Blog

Alasan Perusahaan Besar Kelas Dunia dan Brand Terkenal Menggunakan WordPress

Posted by:

Bahasan kali ini adalah mengenai kualitas wordpress, bagaimana sebenarnya kualitas dari opensource ini, mengapa perusahaan besar berskala internasional banyak memilihnya? Sedangkan yang terjadi sebelum-sebelumnya (mungkin hingga saat ini) masih saja banyak orang yang meremehkannya. Entah karena terlalu mudah, kurang menantang atau apalah.

Beberapa pendapat negatif yang beredar mengenai kualitas wordpress diantaranya :

  • WordPress gratis, sesuatu yang gratis bisa diandalkan untuk proyek komersil yang sulit.
  • Website yang besar tidak bisa menggunakan wordpress.
  • WordPress tidak aman, rentan hacker dan semacamnya.

Setidaknya pendapat diatas dilontarkan oleh orang yang belum mengenal wordpress secara mendalam, baik itu desainer maupun pemilik yang berniat membuatnya. Padahal perusahaan besar yang mempercayakan website mereka terhadap wordpress bukan satu atau dua saja, namun banyak jumlahnya. Baca disini untuk berkenalan dengan wordpress.

Untuk membuktikan bahwa mitos dan pendapat “miring” tentang wordpress tidak benar, maka saya menyertakan 10 alasan mengapa wordpress sangat layak untuk dijadikan “dasar” pembuatan website. Alasan ini mengenai persepsi dari sejumlah brand besar dan cukup terkenal.

1. WordPress Itu Mudah Digunakan

Dari mulai instalasi, dilanjutkan dengan desain hingga “launching” website / blog bisa dikatakan sangat mudah. Kesulitan dari wordpress sama dengan program yang lainnya, yaitu proses pengenalan. Jika anda sudah mengenalnya maka menginginkan website seperti apapun akan mudah. Beberapa perusahaan besar berpendapat seperti ini :

  • BBC Amerika => WordPress mempunyai alat editing dan tampilan (tata letak) yang sama untuk semua karyawan bagian editor kami.
  • NASA => Kami tidak perlu merekrut teknisi kusus untuk mendukung tim yang menangani blog, karena mereka bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

2. Tampilan WordPress “It’s Beautifull” Sangat Baik

Hasil dari desain tampilan wordpress itu (sama dengan website lainnya) sangat tergantung keahlian desainernya. Mungkin anda sering melihat tampilan yang membosankan dari wordpress, sehingga selanjutnya jika ada tampilan website seperti itu diasumsikan wordpress. Jika saja anda mengetahui banyaknya tampilan website yang “indah”, mungkin pernah anda liat kemudian anda berpendapat bahwa website tersebut dibuat dengan proses yang sulit dan mahal harganya. Padahal website tersebut menggunakan CMS wordpress. Beberapa contoh tampilan website (brand terkenal) yang sangat baik menggunakan wordpress :

3. Kualitas WordPress, Mampu Menghandel Perusahaan & Data Berskala Besar

Kenyataannya saya menggunakan wordpress untuk website berskala kecil, apakah hanya itu kemampuan wordpress?, tentu saja tidak. Kualitas wordpress sangat bisa diandalkan untuk website yang berskala besar. Sebagai contoh adalah CNN (Cable News Network) menggunakan wordpress untuk menangani lalu lintas trafik website mereka yang super padat, tanpa tersendat sedikitpun. Dapat anda bayangkan besarnya “page views” perharinya, jika kualitas wordpress tidak bisa diandalkan, maka pastinya CNN akan memiliki masalah, pada kenyataannya tidak sama sekali. CNN bukan satu-satunya website super besar dan sibuk yang menggunakan wordpress, beberapa contoh lain diantaranya : CBS New YorkHarvard Business Review Blogs, dan Boise State University, contoh tersebut hanya sebagian kecil saja.

