Blog

Pengertian dan Bahasan Lengkap Cara Export dan Import Barang

Posted by:

Harus anda ketahui, pada hakikatnya kegiatan ekspor dan impor adalah kegiatan jual beli biasa. Kegiatan menjual barang kepada seseorang atau badan usaha yang berada di luar negeri disebut kegiatan ekspor. Sebaliknya kegiatan membeli barang dari seseorang atau badan usaha di luar negeri disebut dengan kegiatan impor. Sebagai penunjang di setiap kegitannya, ekspor dan impor memerlukan sebuah jasa import barang.

Ketika kita cermati, transaksi yang terjadi dalam ekspor dan impor bagaikan sebuah hubungan antara dua sisi dari satu mata uang. Untuk menjual sebuah barang kepada pengusaha di luar negeri, seorang penjual tidak dapat melakukannya sendiri. Ia memerlukan banyak bantuan untu melakukannya.

Pada dasarnya seorang eksportir atau importir harus memiliki pengetahuan tentang perdagangan internasional, yaitu dengan cara :

  1. Mengenal pihak-pihak yang berkaitan dengan perdagangan internasional (institutional approach).
  2. Mengetahui dokumen-dokumen perdagangan internasional (documentation approach).
  3. Memahami setiap proses perdagangan internasional (international trade process).

Yang dimaksud dengan proses perdagangan disini, yaitu kegiatan yang terjadi setelah melalui suatu proses negosiasi yang membutuhkan kesabaran, ketekunan, keahlian dan waktu. Masing-masing pihak mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan suatu transaksi dagang.

Selain pengetahuan tentang perdagangan internasional, jika anda berperan sebagai exportir atau importir sebaiknya memahami juga dengan apa yang dinamakan pemasaran internasional (global). Klik disini untuk membaca pembahasan mengenai pemasaran internasional.

Sekilas Tentang Jasa Import Barang (Freight forwarding)

tentang jasa export import pengiriman barang

Jasa import barang atau Freight Forwarding adalah badan usaha yang bergerak di jasa pengangkutan barang secara keseluruhan, freight forwarding bisa berfungsi sebagai EMKL (Ekspedisi Muatan Kala Laut), Pelayaran, Jasa kepabeanan dan pengiriman door to door.

Seseorang atau badan hukum yang melakukan kegiatan forwarding adalah seorang freight forwarder.

Usaha Jasa Import Barang Pengurusan Transportasi adalah kegiatan usaha yang mengurus semua kegiatan yang dalam pengiriman dan penerimaan barang melalui transportasi darat, laut atau udara. Kegiatannya mencakup kegiatan :

  • penerimaan
  • penyimpanan
  • sortasi
  • pengepakan
  • pengukuran
  • penimbangan
  • pengurusan penyelesaian dokumen
  • penerbitan dokumen angkutan
  • perhitungan biaya angkutan
  • klaim asuransi atas pengiriman barang
  • penyelesaian tagihan dan biaya-biaya lainnya berkenaan dengan pengiriman barang sampai diterima oleh yang berhak menerimanya.

Ada 2 model pengiriman barang atau terima barang yaitu door to door dan port to door service.

1. Door To Door Services

Door To Door berarti “dari pintu ke pintu”. Pada model pengiriman ini, pengirim/penjual (eksportir) memiliki kewajiban untuk mengirimkan produk / barangnya ke penerima (importir) tidak hanya sampai pelabuhan. Tapi sampai dengan gudang tempat penerima / pembeli akan menyimpan barangnya.

Sebuah jasa pengiriman Door To Door pada dasarnya adalah sebuah solusi menyelesaikan permasalahan barang yang terkena lartas (larangan pembatasan). Artinya, pengurusan pajak di pelabuhan negara tujuan, pemakaian jasa pengiriman jalur darat dari pelabuhan ke gudang, dan berbagai biaya lainnya akan ditanggung oleh penjual.

