Konsep Desain Web dan Usaha Online Terbaik Bagi Pengusaha Serang Banten

Jasa Pembuatan Website SerangKota Serang adalah ibu kota Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten, serta dikelilingi oleh Kabupaten Serang di sebelah selatan, barat, dan timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Kota Serang dilintasi jalan tol lintas Jakarta-Merak.

Sebagai mana kita ketahui bahwa kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat, terlebih teknologi informasi. Kebiasaan pasar berubah, dari yang tadinya melakukan pembelian secara tradisional, berbelanja mendatangi pusat perbelanjaan, pertokoan. Saat ini masyarakat cenderung melakukan belanja dan transaksi online, hal ini dibuktikan dari banyaknya usaha yang berkurang omset bahkan sebagian diantaranya “gulung tikar”.

Hal ini diperkuat dengan sebagian klien thidiweb beralasan demikian. Dengan alasan seperti yang diuraikan, maka thidiweb sebagai jasa pembuatan website Serang dan Banten berkomitmen untuk membuatkan website yang kuat secara pemasaran serta terintegrasi dengan kokoh dengan elemen-elemen digital internet marketing.

Manfaat Website yang Menjanjikan

Sejalan dengan pertumbuhan website, Jumlah pemakai internet terus bertambah setiap tahunnya “beberapa kali lipatnya” dari total keseluruhan website yang ada. Dengan demikian dapat dipahami bahwa membangun website sebagai penopang usaha online cukup menjanjikan.

Website memiliki peranan sangat penting sebagai “core” dasar Digital Marketing. Suatu kesatuan bisnis online seharusnya bermuara pada website, baik itu sosial media, berjualan di situs market place (OLX, Buka Lapak, Tokopedia), menjual menggunakan BBM hingga Email Marketing diarahkan menuju website.

Sebagai property online, website memiliki peranan yang setara dengan property sebenarnya misal kantor dan toko. Dengan demikian fungsi website tidak hanya sebagai “brosur online”, namun jauh lebih penting dari hanya sekedar tampilan saja.

Persaingan Menuntut Anda Berfikir Lebih

Hingga saat ini total keseluruhan website yang ada di dunia mendekati jumlah 1 milyar. Setiap hari ratusan hingga ribuan website baru bermunculan, fakta ini menyebabkan persaingan “internet marketing” menjadi semakin tidak mudah.

Tidak berbeda dengan apa yang terjadi di Indonesia, Jawa Barat, khususnya Serang. Banyak jasa pembuatan website yang menawarkan membuatkan anda website sebagai penopang usaha online. Namun apakah dengan hanya memiliki website saja secara serta merta dapat memperkuat pemasaran online usaha anda? Tentu saja tidak, karena terdapat banyak permasalahan kedepannya dibandingkan manfaat, jika tidak disertai pemahaman anda mengenai website itu sendiri.

Permasalahan Website dan Pemasaran Internet

Banyaknya website yang bermunculan tiap harinya, pada kenyataannya berbanding terbalik dengan tingkat kesuksesannya. Tercatat hanya berjumlah dibawah 0,1% saja website baru yang berhasil mencapai tujuannya, sedangkan sisanya menghilang di tahun pertama sebagian lagi menjadi “pajangan” tanpa ada yang melihat.

Kesalahan Persepsi Fungsi Website

Persepsi pemilik akan fungsi dari website menjadi faktor pertama gagal tidaknya prediksi tingkat keberhasilan pencapaian sasarannya. Sebagian besar menganggap website hanya sekedar media promosi layaknya brosur online, sehingga hanya menampilkan gambar dan informasi secukupnya dengan tidak menghiraukan fungsi website yang sebenarnya.

Kesalahan Persepsi Biaya Pembuatan Website

Persepsi mengenai biaya pembuatan website umumnya menjadi pemicu tingkat kualitas rendah yang dihasilkan. Informasi yang beredar di internet mengenai mudahnya cara membuat website dengan gratis, menciptakan pemikiran pembuatan website bukan sesuatu yang sulit. Hal ini ditambah dengan banyaknya penjual tempelate yang mengatas namakan jasa pembuatan website memasang harga serendah-rendahnya.

Desain yang Buruk

Desain tidak hanya menyangkut tampilan, Kesalahan desain merupakan kesalahan terbesar, 90% pemilik website baru terlalu memikirkan masalah tampilan serta fungsi-fungsinya tanpa mempertimbangkan optimasi (SEO) ketika membangun website. Kenyataan yang sebenarnya peringkat dari berbagai “niche” website didominasi website dengan tampilan sederhana namun struktur optimasinya termasuk konten yang berkualitas.

Pemikiran yang Tidak Rasional

Kesalahan yang sangat tidak rasional, hanya dengan memilki website maka pembeli berdatangan dengan sendirinya. Kenyataannya sebuah website agar berada pada peringkat hasil pencarian google diharuskan tinggi trafiknya. Website yang sepi dari aktifitas tidak bisa mendapat popularitas dari google. Bagaimanapun tingkat keberhasilan website sangat dipengaruhi trafik dari mesin pencari, jumlah pengunjung yang sepi akan menyebabkan website semakin terpuruk di hasil pencarian.

