Blog

Menentukan Nama Domain serta Pengaruhnya Terhadap Peringkat Popularitas Website

Posted by:

Apa yang dimaksud dengan nama domain? Mudahnya begini, domain adalah nama alamat sebuah website, menjadi pembeda dengan website lainnya, contoh thidiweb.com, desainkaosbandung.com. Mungkin sebagian dari anda sekarang sedang bingung-bingungnya menentukan nama domain yang bagus. Ada juga yang kesal karena nama domainnya sudah dipakai orang lain. Atau bahkan sebagian dari anda bingung cara mendaftarkannya bagaimana. Kenapa ada website yang memakai www juga https pada domainnya? Saya akan bahas semuanya, mulai dari jenis nama domain, ekstensi domain hingga cara memilih versi domain.

Menentukan Nama Domain Website dan Pengaruhnya Terhadap SEO (Tahap 1)

Anda mungkin sudah sering melihat sangat beragamnya nama domain di deretan hasil mesin pencari. Misalkan anda ingin mencari produk sepatu wanita, lalu muncul deretan website berisi sepatu wanita. Sebagian dari website tersebut memiliki nama domain benar-benar sama dengan yang anda cari. Sebagian lagi agak mirip dan mendekati. Sebagian lagi namanya aneh, juga ada nama perusahaan besar terkenal, misal elevenia co.id.

Terlepas dari itu semua, nama domain dikategorikan bermacam-macam. Dari yang menggunakan  keyword produk hingga nama brand perusahaan, disebut EMD dan Branding Domain.

Exact Match Domain (EMD)

Sesuai dengan namanya, jika diartikan exact match berarti benar-benar sama. Artinya begini, jika keyword yang anda bidik adalah sepatu wanita karena yang dijual memang itu, maka nama domainnya adalah sepatuwanita.com, sepatuwanita.co.id, sepatu-wanita.net dan sebagainya.

Partial Match Domain (PMD)

Pertial match domain agak mirip dengan EMD, perbedaannya pmd menambahkan sedikit kata”pemanis” pada nama domain. Untuk keyword sepatu wanita maka untuk PMD ditentukan namanya sebagai berikut : jualsepatuwanita.com, sepatuwanitamurah.com, grosirsepatuwanita.com, nenengsepatuwanita.com, sepatuwanitacindy.net.

Branded Domain

Nama domain brandable, sesuai dengan nama perusahaan. Branding domain mempunyai sifat sangat unik menjadi pembeda dengan nama domain lainnya. Misal nama perusahaan anda PT. Makmur memproduksi sepatu wanita dengan merek airwalk. Bisa saja anda menggunajan makmur.com atau airwalk.com juga bisa makmur-airwalk.co.id.

Numeric Domain

Nama domain berdasarkan nomor sangat jarang digunakan. Umumnya alasan memilih numeric domain tidak jauh berbeda dengan alasan anda memilih nomor cantik pada ponsel, selalu ada maksud tertentu dibelakangnya bisa saja fengsui. Misal penggunaan nama domain berdasarkan nomor adalah 1234.com, 8888.com, 7777.com.

Bagaimana Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO ?

Nama domain berfungsi sebagai pembeda, yang menentukan SEO adalah konten berkualitas dan aktif tidaknya anda melakukan digital internet marketing. Beberapa tahun lalu memang EMD dan PMD mampu mendongkrak website anda ke puncak ranking, namun setelah adanya algoritma google panda dan penguin, baik EMD dan PMD tidak begitu saja dengan mudah “merangsak” naik ke atas. Bahkan semenjak itu EMD dan PMD cenderung anjlok dan tersungkur ke bawah.

“Flash back” menuju tahun 2012, ketika google memperhatikan banyak situs baru mencoba menaikan peringkat SEO dengan cepat, menggunakan nama EMD juga PMD. Jika anda ingin menjual sepatu wanita murah, maka anda akan membeli, mndaftarkan nama domain www.sepatuwanitamurah.com, dan “clink” website anda langsung menuju halaman satu, bahkan peringkat satu. Tidak ada “backlink berkualitas” bahkan tidak ada backlink sama sekali, kualitas konten seadanya, bisa dikatakan buruk. Maka tindakan dari google “BOOM”, peringkat website anda dihancurkan, dijatuhkan, dilempar ke halaman entah dimana.

