Blog

Mengenal Elevenia dari Kekurangan dan Kelebihan Hingga Cara Belanja

Posted by:

Bagaimana sejarah Elevenia hingga berkembang menjadi marketplace yang cukup diminati saat ini? Elevenia sendiri adalah situs jual beli online yang bisa diakses melalui smartphone ataupun laptop.

Awal mula berdiri Elevenia adalah pada 1 maret 2014 oleh PT. XL Planet. Situs ini menampilkan katalog dari produk yang dijual mulai dari elektroik, fashion, service, food dan lain sebagainya.

Elevenia telah memiliki aplikasi sendiri yang dapat diunggah melalui google Play ataupun Apple Store.

Sejarah Elevenia Berasal Dari Usaha Patungan Dua Perusahaan Besar

sejarah dan CEO elevenia james lee

Sejarah Elevenia tidak lepas dari perusahaan yang menaunginya yakni PT Xl Planet yang merupakan perusahaan patungan dari XL Axiata dan SK Planet dari Korea.

Perusahaan ini membuka layanan marketplace Elevenia yang dipimpin oleh James Lee sebagai CEO nya. Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan dari pendiri situs jual beli yang satu ini. Meski demikian, situs online besutannya tergolong sukses dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Elevenia berkantor pusat di kawasan Kuningan Jakarta. Kantor Elevenia terdiri dari 2 lantai yang terletak pada 2 gedung yang berbeda.

Pada tahun 2017 PT XL Axiata Tbk telah mengumumkan bahwa Elevenia tak akan lagi menjadi milik perusahaannya. Sehari sebelumnya, juga beredar kabar bahwa mitra XL di Elevenia, SK Planet, juga hengkang. Sehingga per paruh kedua 2017, Elevenia berada di bawah grup Salim lewat PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Kelebihan dan Kekurangan Situs Jual Beli Elevenia

kekurangan dan kelebihan elevenia

Berbelanja online membuat anda bisa lebih menghemat waktu, tenaga atau bahkan uang. Selain itu, anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan berbelanja di Elevenia, seperti yang berikut ini:

  1. Pembeli dan penjual sama-sama diuntungkan => Salah satu kelebihan Elevenia adalah kedua member antara penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan. Selain mempermudah pencarian barang bagi pembeli dan pemasaran barang bagi penjual, situs ini juga memberi banyak keuntungan lain mulai dari voucher, token hingga adaya poin. Poin yang didapat pembeli bisa digunakan untuk pembelian barang yang ingin dicari selanjutnya. Sementara bagi penjual, poin dapat digunakan untuk membeli layanan iklan atau jenis layanan yang lain.
  2. Keamanan serta kenyamanan => Salah satu resiko yang ditemui dalam belanja online adalah adanya penipuan. Untuk menghindari hal ini Elevenia membuat platform open marketplace dengan sistem pembayaran Ecrow System. Sistem ini dilakukan dengan pembeli yang membayar barang melalui Elevenia. Selanjutnya akan ada pemberitahuan kepada seller jika pembeli telah membayar sejumlah yang disepakati. Penjual akan mengirimkan barang dan jika barang telah sampai ditangan pembeli, dana akan segera dicairkan untuk penjual.

Adapun kelemahan dari Elevenia mungkin tampilan awal yang cukup membingungkan terutama bagi pendatang baru. Selain itu lama pelayanan serta susah dalam login menjadi salah satu kendala dalam berbelanja disini.

Cara Belanja di Elevenia

cara belanja di elevenia

Bagi anda yang tertarik berbelanja di Elevenia, bisa mengikuti langkah yang berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah membuka tampilan awal websitenya. Klik disini untuk mengunjunginya
  2. Selanjutnya lakukan login menggunakan alamat facebook atau email
  3. Pilih jenis produk yang diinginkan. Anda bisa mencari jenis barang melalui kolom search yang telah disediakan. Selanjutnya pilih jenis produk yang diinginkan berdasarkan kategori.
  4. Jika sudah menemukan barang yang diinginkan, lakukan pengecekan secara teliti mengenai informasi produk yang dijual. Periksa kualitas dan serta langkah pengiriman dari produk yang diinginkan.
  5. Periksa juga poin serta voucher dan masukkan alamat anda dengan benar. Jangan sampai salah menulis alamat supaya barang bisa lebih cepat sampai dan tentunya tepat sasaran.
  6. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi pembayaran
  7. Selanjutnya pilih metode pembayaran melalui Poin, bank atau bisa pula dengan voucher. Selanjutnya tekan Bayar Sekarang.
  8. Proses transaksi selesai dilakukan. Lakukan pengecekan melalui Email atau bisa pula di My Elevenia pada halaman dashboard.

Demikian ulasan mengenai sejarah Elevenia berikut dengan cara belanja dan kelebihan serta kelemahannya.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Umum