Blog

Maraknya Penipuan Transaksi Online Oleh Oknum Menggunakan Metode Pembayaran Mandiri E-cash

Posted by:

.Penipuan mandiri e-cash pada belanja online akhir-akhir ini sangat marak. Tentu saja bukan penipuan oleh bank mandiri, melainkan oleh oknum yang mencari celah peluang kelemahan mandiri e-cash serta pengetahuan masyarakat yang umumnya awam dengan pembayaran online. Sebelum membahas tentang modus penipuan mandiri e-cash alangkah lebih baiknya kita mengetahui program mandiri e-cash dari PT. Bank Mandiri(Persero) Tbk.

Produk Bank Mandiri E-cash

Program mandiri e-cash sebenarnya produk bank mandiri yang sangat baik, karena praktis dalam penggunaannya. Kutipan dari website mandiri menjelaskan mengenai e-cash mandiri. “mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di handphone, dimana yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri”. Penjelasan lengkap mengenai mandiri e-cash bisa dilihat dengan lengkap di website bank mandiri yang membahas tentang mandiri e-cash atau klik disini.

Modus Penipuan E-cash Mandiri

Setelah mengetahui apa itu mandiri e-cash maka kita akan membahas tentang penipuan mandiri e-cash yang dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab. Oknum penipu tersebut modusnya mereka akan melihat-lihat penjual baik itu di website ataupun yang menyimpan lapak di website marketplace seperti Tokopedia, Buka lapak, OLX dan sebagainya. Setelah mereka menemukan target calon korbannya maka mereka menghubungi dan berpura-pura tertarik membeli produk yang di pasang untuk di jual.

Bahasa mereka (si penipu) sangat meyakinkan dengan sopan, ramah dan bahkan seolah-olah benar ingin bertransaksi dengan selalu mengatakan jangan dulu kirim barang sebelum transfer masuk. Untuk transfer masuk oknum penipuan mandiri e-cash akan meminta si calon korban untuk pergi ke atm mandiri. Jika bukan penipu, mandiri e-cash pun bisa digunakan untuk transfer dan tidak diperlukan pergi ke atm, cukup chek saja seperti biasa misalnya internet banking.

Setelah si korban berada di depan atm mandiri maka si pelaku akan menelepon dengan menanyakan jumlah saldo. Korban kemudian memberi semacam panduan yang ujung-ujungnya terbalik yaitu si korban yang memasukan transfer uang ke akun mandiri e-cash pelaku.

Selain metode seolah-olah menjadi pembeli, oknum penipu juga sering menggunakan cara penipuan klasik menggunakan teknik undian berhadiah.

Tindakan Phising Oknum Penipu

Selain modus penipuan yang disebutkan diatas pada banyak kasus oknum penipuan mandiri e-cash juga melakukan phishing. Tindakan phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, PIN, nomor rekening Bank, hingga nomor kartu kredit. Tindakan phising tentu saja sangat berbahaya, selain kemungkinan akan membobol rekening tabungan juga bisa saja identitas anda digunakan untuk kejahatan.

Tips Menghindari Terkena Penipuan

Untuk menghindari penipuan mandiri e-cash atau pun jenis penipuan lain maka sebaiknya anda lebih teliti dan cermat mengamati calon pembeli. Selalu gunakan metode yang sama misal metode transfer, jika si penipu meminta untuk pergi ke ATM maka jangan dituruti. Selanjutnya mereka akan menyuruh anda memasukan sejumlah uang ke rekening pribadi milik mereka, seharusnya anda menerima uang malah mengirimkan uang.

Jika ada kejanggalan ada baiknya Anda menghubungi call center mandiri atau mengunjungi website resmi mandiri e-cash.

Modus klasik penipuan adalah memanfaatkan kesenangan mendapatkan undian berhadiah, sebaiknya kita lebih memahami jika tidak ada sesuatu yang didapat dengan mudah. Jika anda misalnya masih berfikir irasional maka akan menjadi target empuk bagi penipu yang memanfaatkan media internet. Selanjutnya, bagi anda yang tidak ingin menjadi korban penipuan coba saja ikuti langkah-langkah berikut ini.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)

info@thidiweb.com.



2
  Artikel Terkait

Comments

  1. christian  Februari 5, 2018

    thx gan, mengajarkan banyak sekali gimana agar tak tertipu penipuan mandiri e cash

    reply
    • thidi  Februari 5, 2018

      Sama-sama gan, semoga banyak yang tidak jadi tertipu dengan keberadaan artikel ini…^^

      reply

Beri Komentar Anda ...

  • Beranda
  • Tentang kami
  • Harga Website
  • FAQ
  • Portofolio Website
  • Kontak kami
  • Umum