Blog

Ini Alasan Kenapa Tokobagus Berganti Nama Menjadi OlX

Posted by:

Sejarah OLX tidak lepas dari keberadaan situs Tokobagus.com yang lebih dulu tenar. Anda mungkin bertanya-tanya kenapa Tokobagus yang sudah dikenal masyarakat diubah namanya menjadi OLX.

OLX adalah singkatan dari OnLine eXchange yang merupakan merek e-commerce yang dimiliki oleh Naspers. Perusahaan ini berinvestasi di Tokobagus dan menggantinya dengan nama OLX. Alasan pergantian nama adalah untuk memperkuat branding situs ini secara global.

Naspers adalah grup media besar yang bermarkas di Afrika Selatan. Ekspansinya ke Indonesia dilakukan pada tahun 2010 saat berinvestasi di Tokobagus. OLX ini sudah hadir di lebih 106 negara dan tersedia lebih dari 40 bahasa berbeda. Tidak hanya tokobagus, situs jual beli berniaga pun ikut bergabung.

Ulasan Singkat Sejarah OLX Sejak Tokobagus

sejarah olx dari tokobagus

Tokobagus yang merupakan nama awal dari OLX didirikan oleh 2 orang pemuda Belanda yakni Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Keduanya mendapatkan ide setelah melihat perkembangan positif dari situs amazon di Amerika Serikat.

Melihat potensi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dengan jumlah penduduk yang besar, membuat keduanya terpikir untuk membuat situs jual beli online yakni Tokobagus.com. Dari sinilah  sejarah OLX dimulai.

Arnold Sebastian Egg merupakan pria asal Belanda yang terlahir di negara yang sama pada tanggal 26 maret 1980. Ia merupakan lulusan dari fakultas Teknologi Informasi di James Madison University, AS.

Pendiri Tokobagus ini mengawali karirnya dengan membuat situs-situs perusahaan sebagai freelance programmer.

Pada tahun 2005 Arnold Sebastian Egg bersama rekannya Remco Lupker resmi meluncurkan situs jual beli online yang diberi nama Tokobagus. Dari sinilah awal berdirinya OLX dimulai.

Kelebihan dan Kekurangan Dari OLX

kelebihan dan kekurangan olx

Hingga kini OLX menjadi situs jual beli yang cukup diminati. Hal ini tidak lepas dari beragam kelebihan yang ditawarkan seperti yang berikut ini:

  1. Memiliki jutaan member => Bagi penjual hal ini tentu sangat menguntungkan. Dengan banyaknya member maka kemungkinan penjualan produk juga akan meningkat. Dengan peluang penjualan yang besar, tidak heran jika OLX menjadi situs yang banyak diminati oleh para penjual atau seller.
  2. Pendaftaran yang mudah => Langkah pendaftaran yang sulit membuat para pengguna meninggalkan aplikasi tersebut. Hal ini tidak berlaku di OLX. Situs ini memiliki sistem registrasi atau pendaftaran yang mudah dilakukan. Member bisa mendaftar melalui google plus, facebook ataupun secara manual.
  3. Memudahkan pembeli mencari barang => Dengan banyaknya penjual yang terdaftar di OLX, maka tidak heran barang yang dijual juga semakin beragam. Pembeli bisa dengan mudah mencari barang yang diinginkan. Terlebih jika keberadaan toko konvensional jauh dari rumah, maka keberadaan situs online akan sangat membantu. Pembeli tinggal menggerakkan jarinya menuju barang-barag yang dipilih.
  4. Adanya event lomba => Kelebihan lain yang ditawarkan OLX  adalah even lombanya. Hadiah yang ditawarkan cukup besar sehingga menarik banyak minat penggunanya.
  5. Sistem keamanan yang canggih => OLX juga menyarankan pembeli melakukan sistem COD untuk mengurangi resiko terjadinya penipuan. Hal ini merupakan salah satu sistem keamanan yang direkomendasikan sendiri oleh situs ini.

Selain memiliki kelebihan yang patut diacungi jempol, OLX juga memiliki kekurangan seperti iklan yang terbatas, pembeli harus sangat teliti dan masih adanya tindak penipuan yang merugikan pembeli di dalamnya.

Cara Belanja di OLX

cara belanja di olx

Tertarik berbelanja di OLX? Anda bisa lakukan langkah-langkah yang berikut ini:

  1. Silahkan ketik nama situs OLX yang ingin dikunjungi atau klik disini
  2. Selanjutnya pilih tempat wilayah sesuai dengan lokasi anda berada
  3. Jika lokasi telah ditentukan, ada bisa menuliskan kata kunci barang yang akan dicari
  4. Selanjutnya barang sesuai domisili akan muncul
  5. Ketik pada salah satu iklan barang lalu baca deskripsinya
  6. Akan muncul foto barang berikut dengan ulasan. Jika tertarik dan cocok anda bisa menghubungi pembeli lewat kontak penjual yang ada di sebelah kanan layar
  7. Lakukan transaksi melalui COD atau dengan rekening bersama supaya aman.

Demikian ulasan mengenai sejarah OLX berikut dengan kekurangan serta kelebihan yang menyertai situs jual beli ini.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



0
  Artikel Terkait

Beri Komentar Anda ...