Blog

Plugin Jetpack Mengatasi Segala Kebutuhan Umum Fitur dan Fungsi Website

Posted by:

Jika website atau blog anda berbasis CMS wordpress, maka sangat disarankan untuk mengaktifkan plugin jetpack. Semua fitur yang tersedia sebagian besar sudah mewakili fungsi-fungsi penting dari sebuah website. Hal utama yang wajib dijadikan pertimbangan adalah jetpack merupakan bagian dari wordpress, sehingga plugin ini sangat teruji baik fungsi maupun kompabilitasnya.

Hingga saat ini tercatat lebih dari 3 juta pengguna cms wordpress mengaktifkan plugin ini, hal ini membuktikan bahwa jetpack adalah salah satu dari sedikit plugin yang sangat populer. Alasan sebagian besar penggunanya tentunya dari dukungan cepat dari teknisi terlatih dan berpengalaman dalam menyelesaikan segala permasalahan yang timbul.

Plugin jetpack adalah salah satu dari plugin wajib yang wajib terpasang pada website, selama website anda menggunakan CMS wordpress. Kunjungi halaman ini untuk melihat plugin wajib lainnya.

Plugin Jetpack Terintegrasi Dengan Server WordPress

Untuk menggunakan plugin jetpack, anda harus memiliki akun wordpress.com. Anda dapat mendaftar akun di situs resmi wordpress terlebih dahulu. Namun masalah pendaftaran akun sebenarnya plugin ini menyediakan fasilitas pendaftaran langsung melalui halaman admin webssite anda. Hanya diperlukan memasukan nama akun dan email seperti pendaftaran-pendaftaran akun lainnya dengan proses yang sangat cepat.

Sesudah berhasil mendaftar website anda berhasil terhubung dengan server wordpress (disarankan melakukan konfirmasi pada email yang dignakan untuk pendaftaran). Selanjutnya anda akan diberikan pilihan menggunakan pilihan layanan dari yang gratis hingga berbayar. Fitur gratis jetpack sebenarnya sudah lebih dari cukup, namun jika anda membutuhkan sesuatu yang lebih seperti yang ditawarkan fitur berbayar yang disediakan jetpack maka itu lebih baik.

Fitur Lengkap dan Pengaturan yang Sangat Mudah

Setelah memilih paket layanan, selanjutnya anda akan dibawa ke halaman dashboard dari jetpack. Disana anda nantinya diberikan pilihan untuk memasang semua fungsi otomatis sesuai yang disarankan wordpress atau melakukan setting secara manual (memilih sesuai kebutuhan anda).

Tampilan dari setting manual selalu berubah sesuai dengan versi jetpack yang anda pasang. namun dari kesemuanya sebenarnya sama saja, perbedaannya hanya pada letak dan susunannya saja. Kemudian, untuk mengaktifkan fitur yang dipilih hanya tinggal menggeser “slide” dari non-aktif menjadi aktif. Adapun 5 kategori pengaturan umum yang disediakan jetpack meliputi :

  • Writting => Fitur jetpack dalam kategori ini adalah diperlukan dalam penulisan posting dan pengisian konten website secara umum.
  • Sharing => Semua fitur dan fungsi website yang diperuntukan untuk membagikan konten, posting dan artikel ke sosial media yang terintegrasi dengan website anda.
  • Discussion => Pengaturan yang mencakup secara umum respon dari pengunjung dan pembaca blog / website, misalnya pengaturan komentar.
  • Traffic => Berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan pengoptimalan trafik website  / blog anda, misal statistik situs, posting terkait (mempengaruhi pengunjung untuk membaca konten lainnya) hingga pengintegrasian dengan akun webmaster mesin pencari.
  • Security => Semua fitur keamanan dasar untuk website, salah satu contohnya proteksi dari serangan brute force attack.

Pengaturan tersembunyi jetpack adalah fitur yang sebenarnya ada pada “bundling”, dikarenakan alasa mempermudah pengguna, maka fitur yang dianggap tidak begitu umum sedikit disembunyikan. Untuk mengaksesnya silahkan anda scroll ke bawah temukan tulisan (tautan) debug kemudian klik, lalu pada halaman debug scroll ke bawah lagi untuk menemukan tautan Access the full list of Jetpack modules available on your site.

