Cara Menindak dan Mengajukan Suspend Website Penipu Online

Website penipu, serta penipuan apapun bentuknya mengakibatkan kerugian pihak lain sebagai korban. Penipuan yang sering kita lihat bahkan sering kita alami sendiri adalah dalam bentuk pesan seperti sms, WA, BBM. Modus penipuan seperti ini kian marak seiring dan sejalan perkembangan teknologi komunikasi.

Di satu sisi teknologi komunikasi memiliki banyak manfaat disisi lainnya memiliki efek negatif, bukan negatif dari teknologinya, namun adanya celah untuk berbuat kriminal. Banyak dari kita mengetahui ketika penipu menjalankan aksinya, modusnya, ciri-cirinya.

Tidak semua orang dapat dengan mudah mengenali bentuk penipuan menggunakan media online, karena masih ada saja yang menderita kerugian akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab ini.

Ada kejadian pekan lalu salah satu penipu mengirimkan pesan ke BBM. Biasanya saya abaikan saja, namun kali ini berbeda. Perbedaannya terletak pada penggunaan TLD (Top Level Domain) website dan olshop, tidak seperti umumnya yang hanya menggunakan blogspot sebagai brand image senjata kepercayaan mereka.

Melihat gambar BBM diatas terlihat bahwa si penipu mengatas namakan PT. Android (Perseroan Terbatas, agar terlihat lebih meyakinkan lagi mereka membangun sebuah website dengan TLD .com dengan nama domain www.rejekiandroid.com. Penipu jenis ini sudah menyadari benar bahwa website sangat berpengaruh terhadap kepercayaan calon korbannya, sehingga dapat dikatakan langkah yang tepat untuk keberhasilan aksinya.

Tidak seperti blogspot, website ini lebih berbahaya jika di salah gunakan mengingat kasta TLD di pencarian mesin pencari cenderung mendapatkan keistimewaan. Untuk mengatasi hal ini kita selaku pihak yang paham mengenai ancaman ini dapat mengambil tindakan untuk memberikan perlawanan, pencegahan potensi kerugian pihak lain.dengan mengajukan suspend terhadap jasa penyedia server dimana website penipu tersebut disimpan.

Waspada Terhadap Penipuan

Sebelum saya menjelaskan langkah-langkah mengajukan suspend anda saya himbau untuk waspada terhadap penipuan online jenis ini. Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas bahwa penipuan (terutama yang memanfaatkan media online internet untuk menjalankan aksinya) harus diwaspadai.

Ciri-ciri umumnya mudah dikenali yaitu memberi pemberitahuan memenangkan hadiah, undian dan sebagainya. Sebagian lagi emanfaatkan pura-pura membeli produk yang kita pasang di facebook, tokopedia, bukalapak dsb. Selain www.rejekiandroid.com mereka menggunakan banyak website dan blog seperti beberapa yang saya temukan menggunakan nama PT. REJEKI ANDROID CEO (sejenisnya) diantaranya :

  • www.rejeki-android.com
  • rejekiandroid.tk
  • rejeki-android.blogspot.com/
  • rejeki-android.tk/
  • androidceoindonesia.weebly.com/
  • rejeki rejeki android yang lainnya.

Langkah-langkahnya mengajukan suspend

Saya anggap anda sudah paham mengenai bentuk website dan blog penipuan PT. CEO Rejeki Android ini. Selanjutnya memastikan apakah benar website tersebut ada / online dengan mengunjungi alamat website yang tertera pada pesan BBM maupun SMS

Ternyata memang benar website rejekiandroid.com memang eksis. Setelah terbuka selanjutnya kita analisis beberapa saat untuk memastikan isi / konten website tersebut. Website didesain secara asal-asalan, mereka (penipu) menempatkan gambar-gambar yang dianggap meyakinkan seperti gambar hadiah, KTP yang entah KTP siapa, Foto pak polisi sedang hormat hingga foto orang didepan kendaraan sebagai bukti akan adanya pemenang.

Sebenarnya hal ini cukup lucu dan menghibur, terlebih ketika memasang foto polisi sedang hormat (bukan pak polisi yang membuat lucu tapi kenapa harus pak polisi dibawa-bawa). Melihat beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, sudah cukup meyakinkan bahwa positif website penipu.

Untuk review singkat mengenai undian berhadiah memang ada dan merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang dinamakan sales promotion bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) dalam ilmu marketing management. Tentu saja bisa dikenali perbedaannya, perbedaan yang paling mencolok adalah sales promotion tidak memungut biaya sepeser pun, dan jika ada barang yang dimaksud sudah kita terima.

Mencari tau Server Website Penipu

Ketika mengajukan suspend tentu saja harus mengetahui di server mana website si penipu ini di simpan. Untuk mencari informasi tersebut bisa mengunjungi halaman website untuk melihat data website tertentu, silahkan klik melihat data website target disini. Whois.domaintools adalah halaman web yang berfungsi untuk melihat data sebuah website, dapat berfungsi untuk mengetahui tempat suatu domain didaftarkan.

Pada gambar diatas terlihat bahwa rejekiandroid.com terdaftar di CV.RUMAHWEB INDONESIA, dengan demikian kita bisa mengirimkan email pengaduan pada point no 2 diatas. Atau bisa juga dengan mengunjungi penyedia server website yang dimaksud untuk meminta bantuan live chat customer service.

Contoh pengajuan melalui email ke rumah web

Setelah melakukan peninjauan dan pemeriksaan, dua jam kemudian pihak rumah web memberi balasan email.

Hukum Negara Indonesia mengenai penipuan online diatur dalam Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”), dengan rumusan pasal sebagai berikut:

“Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan menggunakan nama palsu atau martabat (hoedaningheid) palsu; dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, diancam, karena penipuan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.”

Untuk lebih jelasnya mengenai hukum serta penjelasan kejahatan ini bisa di baca pada halaman website yang membahas tentang penipuan online.

Penyedia layanan jasa pembuatan website, penyedia server hosting dan pihak-pihak yang menyelenggarakan dan pengendali lalu lintas online umumnya tunduk pada hukum dan peraturan suatu  negara, dimanapun dan apapun negaranya. Peraturan, hukum dan undang-undang mengikat semua masyarakat termasuk hidup dan kegiatannya. Indonesia sendiri merupakan negara hukum, sehingga akan memberikan sanksi tegas bagi penyelenggara kegiatan online yang membiarkan kegiatan ilegal terus berlangsung.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...