Blog

Perbedaan Barang Substitusi dan Komplementer yang Saling Menggantikan dan Melengkapi

Posted by:

Barang substitusi dan komplementer adalah dua atau lebih jenis barang yang mempunyai hubungan antara satu dan yang lainnya, bisa itu saling melengkapi atau saling menggantikan. Sebenarnya dari kedua jenis barang ini tidak asing lagi dikehidupan anda sehari-hari (sering ditemui). Karena memang pada hakikatnya barang mempunyai fungsi sebagai alat pemuas kebutuhan anda (manusia).

Sebagai seorang pemasar sebaiknya anda mengetahui karakteristik dari setiap produk yang anda pasarkan. Karena untuk memenangkan persaingan pada kompetisi pemasaran sangat dibutuhkan pemahaman yang cukup untuk membaca situasi yang ada, trend yang terjadi dan ramalan permintaan yang akan datang.

Klik Disini Untuk Mempelajari Ilmu Pemasaran

Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Sumber wikipedia (barang).

Barang Substitusi

Sebelum membahas lebih jauh tentang barang substitusi, lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu makna / arti dari substitusi. Substitusi sendiri adalah sesuatu yang dapat menggantikan fungsi atau kegunaan secara sempurna.

  • Dalam bahasa Indonesia, substitusi memiliki arti yang mirip dengan sinonim atau persamaan kata. Contoh :
    • Partitur dapat digantikan dengan nada
    • Abonemen dapat digantikan dengan berlangganan
    • Disinyalir dapat digantikan dengan ditengarai
    • Zakiah dapat digantikan dengan murni
    • Saban dapat digantikan dengan tiap-tiap
  • Dalam matematika, substitusi dapat digantikan dengan variabel. Contoh :
    • Umur Andi 5 tahun lebih tua dari Budi dapat digantikan dengan A = B + 5. Dimana : A = Andi, B = Budi.
  • Dalam ekonomi, barang subsitusi adalah barang yang dapat menggantikan fungsi. Contoh :
    • Baju kemeja dengan baju kaos
    • Nasi dengan jagung
    • Solar dengan bensin
    • Sepeda motor dengan sepeda
    • Daging ikan dengan daging ayam

Pengertian Barang Substitusi

Dengan meihat uraian diatas pastinya anda sudah bisa membayangkan apa yang dimaksud barang substitusi. Barang substitusi adalah pemuas kebutuhan manusia yang dapat saling menggantikan fungsi dan kegunaannya secara sempurna.

Pada barang substitusi pastinya setiap orang cenderung tidak menggunakan nya secara bersamaan (meskipun beberapa diantaranya memungkinkan). Sebagai contoh Nasi yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan jagung, danging dengan ikan, sedangkan keduanya adalah barang substitusi. Akan tetapi sebagian barang substitusi tidak bisa digunakan secara bersamaan, contohnya sepeda dengan motor, solar dengan bensin.

Contoh Barang Substitusi

Agar anda lebih memahami makna dan pengertian barang substitusi maka saya berikan beberapa contoh disertai penjelasan mengapa suatu barang dapat menggantikan barang lainnya yang sama sekali berbeda jenisnya.

Pulpen dan Pensil

Mungkin anda pernah mengalami ketika sedang menulis tugas atau apapun menggunakan pulpen kehabisan tinta. Saat itu tengah malam dan tidak mungkin anda pergi ke warung untuk membeli pulpen. Anda mempunyai alat tulis lain yaitu pensil yang bisa anda gunakan untuk melanjukan kegiatan tulis menulis anda. Memang hasilnya tidak sama karena kedua jenis barang ini berbeda, tapi intinya dapat menggantikan fungsinya, yaitu menulis.

Nasi dan Mie Instan

Contoh barang substitusi lainnya yaitu nasi dan mie instan. Saat lapar anda butuh makan. Meskipun makanan pokok anda adalah nasi dilengkapi dengan beragam sayur dan lauk pauk, namun dalam kondisi mendesak, kita dapat menggantikannya dengan mie instan. Mie instan memiliki fungsi yang sama dengan nasi, yaitu sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.

Laptop dan Komputer

Laptop digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bila laptop anda suatu ketika rusak karena terkena virus atau kendala lainnya, anda tetap dapat mengerjakan aktivitas dengan memanfaatkan komputer yang ada di rumah. Antara laptop dan komputer saling memiliki fungsi yang sama, oleh karenanya hubungan keduanya dapat dijadikan contoh barang substitusi.

Santan Kelapa dan Santan Kemasan

Suatu ketika anda sedang membuat kolak, lalu kehabisan kelapa di pasar. Santan kelapa digantikan dengan santan kemasan untuk membuat kolak yang manis dan enak karena keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.

