Blog

Meraih Pasar dan Meningkatkan Penjualan dengan Perbedaan dan Keunikan Produk

Posted by:

Menurut anda, bagaimana caranya untuk memenangkan persaingan merih pangsa pasar untuk jenis produk yang memiliki banyak saingan? Tentunya perbedaan dan keunikan atau disebut diferensiasi produk. Apa nilai lebih produk anda dari pesaing, sehingga pembeli memperoleh nilai (value) dibandingkan mereka membeli produk lainnya. Diferensiasi produk adalah cara perusahaan memenangkan persaingan atas pemasaran produknya dengan cara membuatnya berbeda dengan produk sejenis dari pesaing dengan memberikan manfaat lebih, nilai dan keunikan.

Menurut Kotler, diferensiasi dapat didefinisikan sebagai tindakan untuk menetapkan sekumpulan perbedaan-perbedaan yang mempunyai nilai guna membedakan penawaran perusahaan dari pesaingnya. Dari pernyataan ini dapat diambil kesimpulan bahwa hanya ada 3 hal yang harus menjadi fokus perhatian dalam diferensiasi produk :

  • Perlu mengidentifikasi dan menetapkan apa yang menjadi pembeda produk yang anda jual.
  • perbedaan yang ditetapkan harus mempunyai nilai tambah (value) bagi pembeli;
  • Perbedaan tersebut harus mencolok agar pembeli mudah serta tertuju peerhatiannya ketika membedakan produk anda dengan pesaing.

Diferensiasi produk juga merupakan bagaimana anda memposisikan diri dari pesaing. Baca disini tentang penentuan dan penerapan strategi STP.

Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Melakukan Diferensiasi Produk

Dengan memperhatikan dan membaca uraian diatas, sekilas anda pastinya berfikir berarti untuk melakukannya berarti harus membuat keunikan perbedaan pada produknya saja. Sebenarnya tidak demikian, anda dapat menetapkan perbedaan pada berbagai hal yang berkaitan langsung maupun tidak langsung terhadap produk tersebut. Setidaknya ada 3 hal yang dapat anda bedakan pada produk yang anda jual agar mampu mengungguli pesaing. perangkat tersebut dinamakan : content, context, dan infrastructure.

  • Content berkaitan dengan ”apa yang anda tawarkan” (what to offer).
  • Context berkaitan dengan ”bagaimana anda menawarkan produk tersebut” (how to offer).
  • infrastructure berkaitan dengan ”ikhtiar (fasilitas) pendukung agar diferensiasi content dan context di atas berjalan dengan baik”.

Contoh dari content, context, dan infrastructure adalah anggap saya saya memilikiusaha gorengan grobak dipinggir jalan.

  • Content adalah saya menjual produk gorengan dengan rasa makanan eropa, misal goreng singkong rasa pizza, bala-bala rasa barbeque dsb.
  • Lalu context nya? Mungkin saya mempekerjakan seseorang yang bertindak memakai kostum gorengan didepan gerobak saya agar orang yang lewat perhatiannya tertuju ke gerobak jualan saya.
  • Infrastrukturnya ? Saya sediakan kursi, meja makan, televisi dan wifi sebagai fasilitas pendukung agar pembeli merasa tidak masalah jika harus mengantri berjam-jam hanya untuk membeli gorengan.

Apa Saja Yang Bisa Dijadikan Pembeda Produk Anda Dibandingkan Pesaing

Ada banyak sekali yang bisa anda lakukan untuk membuat produk yang anda jual benar-benar berbeda atau setidaknya memiliki keunikan yang menjadi perhatian pembeli.

Anda harus mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari usaha anda, anda juga harus mendeteksi adanya peluang serta ancaman. Klik disini untuk mengetahui analisis kekuatan, kekurangan, peluang dan ancaman usaha anda.