Biasanya, hanya penjual yang sudah memiliki channel (mitra) di negara tujuan saja yang berani menjual produknya dengan model seperti ini. Door To Door adalah salah satu cara untuk para importir yang ingin menempuh jalur cepat tanpa perlu repot-repot mengurusi proses kepabeanan.

Cara impor barang dari luar negeri

Proses Pengiriman Door To Door

  1. Pengirim / Penjual (eksportir)
    Setelah proses pengiriman barang (barang dikirim), perusahaan pengiriman (ekspedisi) akan segera memberikan informasi tentang data pengiriman barang.
  2. Proses Pengiriman
    Pada saat proses pengiriman, penyedia jasa ekspedisi akan terus melacak posisi barang dari mulai kebeangkatan sampai tiba di tempat tujuan. Jadi, Anda (pemakai jasa ekspedisi) bisa melacak langsung perkembangan pengiriman secara online dari website yang disediakan oleh perusahaan jasa ekspedisi. Atau, Anda bisa langsung menghubungi pihak perusahaan untuk menanyakan proses pengirimannya secara langsung.
  3. Penerima / Pembeli (importir)
    Sesampainya barang di tempat tujuan, penerima akan diminta tanda tangan sebagai bukti bahwa barang telah sampai dan diterima. Setelah itu, penerima harus memberitahukan kepada pihak perusahaan pengiriman bahwa barang telah di terima.

Cara Import Barang Dari Luar Negeri

2. Port To Door Services

Maksudnya dari model pengiriman Port To Door ini merupakan tanggung jawab dari pengirim/penjual (eksportir) hanya untuk mengirimkan barang sampai di pelabuhan. Untuk selanjutnya barang yang ada di pelabuhan itu diambil atau tidaknya oleh penerima / pembeli (importir), dan sudah bukan menjadi urusan dari si penjual.

Jelasnya adalah ketika barang sudah sampai di pelabuhan, perusahaan pengirim sudah memiliki hak untuk mengirimkan invoice atau tagihan kepada pihak pembeli. Istilah Port to Door ini mewakili kegiatan pengiriman barang yang dilakukan antar bandara. Jadi barang yang akan anda kirim harus diantar ke Bandara setempat (biasanya ke bagian Cargo bandara) yang nantinya barang tersebut diterima di bandara tujuan.

Beberapa Istilah dalam Port To Door

  • Ocean Freight adalah tarif dasar ongkos kirim container dengan kapal container dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan yang harganya per unit container.
  • THC atau Terminal Handling Charge adalah biaya yang dikenakan oleh pihak pelayaran dalam hal pengelolaan container di terminal peti kemas yang harganya juga per unit container.
  • LOLO atau Lift On Lift Off adalah biaya pemakaian alat dalam hal menurunkan dan menaikan container ke atas truck trailer.
  • Trucking Pick Up adalah biaya trucking untuk pick up barang dengan container dari lokasi muat / lokasi pihak pengirim menuju pelabuhan asal.
  • Trucking Delivery adalah biaya trucking untuk delivery barang dengan cotainer dari pelabuhan tujuan menuju lokasi bongkar / lokasi pihak penerima.

Tips Memilih Layanan dan Jasa Kargo Terbaik

Importir atau pengusaha impor harus memiliki co-partner diluar negeri yang bertindak sebagai eksportir. Importir bisa mengimpor barang-barang yang dibutuhkan untuk keperluannya. Untuk mendapatkan keuntungan yang didapat dari eksportir di luar negeri yang sanggup menyuplai komoditas yang diperlukan. Cara import barang yang seharusnya dilakukan importir diantaranya mencari co-partner dagangnya.  Yaitu dengan asumsi co-partner sanggup mengirimkan /memenuhi permintaan jenis produk untuk importir agar bisa diperdagangkan untuk mendapat keuntungan. 