Terserah anda ingin menggunakan EMD atau tidak, yang pasti bukan nama domainnya yang membuat ranking anda naik ke atas. Kualitas konten serta bagaimana cara anda memasarkannya, tetap menjadi keharusan bagaimana benar atau tidaknya anda mengelola website. Kualitas konten terbaik akan mendatangkan backlink natural berkualitas tertinggi dengan sendirinya. Tidak hanya TLD (Top Level Domain) website, sub domain / blog gratis pun (misal blogspot) termasuk didalamnya.

Brand Domain Lebih Mendatangkan Manfaat Dibandingkan EMD dan PMD

Pada dasarnya baik Brand domain, Numeric, EMD dan PMD adalah sama saja, sangat kecil, bahkan mungkin tidak ada pengaruhnya langsung untuk SEO website. Sedangkan branding merupakan salah satu faktor penting dalam ruang lingkup pemasaran digital.  Jika anda memakai nama brand pada nama domain website maka pastinya anda sudah tau manfaatnya.

Investasi jangka panjang, diibaratkan seperti itu, nama perusahaan lambat laun akan dikenal. Suatu saat perusahaan anda sangat populer, orang mencari web anda pada mesin pencari tidak hanya sebatas keyword “biasa” saja, namun mulai mengarah ke keyword navigational. Navigational adalah keyword sesuai nama brand, contohnya seseorang mencari sepatu wanita dan mengenal perusahaan anda, akan mencari sepatu wanita makmur, sepatu wanita makmur airwalk, sepatu PT. makmur dsb.

Menentukan Jenis Nama Ekstensi Domain (Tahap 2)

Ekstensi domain terjemahan dari “extension domain”, adalah nama / tulisan yang mengikuti nama domain website. Sebenarnya merupakan identitas penjelas bagi nama domain website. Secara umum ekstensi domain dibagi menjadi 2, internasional dan lokal.

Jenis Ekstensi Domain Universal (Internasional)

Ekstensi domain internasional adalah jenis yang sangat umum digunakan. Dikarenakan bersifat global maka dari negara manapun bisnis anda berasal umumnya memiliki ekstensi domain yang sama. Beberapa contoh nama ekstensi domain internasional yang sering digunakan diantaranya :

  • COM => Singkatan dari Commercial (komersial, bisnis). Awalnya, nama ekstensi domain dot com diperuntukkan untuk nama-nama komersial atau lembaga bisnis, seperti singkatannya: commercial, seperti nama perusahaan, nama produk, hingga nama-nama merek.
  • NET => Singkatan dari Network atau Networking, yang artinya jaringan. Nama ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan-perusahaan komputer, IT, layanan-layanan internet dan sejenisnya.
  • ORG => Singkatan dari Organization (organisasi). Nama ekstensi domain ini sangat pas bila digunakan untuk website organisasi, lembaga, atau perkumpulan. Tidak ada pesyaratan khusus untuk mendapatkan domain dot org karena sama dengan dot com dan dot net.
  • BIZ => Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Meski boleh dipakai untuk website apa saja, tapi nama domain ini lebih cocok untuk hal-hal yang berhubungan dengan bisnis atau lembaga usaha, termasuk toko online. Nama domain ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif bila nama domain .COM atau .NET atau nama domain lainnya sudah dimiliki orang lain.
  • INFO => Singkaran dari Information. Bisa dipakai untuk website apa saja, termasuk blog pribadi. Namun, nama ekstensi domain dot info ini lebih cocok untuk sesuatu yan sifatnya informasi. Misalnya, kesehatan.info, lalulintas.info, dan sebagainya. Tidak ada persyaratan khusus untuk membeli domain dot info.
  • Ekstensi Domain lainnya => Terdapat banyak ekstensi internasional yang bisa anda pilih melengkapi nama domain website anda, beberapa diantaranya asia, xyz, club juga masih banyak yang lainnya.

Umumnya untuk domain internasional karena bersifat universal maka tidak ada syarat khusus untuk menggunakannya, anda secara bebas dapat menggunakan ekstensi domain yang disukai.