Premium dan Pertalite

Tidak selamanya premium selalu tersedia di SPBU. Jika anda pengendara motor mungkin pernah mengalami SPBU tempat mengisi bensin kendaraan anda kehabisan premium. Pilihannya ada dua, apakah anda akan mencari SPBU lainnya atau menggantinya dengan pertalite. Jika bahan bakar kendaraan anda sudah “sekarat” pastinya anda memilih menggantinya dengan pertalite.

Gelas dan Cangkir

Selesai beraktifitas misalnya berolah raga di bawah terik sinar matahari pastinya akan membuat anda kehausan. Hal yang pertama anda lakukan ketika setibanya di rumah adalah minum. Namun gelas di rumah anda semuanya kotor belum di cuci. Disana (rak piring) hanya ada cangkir, mangkok dan piring. Ketiganya bisa digunakan untuk minum, saya rasa pilihan anda pasti cangkir.

Minyak Goreng dan Margarine

Dimanapun ketika anda ingin membuat nasi goreng, pastinya menggunakan minyak goreng sebagai media penggorengan nasi. Jika anda kehabisan minyak anda bisa juga menggantinya dengan margarin.

Barang substitusi umumnya bertolak belakang antara yang satu dan lainnya, jika permintaan yang satu naik maka yang lainnya cenderung dan bisa saja mengalami penururnan.

Barang Komplementer

Pengertian komplementer sendiri adalah saling melengkapi, saling mengisi dan menyempurnakan. Istilah komplementer menyangkut segala sesuatu termasuk barang, warna hingga pengobatan. Namun istilah komplementer sering digunakan untuk barang.

Pengertian Barang Komplementer

Barang komplementer merupakan barang yang kegunaannya saling melengkapi satu sama lain. Tanpa adanya satu barang, maka barang yang lainnya akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali. Berbeda dengan barang substitusi, barang komplementer ini cenderung wajib digunakan secara bersamaan. Jika anda tidak menggunakan barang yang bersifat komplementer ini maka akan terasa aneh dan terlihat tidak wajar.

Contoh Barang Komplementer

Agar anda lebih memahami makna dan pengertian barang komplementer maka saya berikan beberapa contoh disertai penjelasan mengapa suatu barang saling memiliki ketergantungan untuk digunakan bersamaan.

Gula dan Kopi

Kopi adalah minuman favorit masyarakat Indonesia, bahkan internasional. Tapi saya yakin yang dimaksud favorit setidaknya harus dicampur dengan gula agar terasa manis. Jika tidak dicampur gula yang namanya kopi tidak akan disukai, karena rasanya yang pahit.

Handphone dan Charger

Handphone tersebut tidak akan berfungsi bila baterainya tidak memiliki daya. Dibutuhkan charger untuk mengecharge-nya. Begitupun bila hanya ada charger, kita tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa dari keberadaannya. Keduanya termasuk contoh barang komplementer yang saling melengkapi.

Dispenser dan Galon

Galon dan dispenser juga merupakan 2 barang yang saling melengkapi. Dispenser dirancang untuk menggunakan galon sebagai tempat penyimpanan air minumnya. Demikian juga dengan galon yang dirancang untuk menjadi benda / tempat menyimpan air untuk dispenser.

Buku Catatan dan Pulpen

Anda pastinya mengetahui bahwa buku catatan adalah suatu benda yang berfungsi untuk menyimpan semua kegiatan dan ilmu dalam bentuk dokumentasi tertulis. Untuk menggunakan buku pastinya anda membutuhkan benda lain misalnya pulpen, pensil atau spidol. Demikian juga dengan pulpen, anda membutuhkan media untuk menggunakannya, yaitu tadi…buku.

Kompor dan Gas

Saat memasak, Anda tentu menggunakan 2 alat utama yaitu kompor dan gas yang berada di dalam tabung. Jika salah satu di antara keduanya tidak ada, misalnya gas dalam tabung habis, maka kompor pasti tidak akan bisa menyala dan Anda pun pasti tidak jadi memasak. Begitupula sebaliknya.

Mobil dan Bensin

Mobil dapat bergerak dan dikendarai karena adanya bahan bakar yang dikonsumsinya. Bila tanpa bahan bakar, maka dipastikan mobil harus diderek untuk bisa melaju, sehingga kebutuhan kita dalam hal transportasi tidak akan terpenuhi. Begitupun bila hanya ada bensin, kita juga tidak akan bisa bertransportasi dengan mengandalkannya saja.

TV dan Antena

Anda dapat menonton TV dirumah bukan semata-mata karena hanya ada TV saja. Untuk memperoleh gambar yang bening dan cerah, anda membutuhkan antena yang biasanya terpasang di luar rumah. Antara TV dan antena memiliki hubungan yang saling melengkapi sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia dalam hal hiburan.

Berbeda dengan barang substitusi, permintaan barang komplementer cenderung naik beriringan. Artinya jika permintaan satu barang naik, maka barang lainnya (komplementer) akan ikut naik.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • Harga SEO
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Ilmu pemasaran