Jaminan Kinerja Plugin dan Selalu Terupdate

Apa sebenarnya yang seharusnya menjadi perhatian anda ketika memilih suatu plugin (bahkan theme)? Apa lagi jika bukan kinerja dan selalu diperbaharui. Kinerja berkaitan dengan “load” website di buka, hal ini mempengaruhi pengunjung pada umumnya, karena siapapun malas untuk membuka website yang lelet jika di buka. Kemudian perbaikan dan pembaharuan, seandainya suatu plugin juga tema tidak diperbaharui (ditelantarkan) oleh developernya, apa yang terjadi menurut anda? Akan terjadi masalah, terutama masalah kompabilitas dengan wordpress yang selalu terupdate. DEngan jetpack apa lagi yang anda khawatirkan? Jetpack milik wordpress, teknisinya karyawan wordpress, jika wordpress diperbaharui pastinya bersamaan dengan jetpack, setidaknya plugin paling awal yang diuji kompabilitas pendukungnya.

Pertimbangan utama dalam memilih plugin dan tema wordpress adalah jumlah penggunanya, jika plugin (tema) itu populer, setidaknya jaminan akan “terupdate” berkala mengikuti pembaharuan wordpress. Terbengkalainya suatu plugin umumnya akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Kinerja Jetpack

Diluar sana banyak yang mengatakan bahwa memasang plugin jetpack mengakibatkan website lelet mirip “keong”. Itu sama sekali tidak benar, dimanapun pada kondisi banyak memasang fungsi pada website logikanya akan menambah beban dari server. Permasalahannya ada di relevensi “perbandingan yang sebanding”. Seandainya anda memasang plugin untuk mengejar fungsi website yang diinginkan, kemudian memasang banyak plugin untuk memenuhinya (menyamai fitur jetpack), maka “jatohnya” akan jadi sangat berat melebihi mengaktifkan jetpack.

Untuk membuktikannya saya akan bahas penelitian yang dilakukan mattreport.com yang membandingkan “performa” wordpress pada 4 kondisi yang berhubungan dengan pemasangan plugin jetpack.

Pengaturan Dasar Menggunakan :

  • WordPress 4.6.2
  • Sanse blog theme — tema tercepat menurut yang melakukan penelitian
  • Website disimpan di Siteground dedicated server
  • Alat pengujian menggunakan GTMetrix.com dengan pengaturan lokasi dan browser yang sama.

Kondisi 1 pengujian dasar tanpa plugin tambahan (hanya plugin bawaan wordpress)

Tanpa menggunakan plugin tambahan website dapat diakses dengan sangat cepat, hanya butuh 0,5 detik, ukuran website 74,6KB dan jumlah request adalah 5.

Kondisi 2 pengujian mengaktifkan jetpack tanpa menyalakan fitur apapun

Dapat terlihat pada gambar, dengan hanya mengaktifkan plugin jetpack (berlaku untuk pemasangan plugin apapun) dapat menyebabkan penurunan performa website menjadi 0,6 detik, ukuran bertambah menjadi 137KB dan jumlah request bertambah jadi 7.

Kondisi 3 pengujian mengaktifkan jetpack dengan menyalakan semua fitur

Dengan mengaktifkan semua fitur dari jatpack, maka performa website menjadi turun mencapai 0,8 detik. Ukuran halaaman bertambah jadi 2x lipatnya sebesar 263KB, demikian dengan request bertambah menjadi 16.

Kondisi 4 pengujian menggunakan plugin lain yang populer (gallery, statistik, tombol berbagi)

Pengujian menggunakan 3 plugin lain, diantaranya : Photo gallery, addthis (tombol berbagi), google analystic. Jika dibandingkan mengaktifkan semua fitur pada jetpack, menggunakan plugin lainnya menjadi “lebih boros” pada performa. Terlihat pada gambar, loading time menjadi 1,3 detik, ukuran menjadi 614KB dan jumlah request meningkat drastis menjadi 30. Hanya 3 plugin saja sudah memberatkan, apalagi jika memasang semua plugin untuk menggantikan keseluruhan fitur jetpack.

Pengujian diatas membuktikan bahwa kinerja dari plugin jetpack masih jauh lebih baik daripada memasang plugin lainnya untuk memenuhi kebutuhan website. Berat atau tidaknya website sifatnya “relatif” tergantung dari banyak hal, terutama kemampuan server dimana website anda disimpan. Bagaimanapun, untuk keperluan perbandingan tentu saja syarat utamanya harus relevan.

