Blog

Perbedaan Pengertian – Area Tugas antara pemasaran dan penjualan

Posted by:

Kesalahan pemahaman perbedaan marketing dan sales umumnya disebabkan kedua hal ini sering dianggap sama. Salah satu kasus mungkin anda sering melihat banyak (bahkan mengalami) perusahaan yang salah mencari seorang marketing, padahal sebenarnya mencari salesman. Begini, untuk melakukan marketing (pemasaran) dibutuhkan pemikiran yang sistematis dikarenakan menyangkut area tugas dan wewenangnya yang begitu luas, sedangkan sales hanya dibutuhkan naluri serta kemampuan pendekatan persuasif terhadap pembeli untuk mendorong penjualan produk.

Hampir semua pembahasan mengenai perbedaan marketing dan sales memberi penjelasan yang tidak tepat. Bagaimanapun juga marketing (pemasaran) adalah fungsi perusahaan, bukan sebuah profesi. Umumnya pembahasan yang membedakan antara keduanya hanya mencari-cari perbedaan kecil yang pada dasarnya sama.

Pada artikel ilmu manajemen bisnis dijelaskan bahwa pemasaran adalah salah satu dari beberapa fungsi perusahaan. Banyak dari anda menganggap pemasaran adalah penjualan, pendapat ini sebenarnya kurang tepat karena penjualan itu sendiri merupakan satu bagian dari kegiatan pemasaran. Boleh dikatakan bahwa penjualan merupakan salah satu saja hasil dari pemasaran.

Pelajari Dasar Ilmu Manajemen Disini

Pemasaran yang baik akan berbanding lurus dengan penjualan, sebaliknya penjualan yang tinggi tidak berarti melakukan pemasaran dengan baik. Ini menyangkut keuntungan jangka panjang, pemasaran memang dipersiapkan ke arah demikian. Sedangkan penjualan tinggi pada saat ini sama sekali tidak menjamin penjualan tinggi untuk masa yang akan datang.

Perbedaan Marketing dan Sales

perbedaan marketing dan sales

Sebenarnya antara pemasaran memiliki persamaan. Keduanya dikaitkan dengan penyaluran produk (barang / jasa) dari produsen ke konsumen yang menjadikan perubahan kepemilikan dan perputaran uang. Terdapat beberapa uraian untuk menjelaskan mengenai perbedaan secara umum dari keduanya.

Pemasaran (Marketing) dan Area Pekerjaannya

Pemasaran erat kaitannya dengan kepuasan, dimana kepuasan itu sendiri adalah selisih harapan dikurangi kenyataan. Jika anda mempunyai harapan, bisa itu berdasarkan persepsi, pengorbanan dan lain-lain. Tentunya akan merasa puas seandainya semua harapan, pengorbanan, dan usaha anda mendapatkan hasil yang seimbang, bahkan menjadi sangat puas apabila hasil (kenyataan yang diperoleh) melebihi harapan. Sebaliknya anda pastinya tidak puas, kecewa, hingga marah jika apa yang didaptkan tidak sesuai dengan harapan yang terbentuk dari persepsi maupun pengorbanan (usaha / uang).

Marketing memikirkan bagaimana caranya merebut hati masyarakat supaya menerima produk anda, sosialisasi produk. Pola pikir marketing adalah bagaimana caranya agar harga produk serendah mungkin, kualitas setinggi mungkin, keuntungan terus mengalir. Hubungan baik antara perusahaan dan pembeli harmonis, berbeda dengan pola pikir sales : penjualan banyak, untung besar, dapat bonus besar, hubungan pribadi dengan bos harmonis.

Penjualan (Sales) dan Pekerjaannya

Penjualan erat kaitannya dengan keuntungan, dimana keuntungan itu sendiri merupakan selisih dari penjualan dikurangi modal. Untuk penjelasan panjangnya saya anggap semua mengetahui tentang penjualan, seputar untung, rugi dan sebagainya.

Penjualan sangat sempit ruang lingkupnya hanya terpaku sekitar banyak, sedikit, untung dan rugi. Namun pada pemasaran mencakup ruang lingkup yang luas serta penjelasan yang panjang. Namun ada tidak usah mendeskripsikan sepanjang itu. Pemasaran hanya mencangkup secara umum 4 unsur yaitu produk, place, price, promotion (4p) pada barang, dan (+3p) pada jasa meliputi people, proses, psycal evidence.

Pelajari Dasar Ilmu Pemasaran Disini

Dalam sepakbola sebuah tim secara keseluruhan diumpamakan sebagai marketing dengan tujuan memenangkan satu musim kompetisi; seorang sales sebagai striker.

