Menguji Kecepatan Website Jika dibuka Menggunakan Perangkat Mobile (Seluler)

Kecepatan website menjadi tolak ukur penilaian baik dan buruknya penilaian suatu website. Kecepatan yang buruk menyebabkan banyak dari pengunjung tidak jadi mengunjungi website anda dikarenakan terlalu lamanya konten / halaman di load. Bounching rate menjadi tinggi, menyebabkan buruknya penilaian mesin pencari, kemudian website anda tidak pernah mendapatkan posisi yang baik di hasil pencarian. Ada 2 point yang sangat penting terkait dengan akibat kecepatan website yang buruk :

  1. Rendahnya pengunjung (visitor).
  2. Rendahnya ranking mesin pencari (google).

Perhatian Lebih Google Terhadap Kecepatan Website Pada Perangkat Mobile

Coba anda perhatikan, sangat gencarnya kampanye google mengenai kecepatan website, mulai dari google speed insight hingga project AMP google. Hal ini sangat mudah untuk di mengerti, mengingat pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile melebihi pengguna PC / Laptop. Data setiap tahunnya pertubuhan pengguna internet menggunakan perangkat mobile (selular) selalu bertambah dengan pesat.

Tools Google Test My Site Untuk Perangkat seluler

Google juga merilis satu fitur (tools) untuk menguji kecepatan website khususnya lewat perangkat mobile yang dinamakan test my site. Anda bisa membaca penjelasannya disini. Mengacu pada perhitungan data statistik pengunjung terhadap suatu website, menunjukkan sebagian besar situs kehilangan setengah pengunjung mereka ketika halaman dimuat. Dengan fakta tersebut kemudian google menciptakan alat untuk mengukur serta menunjukan perkiraan berapa banyak suatu website akan kehilangan pengunjungnya diakibatkan kecepatan website yang lama dibuka.

“Ketika mengakses website menggunakan perangkat mobile, maka yang dibutuhkan adalah kecepatan mobile bukan kecepatan website pada umumnya, jika hal ini tidak diperhatikan maka konversi penjualan bisa turun sekitar 20%”

Dengan “test my site” anda tidak hanya menguji kecepatan website dari perangkat mobile saja, namun bagaimana pesaing anda bisa lebih baik. Disamping kedua hal diatas tools ini juga memberitahu bagaimana cara memperbaikinya.

Google Sendiri Sudah Mendapat Laporan Mengenai Manfaatnya

Dalam studi kasus, Google menyoroti “Nashville” perusahaan pagar (bukan di Indonesia) mengatakan telah dua kali lipat penjualan sejak Mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh alat “test my site”. Dengan mengurangi ukuran file gambar di situsnya, perusahaan tersebut berhasil mengurangi kecepatan halaman mobile-nya dari 26 detik hingga 5 detik. Hal ini menunjukkan kecepatan halaman lebih cepat tidak hanya dapat memberikan sedikit keunggulan atas pesaing di mesin pencari, tetapi dapat membantu Anda mengkonversi lebih banyak pengunjung menjadi pembeli.

Kecepatan Indikator Keberhasilan Website

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa indikator kecepatan website khususnya versi mobile mendapat perhatian khusus dari google juga indikator website berkualitas. Website yang menginginkan peringkat yang baik, mendapatkan keberhasilan dari pemasaran internetnya harus mementingkan kecepatan diatas tampilan. Tampilan sederhana dengan kecepatan sangat baik jauh lebih bermanfaat daripada tampilan yang sangat baik namun kecepatan buruk. Selalu ingatlah akan hal ini, bahwa anda membuat website bukan pajangan tapi untuk mendatangkan pembeli, untuk memberikan manfaat bagi usaha anda.


Web Design | SEO | Digital Marketing
Jl Dieng IV no 27 cimahi selatan, kota Cimahi 40534
(022)54418169 – 08893612887 (WA) – D6476796 (BBM)
[email protected]


Beri Komentar Anda ...