dikembangakn di kawasan yang cukup ramai. Misalnya di kawasan anak kos, kampus, maupun pabrik. Di sinilah akan terdapat pasar yang besar dan pastinya membawa keuntungan.
  • Jualan jus buah => Berjualan minuman sehat ini selalu membawa keuntungan. Dengan modal kecil saja, jualan jus bisa membawa untung besar.  Tanpa harus membuka warung, anda bisa membuka bisnis ini di depan rumah.
  • Jasa servis elektronik => Setiap rumah pasti memiliki barang elektronik. Jika memiliki  skill dalam perbaikannya, maka bisa membuka jasa servis. Adanya jasa ini sangat dibutuhkan di masyarakat luas jadi masih terbuka peluang yang besar untuk usaha yang satu ini.

Itulah beberapa jenis usaha rumahan yang bisa digeluti. Dengan modal kecil, siapa saja bisa memulai usaha tersebut. Tentunya usaha ini bisa berpeluang besar jika ditekuni dan menjadi penghasilan utama bukan lagi sekedar usaha sampingan.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.


Back to list

Related Posts

Beri Komentar Anda ...