Telemarketing, surveyor, market analys, desainer sebagai gelandang serang; customer service sebagai pemain bertahan bertugas menahan serangan berupa “complain” serta sesekali memberi umpan berupa informasi kepada analys atau sales.

Marketing riset dan pengembangan sebagai penjaga gawang yang mencegah bobolnya gawang dari pesaing dengan terus melakukan pengembangan dan inovasi.

Yang terakhir adalah manajer sepakbola, tugasnya sama halnya dengan manajer pemasaran.

Sekilas Tentang Bauran Pemasaran (marketing mix)

Dengan memahami sekilas tentang pemasaran, setidaknya anda mempunyai gambaran tepat mengenai perbedaan antara marketing dan sales. Pada ruang lingkupnya “marketing mix” menjelaskan area pekerjaan marketing, sehingga anda dapat menemukan dimana letak sales di dalam ruang lingkup pemasaran.

Produk

  • Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar—
  • Produk terdiri dari barang dan jasa
  • Menentukan STP (segmenting, Targeting, Positioning) produk =>Anda segmentasikan pasar potensial, kemudian tentukan target yang mana yang akan anda bidik dari segmen2 tadi, yang terakhir posisikan produk anda dimana (jadi market leader, challengger atau follower). => Misal untuk menjual kaos dan pakaian, anda segmenkan pasar potensial dewasa, remaja dan anak. Kemudian targetkan menjadi remaja. Selanjutnya, terakhir anda posisikan sebagai penantang (challengger). 

Pelajari Strategi Pemasaran STP Disini

Place

  • Place berhubungan dengan pendistribusian produk dan saluran pemasaran
  • Produk > dekat dengan bahan baku
  • Jasa > dekat dengan pelanggan
  • menggunakan apakah salauran pemasarannya (agen, distributor, distributor lepas, distributor resmi perusahaan) => berpengaruh terhadap harga akhir, semakin sedikit saluran pemasaran maka bersifat memangkas markup.
  • Place berhubungan dengan distribusi barang serta terdapat perhitungannya sendiri pada ilmu manajemen sub produksi dan distribusi.

Price

  • Pricing merupakan penetapan harga produk :
  • Cost-Plus Pricing Method =>Biaya total+marjin(keuntungan yang diinginkan)=Harga Jual
  • Mark-up Pricing Method=>Harga beli+marjin(keuntungan yang diinginkan)=Harga Jual
  • Break Event Point (BEP)=>Biaya tetap / (harga jual-biaya variabel )= unit penjualan(unit) atau Biaya tetap / 1-(biaya variabel:harga jual)=penjualan (Rp)

Promotion

Bauran Promosi meliputi :

  • Advertising : spanduk, brosur, proposal => yang menggunakan media baik cetak, elektronik dsb.
  • Sales promotion : diskon, beli 2 dapat 1, harga psikologis Rp. 99,9999 =>berhubungan dengan mempengaruhi psikologis calon pembeli yang akan merasa diuntungkan, padahal tidak heheheh..dan sama sajah—
  • Direct marketing : website/toko online
  • Personal seling : dor to dor, salesman, sosmed
  • PR (Public Relation) : Customer Service, bakti sosial, workshop dll => kepedulian terhadap lingkungan, masyarakat dll yang ujung2nya menaikan reputasi perusahaan dan ujung2nya lagi meningkatkan penjualan.

+3p untuk jasa

People

Kualitas orang yang menyampaikan jasa (karyawan)

Proces

prosedur pelayanan dan penyampaian jasa

Psycal Evidence

berkaitan dengan bukti fisik yang menunjang jasa (tempat, fasilitas dan lain2).

Hal Penting Pemahaman Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Marketing adalah divisi atau bagian perusahaan dengan fungsi menghubungkan antara perusahaan dan masyarakat, butuh spesifikasi sekelas manajer untuk menjalankannya.

website berfungsi menghubungkan langsung perusahaan dan pembeli, sebagai alat direct marketing.

Salesman bertugas menjual produk dengan menawarkan langsung dor to dor.

Marketing itu sendiri membawahi : Advertising, Website, Salesman, Customer servis (dan banyak lg). Jadi jika ada lowongan marketing tanyakan lg ke perusahaan ” sebagai pembuat iklan, pengelola website, salesman, atau customer service?

Digital Internet Marketing. Disiplin ilmu manajemen pemasaran (marketing management) mempelajari baik hal teoritis, terapan hingga perhitungan dalam memasarkan suatu produk. Point-point mengenai pemasaran dipelajari secara lengkap dan mendalam sehingga perbedaan marketing dan sales dapat dengan mudah diidentifikasi. Pada tahun-tahun berikutnya diperkirakan ilmu pemasaran pun akan berkembang dengan memanfaatkan teknologi. Dikenal dengan istilah digital marketing, tidak lain konsep pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang pesat.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...