Jenis Ekstensi Domain Lokal

Ekstensi domain lokal adalah ekstensi yang menunjukan identitas lokasi dimana usaha anda berasal. Domain lokal cirinya selalu mengikuti identitas singkatan negara asalnya, contoh co.id (indonesia), co.uk (united kingdom – inggris), co, jp (jepang). Untuk domain lokal indonesia sendiri terdapat beberapa contoh yang sering digunakan :

  • CO.ID => Singkatan dari Company Indonesia, perusahaan Indonesia. Dari namanya saja sudah jelas, domain yang dibacanya “dot ko dot aidi” ini diperuntukkan bagi website perusahaan, juga nama produk, maupun merek yang memiliki identitas Indonesia.
  • OR.ID => Singkatan dari Organization Indonesia, organisasi Indonesia. Sudah jelas, nama ekstensi domain ini untuk nama organisasi di Indonesia, seperti ormas, parpol, LSM. Ada syarat khusus untuk bisa menggunakan domain or.id, yaitu foto kopi KTP penganggung jawab, Akta Notaris, dan SK Internal Organisasi.
  • AC.ID => Singkatan dari Academy Indonesia, akademi Indonesia. Nama Ekstensi domain ini untuk website lembaga pendidikan (akademi), khususnya perguruan tinggi, sekolah tinggi, atau universitas. Ada syarat khusus untuk menggunakannya, yaitu foto kopi KTP penanggung jawab, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan.
  • SCH.ID => Singkatan dari School Indonesia, sekolah Indonesia. Nama ekstensi domain khusus untuk sekolah SD hingga SMA/SLTA. Syaratnya: foto kopi KTP penanggung jawab dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.
  • GO.ID => Singkatan dari Government Indonesia, pemerintah Indonesia. Nama ekstensi domain khusus untuk instansi atau lembaga pemerintahan, termasuk kementeria, pemerintah provinsi, pemeirntah kota, dan lembaga-lembaga negara lainnya. Syarat khusus: foto kopi KTP penanggung jawab, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk Pemerintah Pusat.
  • Ekstensi ID lainnya => Sebenarnya ada beberapa lagi domain id yang bisa anda gunakan dengan persyaratan tertentu, contohnya : web.id, my.id hingga dot id itu sendiri.

PANDI (Penyelenggara Domain ID) adalah pihak (badan) yang ditunjuk untuk mengelola pendaftaran dan syarat dari semua ekstensi domain lokal indonesia. Umumnya setiap web developer dan penyedia server hosting akan membantu anda mendaftarkan domain id.

Pengaruh Nama Ekstensi Domain untuk SEO

Khusus untuk domain internasional tidak ada aturan khusus dan larangan sehingga anda secara bebas menggunakan apapun nama ekstensinya. Namun sebenarnya ada pengaruhnya untuk SEO, mewajibkan nama ekstensi domain benar-benar mencerminkan bisnis anda.

Salah satu kasus ketika anda memilih ekstensi dot com untuk nama domain website anda, kenyataannya ekstensi domain tersebut sudah ada yang memakainya, sebut saja sepatuwanita.com. Selanjutnya anda memutuskan memilih nama ekstensi lainnya sepatuwanita.net, sudah ada yang memakainya juga. Kemudian anda memilih sepatuwanita.org karena masih belum ada yang memakainya. Ekstensi org diperuntukan untuk organisasi, jika anda “nekat” memakainya sebenarnya sah-sah saja, namun “impac” hasil di deretan peringkat mesin pencari website anda akan kesulitan naik ke posisi puncak. Untuk bisnis usaha commercial sebaiknya gunakan ekstensi com, namin jika sudah ada banyak yang memakainya maka gunakan biz atau xyz jika perlu.

Komitmen Menentukan Versi WWW atau Non WWW (Tahap 3)

Entah ada sadari atau tidak dari keseluruhan website yang ada, sebagian menggunakan www sebagian lagi tidak, http://sepatuwanita.com dan http://www.sepatupria.com. Sebenarnya setiap website mempunyai versi World Wide Web (www) dan non www, yang membedakannya adalah pilihan mana yang akan dipakai sebagai nama domain utama.

Pengaruhnya terhadap SEO? Sama sekali tidak ada pengaruhnya. Ini masalah komitmen, anda harus menentukan dari awal akan memakai versi yang mana. Setelah ditentukan maka “format” nama domain tersebut tidak boleh diganti-ganti menjadi www atau sebaliknya, jika demikian akan memperburuk SEO.

Search console google webmaster merupakan sarana komunikasi pemilik website dan mesin pencari (google), memiliki sarana untuk mengatur permasalahan ini. Permasalahan google sendiri adalah akan mendeteksi www dan non-www sebagai dua website yang berbeda. Untuk itu diperlukan pengaturan “preferred domain” dengan maksud memberi tahu google bahwa keduanya adalah sama, kemudian anda menentukan mana yang digunakan diantara keduanya.