4. WordPress Benar-benar Gratis

Mungkin anda harus membayar desainer wordpress, kemudian membayar untuk menyewa hosting server. Namun untuk wordpressnya sendiri benar-benar gratis. Pihak wordpress sendiri menegaskan :

WordPress adalah proyek Open Source, yang berarti ada ratusan orang di seluruh dunia bekerja di atasnya. (Lebih dari sebagian besar platform komersial.) Ini juga berarti Anda bebas untuk menggunakannya untuk apapun dari halaman rumah kucing Anda ke situs web Fortune 500 tanpa membayar siapa pun biaya lisensi dan sejumlah kebebasan penting lainnya.

– WordPress.org

5. WordPress Memberikan Otorisasi Data Penuh

Brand yang besar misalnya Coca-cola dan Sony memiliki data berjumlah ratusan  ribu bahkan jutaan, sebagian diantaranya bersifat vital dan sensitif. Sama halnya dengan anda yang memiliki data pada website dan tidak mengijinkan orang lain mengetahuinya, hal yang lumrah. Namun, integritas merupakan aspek penting untuk merek besar (big brand), dan satu-satunya cara untuk memastikan integritas data adalah memiliki otoritas penuh. WordPress adalah platform pubishing, platform publishing aman, yang memungkinkan Anda untuk membangun website menakjubkan. Anda memiliki data setiap byte-nya, dan tidak ada karyawan bahkan WordPress’ tidak akan campur tangan dalam konten Anda.

6. Tidak Usah Repot-Repot Membuat Fungsi dan Aplikasi Pendukung

WordPress mengurus semua dasar dan struktur “codebase”, sehingga Anda tidak perlu menulis kode dari awal ketika Anda ingin menjalankan fungsi (aplikasi) baru. Jika website anda berbasis WordPress, Anda hanya perlu plugin atau tambahan beberapa baris kode untuk mendapatkan fungsi dan berjalan. Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam menciptakan aplikasi baru karena kemungkinan besar bahwa terdapat plugin untuk mengatasi hal tersebut. Klik disini untuk mengetahui plugin wajib wordpress.

Bayangkan jumlah waktu dan biaya yang dihabiskan dalam membuat dan menguji aplikasi baru untuk HTML + CSS sebuah website statis? Kemampuan untuk meluncurkan dengan cepat adalah alasan mengapa merek besar seperti majalah Time mengerjakan sebagian besar konten web mereka di WordPress.

“Hampir semua konten web baru kami sekarang dibuat pada WordPress.” – Time

Contoh Brand Besar lainnya yang menciptakan konten baru menggunakan aplikasi (fungsi) wordpress diantaranya :

7. WordPress Mudah Terintegrasi Dengan Sosial Media dan Layanan Lainnya

Mungkin hanya platform blogging berbentuk CMS, tapi kualitas wordpress dalam hal pengintegrasian dan berjalan dengan baik pada layanan lain, dapat dikatakan sangat baik bahkan diluar dugaan anda. Dengan bantuan beberapa plugin jejaring sosial, anda dapat menyebarkan konten (pesan) ke jejaring sosial dengan mudah serta cepat.

Brand besar dan terkenal seperti AMC Walking Dead telah mempraktekannya, mengintegrasikan penggemar dengan layanan yang dinamakan StorySync menyatukan penggemar diseluruh dunia. Berkat layanan “cerdik” ini, penggemar serial TV Walking Dead dapat berbagi. “…snap rolls, cool trivia, exclusive video and watch episodes on air.” Tell me, isn’t that dead cool?

Tidak terbatas pada cerita walking dead diatas, terdapat kisah serupa diantaranya :

Anda mungkin akan terkejut mengenai kemampuan wordpress yang dapat dengan mudah dan sempurna terintegrasi dengan apapun.

Website apapun, terutama website baru sangat membutuhkan popularitas. Cara mudah dan gratis meraihnya adalah dengan membagikan konten dan tautan ke sosial media, baca selengkapnya disini.