Jaminan Pembaharuan Jetpack

CMS apapun termasuk wordpress sudah bukan rahasia lagi jika sangat rentan dalam segi keamanan, hal ini dikarenakan memang berbentuk opensource sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan pelaku kriminal atau hanya yang sekedar iseng. Salah satu langkah menanggulangi ini tentu saja perbaikan code dan script dari wordpress itu sendiri. Biasanya setelah perbaikan, selanjutnya wordpress akan merilis versi terparunya untuk digunakan sebagai update bagi semua pengguna CMS dengan pengguna terbesar di dunia ini.

Update (pembaharuan) tidak hanya menyangkut keamanan, tapi juga kinerja dari website itu sendiri dalam hal kecepatan misalnya. Adalah suatu kerugian jika anda tidak memperbaharui wordpress ke versi terbarunya.

Permasalahan timbul jika plugin yang anda pasang tidak mendukung pembaharuan dari wordpress, atau bahkan malah menjadi “crash” kerusakan bagi website anda, entah itu performa kecepatan yang menjadi lambat hingga error parah. Oleh karena itu disarankan untuk selalu menggunakan tema dan plugin yang sangat populer (dipasang puluhan ribu pengguna). Popularitas suatu plugin akan memaksa pihak developer agar selalu menyesuaikan dengan update terbaru dari wordpress, sehingga hanya berselang beberapa waktu (biasanya beberapa pekan paling lama) plugin populer akan tersedia pembaharuannya.

Lalu bagaimana dengan jetpack? Sudah dijelaskan bahwa jetpack adalah plugin official dari wordpress, baik pengembang (developer) hingga supportnya adalah pihak wordpress itu sendiri. Jika plugin lain memiliki resiko tidak terupdate mengikuti pembaharuan wordpress (bahkan plugin populer pun masih terdapat resiko demikian meskipun kecil kemungkinannya), maka jetpack jaminan 100% selalu kompatibel dengan update wordpress sampai kapanpun.

Jetpack Mengerti Kebutuhan Anda Sebagai Pembuat dan Pengelola Website

Bukan wordpress namanya jika tidak berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan mempermudah penggunannya. Bukan jetpack namanya jika tidak seiring dan sejalan dengan wordpress mengenai komitmennya untuk selalu menjadi “market leader” opensource cms dengan mengungguli para pesaingnya dalam meraih pangsa pasar terbesar. Atas dasar komitmen tersebut baik wordpress maupun jetpack selalu berusaha memenuhi kebutuhan dari penggunanya (klien).

Hanya satu-satunya jalan bagi market leader dalam persaingan untuk mempertahankan posisinya, yaitu dengan inovasi. Inovasi didasarkan atas pelayanan untuk menjaga klien untuk tetap “duduk manis”, ini menyangkut loyalitas dalam implementasi strategi pemasaran. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai strategi pemasaran.

Jetpack Mengerti Bahwa Desainer Website Selalu Tidak Puas dengan Tampilan Seadanya

Manusia selalu tidak puas, selalu punya pendapat sendiri, pemikiran sendiri. Terlebih mengenai tampilan suatu website, jetpack menyediakan berbagai fitur untuk memungkinkan anda melakukan “customize” tampilan website dengan cara yang paling mudah.

Edit css (css editor) adalah fitur jetpack yang berfungsi mempermudah anda dalam merubah tampilan dari tema website, mengenai ukuran elemen dan konten, tata letak, warna dan sebagainya. Kelebihan fitur edit css jetpack jika dibandingkan plugin lainnya adalah letak pengaturannya yang terintegrasi dengan pengaturan tampilan (appereance) dari wordpress. Hal ini memungkinkan anda untuk melihat secara langsung (live) dari perubahan tampilan ketika suatu kode css dimasukan. Keunggulan lainnya adalah semua pengaturan tersimpan dalam “history” yang sewaktu-waktu bisa dikembalikan jika terjadi kesalahan.

Jetpack Mengerti Bahwa Beban Server Mempengaruhi Performa dan Kecepatan

Salah satunya gambar, menjadi masalah jika terlalu banyak dan berukuran besar. Dapat anda bayangkan jika suatu halaman anda buka, secara otomatis akan meminta semua konten didalamnya untuk di “load”, termasuk gambar. Dengan adanya fitur CDN photon yang tidak lain merupakan Content Delivery Network yang dikhususkan untuk gambar, maka beban server website anda akan signifikan berkurang. Pengaruhnya terhadap kecepatan? pastinya iya, karena server hanya akan memberikan konten lainnya, sedangkan untuk gambar akan dilakukan oleh photon.