Diferensiasi yang Melekat pada Produk

Dalam diferensiasi ini, pihak perusahaan menetapkan pembedaan produknya berdasarkan produk fisiknya. Ada beberapa unsur dalam melakukan diferensiasi produk, antara lain :

  • Tahan lama => Perusahaan dapat memilih diferensiasi berdasarkan daya tahan produk tersebut. Sebagai contoh, Baterai Duracell mengiklankan dirinya sebagai baterei yang tahan lama. Perusahaan sepatu Bata juga menempatkan pembedaan produknya pada unsur keawetan produk.
  • Kinerja produk => Kinerja mengacu pada keunggulan produk tersebut pada saat beroperasi. Kinerja komputer terletak pada kecepatan proses dan kemampuannya yang besar. Kinerja mobil terletak pada keamanan, kenyamanan dan akselerasinya yang cepat. Mobil merek Volvo menempatkan perbedaan produknya pada segi keamanan (keselamatan), sedangkan BMW pada kinerja mesinnya.
  • Kemudahan perbaikan => Kemudahan perbaikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam memenangkan persaingan. Salah satu keunggulan mobil Jepang dibandingkan mobil Eropa ataupun Amerika adalah mudah diperbaiki. Menyadari hal ini, tidak aneh jika Astra mendirikan bengkel resmi ”Auto 2000” untuk memudahkan pelanggan mereka dalam memperbaiki mobilnya.
  • Model/Disain => Anda dapat juga memilih diferensiasi pada model atau disain. Pada produk otomotif, disain atau model memegang peranan yang sangat penting. Banyak produk otomotif yang sebenarnya hanya baru dalam disain, namun dari segi teknologi sebenarnya sudah usang.
  • Hemat energi => Hemat energi juga dapat dijadikan sebagai perangkat dalam melakukan diferensiasi. Dalam memilih barang elektronik seperti TV, lemari es, pompa air, konsumen sering memperhatikan masalah penggunaan listriknya. Dalam pembelian mobil, masalah hemat bahan bakar juga menjadi perhatian konsumen. Salah satu diferensiasi yang ditonjolkan pada mobil city car seperti Suzuki Karimun atau Hyundai Atoz adalah pada aspek hemat bahan bakar.

Diferensiasi pada Pelayanan

Jika perusahaan Anda sulit mencapai diferensiasi pada produk fisik, maka alternatif lainnya adalah melakukan diferensiasi pada pelayanan. Ada beberapa perangkat dalam diferensiasi pelayanan, di antaranya adalah :

  • Pengiriman sampai tujuan => Saat ini pelayanan berupa pengiriman produk sampai ke tempat tujuan sudah banyak dilakukan perusahaan, namun Anda masih dapat melakukan diferensiasi ini dengan menonjolkan aspek: kehati-hatian dan kecepatan dalam proses pengantaran.
  • Pemasangan => Sebenarnya layanan pemasangan juga sudah dilakukan oleh banyak perusahaan. Kendati demikian. Anda dapat melakukan diferensiasi yang ditekankan pada kualitas pemasangan tersebut.
  • Pelatihan bagi pelanggan => Jika seseorang tertarik membeli alat berat seperti traktor. Atau forklift, biasanya Anda akan diberi fasilitas pelatihan tentang bagaimana mengoperasikan dan merawat peralatan tersebut. McDonald mengharuskan pemegang franchise-nya untuk mengikuti kuliah di Universitas Hamburger agar terampil dalam mengelola bisnis tersebut.
  • Perbaikan => Pelayanan ini sudah umum,. namun Anda tetap dapat menempatkan diferensiasi      perbaikan ini dengan lebih memperhatikan masalah: keakuratan perbaikan, kecepatan perbaikan, kualitas perbaikan, dan sebagainya
  • Pelayanan konsultasi gratis => Banyak perusahaan memberikan konsultasi gratis dengan harapan pembeli tersebut akan loyal. Pembeli yang loyal sulit pindah pada perusahaan pesaing.

Diferensiasi pada Sumber Daya Manusia

Perusahaan bisa juga memperoleh keunggulan bersaing melalui diferensiasi pada sumber daya manusia. Beberapa perusahaan telah membuktikan hal ini. Singapore Airlines meraih posisi sebagai perusahaan penerbangan terbaik di dunia dengan mengandalkan keramahan para awak kabinnya. Ada beberapa elemen/unsur penting yang dapat dilakukan perusahaan dalam melakukan diferensiasi sumber daya manusia, antara lain:

  • Kompetensi SDM: para pekerja harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang prima.
  • Sopan santun: dalam melayani pelanggan, pekerja dituntut berlaku sopan, dan ramah
  • Respons: para pekerja harus respons terhadap keinginan dan permintaan pelanggan
  • Dapat diandalkan: para pekerja hendaknya memberikan pelayanan dengan konsisten dan keakuratan yang tinggi.