Hal yang paling penting dengan cara import barang, importir harus menentukan jenis dan komoditas apa yang seharusnya di import oleh importir. Selanjutnya, untuk mendapatkan profit yang layak dari jenis dan komoditas yang telah dipilih, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh importir, diantaranya :

  1. Mencari co-parner di luar negri.
  2. Menandatangani kontrak penjualan.
  3. Mendatangi Bank / Issuing Bank di negaranya.
  4. Mendapat paket dokumen barang impor.
  5. Menghubungi Shipping Agent / Shipping Company.
  6. Menghubungi Radio pantai, Gudang Lini, PBM, dan EMKL.
  7. Membuat PIB dan kewajiban kepabeanan.
  8. Menghubungi jasa angkutan darat dan mengenali jenis-jenisnya (bisa truk atau yang lainnya).

Tips Memilih Layanan Dan Jasa Kargo

Mencari co-parner di Luar Negeri

Sebagai importir, khususnya pemula yang belum pernah melakukan transaksi impor, tentu harus mencari co-partner dagangnya. Yaitu eksportir yang bisa menyuplai jenis dan tipe produk yang di butuhkan importir. Selain itu harus ada kesepakatan dalam menentukan harga barang dan kualitas barang serta menunjukan perusahaan pelayaran yang akan mengangkut komunitas tersebut.

Khusus untuk importir pemula bisa mencari co-partner dagangnya dengan mendatangi :

  1. Kantor KADIN (Kamar Dagang Industri) di tingkat Pusat.
  2. KADINDA (Kantor Dagang Industri Daerah) di tingkat Provinsi/Daerah.
  3. Panjatabda (Panitia Kerja Tetap Daerah) di tingkat Provinsi.

Cara import barang lainnya adalah dengan menggunakan referensi dari para pengusaha atau importir yang lebih berpengalaman untuk membantu dalam melaksanakan realisasi impornya.

Pihak-pihak yang terlibat dalam Export-Import

Prosedur Import

Document binder with PROCEDURE word on label place on blank process procedure flow charts, sepia tone image, work instruction concept

Setelah Anda mengetahui apa saja yang harus anda siapkan sebelum mengimpor barang, selanjutnya adalah :

  1. Anda bisa mengirimkan barang impor dari luar negeri ke Indonesia dengan menggunakan kapal atau pesawat.
  2. Anda harus meminta kelengkapan dokumen impor original kepada pihak suplier di luar negeri untuk segera dikirimkan ke Indonesia.
  3. Selanjutnya lakukan pembayaran Bea Masuk dan Pajak Import sesuai dengan jenis barang yang Anda impor. Pembayaran bisa dilakukan melalui Bank yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk proses pembayaran Pajak impor. Besarnya tarif Bea Masuk dan pajak bisa Anda cek DISINI.
  4. Lalu Anda harus mengirimkan pemberitahuan kepada Bea Cukai dengan menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) beserta dokumen impor pelengkapnya. Setelah itu Bea Cukai akan menetapkan jalur hijau, kuning, merah, atau jalur prioritas terhadap proses impor Anda.
  5. Kemudian Bea Cukai  akan menerbitkan SPPB (Surat Persetujuan Pengeluaran Barang) jika importasi Anda sudah disetujui. Jika sudah terbit SPPB, maka secara hukum barang impor tersebut sudah diijinkan / legal untuk masuk wilayah Indonesia.
  6. Terakhir, Anda harus Mengangkut barang impor dari kawasan pabean (TPS / Airport) ke tempat Anda, biasanya menggunakan transportasi darat seperti truk, bus, mobil, dsb.

China menjadi salah satu tujuan import yang terbesar (jasa Import barang China)

import barang china

Didalam Bidang Import, China menjadi tujuan para importir untuk mengimpor barang karena barang yang relatif murah dan juga berbagai macam barang di produksi di china membuat pertumbuhan importir china oleh importir indonesia dari tahun-ketahun semakin meningkat.