8. WordPress 100% Responsive dan Ramah Terhadap Perangkat Mobile

Pilihan yang bagus jika anda mempercayakan website perusahaan kepada wordpress, dengan demikian anda tidak perlu pusing untuk merombak lagi “back-end” hanya agar website tampil dengan baik di perangkat seluler. Platform wordpress dibangun dengan standarisasi website terbaru (dimulai versi wordpress 3.8.1), berarti website anda sepenuhnya responsive, mendukung perangkat apapun.

Jika anda menginginkan tampilan, tata letak yang sama sekali berbeda pada perangkat mobile, maka dengan bantuan plugin tertentu sangat memungkinkan untuk melakukannya. Selanjutnya mari kita uji pada beberapa website (wordpress) pada perangkat seluler yang anda miliki :

Jika anda sudah mencobanya, sepertinya anda setuju akan hal ini bahwa “WordPress=Responsive”.

9. WordPress Itu Dinamis dan Hidup

WordPress sangat fleksibel, tidak ada batasan bagi anda untuk melakukan update, berkomunikasi dengan pengunjung serta hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan didalam website. Lebih penting dari itu bahwa wordpress dikembangkan oleh tim dari seluruh dunia atas konstribusinya terhadap dukungan pengembangannya. Pada update terbaru anda akan selalu disuguhkan tentang hal baru, pengalaman baru. Website anda tidak akan pernah terlihat membosankan, dinamis, berubah dan pastinya terlihat hidup. Silahkan anda perhatikan brand terkenal berikut :

“Kami menggunakan WordPress sebagai platform yang fleksibel – itu adalah CMS yang kita beradaptasi dengan sejumlah kebutuhan.” – NASA

10. WordPress Itu Bukan Perangkat Lunak (Software)  Biasa, Tapi Komunitas

Proyek WordPress melibatkan ratusan ribu konstributor dari seluruh penjuru dunia, yang menciptakan sebuah komunitas besar di mana ide-ide baru lahir dan pemberian solusi atas berbagai permasalahan. Coba anda perhatikan mengenai point “solusi berbagai permasalahan”, dengan demikian apapun masalahnya mengenai wordpress, baik itu berkaitan dengan code, script, function dan sebagainya pasti ada jawabannya, mereka tidak akan sungkan-sungkan memberi bantuan.

“Merangkul komunitas WordPress … mereka sumber untuk memecahkan masalah Anda dan memberi Anda inspirasi untuk memecahkan mereka.” –  Consumer Finance Protection Bureau

“Rasanya hebat ketika kami dapat menawarkan perbaikan yang dapat membantu seluruh masyarakat.” – BBC America

“Setelah semua kode ini tersedia dan berbagi dengan seluruh komunitas WordPress membuat lebih mudah bagi kita untuk bekerja di situs.” – NASA

“Ini kekuatan komunitas open source yang membuat WordPress sebagus itu.” – Interactive One

Mereka (Brand Terkenal) Sudah Menggunakan WordPress, Bagaimana Dengan Anda?

Pada kenyataannya kualitas wordpress sudah teruji dengan baik, oleh sebab itu cms ini mampu menjadi market leader dari semua cms yang ada. Jika masih ada pendapat “miring” mengenai keraguan terhadap wordpress, maka dapat disimpulkan bahwa mereka sama sekali belum mengenal wordpress itu sendiri. Mereka hanya mengira-ngira dan meraba-raba tanpa menunjukan bukti apapun.

Kesulitan dari website itu adalah pada saat menjalankannya. Dengan membuat sesuatu yang sulit tanpa kemampuan pendukungnya maka sudah dapat dipastikan sebuah web tidak akan memberikan konstribusi apapun. Jangan libatkan anda dalam situasi yang sulit dikemudian hari, karena baik website dan blog itu menyangkut 3 hal yang harus diperhatikan : anda sebagai pengelola, pihak eksternal sebagai jalan mendapatkan visitor (misalnya mesin pencari), terakhir visitor (pengunjung) dari website anda.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • website & toko online
  • Tutorial WordPress