Cara SEO optimasi website yang benar meningkatkan popularitas

Cara SEO website (optimasi website agar mendapat posisi dan ranking yang baik di search engine) tidak bisa dilakukan secara singkat. Membutuhkan waktu serta tahapan dengan progres yang terukur. Semua mesin pencari (ambil contoh google sebagai market leader search engine) menginginkan setiap website yang berada di SERP memiliki kualitas yang baik. Serta memiliki manfaat bagi pengunjungnya. Sah-sah saja jika sebuah website menginginkan penjualan produknya melalui website (memang itu tujuan dari website). Tapi sebaiknya dilakukan dengan memberi manfaat berupa nilai bagi pengunjungnya.  Sebuah nilai yang bermanfaat untuk pengunjung dapat berupa artikel yang menambah wawasan, memecahkan masalah pengunjung, termasuk kemudahan dalam berbelanja (visitor satisfaction).

Diperlukannya optimasi website – toko online (saya sederhanakan dengan nama cara SEO website) untuk memenuhi harapan setiap mesin pencari akan sebuah website. Cara optimasi sebuah website yang benar bukan seperti kebakaran jenggot harus berada pada posisi pertama pada sebuah keyword tertentu dengan memakai berbagai macam cara (kebanyakan negatif). Namun dengan menciptakan nilai yang baik untuk pengunjung (seorang yang mengoptimasi website haruslah berpegang ke arah ini) secara berkesinambungan akan menaikan posisi sebuah website secara natural :

Optimasi (cara SEO) yang benar

  • Memecahkan masalah pengunjung (kebanyakan dari visitor datang ke sebuah web untuk mencari solusi akan masalahnya “dikenal dengan istilah googling”
  • Strukturnya mudah dipahami (tidak rumit serta tertata baik sehingga tidak membingungkan pengunjung)
  • Tampilan visual yang menarik namun memiliki ukuran kecil dan kecepatan yang baik
  • Memasang backlink yang relevan (seorang SEO harus berpandangan bahwa website nya akan memberi solusi bermanfaat. Baik itu kebutuhan artikel ataupun kebutuhan produk. Selanjutnya memperkirakan calon visitor akan mencari di mana saja selain di mesin pencari, maka jawabannya ada di situs yang mengandung artikel yang relevan dengan websitenya).

Pengukuran optimasi website yang dilakukan secara konsisten

Cara SEO website membutuhkan usaha yang konsisten, maka saya ambil contoh salah satu klien thidi-design hanna fashion (fashionsepatumurah.com) selama tiga bulan beserta hasil yang sudah di capainya.

a. SEO score

Cara SEO - whois seo rating

sumber : http://whois.domaintools.com/

Optimasi SEO thidi-design yang di ukur oleh whois.domaintools mencapai 99%, untuk menggunakan tool ini hanya perlu menginstal plugin / addon SEO quake pada browser yang kemudian mengkliknya pada menu di bawah setiap hasil pencarian

smallseotool
cara SEO - small-seo-tool

sumber : http://smallseotools.com/website-seo-score-checker/

Dalam menilai optimasi website menggunakan tools dari smallseotools maka akan disebutkan keseluruhan kriteria yang dijadikan penilaian optimasi sebuah website.

b. Popularitas website

Cara SEO - hanna-serp

Untuk mengetahui popularitas website pada mesin pencari maka harus terinstal plugin / addon bernama SEO QUAKE + MOZ bar.

Progres hanna fashion yang masih berumur 3 bulan:

  • Menempati (diakui alexa) pada peringkat 1,60M (1,60 juta) dari total keseluruhan website yang diperkirakan berjumlah milyaran dalam segi trafic.
  • PA dan DA (page authority dan Domain authority) masih belum terlihat => biasanya setelah 6 bulan baru terlihat.
  • Age error, link, shamerush rank dan yang belum terdeteksi hanya tinggal menunggu waktu dimunculkan dan di audit oleh pihak yang bersangkutan.

c. Posisi dan peringkat

SERP google

cara SEO-hanna fashion whatsmyserp-comserpcheck

sumber : http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php

Pada enam contoh keyword yang dibidik mengganakan tools whatmyserp, secara perlahan namun pasti hanna-fashion terus memperbaiki posisinya di SERP google

SERP bing dan yahoo

cara SEO - hanna-cuterank

Sumber : cuterank

Cuterank merupakan software untuk mengetahui posisi keyword tertentu di website, dengan software ini maka kita lebih leluasa memasukan kata kunci yang akan di analisa posisinya di SERP. Cuterank memiliki kekurangan untuk saat ini tidak bisa mengecek posisi di google.

Dari semua SERP, mendampatkan posisi yang bagus di google adalah yang tersulit disebabkan google memiliki 300 kriteria penilaian termasuk usia website sangat diperhitungkan.

Demikian adalah hasil dari optimasi dan cara SEO website selama kurang dari tiga bulan untuk salah satu klien thidi-design. Baik posisi maupun popularitas website akan bergerak menuju ke arah yang positif. Secara perlahan dan pasti dengan catatan pemilik website menjalankannya dengan benar.

SEO adalah ilmu yang membutuhkan proses serta metode yang benar secara konsisten untuk hasil yang sesuai harapan. SEO bukan sulap yang dapat meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

Beri Komentar Anda ...