Website Hanya Berumur 1 Tahun

Umur website yang singkat menjadi cerminan sangat kurangnya pengetahuan pemilik dalam pengelolaan website. Buruknya pengelolaan bahkan tidak ada sama sekali menyebabkan kegagalan mendapat trafik “organik” dari mesin pencari. Menjadi sesuatu yang wajar jika selanjutnya pemilik malas dan enggan memperpanjang websitenya. Efektif tidaknya website bukan hanya disebabkan keberadaannya, sebagian besar disebabkan pengelolaan yang buruk akibat pengetahuan yang kurang.

Digital Internet Marketing Solution

Melihat sangat tingginya jumlah kegagalan website mencapai tujuannya, maka thidiweb jasa pembuatan website Serang terfokus pada perbaikan mengenai “persepsi dan pengetahuan wajib menjadi prioritas utama”, Dengan persepsi serta pengetahuan yang memadai maka manfaat website secara nyata dapat dirasakan. Manfaat dari website diantaranya :

  1. Core Digital Marketing. Konsep digital marketing khususnya internet marketing merupakan format baru persaingan pemasaran bisnis moderen. Dengan memiliki website berarti anda mempersiapkan diri membangun konsep pemasaran global termasuk branding didalamnya.
  2. Promosi tanpa kenal waktu dan situasi. Tidak masalah anda beristirahat, tidur atau piknik selama sebulan. Kantor bisnis anda libur. Semua hal yang disebutkan tadi tidak akan menghentikan website mempromosikan produk anda.
  3. Transaksi 24 jam. Pengunjung toko online bisa membeli produk anda kapan saja mereka mau. Pagi, siang, malam, tidak masalah, pengiriman barang bisa di proses pagi harinya. Bahkan jika anda terbangun malam hari dikagetkan oleh notifikasi pembelian yang masuk, bisa di proses.
  4. Perluasan jangkauan. Semua orang dari penjuru bumi manapun bisa menemukan produk anda selama mereka tersambung ke internet.
  5. Lebih dekat dengan publik. Publik yang dimaksud adalah semua pihak yang berkepentingan dengan bisnis anda. Bisa itu pembeli, klien, investor hingga karyawan.
  6. Minim Biaya. Minim biaya bukan berarti hampir tidak ada biaya. Semua biaya yang anda keluarkan pasti jauh lebih rendah dari biaya jika membangun usaha di dunia nyata, baik itu biaya oprasi maupun biaya pemasarannya.
  7. Profesional, Kredibel, Kepercayaan. Bisnis online yang memiliki website tentu saja terlihat lebih profesional, mendapat perhatian serta  lebih diperhitungkan oleh masyarakat, dari calon konsumen. Kredibilitas perusahaan terlihat dari eksistensinya pada website, serta image moderen dan selalu mengikuti perkembangan teknologi akan terbentuk. Kepercayaan dari pembeli pasti meningkat, mereka tidak akan mencurigai anda penipu dan “rewel” setelah membaca aturan “syarat dan ketentuan” pelayanan, hal yang mungkin sering anda rasakan saat berjualan online di facebook maupun situs marketplace.
  8. Meningkatkan pelayanan informasi. Saat calon pembeli ingin mengetahui bisnis anda, mengenai lokasi, sejarah, seberapa besar usaha anda. Mereka dapat dengan mudah mendapatkan semua informasi tentang bisnis anda, tidak perlu datang langsung bertanya banyak hal. Dalam transaksi pun tidak perlu datang ke lokasi dimana fisik bisnis anda.
  9. Menghemat waktu dan tempat. Anda tidak perlu memiliki tempat yang luas berhektar-hektar untuk menjual berbagai jenis dan merk mobil. Penghematan waktu berlaku bagi bisnis anda dan konsumen. bagi anda memangkas waktu pembuatan format usaha (website), penyusunan etalase hingga proses transaksi.
  10. Fleksibel. Anda bisa mengelola bisnis kapan saja dan dimana saja, cukup dengan laptop. Pembeli dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja, cukup dengan seluler.

Biaya, Langkah dan Waktu Pengerjaan Website

Langkah pengerjaan jasa pembuatan website Serang thidiweb meliputi tahap-tahap pendahuluan, proses pengerjaan dan finishing (penyelesaian). Tahapan-tahapan terperinci dijelaskan sebagai berikut (mengikuti standarisasi pembuatan website thidiweb) :

Bertemu dan berdiskusi dengan owner

Menjelaskan segala hal mengenai website. Bertujuan untuk saling mengerti ingin seperti apa website yang akan di bangun, serta menjelaskan bagaimana cara kami membangun dan mengoptimasi website.

Estimasi biaya perkiraan

Estimasi biaya perkiraan adalah penetapan harga sementara dengan menganggap semua materi/data yang diperlukan lengkap, menganggap spesifikasi server yang umum. Harga website disesuaikan dengan kebutuhan berkisar antara 1,5 jt hingga 5 jt.