Ada beberapa masalah terkait pengaktifan photon, diantaranya gambar tidak muncul yang disebabkan versi wordpress belum terupdate (versi lama). Kemudian ukuran gambar berubah, disebabkan oleh ukuran gambar pada yang dipasang di setting tidak sama dengan ukuran sesungguhnya (misalnya ukuran gambar 800×600 diatur mencukupi layar 1366×768). Selain itu gambar berukuran terlalu besar. Sebaiknya dilakukan optimasi gambar terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur ini. Kunjungi halaman ini untuk mengetahui cara optimasi gambar.

Jetpack Mengerti Bahwa Keamanan Bersifat Vital

Salah satunya serangan brute force attack berdampak sangat buruk terhadap kelangsungan website anda, mereka (pelaku) melakukan serangan untuk membobol admin dari wordpress anda. Belum lagi SPAM yang berpengaruh buruk terhadap kinerja dan penilaian google terhadap suatu website. Email anda pada suatu kondisi akan dipenuhi dengan ribuan spam pada satu waktu yang berasal dari website, misalnya spam komentar. Apakah hal demikian tidak mengganggu? tentu saja mengganggu. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengaktifkan fitur keamanan yang di butuhkan, salah satunya proteksi dari brute force attack dan anti spam.

Untuk melengkapi keamanan website, terutama spam anda dapat menambahkan plugin offisial wordpress lainnya,  akismet yang secara otomatis akan terintegrasi dengan jetpack.

Jetpack Mengerti Pentingnya Pengunjung dan Pengelolaan Website

Apa yang dicari pemilik website jika bukan pengunjung (ramainya trafik)? Atas usaha anda mendatangkan pengunjung, maka anda pastinya merasa perlu untuk mengetahui berapa jumlahnya, masuk lewat mana, menggunakan keyword apa, ke halaman mana saja?

Pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijawab dengan statistik jetpack yang akan melaporkannya di halaman dashboard admin ringkasannya. Untuk laporan lebih lengkap anda bisa mengunjungi halaman akun anda di wordpress.com dengan meng-klik tautan selengkapnya. Selain itu anda juga dapat memasang software dan aplikasinya di perangkat yang sering anda gunakan. Klik disini untuk untuk memasang aplikasi pada perangkat milik anda.

Jetpack Mengerti Pentingnya SEO dan Mendukungnya

SEO yang selalu berkembang dari waktu ke waktu selalu diikuti oleh wordpress dan di terapkan pada plugin offisialnya “jetpack”. Salah satunya bahwa penilaian SEO yang utama (major) adalah terintegrasinya dengan sosial media, menyangkut kepopuleran. Ada terdapat banyak fitur yang mendukung integrasi dengan sosial media, diantaranya :

  • Publish otomatis ke sosial media ketika melakukan posting.
  • Tombol berbagi untuk membagikan konten pada berbagai sosial media.
  • Widget yang menampilkan berbagai halaman akun sosial media milik anda.

Jetpack menyediakan fitur untuk tampilan versi mobile yang terpisah, hal ini mendukung rencana google untuk menerapkan mobile-first indexed untuk prosedur penyusunan index mereka. Klik disini untuk mengetahui mobile-first index. Selain itu anda bisa membuat sitemap.xml (peta situs) dengan jetpack.

Jetpack Mengerti Pengelolaan Website Tidak Mudah Sehingga Berusaha Mempermudahnya

Semua fitur yang ditawarkan plugin jetpack selalu bertujuan membantu pengelolaan website. Dimulai dari kelengkapan widget, pengaturan tampilan galeri, post terkait, formulir kontak, API Jason, penempatan script meta kepemilikan akun webmaster, hingga memungkinkan anda melakukan posting melalui email.

Dengan demikian anda setidaknya mengetahui jika “selama anda menggunakan cms wordpress, maka seharusnya anda menggunakan plugin jetpack sebagai pendukungnya”. Meskipun terasa berat bukan berarti diakibatkan oleh plugin jetpack, performa website anda menurun diakibatkan oleh penambahan plugin itu sendiri, berlaku untuk penambahan plugin lainnya selain jetpack. Sisi baiknya jetpack mampu meminimalisir penurunan kinerja website untuk penambahan fitur dan fungsinya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Optimasi & SEO
  • Tutorial WordPress