Diferensiasi Citra

Selain diferensiasi pada produk, pelayanan dan sumber daya manusia, Anda dapat juga melakukan diferensiasi melalui elemen citra. Citra tidak dapat ditanamkan dalam sekejap, namun harus melalui proses yang berulang-ulang. Ada beberapa perangkat dalam melakukan diferensiasi citra yaitu:

  • Ruangan fisik => Suasana ruangan sebuah perusahaan dapat menggambarkan citra perusahaan tersebut. Sebuah bank yang menginginkan citra sebagai bank bonafit seharusnya menampilkan kantornya yang tertata apik, peralatan kantor yang canggih, interior yang artistik, peralatan yang menarik, dan sebagainya. Eksterior kantor bank X yang didisain secara seragam dengan memperhatikan estetika tinggi akan menimbulkan citra yang berbeda dengan bank lain yang tidak memperhatikan aspek tersebut. Dengan melihat gedungnya, orang akan langsung tahu bahwa itu kantor bank X.
  • Kegiatan Humas => Perusahaan dapat menciptakan citra yang berbeda melalui kegiatan humas (public relation) yang dirancang dengan baik, misalnya melalui publisitas. Membuat event tertentu, konferensi pers dan lain-lain. Perusahaan susu yang menseponsori lomba “Balita Sehat”, akan memperoleh citra bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang peduli terhadap kesehatan balita. Perusahaan yang sering mendapat publisitas positif, akan terangkat citranya. Masalah humas ini telah dibahas secara lebih rinci dalam modul lain.

Syarat-Syarat Diferensiasi Produk

Meskipun pada intinya diferensiasi adalah bagaimana caranya membuat perbedaan antara produk yang anda jual dengan pesaing. Namun hal ini tidak sembarangan dilakukan, apa gunanya diferensiasi jika nilai yang diperjuangkan sama sekali tidak dibutuhkan pembeli, atau lebih buruknya hanya mendatangkan kerugian pada perusahaan. Berikut adalah beberapa syarat yang harus anda perhatikan sebelum melakukan diferensiasi.

  • Dinilai penting oleh konsumen (important).
  • Dapat dibedakan dengan penawaran perusahaan lain (distinctive).
  • Unggul dalam memperoleh manfaat yang sama (superior).
  • Dapat dikomunikasikan dan tampak (communicable).
  • Sulit untuk ditiru oleh pesaing (preemptive).
  • Pembeli mampu membayar perbedaan yang ditawarkan (affordable).
  • Perusahaan mampu memperoleh laba (profitable).

Diferensiasi Produk dengan Pemasaran Online

diferensiasi produk pemasaran online

Diferensiasi produk dalam hal “context” salah satunya dilakukan dengan online. Pada beberapa tahun ke belakang, pemasaran online merupakan cara yang ampuh melakukan hal ini. Banyak penjual yang sukses memasarkan produknya menggunakan koneksi internet (misalnya berjualan di situs marketplace seperti bukalapak, tokopedia dll), lewat sosial media (facebook, twitter dll), hingga memiliki website.

Namun saat ini pemasaran online sudah menjadi hal yang “lumrah”. Anda dituntut melakukan diferensiasi terhadap cara yang sebelumnya dianggap diferensiasi yang efektif. Sebagian besar “mereka” memasarkan produk online tanpa memikirkan unsur penting; pembeda dan keunikan. Cara memasarkan produk mereka itu-itu saja sehingga umumnya pembeli beranggapan “yang penting belanja lewat online”, tanpa melihat anda sebagai penjualnya.

Untuk menghadapi hal demikian thidiweb sebagai jasa pembuatan website yang sangat memahami element-element pembentuk pemasaran digital, menawarkan suatu konsep pemasaran online dengan totalitas terpusat pada website. Terdapat banyak perbedaan dan keunikan pada konsep kami, berpotensi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pemasaran internet anda nantinya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • Harga SEO
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Ilmu pemasaran
  • Umum