Produk-produk Import barang China

  1. Elektronik
  2. Peralatan rumah tangga
  3. Tekstil
  4. Suku cadang otomotif
  5. Furniture
  6. Mainan anak
  7. Dan juga pakaian

Hal yang paling penting dengan cara import barang, importir harus menentukan jenis dan komoditas apa yang seharusnya di import oleh importir. Selanjutnya, untuk mendapatkan profit yang layak dari jenis dan komoditas yang telah dipilih, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh importir, diantaranya :

  1. Mencari co-parner di luar negri.
  2. Menandatangani kontrak penjualan.
  3. Mendatangi Bank/Issuing Bankdi negaranya.
  4. Mendapat paket dokumen barang impor.
  5. Menghubungi Shipping Agent/Shipping Company.
  6. Menghubungi Radio pantai, Gudang Lini, PBM, dan EMKL.
  7. Membuat PIB dan kewajiban kepabeanan.
  8. Menghubungi jasa angkutan darat dan mengenali jenis-jenisnya (bisa truk atau yang lainnya).

Memilih Jasa Ekspedisi Import Terbaik dan terpercaya

jasa Ekspedisi adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang layanan dan jasa pengiriman barang melalui jalur darat, laut atau udara. Jasa ekpsedisi memberikan pelayanan secara efektif dan efisien untuk memenuhi permintaan dari pelanggan yang akan mengirim barangnya.

Setiap perusahaan penyedia jasa ekspedisi barang mempunyai prosedur dan aturan yang berbeda-beda. Ada yang prosedurnya sangat mudah dan ada juga yang agak rumit. Tapi perusahaan dengan prosedur yang agak rumit biasanya lebih aman dalam mengirim barang dibandingkan dengan perusahaan yang prosedurnya lebih mudah. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk perusahaan yang prosedurnya lebih mudah bisa memberikan pelayanan yang memuaskan.

Intinya adalah dalam memilih perusahaan penyedia jasa ekspedisi Anda harus teliti. Cari lah yang sudah anda percayai dan sudah terbukti melakukan ratusan bahkan ribuan pengiriman dengan baik. Data-data tersebut bisa anda dapat dari pelanggan-pelanggannya yang sudah sering melakukan pengeriman melalui perusahaan tersebut.

W3cargo dan Indoforwarding adalah perusahaan cargo impor dan freight forwarding terbaik

jasa export import terbaik

Perusahaan yang telah berdiri sudah lebih dari 8 tahun ini telah dipercaya dalam jasa ekspor dan impor barang di berbagai negara dan yang terbesar adalah import barang dari china.

Klik disini untuk mengunjungi W3Cargo

Atau

Klik disini untuk mengunjungi Indoforwarding

Kedua perusahaan ini konsen pada 2 mode transportasi impor nya baik di laut dan udara, tetapi untuk W3cargo memiliki satu mode transportasi lain selainu udara dan laut yaitu mode transfortasi darat Berikut Penjelasannya:

  1. Udara
    Pengangkutan barang dan pengiriman cepat menggunakan pesawat
    pilihan tepat untuk komoditas fashion, sample atau yang lainnya yang membutuhkan waktu cepat tiba di tempat anda.
  2. Laut
    FCL (Full Container Load)– Pengangkutan Dengan  Memakai Unit Container Ukuran D20, D40 Feet Atau  Lainnya
    LCL (Less Than Container Load) – Pengangkutan Barang Dengan  Memakai Container Secara Konsulidasi
    Breakbulk Cargo – Pengangkutan Barang Yang Tidak  Memakai Container
    Project Cargo – Pengangkutan Barang Yang Over Dimensi Dan Membutuhkan Peralatan Heavy Lift Equipment
    Vessel Charter – Pengangkutan Dengan Menyewa Dan Memakai Satu Kapal Sendiri Baik Berdasarkan Trip (Voyage Charter) Atau Lamanya Waktu (Time Charter).
  3. Darat
    Kami menyediakan pengiriman paket melalui jalur darat dengan harga yang kompetitif dan lead time yang sesuai jadwal. Armada kami mempunyai jadwal teratur dan rutin.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.


0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...