Mengumpulkan data dan persyaratan yang diperlukan

Data / materi adalah isi dari website sedangkan persyaratan diperlukan jika owner ingin menggunakan domain id seperti co.id, sch.id, web.id dsb. Pada tahap ini owner sudah memutuskan spesifiksi server hingga nama domain yang akan digunakan.

Estimasi biaya sesungguhnya

Pengajuan biaya sesungguhnya mengacu kepada kelengkapan data, tingkat optimasi, serta spesifikasi server yang akan digunakan (mengenai jenis-jenis server beserta keunggulannya dijelaskan pada tahap 1)

Proses pembuatan website (max 2 minggu)

Proses pembuatan website melalui tahapan-tahapan sbb:

  • Desain website, penentuan Tema, plugin yang dibutuhkan, pembuatan database
  • Input data website serta pembuatan konten dan pengaturan layout
  • Pembuatan struktur website (struktur menu, fungsi plugin dan website, fungsi widget, pengaturan taxonomy)
  • Penyusunan admin website agar user friendly disesuaikan dengan kebutuhan klien
  • Optimasi kontent (penempatan keyword, meta title, url, descriptien), Anchort link antar halaman dan outbond link, pengoptimalan ukuran gambar serta alt tag nya.
  • Screening, Review dan pengujian ulang semua fungsi website

Menyerahkan laporan website yang sudah jadi dalam bentuk localhost untuk revisi

Penyerahan laporan website yang sudah jadi bertujuan agar owner memeriksa pekerjaan kami sebelum website dinaikan ke hosting sesungguhnya, berlaku untuk klien yang berada di Serang dan sekitarnya, untuk klien luar kota kami memberikan dua pilihan dinaikan langsung agar owner bisa melakukan pemeriksaan atau dengan menyerahkan langsung dengan syarat akomodasi ditanggung klien / owner.

Publish website (menaikan website ke hosting sesungguhnya) – Online

Setelah owner menganggap tidak ada kendala pada langkah ini kami akan menaikan website ke hosting server sesungguhnya.

Optimasi mesin pencari, integrasi sosial media, membuat akun yang diperlukan seperti sosmed, webmaster, analytics (max 2 minggu)

Pada tahap ini website sudah dipastikan berjalan dengan baik, namun pekerjaan kami belum dianggap selesai, selanjutnya adalah langkah pengoptimalan lanjutan dan integrasi website, meliputi :

  • Pengecekan performance website menggunakan beberapa tool performa website seperti gtmetrix, google speed insight pingdom dsb bertujuan untuk memperbaiki masalah loading website serta ukurannya agar visitor friendly.
  • Penambahan performa dan keamanan website
  • Pengintegrasian dengan sosial media yang dimiliki (google+, youtube channel, FB, Twitter, Instagram, tumblr dsb)
  • Pembuatan akun google webmaster beserta pemasangan scriptnya pada website menggunakan master email pada awal pembuatan website.
  • Pembuatan akun google analytics sebagai acuan dalam mengukur statistik dan ke efektian kinerja website beserta integrasinya, sehingga bisa digunakan sebagai acuan untuk menetapkan kebijakan website selanjutnya
  • Pembuatan bing webmaster serta yandex webmaster jika diperlukan
  • Pembuatan akun cloudflare untuk peningkatan keamanan dan performance website
  • Pembuatan akun-akun lainnya yang diperlukan seperti gavatar, jetpack dan lain-lain.

Menyerahkan laporan tertulis disertai bukti bahwa tahap optimasi sudah selesai

Jika website beserta optimasinya sudah selesai maka semua laporan tertulis hingga langkah-langkah pengerjaan didokumentasikan, diserahkan kepada klien

Edukasi dan diskusi  bersama owner website

Pada tahap akhir adalah edukasi terhadap owner dan klien, bertujuan :

  • klien / owner memahami bagaimana menjalankan websitenya dengan baik dan benar. Bukan hanya cara menjalankan website saja yang kami berikan, namun mencakup menjalankan semua akun yang berhubungan dengan website termasuk backlink.
  • Kami akan menjelaskan dan berdiskusi mengenai metode pemasaran online menggunakan website sebagai kegiatan online yang terpusat hingga melakukan SEM (Search Engine Marketing), adword, facebook ads, twitter ads.
  • Klien / owner mampu memperpanjang websitenya sendiri pada tahun berikutnya, karena kami menyerahkan semua kepemilikan website sehingga tidak terikat mengenai kepemilikannya, diluar itu kami tetap akan mensuport hal-hal atau masalah teknis yang terjadi dikemudian hari.

Konsep Jasa Pembuatan Website Serang Banten Thidiweb untuk Keberhasilan Pemasaran Online

Konsep pembuatan website dan toko online terbaik dengan integrasi SEO dan digital marketing diperuntukan untuk berbagai jenis usaha, juga berbagai tipe website dan toko online. Prediksi kami mengenai keberhasilan pemasaran website sudah dibuktikan lewat portofolio sebelumnya. Kami berharap setiap owner dapat menjalankan websitenya dengan baik, karena keberhasilan suatu website dan toko online hanya dapat diraih dengan usaha yang efektif, efisien, berkomitmen dan konsisten.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

Beri Komentar Anda ...