Pengertian, Sejarah,Perkembangan dan Fungsi Meme

Banyak orang yang bertanya, “meme…meme…meme itu apaan si?. Meme adalah suatu ungkapan emosi (senang, sedih, marah), bisa juga suatu maksud, diungkapkan berbentuk tulisan, saat ini di sertakan pada media visual misalnya gambar yang dianggap mewakili perasaan dan maksud tersebut.

Meme sendiri merupakan neologisme ( fenomena pembaharuan bahasa yang pernah dipakai / tenar di masa lalu). Meme diciptakan dan dipopulerkan oleh Richard Drawkins, “Meme” berasal dari kata “mime” dan “mimic”, yang mewakili gagasan budaya yang disebarkan dari satu orang ke orang lain dengan cara yang mirip dengan penggandaan gen dalam ilmu biologi.

Meme Internet

Inti dari meme adalah menyebarkan suatu gagasan budaya, berarti jika budaya sekarang yang sedang berkembang adalah internet, sarana dimana orang melakukan komunikasi. Interaksi umumnya menggunakan tulisan dan gambar juga video. Sudah ada bayangan kan, berarti meme itu gagasan yang menyebar, menggandakan diri lewat media internet. Yang menggandakan nya siapa lagi jika bukan anda, saya dan pengguna internet lainnya.

Meme Comic

Sepertinya sudah mulai terbuka pikiran anda, jadi yang anda maksudkan meme adalah gambar yang disertai tulisan. Meme comic ini lah yang sering anda lihat ketika beraktivitas menggunakan internet, umumnya di sosial media. Seseorang yang menciptakan meme comic umumnya melebay2 kan ungkapan perasaan dan maksud yang terkandung di dalamnya.

Meme yang diciptakan akan terus digunakan oleh pengguna lainnya, digunakan sudah pasti jadi berlipat ganda jumlahnya. Penyebaran meme terus memperbanyak diri sehingga sebagian menjadi viral, sebagian lagi terhenti dan meredup kemudian menghilang.

Kegunaan Meme Comic

Meme comic umumnya digunakan untuk celotehan, bahan bacolan, sindiran. Sebenarnya meme memiliki fungsi, manfaat yang lebih dari sekedar “main-main”. Meme dapat digunakan untuk politik dan bisnis serta format yang formil lainnya, tapi tetap dengan kesan santai bahkan candaan.

1. Meme Adalah Ungkapan Perasaan

Meme sebagai representasi ungkapan perasaan sedih, senang, marah. Umumnya jenis meme comic ini menggunakan ekspresi wajah manusia yang masing-masingnya mewakili tulisan.

2. Meme Menyampaikan Ungkapan dan Maksud

Terkadang anda menemukan meme yang bersifat menyindir, memprovokasi, mengolok-olok. Meme comic jenis ini selain menggunakan ekspresi wajah, bisa juga menggunakan benda.

Penggunaan Meme Dalam Bisnis

Sebenarnya penggunaan meme dalam usaha, terutama bisnis online dan internet digital marketing akan sangat berguna. Anda bisa memasang foto produk, juga menyampaikan pesan di dalamnya dalam konten pemasaran. Pesan tulisan meme memiliki unsur menghibur sehingga cukup mudah mendapatkan perhatian publik.

Cara Membuat Meme

Meme membutuhkan gambar yang mewakili tulisan sebagai ungkapan perasaan, maksud dan tujuan pembuatannya. “Mudahkah bikin meme?”,anda dapat membuat meme menggunakan tool / software edit gambar grafik pada umumnya seperti photoshop dan coreldraw. Dikarenakan meme tidak begitu membutuhkan visual yang tinggi maka anda bisa membuatnya dengan cara lebih praktis, membuatnya secara online di situs meme generator.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...