Jika situs anda menggunakan cms wordpress, maka penggunaan versi www atau non-www dapat dengan mudah dilakukan. Anda hanya perlu menuju pengaturan >>> umum (setting >>> General), kemudian menulis format http://www.situsanda.com pada kolom wordpress adress dan site adress. Cara lainnya anda bisa menggunakan redirect 301 pada file htacess.

Memasang Sertifikat SSL HTTPS pada Nama Domain (Tahap 4)

Sebenarnya ini dilakukan pada keseluruhan website (terenskripsi) menggunakan https. Dampaknya sangat positif, tampilan alamat domain anda menjadi https://sepatuwanita.com. Protokol transfer hiperteks sendiri adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web (www). Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi.

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan https:// bukan dengan http://.

Manfaatnya untuk SEO? Jelas sekali https bermanfaat dan berpengaruh untuk peringkat website anda pada mesin pencari khususnya google. Website yang menggunakan https cenderung lebih memberikan rasa aman juga kepercayaan bagi pengunjungnya, terlebih jika pengunjung tersebut merupakan pembeli. Komitmen google adalah seperti ini, apapun usaha yang dilakukan untuk memberikan nilai lebih terhadap pengunjung, maka google akan mempercayainya.

Terdapat berbagai cara mendapatkan sertifikat ssl, bisa itu gratis maupun berbayar. Jika itu berbayar anda dapat menggunakan layanan bantuan dari setiap server hosting dimana website anda disimpan. Beberapa server hosting memberikan fasilitas pendaftaran sertifikat ssl gratis yang bisa anda gunakan cuma-cuma. Cara lain untuk mendapatkan “https” gratis adalah dengan menggunakan dan menghubungkan situs web anda dengan CDN Cloudflare.

Domain Sebagai Masa Depan Website Anda

Saat ini, pilihan nama domain yang paling umum adalah brand domain dan Partial Match Domain (PMD). Sementara SEO masih memainkan peran utama dalam kinerja sebuah website, branding telah Menjadi kekuatan utama dalam mendefinisikan secara online dan offline otoritas “kesuksesan” perusahaan.

Mengapa pencitraan merek (branding) begitu kuat? Karena membedakan produk dan jasa dari pesaing Anda. Merek yang menarik menciptakan hubungan emosional yang kemudian disampaikan kepada orang lain. Hal yang sama berlaku untuk nama domain merek sama sekali tidak dianggap spam (misalnya) dan jauh lebih berkesan (memberi nilai) dari pada nama generik yang umum digunakan, berbasis kata kunci.

Brand domain diprediksi menjadi masa depan nama domain dari website-website yang ada, bukan hanya karena dapat mendukung strategi SEO anda,  juga karena sifatnya yang “relatable” dan mengesankan. Nama domain seharusnya relevan, ringkas, unik, dan mudah dibaca.

Keduanya, Brand domain dan EMD-PMD memiliki potensi untuk mengantarkan website anda berhasil. Namun, tetap saja branding adalah pendekatan umum yang lebih disukai, lebih disesuaikan dengan kepentingan masyarakat daripada metode berbasis kata kunci sederhana.

Pada akhirnya, hal terpenting untuk digaris bawahi adalah jenis nama domain yang anda pilih tergantung pada bisnis dan tujuan pemasarannya. Terlepas dari posisi yang didapatkan pada mesin pencari, kualitas lah yang pada akhirnya menentukan. Bagaimana anda mendapatkan pengunjung, bagaimana anda mempertahankannya, bagaimana anda melayaninya dengan baik. Disanalah kesuksesan anda yang sebenarnya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



2
  Artikel Terkait

Comments

  1. Galang Adhi Wirasto  September 12, 2017

    Jika saya sudah mengatur ‘preferred domain’ untuk domain saya di GSC, apakah masih perlu menggunakan redirect 301 atau meta tag canonical?

    reply
    • thidi  September 12, 2017

      sama sekali tidak perlu redirect 301 selama versi domain yang lainnya sudah otomatis teralihkan (pada wordpress otomatis), tapi jika ada kasus kedua versi domain tersebut keduanya bisa diakses, maka silahkan gunakan redirect 301….Kemudian untuk rel canonical hanya dilakukan jika google menampilkan konten yang salah (duplikat konten pada website)…misal : situsanda dot com/3/ maka anda wajib memasang rel canonical agar yang ditampilkan situsanda dot com/…pada hasil pencarian

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Optimasi & SEO